1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

share donk obat2 tradisoanal ala lo sendiri

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by dewa_ju2r, Dec 19, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. dewa_ju2r M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 28, 2009
    Messages:
    262
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +2,327 / -0
    saya dl ya gan ni saya share obat tradisional hasil browsingan guwe ok :
    1. Penyakit nyeri sendi, tulang, dan otot

    Penyakit nyeri sendi dan otot banyak diderita orang berusia lanjut. Obat tradisional dapat dimanfaatkan sebagai obat pengganti atau sebagai obat penunjang dari obat moderen. Penggunaannya pada umumnya cukup aman, tetapi penggunaan oleh penderita gastritis kadangkala menimbulkan keluhan nyeri lambung pada obat tradisional yang mengandung jahe sebagai bahan penyusunnya.

    Ramuan luar

    Bahan:

    1. Daun gandarusa segar 25 lembar
    2. Kapur sirih 1 sendok teh
    3. Air secukupnya

    Cara pembuatan & pemakaian:
    Daun gandarusa ditumbuk halus, campurkan kapur sirih beserta air secukupnya sehingga menjadi adonan. Campuran berupa adonan dilumurkan pada bagian badan yang sakit 2 x sehari.

    Catatan:
    beberapa bahan lain yang dapat dipakai sebagai ramuan luar adalah tumbukan jahe, tumbukkan beras, dan kencur.

    Ramuan minum 1

    Bahan:
    Puyang 1 ibu jari
    temulawak 2 ibu jari
    Gula merah secukupnya
    Air 2 gelas

    Cara pembuatan dan pemakaian:
    Puyang dan temulawak dicuci bersih, kupas, dan iris tipis-tipis. Kedua bahan ditambah gula merah dan air direbus sampai diperoleh 1 gelas ramuan.
    Diminum 2 kali _ gelas sehari , pagi dan malam sebelum tidur.

    Ramuan minum 2

    Bahan:
    Kencur 10 biji
    Jahe 2 jari tangan
    Kayu manis 1 jari tangan
    Cengkeh (bunga) 10 biji
    Air 3 gelas

    Cara pembuatan & pemakaian:
    Semua bahan dicuci bersih. Kencur dan jahe diiris tipis-tipis dan kemudian campurkan dengan bahan yang lain dan direbus. Air rebusan sisakan sampai menjadi 1 _ gelas .
    Diminum 3 x _ gelas , dapat ditambahkan madu atau gula batu

    Catatan:
    Pada penderita yang diketahui mempunyai asam urat tinggi dapat ditambahkan daun salam sebanyak 5 lembar.

    2. Diabetes mellitus (kencing manis)

    Penyakit diabetes mellitus (DM) membutuhkan pengelolaan yang banyak melibatkan penderita. Latihan fisik dan diet teratur serta bebas gula merupakan hal pokok yang harus dilakukan oleh penderita diabetes melitus. Obat tradisional dapat dimanfaatkan pada penderita DM yang tergolong ringan atau sebagai obat penunjang obat moderen pada kasus DM yang sulit turun dengan obat moderen, atau sebagai obat pengganti obat moderen karena adanya efek samping. Penggunaan obat tradisional harus dengan pengawasan tenaga kesehatan melalui konsultasi, pemeriksaan fisik, maupun pemeriksaan laboratoris.

    Ramuan 1

    Bahan:
    Daun salam 10 lembar
    Daun sambiloto 1 genggam
    Air 2 gelas
    Cara pembuatan & pemakaian:
    Campur seluruh bahan dan rebus sampai tersisa 1 gelas. Ramuan diminum pagi dan sore masing-masing _ gelas.

    Ramuan 2

    Bahan:
    Biji lamtoro atau petai cina yang sudah tua 3 genggam

    Cara pembuatan:
    Disangrai atau digoreng tanpa minyak. Setelah kering kemudian digiling halus. Simpan dalam toples.

    Cara pemakaian:
    Ambil satu sendok teh serbuk, rendam dalam air panas setengah cangkir. Biarkan selama 2-3 jam. Saring dan diminum 1/2 jam sebelum makan. Lakukan 2 - 3 kali sehari

    Catatan:
    dapat digunakan bahan lain dengan cara yang sama yaitu biji mahoni dengan cara pemakaian, 1/2sendok teh serbuk biji mahoni diseduh dengan sepertiga cangkir air panas. Diamkan selama beberapa jam, saring dan diminum 1/2jam sebelum makan. Lakukan 2-3 kali sehari.

    3. Hipertensi (Tekanan darah tinggi)

    Penderita hipertensi seringkali harus minum obat seumur hidup. Kejenuhan terhadap obat moderen seringkali mengalihkan penderita hipertensi untuk menggunakan obat tradisional. Penggunaan obat tradisional untuk hipertensi perlu pengawasan dari tenaga kesehatan. Kontrol rutin untuk mengetahui tekanan darah dan keadaan fisik yang lain perlu ditekankan pada penderita hipertensi yang menggunakan obat tradisional agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

    Ramuan minum 1

    Bahan:
    Buah mengkudu/pace sebanyak 1 buah ukuran sedang yang sudah cukup tua (masak).

    Cara pembuatan & penggunaan:
    Cuci bersih dan diiris-iris atau diparut, kemudian peras airnya. Air perasan diminum sekaligus. Diminum 2-3 x sehari

    Catatan:
    ramuan diatas dapat dikombinasi dengan daun kumis kucing sebanyak 15 – 20 lembar dengan cara direbus.

    Ramuan minum 2

    Bahan:
    Daun apokat segar 5 - 7 lembar.

    Cara pembuatan & penggunaan:
    Cuci bersih, tambahkan air 2 gelas kemudian rebus sampai diperoleh 1 gelas larutan. Minum sekaligus atau dibagi menjadi 2 kali minum pagi dan sore.

    Tanaman lain yang dapat dimanfaatkan untuk menurunkan tekanan darah tinggi :
    1. Daun seledri (15 batang direbus, diminum airnya dibagi untuk 2 kali minum sehari atau dimakan dengan seluruh daunnya).
    2. Buah belimbing masak (dimakan 3-6 buah sehari).
    3. Buah belimbing wuluh (3 buah direbus dan diambil airnya, diminum setelah makan pagi).
    4. Umbi bawang putih (2 siung dikunyah dan ditelan dan minum air matang 1 cangkir, lakukan 3 x sehari).
    5. Mentimun (dimakan atau diambil airnya, 2-3 x 2 buah sehari).

    4. Batuk dan batuk asma

    Batuk pilek dapat diobati dengan obat tradisional seperti contoh di bawah ini.

    Ramuan minum

    Bahan:
    Bunga belimbing wuluh 1 genggam
    bawang merah 1 siung
    Biji pala _ biji
    Gula batu& 1 sendok makan
    Air matang _ gelas

    Cara pembuatan:
    Seluruh bahan dicuci, bawang merah diiris menjadi empat, buah pala ditumbuk.
    Seluruh bahan dimasukkan dalam mangkok, kemudian dikukus. Setelah dikukus, bahan tersebut diperas saring campur dengan air matang .

    Cara pemakaian:
    Diminum pagi dan malam masing-masing satu ramuan.
    Sedangkan batuk yang disertai dengan asma (napas berbunyi), apabila masih ringan dapat dicoba diobati dengan ramuan berikut ini. Bila sesak semakin hebat atau tidak ada perkembangan membaik setelah diobati selama 3 hari, maka penderita asma harus segera berobat ke tenaga kesehatan.

    Bahan:
    Patikan kebo 7 pohon
    Pegagan 1 genggam
    Kencur 3 jari
    Gula batu secukupnya
    Air matang 1 cangkir

    Cara pembuatan & pemakaian:
    Seluruh bahan dicuci bersih, tambah sedikit air matang kemudian ditumbuk. Tambahkan sisa air kemudian disaring. Bagian bening ditambah dengan gula batu. Minum seluruh ramuan. Diulang setiap hari sampai sembuh.

    5. Gangguan saluran pencernaan

    Gangguan pencernaan makanan dapat berupa : Sulit buang air besar/sembelit, perut kembung, sakit mag, dan perut mulas tanpa diare . Ramuan berikut ini dapat dicoba untuk digunakan.

    a. Perut mulas (tanpa diare)

    Ramuan minum

    Bahan:
    - Gula pasir _ sendok makan
    - Minyak kayu putih

    Cara pembuatan & pemakaian:
    Gula pasir ditetesi minyak kayu putih, campur. Dimakan, disertai minum teh manis.

    b. Maag

    Keluhan:
    nyeri lambung/ nyeri ulu hati, kembung, mual.

    Ramuan minum

    Bahan:
    Temulawak 2 jari tangan
    Pisang klutuk 1 buah
    Air 3 gelas

    Cara pembuatan & pemakaian:
    Pisang klutuk muda diiris tipis-tipis dan dijemur (dapat disimpan untuk sewaktu-waktu dibutuhkan). Temulawak diiris dan dicampur pisang klutuk, tambahkan air, dan direbus sampai tersisa 1 _ gelas. Diminum 3 kali 1/2gelas sebelum makan.

    c. Sembelit

    Selain minum obat tradisional di bawah ini, juga harus disertai diet tinggi serat dan banyak minum air.

    Ramuan minum

    Bahan:
    Daun saga 1 genggam
    Temulawak 1 jari
    Asam kawak 3 biji
    Air 2 gelas

    Cara pembuatan & pemakaian:
    Seluruh bahan dicampur dan direbus sampai tersisa 1 gelas. Minum seluruh ramuan pada pagi hari sebelum makan.

    d. Perut kembung

    Ramuan minum

    Bahan:
    Biji kedawung secukupnya.

    Cara pembuatan & pemakaian:
    Biji kedawung disangrai. Buang kulit luarnya, isinya ditumbuk sampai halus. Campur 2 sendok serbuk dengan air dan diminum 2 kali sehari.

    Ramuan 2

    Bahan :
    Daun sembukan 25 lembar
    Cara pembuatan & pemakaian:
    Daun dimasak, dimakan sebagai sayur


    6. Kesehatan Gigi dan Mulut

    a. Sakit gigi

    Obat tradisional untuk sakit gigi merupakan pertolongan pertama menghilangkan nyeri pada gigi berlubang. Selanjutnya, gigi harus diperiksakan kepada dokter gigi untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

    Ramuan luar 1

    Bahan:
    Cengkeh (bunga) beberapa biji

    Cara pembuatan & pemakaian:
    Cengkeh disangrai, jangan sampai hangus, haluskan. Bubuk cengkeh dimasukkan ke dalam lubang gigi. Tutup dengan kapas. Atau, kapas dibasahi dengan minyak cengkeh (membeli), kemudian masukkan ke dalam gigi berlubang.

    Ramuan luar 2 (obat kumur)

    Bahan:
    Daun sirih2 lembar
    Garam_ sendok teh

    Cara pembuatan & pemakaian:
    Daun sirih diremas, kemudian diseduh dengan air panas 1 gelas tambahkan garam. Aduk sampai garam larut dan diamkan sampai dingin. Dipakai untuk berkumur.

    b. Sariawan

    Ramuan minum

    Bahan:
    Daun poko10 - 20 lembar
    Kayu legi 1 potong sepanjang 10 cm
    Daun saga segar_ genggam
    Daun sirih 3 lembar
    Air2 gelas

    Cara pembuatan & pemakaian:
    Seluruh bahan direbus, didihkan sampai tinggal 1,5 gelas
    Minum ramuan sedikit demi sedikit sampai habis dalam satu hari.

    7. Menopause

    Ramuan untuk wanita yang sudah mengalami menopause ini bermanfaat untuk menghilangkan keluhan yang sering timbul berupa rasa penat di tubuh dan akan memperbaiki pencernaan dan nafsu makan serta agar dapat tidur nyenyak.

    Ramuan

    Bahan:
    Temulawak1 jari
    Jahe1 jari
    Biji pala _ buah
    Biji ketumbar 1/2 sendok teh
    Daun lampes10 lembar
    Air 2 gelas

    Cara pembuatan & pemakaian
    Rebus seluruh bahan sampai tersisa 1 gelas air. Dapat diberi gula batu secukupnya. Minum 1 ramuan setiap hari

    8. Gangguan Tidur

    Gangguan tidur dapat menggunakan ramuan sebagai berikut:

    Ramuan

    Bahan:
    Temulawak1 jari
    Kencur 1 jari
    Biji pala _ buah
    Air 2 gelas

    Cara pembuatan & pemakaian:
    Rebus seluruh bahan sampai tersisa 1 gelas air. Dapat diberi gula batu secukupnya. Minum 1 ramuan setiap hari malam hari sebelum tidur

    9. Pemeliharaan kesegaran tubuh

    Pada usia lanjut telah terjadi penurunan fungsi dari organ tubuh, sehingga seringkali mudah merasa lelah. Jamu di bawah ini sangat tepat untuk diminum karena khasiatnya yang baik untuk menjaga kesegaran jasmani pada usila.

    a. Beras kencur

    Beras kencur dapat meningkatkan nafsu makan, menghilangkan pegal dan penat seluruh tubuh.

    Bahan:
    - Beras 3 sendok makan
    - Asam kawak sebesar 3 butir kelereng
    - Kencur 8 jari
    - Gula jawa secukupnya sesuai selera
    - Kapulogo 2 biji
    - Garam secukupnya
    - Jahe 2 ibu jari
    - Air5 gelas belimbing
    - Buah jeruk nipis1 buah

    Cara pembuatan & pemakaian
    Masukkan air ke dalam panci bersama gula jawa dan asam kawak, kemudian direbus sampai mendidih sambil diaduk agar seluruh bahan larut. Setelah mendidih angkat, tambahkan sedikit garam dan biarkan dingin. Beras direndam dengan air matang. Jahe, kencur dicuci bersih, kupas dan cuci sekali lagi. Seluruh bahan dicuci dengan air panas kemudian tiriskan dan ditumbuk/diblender. Bahan yang sudah halus diperas dan langsung dicampurkan ke dalam larutan gula asam sambil diaduk. Terakhir tambahkan air buah jeruk nipis secukupnya. Diminum 1 - 2 gelas sehari.

    b. Cabe puyang

    Menghilangkan pegal dan linu di tubuh

    Bahan:
    - Cabe jawa kering8-10 biji
    - Gula jawa secukupnya sesuai selera
    - Puyang4 ibu jari
    - Garam secukupnya
    - Kencur4 jari
    - Asam kawak3 biji kelereng
    - Kunir_ ibu jari
    - Air 5 gelas belimbing
    - Beras (sebelumnya direndam air matang)3 sendok makan

    Cara pembuata & pemakaian:
    Masukkan air ke dalam panci bersama gula jawa dan asam kawak, kemudian direbus sampai mendidih sambil diaduk agar seluruh bahan larut. Setelah mendidih angkat, tambahkan sedikit garam, dan biarkan dingin. Puyang, kunir, kencur cuci bersih kupas, dan cuci sekali lagi. Seluruh bahan dicuci dengan air panas kemudian tiriskan dan ditumbuk/diblender.Bahan yang sudah halus diperas, dan langsung dicampurkan kedalam larutan gula asam sambil diaduk. Minum : 1 - 2 gelas sehari

    10.Perawatan perorangan

    Dibutuhkan perawatan tubuh untuk menjaga kesehatan kulit, rambut, dan menghilangkan bau badan guna meningkatkan penampilan. Perawatan diri dapat dilakukan dengan mandi sauna 1 kali sebulan untuk menyegarkan tubuh dan menghilangkan bau badan. Di samping itu, perawatan rambut seminggu 2 kali sangat baik untuk mencegah kerontokan dan menjaga kesehatan rambut dengan menggunakan tanaman obat.

    a. Mandi sauna
    Untuk mandi sauna dapat digunakan bahan-bahan sebagai berikut: daun beluntas secukupnya, bunga mawar atau melati secukupnya, dan minyak kayu putih 3 - 4 tetes. Dimasukkan dalam air panas/mendidih sebanyak 5 liter/1 ember. Duduk di kursi atau bangku dari rotanyaman atau yang berlubang-lubang dan letakkan ember berisi ramuan dan air panas di bawahnya. Tutup seluruh tubuh mulai leher sampai kaki dengan kain sarung sehingga uap air tidak keluar. Untuk menghilangkan bau badan, selain dengan mandi sauna juga dapat dimakan daun beluntas sebagai sayuran.

    b. Pemeliharaan rambut
    - Untuk mencuci rambut dapat digunakan rendaman air abu tangkai buah padi kering (merang) sebagai ganti shampo. Kemudian bilas dengan air sampai bersih. Bilas lagi dengan air jeruk purut (1 buah diencerkan kedalam 4 gelas air), dan terakhir bilas dengan air.
    - Mencegah rambut rontok dapat digunakan minyak kemiri buatan sendiri. Bahan biji kemiri sebanyak 100 biji yang dilumat dengan air 2 gelas, kemudian dididihkan sampai keluar minyak. Saring dan minyak yang dihasilkan digosokkan pada kulit kepala 2-3 kali seminggu.
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
    Last edited: Dec 23, 2009
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. peys032 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 31, 2009
    Messages:
    459
    Trophy Points:
    206
    Ratings:
    +8,472 / -0
    PERTAMAX
    nice info nih...!!

    gw langsung bookmark aja..
    paling pcaya obat2an tradisional...
    thx
    :cihuy:
     
    Last edited: Dec 19, 2009
  4. dewa_ju2r M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 28, 2009
    Messages:
    262
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +2,327 / -0
    ko cm satu ya yang coment padahal ni berguna banget :hot:
     
  5. ghusesup Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 21, 2009
    Messages:
    125
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +25 / -0
    tambah coment deh gan.... hehe...:piss:
    :niceinfo: nih... emang klo nyeri otot ato bengkak tuh dikasih beras ama kencur yg ditumbuk...
    betul..betul..betul.. (Ipin says)
    :niceinfo::niceinfo:
     
  6. anakbingung M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 9, 2009
    Messages:
    1,433
    Trophy Points:
    147
    Ratings:
    +782 / -0
    kebanyakan tulisan jadi pusing bacanya :hot:
    mending di-spoiler jadi keliatan rapih, jangan asal copas :swt:

    btw, buat yg lagi jalanin pengobatan dokter, hati2 klo mau konsumsi obat2an tradisional. salah2 nanti malah keracunan. dianjurkan utk abisin obat dari dokter baru konsumsi obat2 tradisional kyk gini. tanya aja sm dokternya bole apa ga, cm sih biasanya ya disuruh abisin obatnya dulu...
     
  7. dewa_ju2r M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 28, 2009
    Messages:
    262
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +2,327 / -0
    betul gan kalau dari dokter ya harus di habisin wajib itu. em caranya bikin spoiler gmn ya gan gak bisa ni :hahai:
     
  8. anakbingung M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 9, 2009
    Messages:
    1,433
    Trophy Points:
    147
    Ratings:
    +782 / -0
    Last edited: Dec 21, 2009
  9. dejivrur M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    3,896
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,109 / -2
    nambahin info

    kalau mengalami luka bakar, langsung olesin dengan daging lidah buaya yang berlendir itu
    kebetulan kmaren gw ngalamin sendiri, pas tangan gw kebakar, kebetulan di taman samping rumah ada tanaman lidah buaya, waktu diolesi, perihnya lumayan tapi abis perih itu langsung gak begitu sakit rasanya... luka bakarnya berkurang

    terus kalau ada luka sobek atau bocor, cepat cepat tempelkan bubuk kopi hitam di bagian tubuh yang sobek atau bocor untuk menghentikan darah yang mengucur
     
  10. tompilover M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 3, 2009
    Messages:
    695
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +13,598 / -0
    nambahin ya gan

    1. obat batuk
    alat dan bahan:
    jeruk nipis
    kecap
    sendok
    gelas/ mangkok

    cara membuat
    - belah jeruk nipis, peras setengah bagiannya aja
    -taro di wadah, bisa gelas/ mangkok
    -takar kecap sebannyak setengah sendok teh
    -campurkan dan aduk rata ke aer perasan jeruk nipis,
    -minum ramuan jeruk tersebut, kalo ga tahan ma rasa asem abis itu minum aer putih juga ga papa...

    ni resepnya gw dapet dari nyokap,,,,,,bisa ngejaga kesehatan pita suara juga, tapi jangan keseringan,,,,bisa2 lambung yag ancur tar,,,hehehe....:piss::piss:
     
  11. dewa_ju2r M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 28, 2009
    Messages:
    262
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +2,327 / -0
    tips nya berguna gan sip deh
     
  12. winner4016 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 15, 2009
    Messages:
    746
    Trophy Points:
    81
    Ratings:
    +118 / -0
    Buat jerawat:

    air seni pertama di pagi hari, oleskan sedikit di jerawat di pagi hari. lakukan dengan rajin, maka jerawatpun perlahan hilang
     
  13. anakbingung M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 9, 2009
    Messages:
    1,433
    Trophy Points:
    147
    Ratings:
    +782 / -0
    yg ini TS-nya udah nyoba sendiri blm :panda:
     
  14. dejivrur M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    3,896
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,109 / -2
    ah masa sih??
    abis dioles bau pesing abis dong, kan urin orang yg baru bangun tidur warnanya kuning pekat, dan baunya ituloh...:panik::panik::panik::panik:
     
    • Like Like x 1
  15. dewa_ju2r M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 28, 2009
    Messages:
    262
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +2,327 / -0
    bener gak nih? wah jangan2 ntar di coba malah efek samping gak berani gan:hot:
     
  16. BooLeeaaN M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 10, 2009
    Messages:
    181
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +51 / -0
    Serius lo..sumpeh lo.....kok ga ilang2 punya gw:panik::panik::panik::panik::panik::panik:
     
  17. kabuki M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    May 14, 2009
    Messages:
    6,180
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +10,230 / -0
    :lol: anda salah bro jgn2 sekali2 nyoba air kenciong buat obat
    karena air kencing itu merupakan sisa pembuangan zat cair kita
    tu dulu temen aq jg goblok ngikutin saran temenny sakit mata tetes pke air kencing y ada tambah perih n merah :hahai::hahai:
     
    • Like Like x 4
  18. arwanda Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 9, 2009
    Messages:
    37
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +6 / -0
    oh iya nih gan ane punya resep dri nyokab klo ada yg punya penyakit malaria coba kunyah 2 buah Mahoni aja..di kunyah nya bisa pake pisang...emang sih sedikit pahit tapi langsung mak nyos...dibadan rasa nya enteng..coba sndiri klo coz saya sudah turun temurun pake buah itu....

    [​IMG][/IMG]

    NB : di kupas dulu ambil yg warna putih nya
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.