1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Other Tahun 2018, Pemerintah Indonesia Targetkan 8 Juta UMKM Berbisnis Online

Discussion in 'Entrepreneur Talks' started by Nino12, Nov 29, 2017.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Nino12 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 28, 2017
    Messages:
    31
    Trophy Points:
    6
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5 / -0
    [​IMG]

    Online Payment Indonesia – Memasuki penghujung tahun 2017, Pemerintah mulai menyiapkan beberapa strategi baru untuk menghadapi era digitalisasi dunia yang semakin canggih. Untuk itu, pemerintah melalui kementerian Komunikasi dan Informatika mulai mencari cara untuk menciptakan lebih banyak lagi entrepreneur baru yang bergerak secara online dan digital.


    Menurut Rudiantara selaku Menteri Komunikasi dan Informatika mengambil contoh seperti transportasi online yang berkembang secara pesat di Indonesia dengan tambahan berbagai layanan yang bukan hanya soal antar-jemput pelanggan saja. Baik itu layanan pesan-antar, hingga layanan online payment Indonesia untuk berbagai hal.


    “Kita bisa melihat pertumbuhan transportasi online yang juga menumbuhkan banyak entrepreneur baru. Sebagai contoh, bila dulu orang mau berjualan atau mau membuka restoran, ia harus menyewa tempat terlebih dahulu. Namun sekarang, semua bisa menjadi lebih dan membuat banyak entrepreneur muda bermunculan tanpa perlu banyak kekhawatiran seperti dulu,” ujar Rudiantara.


    Untuk itu, Kemenkominfo bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan UMKM pun mulai melakukan banyak rancangan demi mendorong para pelaku usaha mikro kecil dan menengah ini untuk terjun dan berbisnis secara online atau yang berbasis digital (e-commerce, dsb).


    Baik Kemenkominfo ataupun Kementerian Koperasi dan UMKM, keduanya menargetkan bahwa di tahun 2019 mendatang setidaknya akan ada 8 juta UMKM yang sudah mulai bergabung secara online dari seluruh wilayah yang ada di Indonesia. Sementara itu, Rudiantara mengungkapkan bahwa hingga saat ini sudah ada sekitar 4,6 juta UMKM yang sudah terjun secara digital.


    “Sekarang sudah ada sekitar 4,6 juta UMKM, dan fokus kita selanjutnya adalah tentang bagaimana menumbuh kembangkan UMKM tersebut agar bisa jadi pemain utama di perkembangan ekonomi digital saat ini,” tambah Rudiantara.


    Sejalan dengan semakin bertambahnya para pelaku UMKM yang terjun ke digital, maka diharapkan ini dapat mencapai target dari pertumbuhan transaksi e-commerce sebesar USD 130 miliar di tahun 2020 nanti. Rudiantara juga mengatakan bahwa dengan bergabungnya UMKM menuju digital, maka hal tersebut dapat meningkatkan pendapatan mereka hingga mencapai 26% melalui tiap online payment Indonesia yang ada saat ini.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.