1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

People Siapakah Sesungguhnya Para Perompak Somalia?

Discussion in 'Education Free Talk and Trivia' started by 3Volution, May 3, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. 3Volution M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 16, 2009
    Messages:
    448
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +1,040 / -0
    [​IMG]



    Rakyat Indonesia saat ini sedang dirudung keprihatinan karena belasan pelautnya tengah disandera pembajak Somalia. Dalam sebuah berita online tentang perompak Somalia, ada seorang komentator yang bertanya, “Mengapa negara-negara Barat mau bersepakat menyerbu Libya, tetapi tidak ada tindakan yang mereka ambil untuk mengamankan Teluk Aden?

    Sungguh sebuah pertanyaan yang kritis. Ya, mengapa perompak Somalia ‘dibiarkan’ sedemikian merajalela? Masa sih AS dan NATO dengan persenjataan mereka yang sangat canggih tak mampu menumpas pembajak laut dari sebuah negara sangat-sangat miskin, Somalia?

    Mengenai indikasi ‘pembiaran’ perompak Somalia itu, dengan mengutip analisis William Engdahl dari Global Research. Singkatnya begini, AS yang melancarkan serangan ke Yaman dengan alasan ‘mengejar Al Qaeda’, sesungguhnya menghendaki perubahan rezim di sana. Yaman berbatasan dengan Arab Saudi di utara, Laut Merah di Barat, Teluk Aden dan Laut Arab di selatan, di seberang Teluk Aden ada Somalia, Jibouti. Di sebelah Jibouti berderet Eritrea, Sudan, dan Mesir. Dengan demikian, semua negara itu (Arab Saudi, Mesir, Somalia, Jibouti, Eritrea, Sudan, dan Yaman saling berhadapan dengan Selat Mandab (Bab el Mandab) yang super-strategis.Tanker-tanker minyak dari Teluk Persia harus lewat ke Selat Mandab, baru kemudian melewati Kanal Suez, dan menuju Mediterania.

    Menurut Engdahl, jika AS punya alasan yang diterima opini publik internasional untuk memiliterisasi Selat Mandab, AS akan punya kartu truf di hadapan Uni Eropa dan China bila mereka ‘berani’ di hadapan AS. Suplai energi China dan Eropa sangat bergantung dari Selat Mandab. Bahkan Selat Mandab bisa dipakai AS untuk menekan Arab Saudi agar tetap melakukan transaksi dalam dollar Amerika (sebagaimana pernah diberitakan media, Arab Saudi dan beberapa negara -termasuk Iran-pernah melontarkan keinginan untuk melakukan transaksi tidak dengan dollar). Engdahl juga menyebutkan adanya informasi dari Washington bahwa ada sumber minyak yang luar biasa besar di Yaman, yang sama sekali belum dieksplorasi.

    Engdahl kemudian menyoroti kasus bajak laut Somalia yang membuat kacau di Selat Mandab selama dua tahun terakhir. Pertanyaannya: bagaimana mungkin bajak laut dari Somalia, sebuah negara yang berada di nomor teratas dalam list ‘negara gagal’ (failed state) sampai punya senjata dan logistik yang canggih, sampai-sampai dalam dua tahun terakhir mampu membajak 80 kapal dari berbagai negara? Bahkan pembajak Somalia itu memakai gaya-gaya penjahat di negara maju: menelpon langsung kantor koran Times di Inggris, memberitahukan bahwa mereka sudah membajak. Saat ini, tercatat ada 56 kapal asing yang masih berada dalam ‘tawanan’ pembajak Somalia beserta 800-an awak kapalnya. Selain kapal Indonesia “Sinar Kudus”, ada kapal FV NN Iran yang ditawan sejak 2 Maret 2009 bersama 29 krunya.

    Merajalelanya perompak Somalia di Selat Mandab memberi alasan kepada AS untuk menaruh kapal perangnya di sana. Pemerintah Mesir, Sudan, Jibouti, Eritrea, Somalia, Arab Saudi, sudah terkooptasi oleh AS sehingga diperkirakan tidak akan memberikan reaksi negatif bagi militerisasi AS di Selat Mandab. Kini, masih ada satu negara di sekeliling Selat Mandab yang masih perlu ditaklukkan: Yaman.

    Pemerintah Yaman memang pro-AS, tapi masalahnya, Presiden Ali Abdullah Saleh tidak cukup kuat untuk mengontrol negaranya, karena itulah dia harus ‘digulingkan’. Aksi-aksi protes di Yaman saat ini, karenanya, sangat bersesuaian dengan keinginan AS.

    Analisis Engdahl ini terasa klop dengan laporan dari AFP yang merilis pernyataan dari pejabat Interpol. Menurut mereka, aksi-aksi pembajakan di lepas laut Somalia dikontrol oleh sindikat kriminal, termasuk orang-orang asing (non-Somalia) yang tergiur oleh kesempatan untuk mendapatkan uang tebusan multi-juta dollar. Para pembajak itu memiliki senjata-senjata dan alat pendeteksi yang sangat canggih sehingga mereka mampu melakukan pembajakan di perairan dengan jarak yang sangat jauh, bahkan mencapai 1.200 nautical mil (=1380,935 mil) di lepas pantai Somalia. Mick Palmer, pejabat Interpol dari Australia, menyatakan bahwa ada bukti yang jelas, yang menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kecanggihan perlengkapan yang dimiliki para pembajak. “Jadi mereka mendapatkan bantuan yang sangat canggih dalam mendeteksi keberadaan kapal-kapal perdagangan besar,” kata Palmer.

    Tak heran bila Jean-Michel Louboutin, direktur eksekutif kepolisian di Interpol yang berbasis di Prancis menegaskan, “Ini adalah kejahatan yang terorganisasi.”

    Lebih jauh lagi, pejabat Interpol itu menjelaskan bahwa pembajak laut Somalia sebenarnya hanya mendapatkan sebagian kecil dari uang tebusan. Rata-rata, setiap dua juta dollar yang mereka dapatkan sebagai uang tebusan, hanya 10.000 dollar yang masuk ke kantong mereka. Sisanya, masuk ke kantong sindikat kriminal. Setengah juta dollar akan diambil oleh orang yang menghantarkan tebusan (biasanya diantarkan dengan helikopter yang mendarat di atas kapal yang dibajak), dan setengah juta dollar lagi diambil oleh negosiator.

    Dengan tegas Palmer menyatakan, “Ini adalah sebuah industri besar. Besar sekali uang yang bisa dihasilkan dari pembajakan. Tetapi, para pembajak itu sendiri, banyak di antara mereka adalah remaja miskin, hanya mendapat sebagian kecil saja dari uang itu.”

    Jadi, bila kita kembali ke pertanyaan yang diajukan komentator di atas, setelah membaca uraian artikel ini, menurut Anda, apa jawabannya?.
     
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. easyvalen M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 28, 2010
    Messages:
    1,830
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +2,082 / -0
    gw kira hidup perompak kaya justru malah sengsara. dari pada ngerompak mending kerja gitu.
    hidupitu bener2 ngak adil ya :sigh:
     
  4. aghost27 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 15, 2009
    Messages:
    83
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +3 / -0
    kira2 yang mendanai siapa yah?
     
  5. joe_cfu M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Feb 10, 2010
    Messages:
    2,083
    Trophy Points:
    132
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,573 / -0
    presiden kita kelamaan ngambil tindakannya..
    padahal dah di perbolehin buat nembak tu perompak sama negara somalia..
    kopasusnya dikeluarkan dunk :oii:
     
  6. easyvalen M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 28, 2010
    Messages:
    1,830
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +2,082 / -0
    jgn2 maen tembak aja gan soalnya kan nyawa awak nya dipertaruhkan. tp klo tentang lama ambil keputusan gw setuju.
     
  7. Artanis Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,613
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,679 / -1
    di balik semua kekacauan negara baik perompakan di somalia atau kerusuhan di negara manapun, selalu ujung2nya amerika..(emang negara ini selalu ada di belakang kekacauan sebuah negara) :gaswat:
    Selama kemiskinan melanda Somalia maka pembajakan akan terus berlangsung..:cerutu:
     
  8. ripsnorter M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 23, 2010
    Messages:
    1,963
    Trophy Points:
    211
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +178,325 / -0
    konspirasi ... waduh amerika semakin jahat aja .. ckckck .. mulai kehabisan minyak ya???
     
  9. anggadwicahyono Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 22, 2011
    Messages:
    37
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    perompak = di laut
    perampok = di darat
    setuju g?
     
  10. boo_lz M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 10, 2009
    Messages:
    240
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +28 / -0
    lah? klo semua negra sama sama basmi khan bisa teratasi toh?? lah kok gak teratasi ampe sekarang? apa bener seh tidak semudah itu?
    jgn jgn konspirasi lagi neh...
     
  11. rezzoku M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 14, 2011
    Messages:
    1,010
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +20,694 / -0
    Perompak ato parampok tetaplah tindak kejahatan yang perlu dibasmi ,

    Tu ceriatanya ada sebagian yang gak bener ,cb ntar baca lebih bayak lagi :peace:
     
  12. JodiLosCules Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 4, 2011
    Messages:
    161
    Trophy Points:
    151
    Ratings:
    +7,570 / -0
    GA......
    Perompak = Bajak Laut
    Perampok = Pembajak ( Preman )
     
  13. manusiahero2011 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 9, 2011
    Messages:
    615
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +852 / -0
    iyah harus da tindakan hukum melawan perompak somalia dan berikan solusi buat mereka.. kasihan mereka yang miskin menjadi ganas saat perut mereka diraja kelaparn..
     
  14. yuripuspita M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 24, 2010
    Messages:
    1,144
    Trophy Points:
    132
    Ratings:
    +4,776 / -0
    mungkinkan ini hanya propaganda si "negara ahli propaganda" ???? (tau sendirilah sapa )
     
  15. Artanis Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,613
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,679 / -1
    ya siapa lagi klo bukan "OM SAM"..:hehe:
    "OM SAM" kan paling jago klo soal begituan..
    dan mesti dapet :jotos biar tau rasa..
    :lol:
     
    Last edited: May 20, 2011
  16. easyvalen M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 28, 2010
    Messages:
    1,830
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +2,082 / -0
    klo menurut ane sih itu blum terbukti secara bener. :???:
    tp setahu ane somalia kan termasuk salah satu dari negara gagal. pemerintahnya cuman bisa kuasai setengah dari luas areanya. :fufufu:
     
  17. Artanis Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,613
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,679 / -1
    Klo ane sich sudah melihat bukti2nya kok...:elegan:
    Lihat ajja Irak sampe sekarang kacau..
    sejak invasi si OM ke irak dengan dalih ada senjata pemusnah massal dan sampe skr tak terbukti,masih ajja kekeh menduduki irak..:sigh:
    naaah sekarang klo bukan ujung2 minyak irak yang melimpah yah pasti buat perekonomiamnya si OM dong...:hmm:
    Intinya Klo si OM gak seneng ama 1 negara maka negara itu di buat kacau apapun caranya..:panda:
     
  18. fierzyad M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 30, 2009
    Messages:
    1,341
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +2,899 / -0
    baru tahu klo "mereka" hanya sebagai bidak dan kuda loncatan dalam pemenuhan pundi2 uang sang perencana...
    emang masalah perut adalah paling krusial...
     
  19. chiwa_wa Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 9, 2010
    Messages:
    207
    Trophy Points:
    26
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +6 / -0
    pasti tuh perompak punya Backing yang kuat...
     
  20. Artanis Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,613
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,679 / -1
    urusan perut emang krusial gan..
    banyak yang jadi brutal gara2 urusan perut..:suram:
     
  21. cyberkom Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 11, 2009
    Messages:
    25
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +4 / -0
    nice info tks kk
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.