1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Sering Mandi Malam Sebabkan Rematik ?

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by nitaita, Mar 5, 2015.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. nitaita Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 4, 2015
    Messages:
    14
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +0 / -0
    [​IMG]
    Cara mudah dan sederhana dalam menjaga kesehatan adalah dengan menjaga kebersihan tubuh melalui mandi yang bersih. Secara umum, kita mandi terhitung 2 kali sehari yakni pagi setelah bangun tidur dan sore hari sepulang dari aktivitas seharian. Namun pada beberapa orang, dikarenakan aktifitas kerja seharian sehingga aktifitas mandi baru bisa dilakukan saat malam hari. Apakah mandi malam berefek buruk bagi kesehatan? Apakah ada kaitannya dengan keluhan rematik?

    Mengenai mandi malam, hal ini tidak akan menjadi masalah jika orang tersebut dalam keadaan fit (segar). Tentu ada cara-cara mandi malam yang relatif aman untuk tubuh, misalnya tidak mandi malam dengan air dingin dan dalam keadaan badan gerah sekali. Bila ingin mandi malam, keadaan badan sebaiknya masih segar, tidak terlampau letih. Lalu siramkan air mandi ke tubuh secara bertahap sehingga badan akan menyesuaikan diri dengan air dingin tersebut (badan tidak kaget). Namun, kalau sudah sangat letih dan gerah, sebaiknya istirahat terlebih dahulu untuk mendinginkan badan agar tidak kaget saat mandi.

    Beberapa keluhan seputar rematik memang selalu dikait-kaitkan dengan kebiasaan seseorang yang kebetulan cukup sering mandi malam. Padahal belum ada penelitian medis perihal kaitan yang tegas antara mandi malam baik dengan air dingin maupun air hangat akan menyebabkan keluhan rematik. Salah satu gejala rematik adalah seseorang yang sering merasakan nyeri sendi pada pagi hari dan nyeri sendi saat baru bergerak. Penyakit ini bisa menimpa semua usia, namun berisiko pada usia lanjut dan orang yang memiliki berat badan berlebih. Rematik terdiri dari beberapa jenis. Jenis-jenis rematik tersebut bergantung pada penyebab terjadinya rematik. Sebagian besar rematik disebabkan oleh adanya peradangan pada sendi. Peradangan sendi ini pun dapat terjadi mulai dari kekurangan hormon estrogen, faktor genetik, osteoporosis, dan lainnya.

    [​IMG]
    Banyak orang juga menghubungkan rematik dengan jenis makanan tertentu selain kebiasaan mandi malam, sebenarnya tidak ada pantangan khusus untuk makanan. Biasanya yang terkait dengan pola makan adaalah penyakit asam urat dimana gejalanya memang mirip dengan rematik. sebaiknya mulailah menjaga asupan makanan dan memperbanyak minum. Kita tentu sulit menghindari kandungan purin (salah satu unsur protein) di dalam makanan, padahal semua produk makanan yang mengandung protein sudah pasti mengandung purin. Jika kita kurang mengkonsumsi protein, maka tubuh akan terasa lemas dan kurang sehat. Jika kita terlalu banyak mengkonsumsi protein, akan lebih banyak terdapat asam urat dalam darah kita. Saat usia muda, hal itu tidak terlalu mengganggu. Tapi, saat usia tua, hal itu tentu sangat mengganggu

    Mandi malam tidak menyebabkan nyeri rematik, tapi mandi malam jelas memperberat keluhan nyeri rematik. Artinya, bagi mereka yang ternyata sudah menderita rematik, tidak dianjurkan mandi malam. Kalaupun memang ingin mandi, utamakan dengan air hangat. Rasa dingin akan memperberat nyeri sendi, dan ini tentu bukan sesuatu yang diharapkan.

    Jadi sebaiknya kalau pun pilihan kita adalah mandi malam, maka usahakan mandi menggunakan air hangat dan jika memang kondisi badan terlalu letih bekerja atau sedang tidak sehat, sebaiknya menghindari mandi malam karena mungkin benar akan ada akibat kalau sering mandi malam hari di masa tua nanti. Klik disini !
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. vinzlicious MODERATOR

    Offline

    Seksi Kerindangan

    Joined:
    Jan 23, 2012
    Messages:
    3,176
    Trophy Points:
    238
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +36,232 / -2
    Ternyata harus pakai air hangat ya kalau mandi malam. :iii:
    Aku sering mandi malam belakangan ini karena pulang kerja baru jam 20.00. Bikin galau juga sih,kalau mandi kok dingin & mgkn bs rematik,kalau ga mandi kok tidur ga nyaman. :sigh:

    Btw batasan malam itu dihitung mulai matahari terbenam atau di atas jam 21 ya? Soalnya kalau jam 20/19 gt kayaknya ga terlalu dingin deh airnya? :???:

    Dikirim dari Taplakphone
     
  4. nitaita Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 4, 2015
    Messages:
    14
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +0 / -0
    yang penting gan kalo pulang jangan langsung mandi, harus istirahat terlebih dahulu karena otot - otot kita masih tegang akibat beraktivitas.
    sebenarnya itu yang sering menyebabkan selesai mandi malam badan terasa tidak enak.
    disarankan untuk pakai air hangat gan, kalau mandi pagi katanya diwajibkan untuk memakai air dingin.
    semoga bermanfaat.:peace:
     
  5. Superior_Tech Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 8, 2015
    Messages:
    121
    Trophy Points:
    31
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +21 / -0
    ini sering banget diperdebatkan, ada berbagai sumber yang mbahas hal ini...
    tapi nice share gan :niceinfo:
     
  6. RAAsyndrome MODERATOR
    Radio Announcer

    Offline

    Sweet but Psycho

    Joined:
    Feb 8, 2012
    Messages:
    7,821
    Trophy Points:
    252
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +51,662 / -1
    gue mandi pasti malem, entah kenapa. walaupun dirumah dingin kyak apa (dan mandi emang air hangat mau pgi / malem).
    kadang kalo gak enak badan, ya udah gajadi mandi smpe besokannya :haha:

    thanks infonya.
    bakalan ngurangin mandi malem nih :sigh:
     
  7. sgtang3lo Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 21, 2015
    Messages:
    48
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +0 / -0
    ane prefer malah gak mandi aja sekalian.. haha
     
  8. supermana Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 20, 2009
    Messages:
    21
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +2 / -0
    lebih baik bau hari ini daripada sakit kemudian :oghoho:
     
  9. Zacgoez Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 23, 2010
    Messages:
    156
    Trophy Points:
    31
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +18 / -0
    Ahhhh cuma cerita orang tua aja broo klo mandi malam bisa buat rematik mah udg banyak orang yang kerja shift-shift siang / malam bakal kena rematik...
    Sebenernya rematik itu sebabnuya karena kurang paparan matahari, kalsium tulang jadi kropos akibatnya
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.