1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Pengen ganti nama ID? Plat tambahan? Promo GK? Cek Promo Spesial Hari Kemerdekaan, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!
  3. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  4. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  5. Apa kamu cukup berani melawan Valak? Satukan kekuatan di The Werewolf Series #16: THE NUN. Open registration: 14 - 21 September 2018!
  6. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!

Trivia Tangan Tutupi Mulut Saat Kaget, Kenapa?

Discussion in 'Education Free Talk and Trivia' started by mmhH, Aug 11, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. mmhH M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 5, 2011
    Messages:
    421
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +231 / -0
    Pernahkan melihat aktor atau aktris ketika merasa kaget kemudian menempelkan telapak tangannya di depan mulut mereka? Atau mungkin Anda sendiri pernah melakukannya? Karena sadar atau tidak, kita cenderung untuk menempelkan telapak tangan di depan mulut, memegang dahi atau menempatkan tangan di pipi ketika merasa cemas atau terkejut. Tapi mengapa hal ini bisa terjadi?

    [​IMG]

    “Itu disebut gerakan tubuh pembawa rasa damai. Seperti halnya anak menghisap ibu jarinya,” ujar Janine Driver, Presiden Body Language Institute di Washington, D. C.

    “Ketika tangan kita menyentuh wajah, hal tersebut membuat kita seakan-akan berkata kepada diri sendiri ‘Tenang, semua aman’. Rasanya seperti ketika ibu kita sedang memeluk dan berkata bahwa kita dapat melaluinya,” tambah Driver.

    Ia menjelaskan, ketika seseorang menyaksikan peristiwa kecelakaan mengerikan, mendengar kabar buruk atau hal yang tak bisa dipercaya, meletakkan tangan di depan mulut merupakan luapan ekspresi fisik yang menandakan bahwa secara emosional kita tidak bisa menerima hal lain lagi.

    Peneliti bahasa tubuh menemukan, tidak semua orang di seluruh dunia menutup mulutnya ketika mereka sedang merasa kaget, takut atau terkejut. Para ahli juga menemukan, kaum Hawa ternyata cenderung lebih sering melakukannya dibandingkan dengan pria.

    “Versi yang lebih lembut dari ini adalah ketika seorang pria dalam sebuah ruangan konferensi menempatkan jari telunjuknya pada bibir atau tangan pada dagunya,” ujar Driver, yang juga penulis buku You say More Than You Think.

    Gerakan lain yang mengungkapkan rasa takut atau terkejut adalah memegang pergelangan tangan, tetapi menurut Driver, gerakan tubuh yang biasa digunakan orang di seluruh dunia ketika merasa takut adalah dengan membuka mulut dalam bentuk oval dan mengangkat kedua alis.

    “Ini ada dalam DNA, tidak peduli jika Anda seorang yang berkulit hitam, putih atau hispanic. Berasal dari Irak, Zimbabwe ataupun Chicago,” ujarnya

    SUMBER
     
    • Thanks Thanks x 1
  2. Apocalypse92 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 24, 2009
    Messages:
    47
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    bukannya gara2 banyak yang ngelakuin itu dan ditiru, makanya jadi gerakan yang membawa damai.. kalo emang reflex, ato ada dlam DNA, harusnya dah mulai kita bisa kaget dah gitu.. tapi nyatanya klo kecil kaget, nangis dulu tuh.. apa nangis juga gerakan yang membawa damai?? hmmmm..:ehem:

    rasanya reflex yang lebih pasti tuh mulutnya buka.. berarti klo g tnang, buka mulut aja biar lebih tenang yaa.. :hahai:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.