1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Dismiss Notice
  7. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  8. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

singapura berburu siswa cerdas indonesia

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by blacksheep, Apr 21, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. blacksheep M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 23, 2008
    Messages:
    4,595
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +25,039 / -0
    singapura berburu siswa cerdas indonesia
    SINGAPURA,kompas..com-Indonesia kurang memberikan perhatian kepada siswa-siswa brilian, termasuk para juara olimpiade internasional. Pemerintah hanya memberikan fasilitas masuk perguruan tinggi negeri tanpa tes dan siswa bersangkutan dijanjikan akan diberikan beasiswa.

    Singapura justru lebih agresif dengan memburu siswa-siswa brilian ke sejumlah sekolah di Indonesia lewat agennya yang tersebar di sejumlah kota, seperti Jakarta, Surabaya, dan Medan. Di Jakarta, siswa genius yang diincar antara lain yang bersekolah di SMAN 8, SMAN 28, SMAK 1 BPK Penabur, Santa Ursula, dan Kanisius.

    Selain menawarkan kuliah di perguruan tinggi terkemuka di Singapura, siswa-siswa brilian juga dijanjikan fasilitas yang menggiurkan.

    Selain beasiswa, siswa cerdas juga ditawari subsidi biaya kuliah (tuition grant) dari Pemerintah Singapura sebesar 15.000 dollar Singapura (sekitar Rp 112,5 juta per tahun) atau pinjaman bank tanpa agunan untuk biaya kuliah. Jika siswa mengambil pinjaman bank, cicilan pinjamannya dibayar setelah mereka bekerja.

    Setidaknya 250-300 siswa brilian asal Indonesia setiap tahun berangkat ke Singapura untuk kuliah di perguruan tinggi top kelas dunia. Mereka kuliah di Nanyang Technological University, National University of Singapore, dan Singapore Management University.

    Sekretaris I Bidang Informasi, Sosial, dan Budaya Kedutaan Besar Indonesia untuk Singapura GH Mulyana mengatakan, dari total pelajar dan mahasiswa Indonesia di Singapura sebanyak 18.341 orang, sekitar 5.448 orang di antaranya sedang mengambil S-1, S-2, dan S-3 di berbagai program studi.

    Ditawari beasiswa

    Sejumlah siswa peraih olimpiade internasional di Tanah Air mengaku didatangi perwakilan dari Nanyang Technological University sejak 2008. Perguruan tinggi tersebut menawarkan bebas tes masuk, beasiswa pendidikan, dan ikatan kerja selama tiga tahun di perusahaan Singapura.

    Adapun dari Pemerintah Indonesia, mereka baru mendapat pemberitahuan dari Departemen Pendidikan Nasional pada awal 2009 untuk mengirimkan data dan pilihan perguruan tinggi yang diinginkan.

    ”Baru dibilang ada fasilitas bebas tes masuk PTN, tapi beasiswa masih belum tahu,” kata seorang siswa juara olimpiade tingkat Asia dan internasional.

    Peserta Olimpiade Kimia Internasional 2006, Adhi Kurnianto, memutuskan belajar di Singapura setelah tim dari Nanyang Technological University datang dan melakukan presentasi di sekolah lamanya di SMAK 1 BPK Penabur Jakarta.

    Wahyu Saputra dari SMA Sutomo Medan, yang pernah mengikuti Olimpiade Matematika Tingkat Provinsi Sumatera Utara, belajar Kimia dan Biomolekuler di Nanyang Technological University dengan tuition grant.

    Pascal Gekko, peraih medali emas bidang komputer SMA pada Olimpiade Sains Nasional, memutuskan untuk masuk National University of Singapore. Ia mengatakan, universitas-universitas di Singapura jauh lebih agresif dalam menawarkan kesempatan kepada siswa berprestasi ketimbang perguruan tinggi negeri di Tanah Air.

    Seleksi sangat ketat

    Untuk kuliah di Singapura, ketiga perguruan tinggi tersebut melakukan seleksi sangat ketat. ”Universitas kami hanya menerima mahasiswa terbaik,” kata Director Office of Admissions National University of Singapore R Rajaram.

    Universitas yang masuk peringkat ke-30 dunia dalam pemeringkatan Times Higher Education 2008 tersebut

    menerima sekitar 6.500 mahasiswa baru setiap tahun, dengan 20 persen di antaranya mahasiswa internasional.

    Mahasiswa baru asal Indonesia berjumlah 80-100 orang per tahun. Menurut Rajaram, pelajar dari Indonesia termasuk populasi terbesar setelah China dan Malaysia.

    Di Nanyang Technological University, yang termasuk peringkat ke-77 dalam daftar Times Higher Education 2008, setiap tahun ada 100-150 mahasiswa baru asal Indonesia.

    ”Seleksi biasanya dilakukan di sejumlah kota di Indonesia,” kata Ketua Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Nanyang Technological University Budi Raharjo Santoso.

    Singapore Management University juga menerima banyak mahasiswa asal Indonesia. ”Calon mahasiswa baru diseleksi dan diwawancara,” kata Abel Sim, Assistant Director Office of Undergraduate Admissions Singapore Management University.

    Jika lolos seleksi, menurut Rajaram, calon mahasiswa asing semuanya ditawari tuition grant dari Pemerintah Singapura yang besarannya sekitar 15.000 dollar Singapura atau sekitar Rp 112,5 juta per tahun.

    ”Sebagai balasan, mereka diharapkan bekerja untuk perusahaan yang terdaftar di Singapura atau perusahaan Singapura di seluruh dunia. Yang diminta bukan uang ganti rugi, tetapi kontribusi terhadap pembangunan di Singapura,” ujarnya.

    Sisa biaya yang harus ditanggung mahasiswa internasional sekitar 9.000 dollar Singapura atau sekitar Rp 67,5 juta. Itu pun mahasiswa tidak perlu bingung. Mereka dapat mengajukan tuition loan atau pinjaman ke bank yang juga berlokasi di kampus.

    Pinjaman tidak dikenai bunga selama masih berkuliah. Setelah lulus, mereka masih diberikan waktu enam bulan untuk mencari pekerjaan dan setelah itu baru bunga pinjaman dihitung. Waktu pembayaran pinjaman bisa mencapai 20 tahun.

    ”Guarantor-nya tidak perlu orangtua atau saudara. Yang penting kenal. Mudah sekali,” kata seorang mahasiswa asal Indonesia yang mengambil skema tuition grant dan tuition loan.

    Aksi Singapura merekrut mahasiswa brilian bukan hal baru. Mengutip artikel ”Singapore’s Failing Bid for Brainpower” yang dipublikasi Far Eastern Economic Review terbitan Oktober 2007, Singapura menargetkan merekrut 150.000 mahasiswa asing hingga tahun 2015. Ambisi itu bagian dari cepatnya pertumbuhan globalisasi pendidikan.

    Tri Turtury Meswary, Assistant Manager Education Services Eastern Indonesia-International Operation, mengatakan, tren melanjutkan pendidikan strata satu ke Singapura meningkat 10-15 persen setiap tahun.

    Direktur Pembinaan SMA Departemen Pendidikan Nasional Sungkowo Mudjiamanu, Minggu (19/4), mengatakan, pemerintah sudah berupaya memberikan apresiasi terhadap siswa cerdas berprestasi.

    Anak yang berprestasi dalam arti memperoleh medali emas, perak, dan perunggu, di berbagai olimpiade keilmuan di level nasional dan masih duduk di bangku SMA diberikan beasiswa Rp 3,6 juta per tahun mulai tahun 2009. ”Angka itu sudah jauh lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya yang hanya Rp 65.000 per bulan,” ujarnya.

    Pengamat pendidikan dan pengajar di Universitas Negeri Jakarta, Lodi Paat, mengatakan, siswa tidak bisa disalahkan saat akan belajar dan bekerja di Singapura dengan fasilitas Pemerintah Singapura.

    ”Yang salah Pemerintah Indonesia karena tidak bisa memberikan fasilitas pendidikan dan pekerjaan yang layak untuk mereka,” kata Lodi Paat.

    Direktur Institute of Education Reform Universitas Paramadina Hutomo Dananjaya mengatakan, pemerintah sering mengeluh kualitas sumber daya rendah, tetapi justru anak-anak genius ”dibajak” negara lain. (INE).


    sumber : http://internasional.kompas..com/read...asal.Indonesia
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. achnime M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 19, 2007
    Messages:
    328
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +8 / -0
    semoga tidak ada david-david lainnya
     
  4. Marco86 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 14, 2009
    Messages:
    1,812
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +28,401 / -0
    Cape d da 3 comment berturut2 tentang Indo n semuanya BURUK !!!

    Wahai negaraku, ada apa denganmu?
    Kapankah kita sebagai dapat berdiri dengan kepala tegak dengan bangga menyebut diri kita Bangsa Indonesia !
     
  5. ~airiRin~ M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Feb 7, 2008
    Messages:
    9,631
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +3,749 / -0
    Kalau baca itu, siapa yang nolak. :D

    Di Indo kurang dihargai, di Singapura mereka dihargai dgn semestinya.
    Abis kuliah juga dapat kerja di perusahaan yang berhubungan dgn Singapura, ga perlu banting tulang kaya' disini.
     
  6. Takeru M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 5, 2008
    Messages:
    1,384
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +3,254 / -0
    setuju :top:
     
  7. mr_ark SUPERMOD

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Jan 14, 2009
    Messages:
    20,927
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +71,855 / -15
    Setuju! Pinter di negeri sendiri tidak dihargai :madesu: Kapan yah Pemerintah Indonesia bisa menghargai anak bangsanya yang berprestasi. Mosok orang pinter ikut-ikutan diekspor juga, kemarin TKI yang diekspor :haha:
     
  8. kiva88 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 2, 2009
    Messages:
    497
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +4,811 / -0
    Singapura tu sadar akan potensi kekurangan tenaga kerja akibat jumlah penduduknya yg dikit. Niat Singapura untuk menawarkan beasiswa kayaknya ada yg terselubung deh...bukan sekadar menjadikan mereka sebagai tenaga di Singapura suatu saat (bisa aja kan mahasiswa asing tu ditawari naturalisasi). Klopun gak dinaturalisasi, mahasiswa yang kembali bekerja di negara asalnya, setidaknya diharapkan bisa menjadi orang yang kenal dan sayang dengan Singapura dan bisa menjadi jaringan Singapura di kemudian hari.
     
  9. Lyco Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Nov 3, 2008
    Messages:
    8,650
    Trophy Points:
    221
    Ratings:
    +9,718 / -0
    yah kalau dihargai begitu siapa yang nggak mau
    udah dididik dikasih kerjaan lagi pas lulus...
     
  10. tozenx M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 6, 2009
    Messages:
    211
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +10 / -0
    salah pemerintah kita juga yang terlalu cuek
    padahal anak2 itu kan generasi penerus bangsa harusnya di dukung dong
     
  11. doubledoank M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    May 31, 2008
    Messages:
    2,056
    Trophy Points:
    132
    Ratings:
    +1,297 / -0
    udah banyak kok yang mahasiswa asal indo yang akhirnya dinaturalisasi ke sana....

    sepupu gw ada 1 yang ntar kayanya bakal pindah warga negara ke singapura... tapi belum diputusin katanya.....
     
  12. rouga Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 21, 2009
    Messages:
    52
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +4 / -0
    ini semua si salah negara kita...

    coba aja lihat...

    di perbatasan...

    malaysia itu memberikan perhatian khusus untuk segala sesuatu yang ada di batas negaranya...

    sedangkan indonesia?

    jgnkan perhatian...

    di lirik aja tidak...

    kalo udah di colong 1 - 1 pulaunya baru ribut...

    pulau pun bisa di colong karena apa?

    karena masyarakat di sana di berikan sesuatu yang lebih oleh pihak yang mencolong...

    ado2...

    indonesia2...

    kapan engkau mau belajar...
     
  13. CY_T_Anezaki M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 3, 2009
    Messages:
    2,154
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +1,698 / -0
    Indonesia pada pengen egois sendiri2 sih jd susah buat maju bareng2, mana kecemburuan sosial gede lg gapnya

    Semisal pemukiman mewah yg bersebelahan dgn kampung kumuh bgt, lagipula tuh caleg2 dah terlihat kan seberapa inginnya mereka memperkaya diri sendiri (kebanyakan gt sih meski ga tau jg)
     
  14. Feischmaker M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 28, 2008
    Messages:
    1,489
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,022 / -0
    ...Indonesia berdalih bahwa pemerintah ingin bersikap adil dengan tidak memberikan perlakuan istimewa...

    WRONG!! PEOPLE ARE NOT EQUAL!!

    Siswa jenius memang pantas mendapatkan perlakuan sangat istimewa :haha:
     
  15. DarthVadderX M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 10, 2008
    Messages:
    1,361
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +61,486 / -0
    Kasian sekali negara ini.... tragis banget nasibnya... Pemerintah salah karena tdk memberikan perhatian lebih thd SDM nya
     
  16. Shuichi M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Feb 11, 2009
    Messages:
    8,518
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +154,655 / -3
    Wah" ...
    Kyk'a kesempatan bagus buat lebih maju ...
    sayangnya gue bru mau Luluz SMP sii ...
     
  17. Marco86 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 14, 2009
    Messages:
    1,812
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +28,401 / -0
    Yup setuju sekali.. Pemerintah kita harus belajar menghargai warga negaranya...

    Emang si Kennedy pernah bilang
    " Jangan tanyakan apa yang negara berikan padamu, tapi tanyakan apa yang telah kau berikan bagi negaramu" (Dah ditranslate-in..hehehe)

    Tapi kalo bagi warga negara yang telah berprestasi harusnya dibalik dong, kita dah berjasa mengharumkan nama negara, masa kita ga diberikan penghargaan yang layak ??

    Betul khan??
     
  18. blackwarr M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 1, 2008
    Messages:
    1,357
    Trophy Points:
    132
    Ratings:
    +2,893 / -0
    yah ada yg gk gw suka dari hal ini
    sdm indo lama2 makin dikit
    nanti yang ada orang2 ny yg demen korupsi smua
    gmn indonesia mau maju??
    zz
     
  19. chynthia M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 22, 2008
    Messages:
    782
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +20,783 / -0
    Sebenernya si g gak meliat bagaimana caranya Indo bisa maju. Meskipun orang-orang pinter itu ada disini, tetep Indo gak bisa maju. Korup semua. Terus orang disini sirikan. Kalo meliat orang lain punya kelebihan, bukannya di semangatin malah disirikin. Makanya kalo g bilang Indonesia memang tidak pantas memiliki orang berkualitas tinggi. Daripada sia-sia, uda bener orang-orang berkualifikasi tinggi diberikan kepada negara lain yang jelas lebih mampu memberdayakan mereka. Peace!
     
  20. Elfstein Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 1, 2009
    Messages:
    39
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    ini mah udah lama banget terjadi,,
    kok baru sadar
     
  21. MAJINBHU M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    May 21, 2008
    Messages:
    2,183
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +206 / -0
    ini seh 100% emang kesalahan dari pemerintah Indonesiany ampe negeri lain bisa nyuri generasi pintar bangsa sendiri soalny terbukti pemerintah Indonesia sangat tidak menghargai generasi-generasi pintarny sendiri.

    ntar giliran udah berhasil disuruh balik dah ke Indonesia.

    NGEBANGUNNY GA MAU.....HASILNY MAU......BENER-BENER EGOIS[​IMG]!!!!!!!

    SADARLAH INDONESIAKU.......[​IMG][​IMG]
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.