1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Dismiss Notice
  7. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  8. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Geography & Astronomy Teleskop Hubble

Discussion in 'Education Free Talk and Trivia' started by smkosasih, Oct 27, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. smkosasih M V U

    Online

    Senpai

    Joined:
    Sep 9, 2008
    Messages:
    5,341
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,187 / -0
    [​IMG]
    Teleskop Hubble adalah sebuah teleskop luar angkasa yang berada di orbit bumi. Nama Hubble diambil dari nama ilmuwan terkenal Amerika, Edwin Hubble yang juga merupakan penemu hukum Hubble. Sebagian besar dari benda-benda angkasa yang telah berhasil diidentifikasi, adalah merupakan jasa teleskop Hubble ini.

    Pada tahun 1962, Akademi Sains Nasional Amerika merekomendasikan untuk membangun sebuah teleskop raksasa. Tiga tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1977, Kongres Amerika mulai mengumpulkan dana untuk proyek tersebut. Pada tahun yang sama pula (1977), pembuatan teleskop angkasa Hubble segera dimulai.

    Konstruksi teleskop Hubble, berhasil diselesaikan pada tahun 1985. Hubble di ‘angkasakan‘ untuk pertamakalinya pada tanggal 25 April 1990. Padahal, Hubble direncanakan untuk mulai dioperasikan pada tahun 1986. Pengoperasiannya ditunda sementara karena bencana Pesawat Angkasa Challenger. Beberapa tahun setelah dioperasikan, Hubble mengirim gambar yang buram dan tidak jelas. Pada akhirnya NASA menemukan bahwa lensa pada teleskop tersebut bergeser sebanyak 1/50 ketebalan rambut manusia. Pada bulan Desember 1993, Pesawat Ulang-Alik Endeavor, dikirim untuk memodifikasi Hubble dengan menambahkan kamera baru untuk memperbaiki kesalahan pada lensa primernya.

    Ukuran
    Tebal teleskop Hubble mencapai 13.1 meter, diameter 4.27 meter dan berat 11,000 kilogram. Ukuran Hubble hampir sama dengan sebuah bus sekolah. Tabung oranye yang ada pada teleskop adalah sumber tenaga Hubble.

    Lensa primer teleskop Hubble berdiameter 2.4 m, berat mencapai 826 kilogram. Lensa ini terbuat dari kaca yang dilapisi oleh lapisan tipis aluminum murni untuk merefleksikan (memantulkan) cahaya. Selain lapisan aluminum, lensanya juga memiliki lapisan magnesium fluorida yang berguna untuk mencegah oksidasi dan dan sinar ultarviolet dari matahari agar lensa tidak cepat rusak.

    Cara kerja
    Pertama-tama, Hubble menangkap gambar, setelah diterima oleh teleskop, gambar tersebut akan diubah manjadi kode digital dan diradiasikan ke bumi dengan menggunakan antena yang mamiliki kemampuan mengirimkan data 1 juta bit per detik. Setelah kode digital diterima oleh stasiun di bumi, kode itu akan diubah menjadi foto dan spektrograf (sebuah instrumen yang digunakan untuk mencatat spektrum astronomikal).

    Teleskop ini dapat berjalan 5 mil per detik. Hubble dapat berkeliling lebih dari 241 juta kilometer per tahun.

    Sejak pertama kali dioperasikan, teleskop ini dikendalikan dari Goddard Space Flight Center di Greenbelt, Md.

    Hal-hal yang telah dilakukan Hubble
    Hubble sangat banyak membantu para ilmuwan dalam mempelajari, mengobservasi dan memahami tentang jagad raya, objek luar angkasa (seperti lubang hitam/black hole, galaksi, nebula, bintang), dan lainnya. Hubble adalah teleskop angkasa yang berhasil menemukan Xena, planet ke-10, beserta satelitnya, Gabrielle.

    Selain itu, Hubble juga banyak mengirimkan gambar-gambar yang menakjubkan tentang kejadian-kejadian di luar angkasa seperti: super nova (ledakan bintang), lahirnya bintang , tabrakan bintang, dan lain-lain.

    Gambar sebuah galaksi raksasa tidak dikumpulkan dalam sehari saja. Galaksi Messier 101 (M-101) adalah salah satunya. Gambar galaksi ini merupakan gambar terbesar dan ter-detail dari sebuah galaksi spiral yang pernah dihasilkan oleh Hubble. Gambar galaksi ini terdiri dari 51 bagian.

    Pada bulan Februari 1997, astronot mengganti sebagian instrumen Hubble dan juga menambahkan selimut baru untuk menjaga Hubble agar tetap hangat.

    Tahun 2001 Advance Camera, dipasang pada Huble. Kamera ini dapat mempertajam gambar dan memperlebar sudut pandang kamera.

    Setelah itu tahun 2003, Wide Field Camera 3, dan Cosmic Origins Spectrograph dipasang pada Hubble.

    Hubble seharusnya akan di non-aktifkan pada akhir tahun 2005. Tetapi, pada bulan Oktober 1997, NASA memutuskan untuk memperpanjang pengoperasian Hubble dari tahun 2005 ke 2010. Selanjutnya Hubble akan digantikan oleh teleskop James Webb.

    BAGIAN / RANGKA TELESKOP HUBBLE
    [​IMG]

    cara pembersihan
    [​IMG]

    Cermin utama Hubble sedang dipoles di pabrik Perkin-Elmer , Danbury, Connecticut, AS, Mei 1979.


    maaf kalu repost..
    :maaf::maaf:
     
    Last edited: Oct 27, 2009
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. chicken_little M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Apr 21, 2009
    Messages:
    5,222
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +13,581 / -0
    :niceinfo:gan..
    jadi ntar setelah tahun 2010 hubble udah saatnya istirahat gitu..
    digantikan ama yg baru yah..
    :???:
     
  4. n_iz_are M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 7, 2009
    Messages:
    1,373
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +1,978 / -0
    :top: nice info kk...
    Ni benda keren banget...:matabelo:
    Penggantiny aja dah ada...
    Bner2 keren...
     
  5. ruychii M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 5, 2008
    Messages:
    214
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +5 / -0
    keren euy...bisa ngelacak sampe sejauh itu...
    tapi gede banget, sebesarn bus sekolah, konstruksinya juga rumit banget tuh...
    yg parah hanya karena lensanya bergeser sebanyak 1/50 rambut manusia hasilnya jadi buram, artinya untuk bisa membangun teleskop seperti itu dibutuhkan perhitungan yang bener2 akurat...
    salut2...
     
  6. thermistor Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 17, 2009
    Messages:
    140
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +1 / -0
    kalo2 lihat picturenya galaksi kita, hasil photo dari satelit ini bagaimana cara buatnya??
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.