1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Ungkapin kenangan film Asia paling berkesan buatmu. Berhadiah GK, Pulsa, dan Line Gift Sticker loh! .Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Lounge Strategi Dasar Digital Marketing Secara Umum

Discussion in 'Make Money Online' started by upbuckhanl, Jul 18, 2016.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. upbuckhanl Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 3, 2016
    Messages:
    18
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1 / -0
    [​IMG]
    Marketing atau pemasaran dengan cara digital membutuhkan strategi yang matang agar bisa berhasil. Digital marketing adalah pemasaran yang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi audio dan juga visual dan umumnya dilakukan dengan cara memasang iklan di televisi, radio, internet, dan media digital lainnya. Ada banyak strategi pemasaran digital yang bisa Anda lakukan tergantung dari media yang digunakan. Namun pada dasarnya ada dua dasar strategi yang dilihat dari delivery-nya ke konsumen. Dua dasar strategi tersebut adalah Pull (tarik) dan juga Push (dorong). Berikut adalah penjelasan serta kelebihan dan kekurangannya.

    Pemasaran dengan cara Pull

    Teknik pemasaran ini mendorong konsumen untuk lebih aktif dalam mencari informasi yang berhubungan dengan brand tertentu. Pemasaran digital ini melibatkan konsumen untuk mencari, melihat, dan mengambil informasi yang biasanya didapat dari situs –situs, sosial media, blog, streaming, dan sebagainya. Kelebihan dari strategi pemasaran Pull adalah tidak membutuhkan sarana teknologi yang canggih untuk mengirimkan konten, tidak ada batasan dalam pengiriman konten karena konsumen bisa mengambil informasi yang sudah disediakan sesuka hatinya, serta kebebasan perusahaan brand tersebut untuk menerapkan cara apa saja agar konsumen aktif mencari informasi.

    Sedangkan kekurangan dari strategi Pull adalah tidak ada yang mendorong konsumen untuk datang mencari informasi lagi. Pull yang dilakukan secara online juga bersifat pasif karena mengandalkan niat konsumen untuk mengingat dan menuliskan alamat situs brand dan bergantung pada mesin pencari. Pull juga tidak terlalu bisa diandalkan untuk mengukur hasil marketing kepada konsumen.

    Pemasaran dengan cara Push

    Kebalikan dari Pull, dalam strategi pemasaran Push perusahaan brand melakukan pengiriman informasi yang aktif kepada konsumen. Bisa dilakukan dengan cara mengirimkan email, melalui sms atau telemarketing, dan cara lainnya, Kelebihan dari strategi pemasaran digital Push ini adalah perusahaan bisa memilih sasaran konsumen lebih khusus yang setidaknya memiliki ketertarikan terhadap produk tersebut, kemudian informasi yang diberikan bisa disesuaikan dengan preferensi konsumen sehingga bisa dianalisa lebih mudah apa yang jadi pilihan konsumen.

    Tentu saja strategi Digital Marketing Push juga memiliki kekurangan, yang pertama adalah mekanisme pengiriman pesan yang harus rinci dan membutuhkan resource yang lebih. Kedua adalah pesan yang bisa ditolak oleh konsumen, dan ketiga konsumen yang merasa terganggu dengan pesan-pesan bernada iklan masuk ke kotak pesannya.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.