1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Personal Care and Style [Style] Busana Adat Pengantin Banjar

Discussion in 'Wedding' started by hazzastyle, Feb 2, 2014.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. hazzastyle MODERATOR

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 6, 2012
    Messages:
    7,493
    Trophy Points:
    300
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +23,370 / -1
    Busana Adat Pengantin Banjar


    [​IMG]


    Secara umum, busana adat pengantin Banjar terdiri dari tiga jenis, yaitu Bagajah Gamuling baular lulut, ba'amar galung pancaran matahari, dan babajukun galung pacinan. Akan tetapi secara khusus, sebagian orang menyebut ada empat jenis, yaitu dengan tambahan babaju kubaya panjang. Di kampung maupun di kota, busana adat pengantin Banjar masih digunakan dalam perhelatan pernikahan mereka. Meskipun busana adat tersebut telah mengalami penambahan mode dan assesoris, namun realitas ini mencerminkan bahwa orang Banjar masih peduli dalam menjaga tradisi leluhur mereka.



    [​IMG]



    Busana adat pengantin Banjar merupakan sebuah peninggalan berharga leluhur orang Banjar. Ketika zaman sekarang banyak keluarga yang cenderung menghelat pernikahan di gedung-gedung megah dengan busana modern (gaun dari Eropa), maka hal ini menjadi ujian bagi keluarga Banjar, apakah mereka akan setia dengan busana adat pengantin peninggalan leluhur mereka atau sebaliknya meninggalkannya. Pemerhati budaya dari generasi muda Banjar tampaknya perlu menjadi benteng pertama dalam memelihara budaya sendiri.







    banjarae.blogspot.com
    Melayu.online
    wikipedia
     
    Last edited: Feb 2, 2014
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. hazzastyle MODERATOR

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 6, 2012
    Messages:
    7,493
    Trophy Points:
    300
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +23,370 / -1
    Bagajah Gamuling Baular Lutut



    [​IMG]


    Pengantin Laki-Laki


    Busana jenis ini untuk pengantin laki-laki terdiri dari beberapa hal, yaitu:

    • Mahkota terbuat dari logam bundar berbentuk dua ekor ular lidi yang melingkar dan kepalanya saling
      bertemu
    • Baju poko berupa kemeja lengan pendek tanpa kerah. Baju ini merupakan modifikasi sekarang,
      karena aslinya pengantin laki-laki hanya bertelanjang dada
    • Selawar (celana panjang), tingginya lebih kurang 10 cm di atas mata kaki dengan bentuk kecil bagian
      bawah, lalu diberi hiasan motif pucuk rebung dari amnik-manik dan mote-mote
    • Tapih (sabuk pendek) bermotif khas binatang halilipan dalam posisi merayap ke bawah berhias
      sulaman benang emas dan manik-manik atau mote
    • Warna busana kuning cerah, merah atau hijau
    • Hiasan berupa kalung samban, kilat bahu garuda mungkur paksi sedang melayang, pending atau ikat pinggang emas dengan kepala motif gula kelapa, dan keris pusaka khas Banjar berbentuk sempana
    • Hiasan bunga-bunga dari daun nyiur berbentuk halilipan, karang jagung berbentuk belalai gajah yang dipasang di badan bagian depan, mawar dan melati kuncup yang diuntai, dan bunga keris.

    Pengantin Perempuan

    Busana jenis ini untuk pengantin perempuan terdiri dari beberapa hal, yaitu:

    • Mahkota terbuat dari logam bundar berbentuk dua ekor ular lidi yang melingkar dan kepalanya saling bertemu. Pada bagian depan diletakkan amar atau mahkota berbentuk kepala ular naga berebut kumala. Sementara itu, pada bagian ekor ular, diletakkan hiasan garuda mungkur paksi ketika melayang. Pada sekeliling mahkota, diberi hiasan kembang goyang yang berjumlah ganjil.
    • Sanggul dengan rambut yang dihias kembang goyang dan untaian kuncup kembang melati
    • Udat atau kemben sebagai penutup dada yang dihias manik-manik. Namun, saat ini sudah dimodifikasi dengan torso (penutup kepala yang sudah jadi)
    • Selendang sebagai penutup punggung bagian belakang dan dada
    • Kida-kida atau hiasan berbentuk bulat segilima penutup dada
    • Tapih berupa sarung panjang dengan motif khas, halilipan berhias sulaman benang emas dan manik-manik
    • Hiasan kembang goyang, bonel (anting beruntai panjang), kalung kebun raja, kalung samban pedaka, pending (ikat pinggang), gelang tangan, cincin permata, gelang kaki, dan selop tutup (pada mulanya tanpa kaki)
    • Bunga berupa karang jagung, anyaman janur, mawar dan melati wungkul, malai depan (kalung dari mawar), bunga tangan berupa hiasan bunga dan daun sirih, untaian melati, mawar, dan cempaka.
     
  4. hazzastyle MODERATOR

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 6, 2012
    Messages:
    7,493
    Trophy Points:
    300
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +23,370 / -1
    Ba'amar Galung Pancaran Matahari


    [​IMG]


    Pengantin laki-laki

    Busana jenis ini untuk pengantin laki-laki terdiri dari beberapa hal, yaitu:

    • Laung atau destar
    • Baju dalam atau kemeja putih lengan panjang berenda
    • Jas buka tanpa kancing
    • Celana panjang
    • Sabuk, sarung, atau tapih pendek bermotif khas binatang halilipan yang disulam benang emas
    • Tali wenang yaitu kain berwarna kuning sebagai ikat pinggang di atas sabuk
    • Selop tutup berhias sulaman benang emas dan manik-manik
    • Kembang untuk kalung dari mawar dan kembang diuntai untuk hiasan keris
    • Hiasan berupa kalung emas pancaran matahari, keris pusaka khas Banjar berbentuk sempana, gelang
      kaki berbentuk akar tatau, dan cincin permata.

    Pengantin perempuan

    Busana jenis ini untuk pengantin perempuan terdiri dari beberapa hal, yaitu:

    • Mahkota amar galung pancaran matahari berupa permata yang tengahnya bermotif buah nanas dan matahari
    • Sanggul berbentuk bulan sabit
    • Baju poko lengan pendek tanpa kerah dan pada ujung lengan dihias manik-manik serta rumbai
    • Kida-kida penutup dada berbentuk bulat segilima
    • Kayu apu sabuk selebar lebih kurang 15-20 cm yang berfungsi menutup baju poko dan sarung Tapih atau sarung panjang motif khas binatang halilipan
    • Hiasan berupa kembang goyang berumpun sebanyak 11-13 kuntum, sisir emas berbentuk melati dengan lima kelopak, anting beruntai panjang, kalung cikak, kalung kebun raja, kalung bentuk biji kurma, ikat pinggang emas, kilat bahu berbentuk garuda paksi, gelang tangan berbentuk kembang jepun, cincin berbentuk pagar mayang, gelang kaki, dan selop tutup bersulam benang emas
    • Bunga-bunga berupa karang jagung berjumlah ganjil, kalung dari bunga mawar dan melati yang sedang kuncup, daun sirih buah tangan yang terbuat dari daun sirih dan dihias dengan bunga mawar, janur, serta bunga kenanga yang diuntai.
     
  5. hazzastyle MODERATOR

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 6, 2012
    Messages:
    7,493
    Trophy Points:
    300
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +23,370 / -1
    Babajukun Galung Pacinan


    [​IMG]


    Pengantin Laki-laki

    Busana jenis ini untuk pengantin laki-laki terdiri dari beberapa hal, yaitu:

    • Kopyah alpe setinggi 15 cm berlilitkan surban dan dihias dengan untaian bunga melati yang kuncup
    • Baju gamis dan jubah
    • Selempang berupa kain panjang bersulam benang emas
    • Selop tutup bersulam benang emas
    • Hiasan kalung rantai dari emas, kalung permata yang dirajah ayat Al quran, dan cincin bermata satu dari zamrud.
    • Kembang tangan.

    Pengantin perempuan

    Busana jenis ini untuk pengantin perempuan terdiri dari beberapa hal, yaitu:

    • Mahkota berbentuk setengah lingkaran bertahtakan permata
    • Sanggul galung pacinan berbentuk bulat
    • Kebaya lengan panjang berbentuk cheong sam dan berkerah shanghai, bersulam benang emas dengan motif bunga teratai. Kebaya dipasangkan dengan rok besar berhias sulaman motif Cina dengan motif bunga teratai. Kebaya dipasangkan dengan rok besar berhias sulaman motif Cina dengan taburan manik-manik
    • Hiasan berupa kembang goyang berumpun sebanyak sepuluh kuntum, tusuk konde berbentuk huruf Lam dengan permata batu mulia, tusuk bunga lima buah, tusuk konde berbentuk burung hong beruntai manik-manik 2-4 buah berhias permata, kalung kebun raja dari emas atau permata, kalung rantai panjang, anting-anting, gelang tangan permata, gelang kaki berbentuk belah rotan, cincin permata, dan sisir emas dua buah.
    • Bunga-bunga berupa karang jagung tiga buah, sisir melati lima buah, dan bunga tangan.
     
  6. mystiquelle M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Oct 4, 2012
    Messages:
    4,746
    Trophy Points:
    172
    Ratings:
    +23,761 / -0
    paling sering liat yang Ba'amar Galung Pancaran Matahari :maling:
    itu mahkotanya berat bgt itu, sepupuku dulu hampir pingsan pake itu :swt:
     
  7. hazzastyle MODERATOR

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 6, 2012
    Messages:
    7,493
    Trophy Points:
    300
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +23,370 / -1
    orang samarinda kebanyakkan pake yg model itu kan :XD:
    sayangnya belum ngerasain mahkotanyaa.. :maling:

    ntar kalau kamu nikah pake yg babajukun galung pacinan ajaa simple :maling:
     
  8. mystiquelle M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Oct 4, 2012
    Messages:
    4,746
    Trophy Points:
    172
    Ratings:
    +23,761 / -0
    iya cuma itu aja ya yang be-pais :???:
    beuh...aku banyak campurannya bingung nanti pake adat mana
    :XD:
     
  9. hazzastyle MODERATOR

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 6, 2012
    Messages:
    7,493
    Trophy Points:
    300
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +23,370 / -1
    iyaa.. sisanya mahkota berat2 semua :XD:
    biasanya kalau anak cewek itu suku ikut bapak :XD::XD:
     
  10. lugly_ia MODERATOR
    Adventurer

    Offline

    Day Dreamer

    Joined:
    Feb 1, 2012
    Messages:
    6,282
    Trophy Points:
    313
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +11,184 / -0
    corak kainnya sesuatu banget yah :bloon:
    khas org banjar kali yah :bloon:
    pake yg ga bsa masuk angin deh ka :bloon: itu yg ga pake baju, jangan :XD:



    ikut bapak gimana bii :bloon:
    d tentuin sama bapak bajunya? :bloon:
     
  11. mystiquelle M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Oct 4, 2012
    Messages:
    4,746
    Trophy Points:
    172
    Ratings:
    +23,761 / -0
    kalo ikut bapak malah enak dong aku, gak ribet :cihuy:
    tapi kakakku kemaren malah ikut adat kakek, adat sunda :XD:


    bikin silau :XD:
    iya khasnya sana :hoho:
    yg pasti ntar gak pake adat ini, soalnya bukan adat kedua ortuku :hoho:
    kecuali kalo calon mempelai prianya nanti orang banjar :iii:
     
  12. lugly_ia MODERATOR
    Adventurer

    Offline

    Day Dreamer

    Joined:
    Feb 1, 2012
    Messages:
    6,282
    Trophy Points:
    313
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +11,184 / -0
    kalo bikin silau iya :malu

    tp kek nya itu khas sana yah :malu

    tp emang pengantin hrus yg silau2 biar mencolok :keringat:
     
  13. mystiquelle M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Oct 4, 2012
    Messages:
    4,746
    Trophy Points:
    172
    Ratings:
    +23,761 / -0
    namanya juga busana adat udah pasti khasnya sana :hoho:
    bajunya silau trus dekorasi pelaminan dengan warna senada, tamu undangannya bisa kesilauan semua ntar :hoho:
     
  14. lugly_ia MODERATOR
    Adventurer

    Offline

    Day Dreamer

    Joined:
    Feb 1, 2012
    Messages:
    6,282
    Trophy Points:
    313
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +11,184 / -0
    maksudnya yg khas, warna silaunya khas dr sana kah atau gmna :lol:
    tamu undangannya ga kalah silau lah :hoho:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.