1. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  4. Suka baca buku? Tuangkan pengalaman baca kamu dalam Event Review Buku, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!
  5. Mau kasih kado lebaran buat yang terkasih? Yuk ikuti event Kado Hari Raya Untuk Perempuan! Ada gamis & khimar gratis buat kado kamu loh~
  6. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  7. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Teman VS Duit ?

Discussion in 'CurHat' started by mmhH, May 20, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. mmhH M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 5, 2011
    Messages:
    421
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +231 / -0
    jika kamu punya sengketa tentang masalah duit dengan teman dekat kamu, apa yg akan kamu lakukan utk menyelesaikannya? :???: beberapa bln lalu saya mengalami hal tsb dan sampai sekarang blm kelar permasalahannya.. begini ceritanya

    sekitar awal tahun, saya di tawari utk pengadaan komputer dan pemasangan jaringan disebuah kantor tempat tentangga saya bekerja, kebetulan salah 1 direksinya adalah tetangga saya itu sendiri.. tentu saya langsung meng-iyakan tawaran tsb.. karena, selain nambah pengamalan dan wawasan juga bs nambah relasi nantinya (yg terpikir saat itu sih begitu :hehe:)

    setelah beberapa hari, proses formalitas (urus ini dan itu) pun selesai dan pengerjaan pun di mulai..

    singkat cerita, pada saat pengerjaan tsb saya dibantu oleh teman dekat saya (sebut saja si A).. pengerjaan dilakukan selama 2-3 hari.. saya cuma bs menghadiri 1 1/2 hari dikarenakan saya ada kendala ketika itu (urusan kampus yg ga bs di tgl)..

    selama ga bs hadir tsb, saya udah kabari tmn saya dan pada bapak yg ngasih tender itu tentang kendala yg saya hadapi sehingga tidak dapat datang, alhasil tmn saya dan si bapak pun mengerti tentang situasi saya..

    otomatis, saya kasih kendali penuh pada tmn saya utk menyelesaikan kerjaan tsb.. dia mau bawa tmn atau engga utk membantu dia itu terserah dia, tp ternyata dia kerjakan sendiri tanpa bantuan orang lain..

    nah, akhir cerita.. kerjaan pun kelar, duit udah di dapat (di pegang oleh si A).. karena menganggap tmn dekat, saya pun ga ada nanya" tentang masalah duit itu..

    ternyata udah 2 minggu lebih, si A masih aja tetap cuek tentang masalah duit tsb.. awalnya sih saya kira dia lupa, tapi saya rasa engga.. soalnya dengan duit hampir 10jt itu mana mungkin bs dia lupa :swt:

    minggu ketiga, saya pun tanyakan pada si A via telepon (saat itu si A sedang ada kerjaan di luar kota).. katanya setelah pulang dari luar kota dia akan kasih hasilnya 1/2 pada saya..

    saya dapat 1/4 pun ga masalah, karena yg kelarin kerjaan kan si A..

    hingga 1 bln menunggu saya ga ada dapat kabar dari si A, ah biarlah.. mungkin lagi sibuk kerja.. hingga 2 bln menunggu saya pun merasa jenuh, ini si A lupa apa pura" lupa sih :ngeselin:

    udah sering saya hubungi si A via sms, tp ga pernah di balas.. saya telpon ga pernah di angkat..

    sampe sekarang, duit tsb masih blm ada saya terima se-sen-pun :dead:

    saya jadi ingat kata orang" tua dulu.. "jangan karena duit, hubungan pertemanan/persahabatan jd rusak"

    nah, jika hal tsb terjadi pada kamu, apa yg akan kamu lakukan? apakah kamu akan mengorbankan hubungan pertemanan/persahabatan demi duit tsb ataukah sebaliknya? :???:

    ditunggu ya jawabannya :hmm:
     
    • Thanks Thanks x 2
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. phelord Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 26, 2010
    Messages:
    113
    Trophy Points:
    32
    Ratings:
    +5 / -2
    waduh....agak susah juga yah, soalnya pasti kamu merasa segan untuk meminta setengah hasil dari project itu (pdhl jika dipikir-pikir seharusnya kamu mendapat lebih karena yg lebih dulu ditawari project atau yg mempunyai project itu kan kamu dari tetangga kamu)

    kalau diminta untuk ambil keputusan untuk memutuskan hubungan apa tidak sih, itu sulit....jika saya diposisi kamu, saya tetap berhubungan baik dengan teman saya itu (walaupun mungkin kedepannya tidak seakrab pertemanan yg dulu) dan mengganggap masalah uang itu tidak jadi masalah....setidaknya disini kamu bisa mengambil kesimpulan bahwa manusia itu banyak kekurangan, dan pastinya kamu sudah tahu kekurangan teman kamu itu apa.

    janganlah memutuskan hubungan silaturahmi dengan masalah yg mungkin saja (suatu saat jika kita pikirkan) itu adalah masalah sepele :peace:
     
    Last edited: May 20, 2011
  4. Lyco Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Nov 3, 2008
    Messages:
    8,672
    Trophy Points:
    221
    Ratings:
    +9,705 / -0
    salah u terlalu ngulur2 waktu
    uang klo dipegang ama orang lain buat waktu yang lama pasti makin susah ditagihnya
    :yareyare:

    yah mending temuin aja langsung face to face,
    bilang aja mau fairnya gimana, u dapet berapa dia dapet berapa :hehe:


    klo wa sih nggak bakal mempercayakan uang ama siapapun, termasuk tmn wa.
    mestinya bilang ke yang punya kerjaan, bayarnya masing-masing jangan disatuin begitu.
     
    Last edited: May 21, 2011
  5. ade12345 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 14, 2011
    Messages:
    38
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +60 / -0
    urusan duit mah sensitip bos, nyawa aja bisa melayang cuman gara2 goceng... tapi kalo ane liat massalah ente, bukan cuman duit, tapi juga kepercayaan. mending ente kejar temen ente, bilangin bae2 kalo ntu duit hak ente

    kalo masih ngeyel, ente amprokin aja rumahnya, ajak ngomong bae2 n jangan lagi2 kerjasam ma dia, malah bikin sakit ati, ente juga kan yang rugi
     
  6. mmhH M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 5, 2011
    Messages:
    421
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +231 / -0
    iya kk, intinya emang segan saya meminta.. awalnya saya kira dia mau ngasih atas kesadaran dia sendiri.. tp ternyata engga :iii:

    saya ga berniat utk memutuskan tali silaturahmi, kalau emang nantinya dia masih mengelak (ga mau ngasih) ya mungkin saya akan berusaha utk mengikhlaskan saja walau terasa berat :madesu: :tega:

    iya kk, emang salah saya terlalu mengulur" waktu... td saya udah coba utk menemui dia kerumahnya, tp yg bersangkutan tdk di tempat.. rencana saya mau bercerita ttg masalah tsb ke orang tuanya, tp saya ga tega aja.. soalnya di mata orang tuanya si A adalah anak baek".. mungkin bs shock atau sakit kalau orang tuanya denger berita miring/buruk ttg si A.. apalagi beliau mendengar langsung dari saya sebagai teman dekatnya dan juga korbannya.. :iii:

    betul kk, masalah duit emang rumit.. ujung"nya pasti sering mengarah ke kriminal :takut:

    saya emang ga berniat kerjasama lagi dengan si A.. tp dilain sisi saya akan tetap berteman dengan dia walau ga seakrab dulu... :sigh:

    bsk rencana saya mau berkunjung lagi kerumahnya, berhubung td dia sedang tidak dirumah ketika saya datang kesana.. :mental:
     
  7. boltzz123 M V U

    Offline

    Inocence User

    Joined:
    Jul 8, 2009
    Messages:
    12,415
    Trophy Points:
    257
    Ratings:
    +52,443 / -585
    kalau saya jadi anda saya ngak mau cari masalah lagi dg itu duit, memag nilainya besar, tp dilihat dari teman anda itu dia udah ngak ada niat ngembaliin lagi. mending anda ikhlas-kan aja, anggap aja pekerjaan yg udah anda ambil itu sebagai pengalaman dan jgn pernah kerjasa sama dg dia lagi....berteman ya ttp tp ga usah se akrab dulu lagi..jadi spt orang bilang "ya sudahlah, tu duit buat lo aja"

    kenapa gw bilang gitu? walau kita ngak bisa meramal, tp hanya krn bbrp juta itu nyawa anda mungkin bisa terancam. gw udah pernah dgr bnyk kasus (hutang dr tmen yg nominalnya ga besar) tp ujung2nya nyawa, dan itu jg banyakan udah kenal atau teman baik.
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  8. mmhH M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 5, 2011
    Messages:
    421
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +231 / -0
    @boltzz123: iya kk, kayaknya "mengikhlaskan" memang jalan satu"nya saat ini.. td saya udah coba datangi lagi rumahnya, tetap ga ketemu tuh orang.. sempat terpikir melapor ke pihak berwajib, cuma karena bukti tertulis (biasanya bermaterai ya? :???:) engga ada tentang masalah pembagian duit tsb.. jd akhirnya undur juga.. mungkin duit itu blm rejeki utk saya kali ya :madesu:..
     
  9. boltzz123 M V U

    Offline

    Inocence User

    Joined:
    Jul 8, 2009
    Messages:
    12,415
    Trophy Points:
    257
    Ratings:
    +52,443 / -585
    mungkin memang disengaja tuh ga mau ketemu, kalo ke pihak berwajib ntar urusannya bakalan panjang :dead: iya anggap aja lum rejeki, dan tmen kayak gitu ya ga perlu ajak bisnis lg, dangerous , teman makan teman alias parasite
     
  10. Coollll Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 14, 2010
    Messages:
    53
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +6 / -0
    Tetap diusahakan dengan dibicarakan baik2 dengan bertemu. bila memang tetap sulit dilaksanakan, relakan saja (itung2 buang sial / beli pengalaman). Rejeki orang sudah ada yang atur.
    Saran untuk pertemanan dijaga saja jangan sampai hancur.
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  11. mmhH M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 5, 2011
    Messages:
    421
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +231 / -0
    iya kk, sekitar jam 23:00 td, saya mendatangi lg rumah si A (dia ttp ga ada).. yg ada cuma ortu (bokap dan nyokapnya), abangnya (udah tidur) dan adek"nya (udah tidur), karena udah rada emosi + habis kesabaran, saya coba ceritakan semua apa yg terjadi antara saya dengan si A pada ortunya.. mendengar cerita saya ortunya langsung kaget + shock.. sempat terlihat malu dan marah ortunya atas perbuatan anaknya... setelah 1 jam bincang" akhirnya saya pamit plg..

    sblm plg, bokap si A berpesan, katanya akan mencicil duit saya yg ga diberikan oleh si A.. saya sendiri sih ga ngarepin ortunya utk ganti rugi, tp cuma ingin memberi tau aja gmn kelakuan buruk si A yg ortunya engga tau atau mungkin engga pernah tau sama sekali...

    tgl tunggu aja bsk gmn si A di sidang/hajar habis"an sama bokapnya :piso: (itu pun kalau dia ga kabur :sigh:)

    sedikit lega sih sekarang :keringat:
     
    Last edited: May 22, 2011
  12. billykissley Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 12, 2010
    Messages:
    51
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +15 / -0
    sebenernya dia juga yang mulai meregangkan hubungan pertemanan dengan malas membicarakan uang tsb. tapi kalo mau baiknya, ikhlaskan saja. yang baik nantinya sapet baik, yang buruk juga dpt buruk
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  13. mmhH M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 5, 2011
    Messages:
    421
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +231 / -0
  14. aareza M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 6, 2010
    Messages:
    759
    Trophy Points:
    72
    Ratings:
    +143 / -0
    kalo masalah duit, ane usahain selesain buat g ngulur2 kayaq gitu.
    soalnya kalo dah masalah duit, semua hubungan kita ma temen bisa rusak.
     
  15. minnachan Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 28, 2010
    Messages:
    69
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +548 / -0
    semoga dengan ketemu ortunya masalah lebih bisa di selesaikan :)
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.