1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Lounge Taman 86 ~ Burung Albatros (Diomedeidae)

Discussion in 'Flora dan Fauna' started by wiwis6002, Sep 8, 2014.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. wiwis6002 M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Mar 29, 2012
    Messages:
    9,142
    Trophy Points:
    202
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +2,438 / -2
    Burung Albatros
    Diomedeidae







    Klasifikasi ilmiah

    Kerajaan: Animalia
    Filum: Chordata
    Kelas: Aves
    Upakelas: Neornithes
    Infrakelas: Neoaves
    Ordo: Procellariiformes
    Famili: Diomedeidae
    G.R. Gray 1840[1]
    Genus

    Diomedea; Thalassarche;
    Phoebastria;Phoebetria

    [​IMG]





    Albatros, dari keluarga Diomedeidae, adalah burung laut besar dalam ordo Procellariiformes yang merupakan satu kelompok dengan Procellariidae, Petrel badai dan Petrel penyelam. Burung ini ditemukan secara luas di Samudra Antartika dan Pasifik Utara. Burung ini tidak terdapat di Atlantik Utara, meskipun temuan fosil membuktikan bahwa burung ini dahulu pernah ada di sana. Burung albatros termasuk burung terbang yang paling besar, dan burung albatros besar (genus Diomedea) memiliki panjang sayap yang paling besar melebihi burung lainnya.

    Burung albatros sangat efisien di udara, dengan menggunakan teknik terbang melayang dan terbang membumbung untuk dapat terbang pada jarak yang sangat jauh dengan tenaga yang sedikit. Burung ini memakan cumi-cumi, ikan, dan udang, dengan cara memakan hewan yang terdampar, berburu di permukaan air, dan menyelam.

    Albatros merupakan burung yang tinggal dalam koloni, memiliki kebiasaan membuat sarang di pulau terpencil di tengah samudera, kadang bercampur dengan beberapa spesies. Burung ini memiliki kebiasaan monogami dengan mempertahankan pasangan seumur hidupnya. Musim berbiak dapat memakan waktu lebih dari satu tahun mulai dari bertelur, dengan satu butir telur untuk satu musim berbiak. Seekor albatros laysan yang diberinama "Wisdom" yang ditemukan di Kepulauan Midway dianggap sebagai burung liar berumur paling tua di dunia. Burung ini pertama kali ditandai pada tahun 1956 oleh Chandler Robbins.[2]

    Dari 21 spesies albatros yang diakui oleh IUCN, 19 telah dikategorikan sebagai terancam punah. Jumlah albatros telah menurun di masa lalu karena perburuan bulu, namun saat ini albatros terancam oleh spesies pendatang, seperti tikus atau kucing liar yang memangsa telur burung, anak burung; oleh polusi; dengan adanya penurunan jumlah ikan di beberapa daerah terutama karena penangkapan ikan yang berlebihan, dan kegiatan merawai. Merawai menjadi ancaman terbesar, karena burung yang mencari makan tertarik pada umpan pancing yang akhirnya terkait dan mati. Para pemangku jabatan seperti pemerintah, organisasi konservasi dan industri perikanan sedang melakukan upaya untuk mengurangi jumlah burung yang tanpa sengaja tertangkap.






    Makanan

    Makanan utama albatros adalah cephalopoda, ikan, crustacea dan jeroan, walaupun kadang-kadang mereka juga mencari bangkai dan zooplankton. Perlu dicatat bahwa untuk kebanyakan spesies, pemahaman yang mendalam tentang makanan mereka hanya diketahui saat musim berkembang biak, saat albatros secara teratur kembali ke daratan sehingga memungkinkan untuk dilakukan penelitian. Pentingnya masing-masing sumber makanan tersebut berbeda-beda dari masing-masing spesies, dan bahkan dari populasi ke populasi, sebagian hanya memilih cumi-cumi saja, yang lain lebih memilih krill atau ikan. Dari kedua albatros yang ditemukan di Hawaii, satu diantaranya yakni albatros kaki-hitam lebih banyak memangsa ikan, sementara albatros laysan lebih banyak memangsa cumi-cumi.
    Albatros abu-abu seringkali menyelam untuk mencari makanan, dan mereka dapat menyelam sampai kedalaman 12 m.

    Dari catatan data diketahui bahwa albatros lebih sering makan di siang hari. Dari analisa bangkai cumi-cumi yang dimuntahkan oleh albatros menunjukkan bahwa banyak dari cumi-cumi yang dimakan terlalu besar untuk ditangkap hidup-hidup, dan termasuk spesies perairan menengah yang berada di luar jangkauan albatros, menunjukkan bahwa untuk beberapa spesies (seperti albatros wandering) bangkai cumi-cumi merupakan makanan yang penting. Sumber dari bangkai cumi-cumi tersebut masih dalam perdebatan, sebagian dipastikan dari industri penangkapan cumi-cumi, namun di alam berasal dari cumi-cumi yang mati setelah bertelur serta muntahan paus pemakan cumi-cumi (paus sperma, paus pilot serta paus hidung-botol). Makanan spesies yang lain seperti albatros alis-hitam atau albatros kepala-abu-abu kaya dengan spesies cumi-cumi yang kecil yang tenggelam setelah mati. Juga albatros bergelombang telah diamati melakukan kleptoparasitisme, mengganggu angsa-batu untuk merebut makanannya, menjadikannya satu satunya anggota ordo yang sering melakukan hal tersebut.

    Sampai sekarang albatros dianggap lebih banyak mencari makan di permukaan air, berenang di permukaan dan menangkap cumi-cumi atau ikan yang terdorong keatas oleh gelombang, perdator atau mati. Melalui alat pencatat kedalaman mini yang dipasang pada burung memberikan data kedalaman maksimum yang dapat ditempuh oleh burung, menunjukkan bahwa meskipun beberapa spesies seperti albatros wandering tidak pernah menyelam lebih dari satu meter, namun beberapa spesies seperti albatros abu-abu memiliki rata-rata kedalaman menyelam mendekati 5 meter dan mampu menyelam sedalam 12,5 meter. Albatros juga teramati mampu menukik dari udara untuk menangkap mangsa yang ada di air






    Berkembang biak dan menari

    Albatros merupakan burung yang hidup dalam koloni, biasanya bersarang di pulau-pulau terpencil, dimana koloni akan tinggal di daratan yang lebih luas, mereka ditemukan di daerah tanjung yang terbuka yang dapat menjangkau lautan dari beberapa arah, seperti koloni di Semenanjung Otago di Dunedin, Selandia Baru. Banyak albatros buller dan albatros kaki-hitam membuat sarang di bawah pohon di hutan terbuka. Kepadatan koloni mereka beragam, dari koloni yang sangat padat seperti pada koloni albatros mollymawk (albatros alis-hitam di Kepulauan Falkland yang memiliki kepadatan 70 sarang per 100 m²) sampai koloni yang lebih longgar dan membuat sarang dengan jarak yang berjauhan seperti albatros hitam dan albatros besar. Semua koloni albatros tinggal di pulau yang secara histori bebas dari mamalia daratan. Albatros merupakan burung yang sangat filopatri, artinya mereka akan kembali ke tempat dimana mereka menetas untuk berkembang biak. Kecenderungan ini begitu kuat, penelitian yang dilakukan terhadap albatros laysan menunjukkan bahwa rata-rata jarak dari mulai mereka menetas sampai mereka menentukan daerah kekuasaannya adalah 22 meter.

    Albatros dapat hidup lebih lama dari burung lainnya. Kebanyakan spesies dapat bertahan sampai 50 tahun, rekor yang tercatat berasal dari albatros raja-utara dimana burung ini diberi tanda saat ia sudah dewasa, dan masih bertahan 51 tahun sejak ia diberi tanda, sehingga perkiraan umur burung tersebut adalah 61 tahun.

    Albatros membutuhkan waktu yang lama sebelum mencapai kematangan seksual, setelah berumur sekitar lima tahun, namun meskipun mereka sudah matang secara seksual, mereka tidak langsung berkembang biak selama beberapa tahun (beberapa spesies sampai 10 tahun). Burung dewasa yang belum pernah berbiak akan mengikuti koloni yang akan berbiak, menghabiskan beberapa tahun mempelajari ritual dan tarian berbiak yang rumit. Saat burung kembali ke koloni untuk pertama kalinya, mereka sudah bisa memiliki tingkah laku stereotipe yang menciptakan "bahasa" albatros, namun mereka belum bisa "membaca" perilaku yang diperagakan oleh burung lain atau untuk merespon dengan tepat. Setelah periode "trial and error" burung-burung muda tersebut belajar sintaksis tersebut dan menyempurnakan tariannya. Burung-burung muda tersebut akan makin cepat menguasai bahasa ini jika mereka berada dekat dengan burung dewasa. Repertoar tingkah laku albatros melibatkan sinkronisasi kinerja berbagai aksi seperti bersolek, menunjuk, memanggil, mengatup ngatupkan paruh, menatap, serta kombinasi dari perilaku-perilaku tersebut. Saat burung kembali ke koloni, ia akan menari dengan banyak pasangan, namun setelah beberapa tahun ia akan memilih satu sebagai pasangan yang akan bertahan seumur hidup.

    Albatros melakukan ritual yang rumit dan melelahkan untuk memastikan bahwa mereka memilih pasangan yang tepat dan untuk mengenal pasangan dengan sempurna, karena bertelur dan membesarkan anak merupakan hal yang besar. Bahkan untuk spesies yang dapat menyelesaikan siklus bertelur dalam kurun satu tahun, jarang bertelur setiap tahun berturut-turut. Albatros besar seperti albatros wandering membutuhkan waktu lebih dari satu tahun dari mulai telur diletakkan sampai bulu-bulu anak burung tersebut tumbuh sempurna. Albatros hanya bertelur satu biji dengan warna putih bintik-bintik cokelat kemerahan, sepanjang musim berbiak, jika telur tersebut hilang atau pecah, mereka tidak akan bertelur lagi sepanjang tahun tersebut. Telur terbesar memiliki berat 200 - 510 gram. Pasangan albatros sangat jarang "bercerai", dan biasanya hanya terjadi setelah beberapa tahun gagal berkembang biak.

    Semua albatros dari selatan membuat sarang dengan ukuran yang besar, menggunakan rumput, semak-semak, tanah, lumut, dan bahkan bulu pinguin,[28] sementara tiga spesies dari pasifik utara membuat sarang yang seadanya. Di sisi lain, albatros bergelombang tidak membuat sarang bahkan menggeser telurnya di sekitar teritorial pasangannya sejauh 50 meter, sehingga kadang-kadang ia kehilangan telurnya. Untuk seluruh spesies albatros, kedua pasangan baik jantan atau betina akan mengerami telurnya secara bergantian dalam periode satu hari sampai tiga minggu. Masa mengeram 70 sampai 80 hari (semakin besar albatros semakin lama masa mengeram), yang merupakan masa mengerami paling lama untuk selurung jenis burung. Proses mengerami sangan menghabiskan energi, sehingga induk albatros bisa kehilangan 83 gram berat tubuhnya dalam sehari.

    Setelah menetas, anak albatros masih dierami dan dijaga selama tiga minggu sampai anak tersebut cukup besar untuk menjaga diri serta menghangatkan diri sendiri. Pada masa ini, induk burung akan bergantian memberi anaknya makanan saat mereka tidak sedang bertugas menjaga anak tersebut. Setelah periode ini selesai, anak burung ini akan diberi makan teratur seperti induknya. Induk burung akan menyesuaikan interval pemberian makanan sesuai dengan lamanya waktu berburu jarak pendek serta jarak jauh, menyediakan makanan kira-kira 12% dari berat tubuhnya (sekitar 600 gram). Makanannya terdiri dari cumi-cumi, ikan dan krill segar serta minyak perut, makanan yang penuh energi yang mudah dibawa dari pada makanan yang belum dicerna. Minyak ini diproduksi dalam organ di dalam perut yang bernama proventikulus dari makanan yang dicerna oleh sebagian besar Procellariiformes dan memberi mereka bau yang khas.

    Anak albatros memerlukan waktu yang lama untuk menjadi dewasa. Pada albatros besar, memakan waktu sampai 280 hari, bahkan untuk albatros yang lebih kecil masih memakan waktu antara 140 sampai 170 hari.. Seperti kebanyakan burung laut, anak albatros akan mendapatkan berat yang cukup bahkan lebih berat dari induknya, dan sebelum mereka belajar terbang mereka menggunakannya untuk membangun kondisi tubuh (terutama menumbuhkan bulu mereka untuk terbang), biasanya pada saat mereka siap terbang, berat tubuhnya akan sama dengan induknya. Antara 15% sampai 65% dari mereka akan bertahan hidup untuk berkembang biak. Pada masa ini albatros akan ditinggal oleh induknya yang akan kembali setelah mereka memiliki bulu lengkap. Induk ini tidak sadar telah meninggalkan anaknya di sarang. Penelitian pada penyebaran burung muda di laut menunjukkan bahwa burung memiliki perilaku migrasi bawaan, sebuah kode genetik navigasi, yang membantu burung muda saat mereka pertama kali keluar ke lautan.

    Sumber
     
    • Like Like x 5
    Last edited: Sep 16, 2014
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. wiwis6002 M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Mar 29, 2012
    Messages:
    9,142
    Trophy Points:
    202
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +2,438 / -2
    [SIZE=+4]TSABUTASE[/SIZE]

    :toa: Hasil Tsabutase :toa:


    [​IMG]

    ps: jawaban bisa d cari di artikel yg ada d lonje sini~~ :angel3:
    jawaban silahkan PM ke akyu :genit:
    peserta akan mendapatkan rerumputan segar dariku :hoho:


    :toa: ryanzpratamaryanzpratama; renmarenma; diureladiurela; nugroziphonugrozipho; alfianxalfianx; sim1sim1; ZehelZehel; LodissLodiss; sasisusesosasisuseso; kawaii0508kawaii0508;
    mohon bantuannya :maaf: :doa:

    [​IMG]

    yang jawabannya betus semua adalah sodara simsimi..
    jadi nest TS adalah sim1sim1; :yahoo:

    cc LodissLodiss;







    Daftar Artikel​

    1. Burung Yang Bisa Tidur Sambil Terbang RouannRouann;
    2. Burung Albatross Jadi Inspirator Pesawat Masa Depan wiwis6002wiwis6002;
    3. About Abatross ZehelZehel;
     
    Last edited by a moderator: Apr 25, 2015
  4. wiwis6002 M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Mar 29, 2012
    Messages:
    9,142
    Trophy Points:
    202
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +2,438 / -2




    List Donatur Taman





    1. shinigamidikashinigamidika +19 (-9)
    2. komikb4komikb4 +41 (-20)
    3. majoloocomajolooco +46 (-23)
    4. MuhammadFajrieMuhammadFajrie +4 (-2)
    5. tarosunekutarosuneku +13 (-6)
    6. oraDonkoraDonk +11 (-5)
    7. kaki_sarmidikaki_sarmidi +5 (-2)
    8. jenglotbaejenglotbae +10 (-5)
    9. ZehelZehel +9 (-4)
    10. tsabbitminamitsabbitminami +8 (-4)
    11. marikyumarikyu +14 (-7)
    12. scarlet26scarlet26 +11 (-5)
    13. darkashdarkash +13 (-6)
    14. nugroziphonugrozipho +11 (-5)
    15. superklonengansuperklonengan +5 (-2)
    16. rede9095rede9095 +3 (-1)
    17. vagabondvagabond +9 (-4)
    18. WateriaWateria +9 (-4)
    19. justkaenjustkaen +5 (-2)
    20. kawaii0508kawaii0508 +8 (-4)
    21. aianaaiana +7 (-3)

    Buat yang ingin menjadi donatur taman, monggo PM / VM tees :hmm:
    Aturan Posting di Lounge Taman





    1. Judul berkaitan dengan flora dan fauna + urutan lounge
    2. Pergunakan prefix Lounge
    3. Pertanyaan harus berhubungan dengan dunia flora dan fauna
    4. NEW TS adalah member yg menjawab dengan benar pertanyaan TS yg lama
    5. RESET 1000 post = Thread Baru
    6. RESET Taman dikelipatan 3
    7. Dianjurkan membahas flora dan fauna
    8. Boleh tanya-tanya tentang flora dan fauna secara bebas
    9. Menyapa pengunjung baru
    10. Post minimal : 2 kata yg jelas (bermakna) bukan spasi, titik, garis, simbol gajes, dll
    11. Dilarang Ngejunk --> only emoticon / only image / --> DELETE
    12. Aturan harus dipajang
    13. Dilarang multipost (lebih dari 2 post berurutan)
    14. Jika terdapat banyak artikel yang berhubungan dengan tread akan di BUKA KEMBALI. Daftar Artikel yang terdapat pada tread senantiasa di update oleh TS
    15. Bila gambar beresolusi besar / bandwith killer (BWK) atau lebih dari 600x600 px, wajib diberi spoiler!
    16. Jangan qoute gambar BWK atau bisa qoute gambar BWK dengan menghapus salah satu karakter biar gak tampil gambarnya
    17. Berikan rumput atau darah ke TS seiklasnya sesuai permintaan




     
    Last edited by a moderator: Apr 25, 2015
  5. shinigamidika MODERATOR

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 26, 2010
    Messages:
    16,153
    Trophy Points:
    237
    Ratings:
    +76,366 / -0
    summon ciwi2 yg maniz n cantik duyu :malu:
    vagabondvagabond;
    annnaannna; scarlet26scarlet26; sylvia16sylvia16; marikyumarikyu; komikb4komikb4; melz_zchaysmelz_zchays; Nisa_K1Nisa_K1; yurieelsyurieels; miss_shatter_daymiss_shatter_day; ilmilm;
    --------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

    rede9095rede9095; hana_auliahana_aulia;

    kookie_buinkookie_buin; wiwis6002wiwis6002; novitanuphinovitanuphi;
    joineleevenjoineleeven; misschoi407misschoi407; Emma45Emma45; RouannRouann; EstherzillaEstherzilla; 16aelene16aelene;
    m31wam31wa;


    -------------------------------------------------

    tyazcutextyazcutex; tsabbitminamitsabbitminami; nengNidanengNida; lugly_ialugly_ia; ffdaffda; ijojobaijojoba; NABILA6768NABILA6768;
    aianaaiana; kawaii0508kawaii0508; ernimulyandariernimulyandari;@cinnamonkey;
     
    Last edited by a moderator: Apr 25, 2015
  6. shinigamidika MODERATOR

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 26, 2010
    Messages:
    16,153
    Trophy Points:
    237
    Ratings:
    +76,366 / -0
    [h=2]Who Posted?[/h]

    Show Thread & Close Window
     
    Last edited by a moderator: Apr 25, 2015
  7. kawaii0508 M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Nov 22, 2010
    Messages:
    10,805
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +11,289 / -0
    shinigamidikashinigamidika; pelukan ga ada hubungannya sama kepala yang pusing :hammer:
     
    Last edited by a moderator: Apr 25, 2015
  8. kawaii0508 M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Nov 22, 2010
    Messages:
    10,805
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +11,289 / -0
    Jeng wiwis muncul muncul langsung jadi tees :nikmat:
     
  9. sim1 M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 26, 2014
    Messages:
    10,239
    Trophy Points:
    242
    Ratings:
    +6,561 / -0
    muncul di taman baru :yahoo:
     
  10. shinigamidika MODERATOR

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 26, 2010
    Messages:
    16,153
    Trophy Points:
    237
    Ratings:
    +76,366 / -0
    ada kok :D
    biar relex :elegan:
     
    Last edited by a moderator: Apr 25, 2015
  11. nengNida MODERATOR

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Dec 12, 2013
    Messages:
    11,106
    Trophy Points:
    253
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +5,175 / -1
    Wow ada yg pelukan ditaman:matabelo
     
  12. ivanraya M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 2, 2013
    Messages:
    801
    Trophy Points:
    142
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,887 / -4
    Re: Taman 86 ~ ???

    Numpang foto tamannya, kk
     
  13. kawaii0508 M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Nov 22, 2010
    Messages:
    10,805
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +11,289 / -0
    Re: Taman 86 ~ ???

    Ga butuh relaksasi,butuhnya duit :tolong:
    Bayar :minta:
     
  14. kawaii0508 M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Nov 22, 2010
    Messages:
    10,805
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +11,289 / -0
    Re: Taman 86 ~ ???

    Nida jangan cemburu, aku gak pelukan kok :takut:
     
  15. nugrozipho MODERATOR

    Offline

    表裏一体

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    15,004
    Trophy Points:
    258
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +39,973 / -6
    taman tanda tanya :hihi:
     
  16. sim1 M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 26, 2014
    Messages:
    10,239
    Trophy Points:
    242
    Ratings:
    +6,561 / -0
    kan masih jadi misteri ini taman apa :hehe:
     
  17. nengNida MODERATOR

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Dec 12, 2013
    Messages:
    11,106
    Trophy Points:
    253
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +5,175 / -1
    Siapa yg cemburu:???:
    pelukan jg boleh kok:matabelo:
     
  18. ivanraya M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 2, 2013
    Messages:
    801
    Trophy Points:
    142
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,887 / -4
    Re: Taman 86 ~ ???

    Masa biar ambil foto harus bayar, kk..
    :tega:
     
  19. Lodiss M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Apr 15, 2009
    Messages:
    11,338
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +13,232 / -8
    Post saia dikit sekali di sini :sepi:
     
  20. kawaii0508 M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Nov 22, 2010
    Messages:
    10,805
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +11,289 / -0
    Re: Taman 86 ~ ???

    Gak kok,aku gak mau pelukpeluk :malu
    Sekarang ke toilet aja bayar :hammer:
    Makanya dibanyakin dong :tampan:
     
  21. nengNida MODERATOR

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Dec 12, 2013
    Messages:
    11,106
    Trophy Points:
    253
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +5,175 / -1
    Ditambah dnk kak biar bnyk:maling:
    wow jumlah post m thank hmpir sama
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.