1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Disease Sharing Tubercolosis #TOSSTB

Discussion in 'Intensive Health Unit' started by EnigmaticBoy, Mar 30, 2018.

  1. EnigmaticBoy M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 16, 2014
    Messages:
    778
    Trophy Points:
    207
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +8,187 / -0
    Tubercolosis adalah sebuah penyakit yang ditimbulkan oleh bakteri pathogen Mycobacterium tuberculosis (MTB). Bakteri ini merupakan salah satu bakteri aerobic, dimana dapat menyebar melalui udara (airdrop) dan pada umumnya menyerang saluran pernapasan.

    Untuk diagnosa Tubercolosis menurut saya sebagai masyarakat awam agak susah-susah gampang. Karena Tubercolosis tidak hanya menyerang paru-paru. Ada banyak jenis Tubercolosis. Gejala umum dari Tubercolosis adalah batuk terus menerus dan cukup recurring (berulang) dalam jangka waktu lama, serta kurang selera makan dan berat badan turun drastis. Namun tidak semua orang yang sedang sakit Tubercolosis menunjukan tanda-tanda batuk.

    TB sangat berbahaya terutama bilamana ada infeksi sekunder lainnya dan tidak segera diobati!

    Well pada case saya dan rekan saya, Tubercolosis sendiri menyerang kelenjar Limpha (Limphadenitis Tubercolosis), dan paru-paru cenderung bersih. Saya dan rekan saya yang mengalami penyakit ini tidak menunjukan tanda-tanda batuk pada umumnya, namun adanya pembengkakan kelenjar Limpha dan timbul diiringi rasa nyeri.

    Diagnosa dan Tes:
    1. Pada umumnya TB dapat diagnosa melalui tes dahak, namun di saya hasil tes dahak negative karena bukan TB Paru. Biasanya tes dahak sendiri cukup terjangkau (di Puskesmas). Di Lab swasta memakan biaya (approx IDR 80.000-100.000).
    2. Namun saya tidak diam begitu saja, saya melakukan tes Biopsi menggunakan jarum api itu mengambil sample pembengkakan kelenjar. Hasil lab menunjukan tanda positive Tubercolosis. Untuk biopsi sendiri biayanya cukup mahal bilamana dilakukan di rumah sakit swasta tanpa tercover asuransi atau Universal Healthcare lainnya (Satu titik kurang lebih IDR 300.000-450.000).
    3. Untuk melengkapi diagnosa biasanya dokter menyarankan untuk tes darah yang berkaitan untuk menunjang diagnosa dan rontgent paru-paru. Biayanya bilamana dilakukan di Lab Swasta (IDR 300.000-450.000).

    Sedangkan pengobatan TB sendiri cukup mahal bilamana harus membeli obat lepas karena harus diminum jangka panjang dan tidak boleh putus (kurang lebih 6 bulan - 8 bulan). Sedangkan obat TB sendiri gratis bilamana diambil di Puskesmas.

    Keep in mind untuk dapat mengambil obat TB pertama kali di Puskesmas sendiri cukup rumit terkadang, disarankan membawa rekomendasi dokter dan hasil lab untuk meyakinkan institusi Puskesmas bahwa saudara benar-benar TB dan memerlukan penanganan TB. Terutama TB non paru yang sulit di diagnosa.

    [​IMG]

    Mari temukan dan obati sampai sembuh TB.

    Post ini dibuat oleh former TB Patient. Masukan Dokter penting untuk meningkatkan kualitas dan akurasi post ini.
     
  2. Cephalosporin Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 12, 2013
    Messages:
    15
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +0 / -0
    Sekarang di puskesmas DKI sudah ada Gen-Xpert, suatu pemeriksaan penunjang yang akurat untuk mendeteksi bakteri M. Tbc. Bila memang ada indikasi setelah dilakukan pemeriksaan oleh dokter, maka pasien akan dilakukan pengecekan Gen-Xpert. Bila terdeteksi, maka harus diobati sampai tuntas. Semuanya gratis bila pakai BPJS Kesehatan.
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.