1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Sistem Pembelajaran Berbasis Teknologi Untuk Generasi Milenial

Discussion in 'School and Campus Zone' started by Nino12, Nov 30, 2017.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Nino12 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 28, 2017
    Messages:
    31
    Trophy Points:
    6
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5 / -0
    [​IMG]

    Sekarang ini, hampir seluruh informasi yang di kia butuhkan didapat melalui internet. Dengan bermodal kecanggihan teknologi, seluruh aspek dapat diperoleh dengan mudahnya . Siapa sangka hanya dengan bermodalkan menulis kata kunci yang kita inginkan, maka dalam hitungan detik mesin pencari di internet, kitra akan dapat banyak alternative berupa blog, atau artikel yang sifatnya berisi informasi yang kita butuhkan.

    Hal tersebut tentu saja berlaku juga pada dunia pendidikan. Para pengajar dan siswa tentu saja perlu melakukan browsing untuk menemukan banyak informasi seputar mata pelajaran yang dipelajari di sekolah. Faktanya dengan diberlakukannya browsing di dalam dunia pendidikan membuat pelajar dapat mengetahui lebih awal materi atau informasi materi yang akan dipelajari disekolah sehingga nantinya akan lebih mudah memahami materi yang disampaikan oleh tenaga pengajar.

    Sebagai salah satu hal yang baru keberadaan dari teknologi itu sendiri sebaiknya disikapi dengan bijak dan lebih positif. Tak heran saat ini banyak lembaga pendidikan yang menerapkan sistem dan pola pembelajaran yang berbasis digital untuk menyesuaikan dengan karakteristik generasi yang disebit sebagai milenial.

    Proses pembelajaran kini bukan hanya diterapkan dalam sistem catat tetapi juga berganti menajdi sistem bekajar dua arah. Dimana pelajar juga turut andil dalam memperoleh dan memberikan informasi.

    Begitu pula dengan peran pengajar yang bukan hanya menjadi pengajar tetapi juga sebagai fasilitator bagi para pelajar, agar dapat memenuhi kebutuhan dan harapan para siswa atas materi dan illmu yang diberikan. Kini, khususnya di sekolah internasional, pengajar diwajibkan untuk membuat sistem pengajaran, dimana pelajar sebelumnya ditugaskan untuk mencari bahan atau materi pembelajaran yang akan diajarkan disekolah.

    Baca Juga: Tips Memilih International School Jakarta yang Terpercaya

    Kondisi yang seperti itu bermanfaat bagi pelajar, dimana pelajar akan mengetahui fakta dan kenyataan yang dari apa yang dipelajarinya sebelumnya. Bayangkan, jika pelajar hanya menerima materi tanpa mnegtahui wujud nyata dari materi yang disampaikan tersebut. Mungkin ilmu dan diinformasikan oleh pengajar sulit untuk diterapkan dalam kehidupan si pelajar.


    Berbagai peran positif dari kemajuan teknologi, diharapkan dapat membuat kegitan ajar mangajar mejadi lebih kondusif dan menyenangkan. Khususnya untuk generasi milenial yang memiliki ketergantungan terhadap teknologi yang mana tak lepas dari komputer dan jaringan internet.


    Anda, sebagai orang tua pastinya menginginkan pola pembelajaran seperti itu bukan? Sebenarnya sudah banyak lembaga pendidikan di Indonesia yang menerapkannya. Khususnya sekolah internasional di Jakarta atau international schools in jakarta.
     
  2. Sunday_KNIGHT SUPERMOD

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Jun 10, 2012
    Messages:
    41,146
    Trophy Points:
    238
    Ratings:
    +760,684 / -7
    apakah sudah cocok untuk di terapkan di kita apa belum ya ?
    penerapan secara menyeluruh maksudnya, kalo beberapa sekolah emang udah mulai yang beginian,
    dan aku rasa dengan begini makin jauh aja perbedaan tingkat pendidikan di kita,

    soalnya aku ngerasa sendiri, aku orang daerah kemudian kuliah di jawa,
    kerasa ketinggalan banget, bahkan ada pelajaran yang katanya udah diajarkan di sma, tapi aku gak pernah dapat,
    jadi kebanyakan mulai dari 0 lagi, jadi sedikit terseok-seok pas masuk PT,

    Sisi positif : gak diragukan lagi, kalo caranya benar pasti besar efeknya,
    Sisi negatif : mungkin trid ini bisa menjawab http://forum.idws.id/threads/profesor-stanford-manusia-makin-bodoh.365307/
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.