1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Dismiss Notice
  7. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  8. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Suka Duka Polisi Tingkat Polsek Usut Pelaku Kriminal

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by blacksheep, Jul 5, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. blacksheep M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 23, 2008
    Messages:
    4,595
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +25,039 / -0
    Bertemu dengan polisi di level Polsek tentu berbeda dengan yang berada di level Mabes Polri. Apalagi perwira tinggi yang mungkin saja bisa memiliki rekening bermiliar-miliar jumlahnya.

    Prajurit "rendahan," seperti tim buru sergap (buser), tentu punya pengalaman pahit bagaimana mengejar seorang penjahat. "Banyak anggota saya yang berhari-hari meninggalkan keluarganya tanpa kejelasan berapa hari. Nyaris ditembak balik oleh penjahat, tabrakan, itu bagian dari pekerjaan. Tapi tak ada yang tahu," ujar seorang Kapolsek yang enggan disebutkan namanya.

    Di Polsek, merekalah ujung tombak penumpasan kejahatan. Dari maling sandal hingga maling susu. Dari kecopetan hingga perampokan.

    "Pernah, seorang ibu mencuri susu untuk jabang bayi yang dikandungnya. Dia mencuri susu di toko waralaba ternama. Saya inisiatif mengganti harga susu Rp 150 ribu, atas alasan kemanusiaan dan membebaskannya. Sayangnya, satpam toko melaporkan kebijakan saya ke Propam Polda Metro Jaya. Saya pun dipanggil," kisah seorang mantan Kapolsek di Jakarta Pusat.

    "Kalau saya teruskan kasus itu ke pengadilan, bagaimana masyarakat menilai? Bisa-bisa saya disalahkan masyarakat yang katanya tak punya rasa keadilan seperti pada kasus Nenek Minah atau mencuri listrik untuk charger. Serba salah kita," tambahnya.

    Ada juga seorang anggota polisi yang selama 2 minggu menjadi gembel menggelandang di KRL Jakarta-Bekasi. Targetnya adalah menangkap pembunuh yang melemparkan korban dari kereta api. Selama 2 minggu itu, dia benar-benar menjadi gembel dengan bergaul bersama gembel/gelandangan. Duka penyamaran itu terbayar ketika target tertangkap.

    "Tapi yang kayak gini, kan masyarakat tak ada yang tahu," kisah anggota tersebut.

    Kisah-kisah diatas seakan terwakili dalam pernyataan mantan pimpinan KPK, Eri Eriyana Hardapamengkas di Kantor Majalah Tempo, Jalan Proklamasi 71, Jakarta, Kamis (1/7/2010) yang mengingatkan dengan tegas arah perjuangan masyarakat.

    Di depan puluhan orang dari LSM dan masyarakat dia menegaskan, masih banyak anggota Polri yang punya dedikasi tinggi dan bermoral baik. "Masih banyak anggota Polri yang baik. Yang kita kritik adalah oknumnya," tegas Eri. Di sebuah ruangan sel Polsek, 2 orang pembunuh diamankan. Untuk menangkap keduanya, dibutuhkan waktu hampir satu tahun lamanya. Kapolsek yang telah cukup umur menjelaskan mengapa proses penangkapan lama. Dari masalah hilangnya barang bukti (karena TKP dibakar), hingga masalah logistik.

    "Total biaya pengungkapan Rp 26,5 juta. Itu untuk memberi uang transport para saksi, biaya pengejaran, biaya uji forensik dan lainnya. Padahal, dari negara cuma dikasih Rp 10 juta. Sisanya? Ya inisiatif anggota dilapangan," katanya beberapa waktu lalu.

    Tambal sulam logistik menjadi pilihan pahit seorang anggota di lapangan. Lihatlah seorang pencuri sandal di Masjid Istiqlal beberapa waktu lalu. Masyarakat yang mengetahui pun langsung menghajar dan mengeroyok sang pencuri. Setelah nyawanya tinggal setengah, dibawalah ke Polsek. Alhasil, polisi berkewajiban mengobati karena jika sampai mati akan dituduh melanggar HAM.

    "Lah, biaya berobat dari mana? Tidak ada dalam anggaran," tutur seorang Kapolsek.

    Belum lagi biaya operasional harian. Dalam 1 hari, kendaraan Patroli Wilayah (Patwal) jenis sedan Ford hanya dijatah Rp 50 ribu atau sekitar 10 liter. Padahal, dengan jarak tempuh patroli sehari mencapai berkilo-kilo meter, tentu tidak cukup.

    "Apalagi cc-nya besar. Boros. Kalau mengejar penjahat lalu kecelakaan, dengan biaya siapa untuk akan memperbaikinya?" ujar Kapolsek lainnya.
    Code:
    http://www.*********.com/read/2010/07/01/184813/1391300/10/suka-duka-polisi-tingkat-polsek-usut-pelaku-kriminal
     
    • Like Like x 2
    • Thanks Thanks x 2
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. silverkhingz M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    May 1, 2010
    Messages:
    2,768
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +26,736 / -0
    hmmm.... begitulah nasib nya jadi polisi mah

    kerja bener ga dihargai, kerja salah dicap jelek

    yg ada juga polisi banyakan di cap jelek
     
  4. adjie_eight M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 28, 2009
    Messages:
    309
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +182 / -0
    aku ttp ga begitu suka sama polisi, walau sedikit menyentuh ceritanya
    aku ditilang diminta damai, yang minta siapa? polisinya....
    aku ditabrak polisi (sama2 memakai motor) yang minta ganti rugi polisinya,
    bosku jualan tipi bekas dari kota dibawa ke desa, diminta juga uang sama polisi (apa hubungannya, ga ada kan?)

    jd benerin dulu semuanya, perjuanganmu menurutku cuma sekali kejahatanmu dua kali, jd ttp ga terbalas kan

    maaf, saya ttp kecewa sama kalian
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  5. snowflakez M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 20, 2008
    Messages:
    801
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +1,680 / -0
    yg bnyk kelihatan yg sisi negatif nya, sisi positifnya gw lom pernah liat....jd bukan salah masyarakat jg klo kecewa ato memberi cap negatif, coz itu lah yg mereka lihat adanya

    jgn lah d umbar2 klo melakukan kebaikan sekali atau dua kali, yg d nilai bukan dr perkataan tp dr tindakan....klo ingin menghilangkan cap negatif yg ada yah tinggal lakukan aja sebaliknya.

    ga mksd offense...tp kenyataan yg berkembang d masyarakat yah seperti itu
     
  6. thaifansu M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 30, 2010
    Messages:
    431
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +6 / -0
    ga demen gw ma buaya, gw di todong seumur idup cuma sekali, gw di peras buaya seumur idup ini udah puluhan kali.... tak terhitungggg.
    namanya juga buayaaaaa... jago ngeless. mending ngelesin anak TK dahhhh
     
  7. shinminho Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Sep 29, 2009
    Messages:
    5,166
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +6,813 / -0
    serba salah jadi polisi,kerja nya ga dihargai gajinya jd kurang2 buat nombokin tugas2 di lapangan akhirnya memeras deh jadinya citra polisi jelek br tau gw sisi lain polisi ...

    harusnya pemerintah meningkatkan kesejahterahan or setidaknya anggarannya di naikin,jgn cm para wakil2 rakyat aj kerja ga ad hasil,nyantai2 doank minta gaji selangit pula :ngeselin:
     
  8. rizkypratama Members

    Offline

    Joined:
    Jul 6, 2010
    Messages:
    2
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    Dimanapun namanya p****i selalu di cap jelek
     
  9. Ken M V U

    Offline

    Joined:
    Feb 10, 2009
    Messages:
    4,366
    Trophy Points:
    242
    Ratings:
    +57,512 / -0
    kasian bgt tuh..
    kebanyakan orang liat yang jelek nya doank..
    yg baek nya kan ga kliatan
    kasian tuh pak polisi :sigh:
     
  10. masuakal M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    May 29, 2009
    Messages:
    4,511
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +1,652 / -0
    yah masalahnya satu
    agara gara oknum itu
    polisi di cap jelk ^^
    padhaal kan kerjanya berat . . .
    syangnya masyarakat kita tu menderita sebuah penyakit psikologis
    namanya apa aku lupa
    tapi rata rata ya gitu . .
    misal orang berkumis dan berjenggot tertangkap dan ternyata adalah teroris . .
    maka mereka akan beranggapan bahwa setia orang yang berciri seperti di atas adalah teroris :swt:
     
  11. g_kenz M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Sep 3, 2009
    Messages:
    3,582
    Trophy Points:
    232
    Ratings:
    +343,372 / -0
    kalo untuk polisi yg emang bener2 ngejalanin tugasnya kayak gini, baru gw salut...:top::hero:
    tapi, kalo yg minta pungli sih, no way.... :hulk:
     
  12. siroyqi M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 10, 2009
    Messages:
    521
    Trophy Points:
    206
    Ratings:
    +7,871 / -0
    betul,betul,betul

    tpi klo kya polisi yg sering nilang ,,,
    trus minta duit damai sih tuh mah beda lgi,,,
     
  13. hentaigumi M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jun 14, 2010
    Messages:
    2,150
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +25,764 / -0
    Kalau polisi yang ngurusi kriminal saya punya simpati untuk mereka.
    Tapi untuk polantas?
    AJG GBLG
     
  14. 10pocong M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 5, 2009
    Messages:
    249
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +248 / -0
    kasian juga yah ..
    tapi gw suka sebel juga ama pulisi ..
    kadang" ga adil hukumnya ..

    yg maen Duit yg menang,,,,,,,
     
  15. Hirorens M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 21, 2009
    Messages:
    491
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +208 / -0
    kenapa gak ada yg tau cerita diatas ?
    soalnya cuma sedikit dan mungkin aja cuma itu yg bagus dari polisi . 99 % nya hancurrrrrrrrrrrrrr :lol:
     
  16. rungga M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 22, 2009
    Messages:
    997
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +3,876 / -0
    tergantung iman dan karakter tuh polis. ayo kita majuin bangsa ini deh dan satukan kekuatan kita
     
  17. Agriputra Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 23, 2010
    Messages:
    27
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +13 / -0
    memang begitulah manusia...
    kebanyakan yang disinggung itu adalah kejelekan-kejelekan yang terjadi..
    tapi kebaikan jarang di expose.. malah terkadang sesuatu yang tidak penting malah di expose berlebihan
     
  18. deckyananda Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 26, 2009
    Messages:
    208
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +20 / -0
    beritanya bikin trenyuh , tapi sebagian orang ga tahu karena ketutupan ama berita laen soal penyelewengan jabatan , korupsi , mafia kasus ,dll
     
  19. asnaeb M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 4, 2009
    Messages:
    206
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +2 / -0
    Polisi gini nih yang bikin kagum..... :top:

    tp entah knp gua suka risih mulu kl liat polisi apa lagi dilampu merah..... :piss:
     
  20. bhoqeem M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 11, 2010
    Messages:
    314
    Trophy Points:
    52
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,380 / -0
    Wajar euy....di mana-mana, yang namanya ikan busuk berbungkus adamantium lebih cepet kecium orang ketimbang setangkai mawar harum di tengah lapangan rumput. Nah loh?? Nyambung gak tuh?

    Solusinya sosialisasi, kali ya....semacam majalah atau sejenis itu, yang menceritakan suka-duka macam ini tanpa menyebut langsung nama yang bersangkutan (disamarkan). Pan tugasnya kebanyakan undercover, jadi ya...gak boleh umbar identitas sembarangan. Dah gitu dikomparasi deh, banyakan mana tuh, yang jelek sama yang bagus.

    Heheh. Itu juga, kalo mau repot.

    Btw, good info, Gan.
     
  21. 9a0809 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 29, 2009
    Messages:
    710
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +578 / -0
    kasian bener dah
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.