1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Dismiss Notice
  7. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  8. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Biography Shinsengumi, The Wolf of Mibu

Discussion in 'World History' started by jerukno15, Apr 29, 2010.

?

Ada yang tau Shinsengumi ?

  1. Tau dong :terharu:

    0 vote(s)
    0.0%
  2. Tau, tapi cuma dikit :keringat:

    0 vote(s)
    0.0%
  3. kaya nya pernah dengar :???:

    0 vote(s)
    0.0%
  4. gak tau sama sekali :pusing:

    0 vote(s)
    0.0%
Thread Status:
Not open for further replies.
  1. jerukno15 Veteran

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 30, 2009
    Messages:
    1,961
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +18,492 / -0
    [​IMG]


    Shinsengumi adalah sebuah kesatuan polisi khusus pada masa keshogunan terakhir yang tidak bisa lepas dari sejarah jepang. bahkan banyak drama, anime, atau film yang terinspirasi dari kelompok ini.
    beberapa yang saia tau
    Anime: Samurai X, Peacemaker Kurogane, Gintama, dan Hakuoki Shinsengumi kitan
    Game: Last Blade, Gunrou - den, Bakumatsu Renka Shinsengumi, Fu-un Shinsengumi ( PS-2)
    Dorama: NHK Shinsengumi, Mibugishiden
    Manga: Samurai X, Flash of wind ( kaze Hikaru) dan Burai

    here's the history... :nongol:


    [​IMG]
    tulisan di bendera nya adalah "Makoto" artinya kesetiaan :terharu:

    Latar Belakang Sejarah
    Setelah Jepang membuka diri pada dunia Barat mengikuti kunjungan perwira AS Komodor Matthew Perry pada 1853, situasi politik secara bertahap menjadi makin keras. Negara terbagi menjadi beberapa garis pendapat politik; satu dari beberapa kelompok pemikiran ini adalah(yang telah ada sejak kedatangan Perry) sonnō jōi: "Hormati Kaisar, Usir Orang Asing."
    Pengikut radikal dari ideologi ini mulai melakukan kegiatan pembunuhan dan kekerasan di Kyoto, ibukota kerajaan. Pada 1963, dalam usaha menjawab keadaan ini, Keshogunan Tokugawa membentuk Roshigumi , satu kelompok yang terdiri dari 234 samurai tak bertuan (rōnin), dibawah komando hatamoto Matsudaira Tadatoshi dan pimpinan Kiyokawa Hachirō (seorang ronin dinamis dari Shonai).
    Misi formal kelompok adalah bertindak sebagai pelindung Tokugawa Iemochi, shogun ke-14, yang mempersiapkan diri untuk mengadakan perjalanan ke Kyoto.

    Fakta Sejarah
    Rōshigumi, dibentuk oleh rezim Tokugawa. Meski demikian, tujuan Kiyokawa Hachirō, adalah untuk mengumpulkan rōnin untuk bekerja dengan imperialis. Sebagai jawaban, tigabelas anggota Rōshigumi menjadi tigabelas anggota pendiri Shinsengumi. Anggota lain yang setia pada pemerintahan Tokugawa kembali ke Edo dan membentuk Shinchōgumi , yang mengikuti bentuk wilayah Shōnai.

    Anggota Shinsengumi aslinya dikenal sebagai Miburō,artinya "ronin dari Mibu," Mibu adalah wilayah kumuh di pusat Kyoto di mana mereka ditempatkan. Reputasi Shinsengumi menjadi negatif dengan cepat, dan panggilan mereka kemudian berubah menjadi “Serigala Mibu" (sama pengucapannya). Shinsengumi bisda diartikan "Kesatuan Pilihan Baru" (Shinsen berarti “baru dipilih," sementara "gumi" diartikan sebagai “kelompok," "tim," atau "pasukan").
    Komandan asli Shinsengumi adalah Serizawa Kamo, Kondō Isami, and Shinmi Nishiki. Awalnya, kelompok dibagi dalam tiga faksi utama: kelompok Serizawa, kelompok Kondo, kelompok Tonouchi (daftar anggota di bawah).Tonouchi dan Iesato dibunuh tak lama setelah pembentukannya.

    Faksi Serizawa:
    Serizawa Kamo
    Niimi Nishiki
    Hirayama Gorou
    Hirama Juusuke
    Noguchi Kenji
    Araya Shingorou
    Saeki Matasaburou

    Faksi Kondo:
    Kondo Isami
    Hijikata Toshizo
    Inoue Genzaburō
    Okita Souji
    Nagakura Shinpachi
    Saito Hajime
    Harada Sanosuke
    Todo Heisuke
    Yamanami Keisuke

    Faksi Tonouchi:
    Tonouchi Yoshio
    Iesato Tsuguo
    Abiru Aisaburo
    Negishi Yuuzan

    Setelah hilangnya Tonouchi Yoshio dan faksi ketiganya, kelompok kemudian terdiri dari dua faksi: kelompok Mito Serizawa dan anggota Shiekan Kondō Isami, keduanya berpusat di lingkungan Mibu Kyoto. Kelompok menyerahkan sebuah surat ke klan Aizu memohon ijin ke polisi Kyoto, dan membalas para revolusioner yang mendukung kaisar melawan keshogunan Tokugawa. Permohonan mereka dikabulkan.

    Pada 30 September (kalender bulan 18 Agustus), klan Chōshū dipaksa keluar dari dewan Kekaisaran oleh rejim Tokugawa, klan Aizu dan klan Satsuma. Semua anggota Mibu Rōshigumi dikirim untuk membantu Aizu dan membantu menghadang Chōshū dari dewan kekaisaran dengan mengawal gerbang-gerbangnya.
    Ini menyebabkan perpindahan kekuasaan di dunia politik di Kyoto, dari kekuatan ekstrem Chōshū yang anti-Tokugawa ke kekuatan Aizu yang pro-Tokugawa. Nama baru "Shinsengumi" disebutkan telah diberikan ke kelompok ini oleh Dewan Kekaisaran atau Matsudaira Katamori (daimyo klan Aizu) atas pekerjaan mereka dalam mengawal gerbang.

    Musuh terbesar Shinsengumi adalah ronin samurai klan Mori dari Chōshū yang mendukung imperialis (dan kemudian, mantan sekutu Klan Shimazu dari Satsuma).

    Ironisnya, tindakan gegabah Serizawa dan Shinmi, berimbas pada nama Shinsengumi, menyebabkan kelompok ini ditakuti di Kyoto ketika tugas mereka adalah untuk menjaga kedamaian. Pada 19 Oktober 1863, Shinmi Nishiki, yang diturunkan menjadi wakil komandan karena sebuah perkelahian dengan pegulat, dipaksa melakukan seppuku oleh Hijikata dan Yamanami. Kurang dari dua minggu kemudian, Serizawa dibunuh oleh faksi Kondō atas perintah Matsudaira Katamori.

    Kasus Ikedaya pada 1864, di mana mereka mencegah pembakaran Kyoto, membuat Shinsengumi terkenal dalam semalam; mereka mendapat banyak anggota baru.

    Shinsengumi tetap setia ke Tokugawa Bakufu, dan meninggalkan Kyoto dengan damai di bawah pengawasan wakadoshiyori Nagai Naoyuki, tak lama setelah pengunduran diri Tokugawa Yoshinobu. Meski demikian, sebagaimana mereka ditempatkan sebagai kesatuan keamanan di Fushimi, mereka segara ikut ambil bagian dalam Perang Toba-Fushimi. Kemudian, ketika melanjutkan pertempuran di luar Edo, Isami Kondō tertangkap dan dipenggal oleh pemerintahan Meiji. Sekelompok anggota Shinsengumi di bawah Saitō Hajime bertempur dalam melindungi wilayah Aizu, dan banyak di antara mereka yang pergi ke wilayah utara di bawah Hijikata, bergabung dengan kesatuan dari Republik Ezo. Selama masa ini, Shinsengumi mampu mengembalikan kekuatanya, hingga mencapai angka di atas 100. Secara umum, kematian Toshizō Hijikata pada 20 Juni (kalender bulan 11 Mei) 1869 dilihat sebagai tanda berakhirnya Shinsengumi, meski ada sekelompok yang bertahan, di bawah Sōma Kazue, yang sebelumnya berada di bawah pengawasan Nagai Naoyuki di Benten-daiba, menyerah secara terpisah.

    Sedikit dari anggota inti, seperti Nagakura Shinpachi, Saito Hajime, dan Shimada Kai, bertahan dari bubarnya kelompok. Anggota lainnya, seperti Takagi Teisaku, malah menjadi tokoh terkemuka di masyarakat.

    Anggota-anggota Kelompok
    Pada puncaknya, Shinsengumi memiliki sekitar 300 anggota. Mereka adalah golongan samurai pertama masa Tokugawa yang memperbolehkan mereka yang bukan berasal dari golongan samurai seperti petani dan pedagang untuk bergabung. Sebelumnya, Jepang memiliki system hierarki golongan yang ketat. Banyak yang bergabung dengan kelompok ini karena keinginan untuk menjadi samurai dan terlibat di dunia politik. Meski demikian, adalah anggapan yang salah bahwa sebagian besar anggota Shinsengumi berasal dari golongan bukan samurai. Dari 106 anggota Shinsengumi (dari total 302 anggota saat itu), terdiri atas 87 samurai, 8 petani, 3 pedagang, 3 dokter, 3 pendeta, dan 2 tukang kayu. Beberapa pemimpin, seperti Yamanami, Okita, Nagakura, dan Harada, terlahir sebagai samurai.

    Susunan Shinsengumi setelah Ikedaya
    Komandan : Kondō Isami, penerus keempat Tennen Rishin Ryū
    Sekretaris Jenderal (Wakil Komandan): Yamanami Keisuke
    Wakil Komandan : Hijikata Toshizō
    Penasihat Militer : Ito Kashitarō
    Kapten Pasukan :
    Okita Sōji
    Nagakura Shinpachi
    Saitō Hajime
    Matsubara Chūji
    Takeda Kanryūsai
    Inoue Genzaburō
    Tani Sanjūrō
    Tōdō Heisuke
    Suzuki Mikisaburō
    Harada Sanosuke
    Mata-mata : Shimada Kai, Yamazaki Susumu

    Peraturan Shinsengumi
    Inti dari Peraturan Shinsengumi sebagian besar ditulis oleh Hijikata Toshizo. Intinya termasuk lima pasal, melarang tindakan sebagai berikut:
    1. Menghindar dari nilai-nilai samurai (Bushido)
    2. Meninggalkan Shinsengumi
    3. Mengumpulkan uang sepihak
    4. Ikut campur dalam urusan orang lain
    5. Maju dalam pertarungan pribadi

    Hukuman dari pelanggaran atas salah satu aturan ini adalah seppuku. Sebagai tambahan, Shinsengumi mempunyai aturan-aturan ini:
    1. Jika pimpinan unit terluka di pertempuran, seluruh anggota unit harus bertempur dan mati di tempat.
    2. Meski dipertempuran di mana tingkat kematiannya tinggi, tidak diperbolehkan untuk menarik jasad yang meninggal, kecuali jasad pimpinan unit.

    Yang paling terkenal di antaranya adalah: "Jika seorang anggota Shinsengumi maju ke pertempuran melawan seorang asing, apakah sedang bertugas atau tidak, jika dia terluka dan tidak dapat membunuh musuhnya, membiarkan dia melarikan diri, meski hanya terluka di punggung, seppuku tetap diperintahkan."

    Hijikata memaksa mereka untuk mengikuti aturan-aturan yang sangat keras untuk membuat kelompok menjiwai semangat bushido (atau samurai), dan untuk menciptakan ketakutan dalam kelompok sehingga mereka mau mematuhi perintah-perintah Hijikata and Kondo secara mutlak. Aturan-aturan ini adalah alasan utama mengapa mereka tumbuh menjadi sebuah kekuatan yang tangguh dan ditakuti, yang terdiri dari ratusan ahli ilmu pedang, masing-masing dibebani dengan sanksi resmi dan kesiapan untuk membunuh yang tak tergoyahkan.

    Ada beberapa anggota yang dipaksa melakukan seppuku karena pelanggaran aturan, atau terbunuh karena menjadi mata-mata.

    Seragam
    Anggota Shinsengumi sangat mencolok dalam peperangan karena seragam mereka yang berbeda.mengikuti perintah dari kapten Shinsengumi Serizawa Kamo, seragam standar terdiri dari haori dan hakama di atas kimono, dengan tali putih yang disebut tasuki mengelilingi dada dan diikat di belakang. Fungsi tasuki adalah untuk mencegah lengan kimono dari menghalangi pergerakan tangan. Keunikan seragam yang paling utama adalah pada haori, yang berwarna asagiiro (umumnya biru muda, tapi bisa juga kuning muda). Lengan haori dihiasi dengan "garis-garis gunung putih," menghasilkan pakaian yang sangan cerah, sangat berbeda dengan yang umum coklat, hitam, dan abu-abu yang ditemukan pada pakaian pejuang. Di tengah pertempuran, seragam Shinsengumi menyediakan tidak hanya berarti memudahkan identifikasi, tapi juga merupakan ancaman yang mudah terlihat oleh musuh.

    [​IMG]
    [​IMG]



    sumber http://maniajepang.blogspot.com/2007/08/shinsengumi.html
    http://www.squidoo.com/shinsengumi-samurai#module61310692
     
    • Like Like x 7
    • Thanks Thanks x 6
    Last edited: Apr 29, 2010
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. keemchee M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jun 26, 2009
    Messages:
    5,563
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +10,041 / -7
    [​IMG]


    SEJARAH AWAL SHINSENGUMI

    [​IMG]


    Setelah kedatangan Commodore Perry, Jepang jatuh kedalam kehancuran dan ketakutan yang mencekam. Banyak samurai terutama dari golongan rndah mulai berdebat dan meragukan kekuasaan SHOGUN dalam mempertahankan dari kekuatan bangsa asing. apalagi setelah mereka melihat bangsa asing dipersenjatai dan diperkuat dengan blackships. slogan "Sonno-Joi" (Menghormati Kaisar dan Usir Bangsa Asing) telah banyak mendapatkan dukungan, banyak samurai berdatangan ke Kyoto untuk bergabung dengan gerakan revolusi.

    Roshi (Samurai tak bertuan atau disebut ronin ) banyak bermunculan di kyoto, menyebabkan banyak ganguan di ibukota. yang menyebabkan keresahan karena rasa ketidak puasan, banyak dari pada roshi belum tahu gerakan-gerakan mana yang harus mereka ikuti atau kepada siapa mereka harus mengabdi. yang mereka tahu mereka sudah tidak sabar untuk berjuang membela negara. Banyak dari mereka yang bersekolah untuk mempelajari - Sonno-joi, membuka negara dan belajar dari para gaijin(bule/orang asing) dan mempelajari juga teknologi mereka. di zaman Bakufu ini, adalah zaman dimana 100 orang memiliki 100 argumentasi yang berbeda dimana kamu tidak bisa berkata "siapa yang salah" . Bakufu memutuskan untuk merekrut roshi untuk berkhidmat kepadanya, daripada mereka membuat teror dan berkeliaran bebas tanpa tujian di ibukota. Roshi-tais (bands of wave samurais) mulai di bentuk roshis di kumpulkan dan dijadikan Ksatria Bakufu, mereka juga mengadakan "Ujian Masuk" dengan syarat paling tidak memiliki suatu keahlian pedang (semacam pertandingan kenjutsu, seperti ujian) kejadian ini terjadi tahun 1863 atau tahin ke 3 Bunkyuu, satu tahun setelah Koru(samurai X) lahir.

    Di sekitar distrik Tama dekat Edo(tokyo), Terdapat sebuah dojo kenjutsu bernama Shieikan, yang mempelajari teknik pedang aliran Tennen Rishin. Kondou Isami adalah seorang guru di dojo tersebut, dan bersama murid-muridnya adalah Hijikata Toshizou, Okita Souji dan Inoue Genzaburou. mereka berempat sudah layaknya seperti kakak beradik atau bersaudara. Okita adalah sebagai yang termuda dan terkuat. ada juga dari mereka yang kadang-kadang datang ke dojo untuk mengambil jatah makan mereka (seperti Sano kadang-kadang ke Kamiya Dojo), selain itu adapula Yamanami Seisuke, Harada Sanosuke dan Nagakura Shinpachi. ketika Kondou dan Hijikata mendengar tentang pembentukan Roshit di Kyoto mereka datang ke Kyoto dengan beberapa anggota Tennen Rishin Ryuu.

    Di Kyoto, mereka berada di bawah pengawasan Kiyokawa Hachirou, setelah lulus "Ujian Masuk". 13 roshi, termasuk Kondou dan kawan-kawan, dipertemukan dengan "Kyoto Defenders" oleh Matsudaira Katamori, Daimyo dari Aizu.

    demikian Kiyokawa bertingkah di tengah publik sebagai pro-Bakufu, dia bersebelah pihak dengan bakufu. apa yang diinginkannya adalah mengumpulkan pasukan daripada roshis atas nama Bakufu, tapi melatih para roshis untuk menjadi Ishin Shishis(prajurit restorasi / gerakan orang yg mendukung kaisar sebagai kepala negara). ia merencanakan penyerangan gaijin yang berlabuh di Yokohama dengan para Shishis, merencanakan pembakaran gedung dan pembunuhan orang asing di jepang. Shogun mendapatkan berita ini, sedangkan mereka mengirim pembunuh untuk membunuh Kiyokawa pada tangal 13/4, tahun ke 3 Bunkyuu. sebelum seluruh rencana mereka dilakukan. Setelah itu, Kondou dan kawan-kawan. memaksa untuk membantu Shogun, dan mereka membentuk Shinsengumi, dengan 13 anggota. akhirnya kanji "Makoto" dipilih sebagai lambang bendera mereka. ada juga beberapa argumen yang menyatakan bahwa : Kondou memaksa "Makoto", sedankan Serizawa menginginkan "Ryu" (Naga).


    PERGOLAKAN PERTAMA SHINSENGUMI

    [​IMG]
    Pintu masuk markas besar Shinsengumi di Mibu-Kyoto

    Serizawa Kamo sangat terkenal keahliannya memakai kipas besi sebagai senjata, mendapatkan semua yang ia mau dengan menggunakan kekuasaannya sebagai "Kapten Shinsengumi" untuk menutup semua kesalahannya. ini menyebabkan lahirnya nama, SERIGALA MIBU karena pasukan pertama dibangun di desa Mibu, dan para samurai dari serigala mibu ini dikenal dengan sebutan MIBU-ro. untuk terakhir kalinya Kondou dan Hijikata melihat Serizawa membawa prostitusi di sebuah penginapan para Shinsengumi, hal ini menyebabkan Kondou, Hijikata berfikir cepat bahwa ksatria seharusnya memiliki moral yang tinggi, sehingga di bentuklah kode etik samurai di shinsengumi.

    1. Dilarang menyimpang dari kode etik Samurai (Bushido)
    2. Dilarang keluar dari Shinsengumi
    3. Dilarang korupsi
    4. Tidak boleh terlibat dengan suatu kasus
    5. Tidak boleh terlibat pertarungan individu

    Tetapi ada peraturan tambahan disamping peraturan utama:
    1. Jika seorang pemimpin terluka parah dalam pertarungan, maka seluruh anggota harus bertarung sampai mati
    2. Dilarang membawa mayat anggota Shinsengumi yang ada di tempat pertempuran, kecuali mayat pemimpin unit

    KASUS KORUPSI

    Di lain pihak, Niimi tidaklah jauh berbeda dengan Serizawa. ketika pasukan sedang melakukan perjalanan ke Kyoto , api menghancurkan tempat dimana mereka menginap, dan Kondou menyalahkan mereka atas kecerobohan mereka . beberapa bulan kemudian, Hijikata dan beberapa orang tidak menutupi kenyataan : Niimi dan Serizawa mereka meminta uang daripada penduduk untuk membiayai kehidupan mereka yang selalu bermewah-mewahan, siapapun yang menolak untuk mematuhi keinginan mereka akan menjadi korban kemarahan mereka yang menjijikan. Hijikata mengatur untuk mencari bukti untuk menghukum Niimi saja, dan memerintahkan Niimi untuk seppuku. setelah itu hubungan Serizawa dan Kondou makin memburuk. akhirnya pada tanggal 18/9/1863, Serizawa dan anggotanya yang ikut korupsi dan merusak nama baik Shinsengumi di bunuh dengan tim khusus yang beranggotakan : Inoue, Yamanami, Toudou, Harada dan Okita.

    [​IMG]
    Niimi Nishiki

    Setelah kepergian Serizawa, Kondou dan Hijikata ingin memperbaiki kualitas daripada anggota Shinsengumi, tidak hanya "Ujian Masuk" di buat sangat sulit, setiap anggota yang ditemukan bersalah melakukan sesuatu di luar "kode etik samurai" harus melakukan "SEPPUKU".

    Pada puncaknya, Shinsengumi memiliki sekitar 300 anggota. Mereka semua merupakan grup samurai pertama pada era Tokugawa yang mengizinkan untuk mereka yang bukan dari golongan samurai (ie: petani, dan pedagang) untuk bergabung. Sebelumnya Jepang sangat melarang hal tersebut. Banyaknya orang" tersebut bergabung karena ingin menjadi samurai dan mungkin terlibat dengan kasus politik. Bagaimanapun juga adalah sebuah kesalahpahaman jika menganggap mayoritas anggota Shinsengumi berasal dari kelas bukan Samurai. Sektar 106 anggota Shinsengumi dari total 302 anggota, ada 87 samurai, 8 petani, 3 pedagang, 3 dokter, 3 pendeta, dan 2 pengrajin.


    TUGAS SHINSENGUMI

    Shinsengumi sebenarnya adalah pasukan polisi, patroli di jalan-jalan kyoto menjaga keamanan. melindungi Kyoto dengan pedang mereka dari serangan gerakan Shishis, Shishis bermunculan dan berusaha untuk menggulingkan SHOGUN. aksi-aksi radikal dari Shishis, seperti pembakaran gaijin's (dilakukan oleh Takasugi Shinsaku, Katsura Kogorou/Kido Koin. Takasugi orang yang membangun Kiheitai, dan dalam cerita rurouni Kenshin ialah orang yang pertama kali mengenalkan kenshin pada katsura.),

    Cara bertarungnya adalah sekumpulan melawan satu atau beberapa, dan hal ini menguntungkan bagi shinsengumi karena mereka semakin berkembang. Anggota Shinsengumi yang menemukan orang yang dicurigai harus melenyapkan orang tersebut. yaaa... sebenarnya sasaran Shinsengumi adalah keamanan kota Kyoto untuk memastikan kyoto menjadi kota yang aman dan damai dan metode ini sangat penting bagi mereka.

    TRAGEDI IKEDAYA

    [​IMG]
    Okita Souji

    (Juni 1864, Tahun Pertama Genji)

    Akhirnya. ini adalah saat penting yang menentukan karir Shinsengumi. Berdasarkan Informasi yang akurat dari mata-mata Shinsengumi, bahwa akan ada pertemuan besar di gedung ikeda-ya, shinsengumi menyerang gedung itu kebanyakan yang terbunuh adalah para Shishis dari Choshu dan Tosa. ini adalah kejadian dimana shinsengumi menjadi pahlawan nasional hanya dalam semalam, namun dalam kejadian ini Okita mendapat hadiah lebih.

    Hierarki Shinsengumi Post-Ikedaya

    Commander (局長 Kyokuchô): Kondō Isami, fourth master of the Tennen Rishin Ryū
    General Commander (総長 Sôchô): Yamanami Keisuke
    Vice Commander (副長 Fukuchô): Hijikata Toshizō
    Military Advisor (参謀 Sanbô): Itō Kashitarō

    Troop Captains (組長 Kumichô):
    Okita Sōji (instructor in Kenjutsu)
    Nagakura Shinpachi (instructor in Kenjutsu)
    Saitō Hajime (instructor in Kenjutsu)
    Matsubara Chūji (instructor in Jujitsu)
    Takeda Kanryūsai (instructor in Military Strategies)
    Inoue Genzaburō
    Tani Sanjūrō (instructor in Spearing Skills)
    Tōdō Heisuke
    Suzuki Mikisaburō
    Harada Sanosuke

    Spy: Shimada Kai, Yamazaki Susumu

    [​IMG]
    Parade di Jepang untuk menghormati jasa para Shinsengumi

    sumber
     
    • Like Like x 1
    Last edited by a moderator: Oct 27, 2012
  4. hemo_chan M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 1, 2009
    Messages:
    637
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +252 / -0
    wew~ shinsengumi :cinta:
    hijikata toshizo :malu:

    salah satu hal yg bikin ane ngefan ma jepang
    klo ada manga, anime, film, dorama yang ada shinsengumi lgsg masukin list nonton :sembah:
    *wlo belum semua film dan manga ane tonton*

    klo anime paling suka shinsenguminya di Gintama
    asli ancur banget
    menghancurkan image shinsengumi :hahai::hahai:
    klo manga bagusan di peacemaker
    sayang di IDWS doramanya gk ada
    padahal ceritanya mendekati asli tuh
    tapi malah bikin bingung, beda ama manga dan anime :hiks:


    kok di atas gk dijelasin ttg tetsunosuke ichimura
    baca di wiki tu orang kepercayaannya hijikata :???::???:
     
  5. jerukno15 Veteran

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 30, 2009
    Messages:
    1,961
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +18,492 / -0
    iya, orang kepercayaan hijikata... ditambahi saja kk, di post saia cuma cerita sedikit tentang hijikata, gak sampai detil cara mati hijikata ( dia panggil ichimaru)
     
  6. Kurenai_Hotaru M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 22, 2009
    Messages:
    1,107
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +3,686 / -0
    Huaaa... Jeruk yg bikin ternyata, nanti saya tambahin foto + sejarah singkat tiap anggota boleh?^^
     
    • Like Like x 1
  7. jerukno15 Veteran

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 30, 2009
    Messages:
    1,961
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +18,492 / -0
    boleh boleh :haha: dengan senang hati :haha:
     
  8. xinhope M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 14, 2009
    Messages:
    269
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +143 / -0
    hoo, ternyata sejarahnya shinsengumi tuh begini ya.. g cuma tau dari samurai x aja, trus gak riset2 lagi soal shinsengumi.
    ternyata banyak intriknya ya di kelompok ini. apalagi aturan seppukunya itu.
     
  9. skydragon M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Dec 31, 2008
    Messages:
    6,838
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,030 / -0
    The Wolf of Mibu...:top:

    Yg jelas gw tau bgt sama Saito Hajime...:haha: Gw kan maniak samurai x...:XD:
    Tapi memang dulunya terkenal kan ya Shinsegumi ini dalam mempertahankan rezim Tokugawa...:top:

    Klo gk slh di samurai x Okita Kai itu yg selalu senyum itu kan...Yg sama2 saito...:ngacir:

    Nice topic nih TS...
    Gw jd lebih tau...:hihi:
     
  10. jerukno15 Veteran

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 30, 2009
    Messages:
    1,961
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +18,492 / -0
    suka samurai X yah :top:
    gara gara itu saia juga penasaran sama shinsengumi ini. yup, okita yang keliatan selalu senyum & dia kelihatannya (memang) pembunuh berdarah dingin - soalnya di cerita manapun dia image nya seperti itu.:XD:
     
    • Like Like x 4
    • Thanks Thanks x 1
  11. Kurenai_Hotaru M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 22, 2009
    Messages:
    1,107
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +3,686 / -0
    Okay, sesuai janji saya, mari kita tambahkan para tokoh Shinsengumi. Yg pertama2 adalah pemimpin yg dihormati oleh seluruh anak buahnya, Isami Kondo


    Isami Kondo


    [​IMG]


    Isami Kondo lahir di provinsi Musashi (sekarang bernama Chofu, sebuah kota kecil di distrik Tokyo Barat) dengan nama kecil Katsugoro. Ia memiliki 2 orang saudara laki-laki yakni Otojiro (akan dikenal sebagai Otogoro nanti) dan Kumezo (dikenal dengan nama Sobei nanti). Isami muda berlatih di dojo Shienkan dan terhitung sebagai murid pada tahun 1848. Bakatnya sebagai seorang Kendoka dan pengetahuan yg ia miliki dari buku yg ia baca membuat Kondo Shusuke, pewaris dari dojo Shienkan mengangkatnya menjadi anak dan mengganti namanya dari Katsugoro menjadi Isami.

    Isami Kondo dikabarkan memiliki sebuah pedang yg amat bagus, bernama Kotetsu yg dia akui dari Nagamine Kotetsu, seorang penempa pedang yg paling terkenal di masa itu. Tapi para ahli sejarah membuktikan kalau Kotetsu miliknya adalah sebuah maha karya dari Minamoto no Kiyomaro, seorang pembuat pedang yg tidak terlalu terkenal.

    Masa Shinsengumi:
    Di tahun 1863, pihak keshogunan Tokugawa mengumumkan pembentukan pasukan penjaga kota Kyoto yg disebut Roshigumi dan berbasis dari Mibu. Isami Kondo yg mendengar kabar itu langsung menutup dojo Shienkan miliknya dan bergabung dengan Roshigumi diikuti oleh teman baiknya Toshihizo Hijikata, juga dengan orang-orang yg baru ia kenal, seperti Okita Souji, Shinpachi Nagakura, Heisuke Todo, Harada Sanosuke dan Inoue Genzaburo. Di bawah kepemimpinan Matsudaira Katamori, Roshigumi ditempatkan sebagai pasukan pelindung keamanan di ibukota dan berada di bawah clan Aizu. Saat itu Roshigumi dibagi menjadi 3 faksi, yakni faksi Serizawa, faksi Kondo, dan faksi Tonouchi. Dengan kekasaran yg mereka yg tidak kenal kompromi dalam menjaga kota, dalam sekejap Roshigumi pun mendapat julukan Miburo (The Wolves of Mibu).

    Tak lama berselang setelah Miburo dibentuk, Tonouchi dibunuh secara diam-diam oleh pihak pemerintah, menyisakan 2 faksi, yakni Serizawa dan Kondo. Pada tanggal 18 agustus, para anggota Miburo dikerahkan untuk menjaga gerbang istana kekaisaran dari serangan para Samurai Choshu yg dulunya merupakan daerah jajahan klan Mori. Atas keberhasilan Miburo yg dipimpin Kondo dan Serizawa, Katamori Matsudaira pun memberikan nama Shinsengumi kepada Miburo. Tapi karena kesalahan yg dilakukan oleh Serizawa dan Niimi wakilnya, Shinsengumi dikenal sebagai grup bejad yg terkenal akan pemerasan, dll. Hal ini membuat faksi Kondo gerah, sehingga meminta Katamori Matsudaira untuk mencopot posisi Serizawa dan Niimi sebagai salah satu pemimpin Shinsengumi yg berujung penolakan. Tapi tak lama Niimi yg ketahuan berkelahi dan berbuat onar dengan salah seorang pegulat sumo di kota dipaksa melakukan Seppuku. Sedangkan tak lama berselang, Serizawa dibunuh secara diam-diam oleh faksi Kondo dan menyisakan Kondo sebagai pimpinan tertinggi di Shinsengumi.

    Pada peristiwa Ikedaya, Kondo Isami memimpin 30 orang untuk menyerang dan menangkap gerombolan samurai clan Chosu yg sedang mengadakan rapat diam-diam di penginapan Ikeda. Dalam penyerbuan ini, Shinsengumi mendapatkan nama besar dan mulai dipandang oleh berbagai kalangan, serta membuat clan Choshu semakin dendam kepada mereka.

    Kematian Kondo Isami disebabkan karena hukuman mati yg dilakukan oleh pemerintah Meiji tak lama setelah penyerahan dirinya akibat kalah di pertempuran Kotsu-Katsunuma dan Nagareyama dengan tuduhan membunuh Sakamoto Ryoma. Makam nya sekarang berada di kuil Ten`nei ji, Aizu. Makam itu didirikan oleh Hijikata Toshizo, teman baiknya.


    Dalam anime, Kondo Isami sering digambarkan sebagai seorang yg penuh dengan karisma. Entah seorang kakak ataupun seorang bapak-bapak yg bijak. Berikut ini adalah beberapa gambar Kondo Isami dari anime.

    [​IMG]

    [​IMG]

    Next kita akan bahas Hijikata Toshizo, sang wakil ketua.
     
    • Like Like x 2
    • Thanks Thanks x 2
  12. delucoaxz Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 11, 2009
    Messages:
    108
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +8 / -0
    nice posting gan, nambah wawasan ronin
     
  13. sunsphoenix M V U

    Offline

    ~Super Cool~

    Joined:
    Oct 5, 2008
    Messages:
    5,736
    Trophy Points:
    192
    Ratings:
    +2,250 / -0
    bener2 langsung ke inget ama hakuoki,
    cuman nama2nya, masih susah d hapal, padahal dah nonton bnyk film ttg shinsengumi ini :swt:
     
  14. yudi_haryanto M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Aug 6, 2009
    Messages:
    4,618
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +22,597 / -0
    okita souji, komandan pasukan pertama shinsengumi g d bahas ya? :???:

    dia kan juga termasuk salah satu komandan yg palng terkenal selain saito hajime.

    teknik sandanzuki-nya kan sangat terkenal tuh.

    d samurai x juga pas setting flashback ke jaman bakumatsu, okita smpt muncul. malah smpt muncul jg di yaiba, tp ceritanya d situ keturunan okita generasi yg kesekian sih (gw lp yg keberapa :hihi:).

    selain itu kan karakternya jg sering bgt muncul d banyak anime atau manga
     
  15. weiki666 Members

    Offline

    Joined:
    Aug 8, 2009
    Messages:
    3
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    klo mau liat film tentang shinsengumi.. nonton aja When the Last Sword Is Drawn.. nyritain tentang shinsengumi walaupun lebih kepada seseorang.. tp alur critanya dari shinsengumi waktu masa jaya sampe runtuhnya shinsengumi
     
  16. norus_rei M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 26, 2009
    Messages:
    432
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +72 / -0
    ane barusan beli buku tentang shinsengumi , karangan romulus hillsborough

    isinya cukup detail dan bagus, penulis menyusun bedasarkan fakta dan sumber2 informasi yang cukup akurat
     
  17. Raizel13 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 13, 2010
    Messages:
    103
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +2 / -0
    judul bukunya apa gan ??? boleh kasi tau dong mau beli juga nih.
     
  18. b1282s M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Oct 7, 2009
    Messages:
    3,853
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +66,278 / -0
    shinsengumi.. sring dgr mengenai ini.. dr film ato novel..
    ada byk cerita mengenai shinsengumi..
    tp gue blm pernah dgr mengenai nasib akhir dr shinsengumi..
    mereka terpecahkah ? ato membubarkan diri ? ato gmn ?
    ceritanya lbh byk ke masa perjuangan shinsengumi..
     
  19. Hiei Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 17, 2009
    Messages:
    213
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +3 / -0
    yg jelas kalo denger shinsengumi yg ad dikepala gua cman Saito Hajime doank :haha:
     
  20. chewae Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    188
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +4 / -0
    satpol pp jepang jaman dulu kah?
     
  21. Raizel13 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 13, 2010
    Messages:
    103
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +2 / -0
    Bisa di bilang shinsengumi berakhir dengan tewasnya Hijikata Toshizo di pertempuran Hakodate, saat Hijikata bergabung dengan Enomoto Takeaki yang membentuk Ezo Republic dan menjabat sebagai Vice-minister of Army, walopun dia tau ga bakal menang di pertempuran itu dia tetep maju dengan sedikit pasukan sisa dari shinsengumi.
    kata2 terakhirnya waktu dia dicegah pergi sama Enomoto yang bilang shinsengumi udah ga ada lagi adalah "Shinsengumi is still exist, I'm Sinsengumi":onion-86:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.