1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Historical Places Seorang profesor menemukan petunjuk lokasi harta karun suku Maya seberat 8 ton

Discussion in 'World History' started by smkosasih, Mar 23, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. smkosasih M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Sep 9, 2008
    Messages:
    5,341
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,188 / -0
    Seorang profesor mengklaim menemukan petunjuk lokasi harta karun suku Maya seberat 8 ton pada Dresden Codex

    Kita selalu takjub dengan petualangan memburu harta karun seperti yang digambarkan dalam film Indiana Jones atau National Treasure. Tetapi bagi Joachim Rittsteig, petualangan yang sesungguhnya baru akan dimulai karena ia mengklaim telah berhasil menemukan sebuah petunjuk yang mengarah kepada lokasi harta karun suku Maya. Ia menemukan petunjuk itu di dalam Dresden Codex yang telah berusia ratusan tahun.

    Perlu dicatat kalau Joachim bukanlah seorang pengkhayal yang terlalu banyak menonton film petualangan. Ia adalah seorang profesor Emeritus di universitas Dresden yang telah mempelajari kebudayaan suku Maya selama 40 tahun. Ia juga ahli bahasa suku Maya dan salah satu objek penelitiannya adalah Dresden Codex yang berisi catatan-catatan mengenai kebudayaan suku Maya.

    Joachim percaya kalau pada Codex itu tersembunyi harta karun berupa emas murni seberat 8 ton. Bukan itu saja, Joachim mengklaim mengetahui lokasi persembunyian harta tersebut, yaitu di dasar danau Izabal.

    Dresden Codex atau Codex Dresdensis sendiri adalah satu dari empat dokumen utama yang masih tersisa dari kebudayaan Maya. Dokumen ini pertama kali ditulis oleh para pendeta suku Maya pada tahun 1250 Masehi. Dokumen ini memiliki 74 halaman dengan 74 hieroglyps yang berbeda. Jika direntangkan, panjangnya mencapai 3,56 meter. Para ahli percaya kalau dokumen ini adalah dokumen tertua yang pernah ditulis di benua Amerika.

    [​IMG]

    Dresden codex ditulis diatas kertas yang terbuat dari batang pohon ara dan ditulis oleh delapan penulis yang memiliki gaya tulisan yang berbeda-beda. Masing-masing dari mereka juga membahas subjek yang berbeda pula. Ada bahasan mengenai astronomi yang memuat tabel Venus dan Bulan dengan akurasi yang luar biasa. Tabel bulan itu memiliki interval yang berkolerasi dengan gerhana. Sedangkan tabel Venus berkorelasi dengan pergerakan planet itu di angkasa.

    [​IMG]

    Di dalamnya juga ada almanak, tabel astrologi, informasi mengenai musim-musim, banjir, penyakit, pengobatan, referensi keagamaan dan saran mengenai waktu bercocok tanam. Selain itu, codex ini jugalah yang dianggap banyak orang telah memprediksikan kehancuran bumi pada tahun 2012 karena pada bagian akhirnya diceritakan mengenai bumi yang tenggelam oleh air yang keluar dari mulut naga.

    Pertama kali Codex ini dikenal masyarakat luas adalah pada tahun 1739 ketika Johann Christian Gotze, direktur Royal Library di Dresden, membelinya dari kolektor pribadi di Wina, Austria. Bagaimana awalnya Codex itu bisa berada di Wina tidak diketahui dengan pasti. Namun ada spekulasi yang menyebutkan kalau Codex itu mungkin telah dihadiahkan oleh Hernando Cortes kepada Charles I, Raja Spanyol pada waktu itu.

    Seperti yang kita ketahui, Hernando Cortes adalah penakluk Spanyol yang berhasil menguasai sebagian besar wilayah Mexico pada awal abad ke-16, termasuk kerajaan Aztec yang berhasil dilumpuhkannya pada tahun 1521. Setelah diperoleh oleh Gotze, pada tahun 1744, Codex itu diberikan kepada Royal Library di Dresden yang kemudian memamerkannya untuk pertama kali pada tahun 1848.

    Pada perang dunia II, codex itu mengalami kerusakan serius akibat pengeboman. Dua belas halamannya rusak dan bagian-bagian lainnya hancur. Namun, usaha restorasi yang terus menerus berhasil memulihkannya sehingga bisa dipelajari hingga kini. Siapa sangka, dokumen yang awalnya hanya dianggap bernilai sejarah ini ternyata mengandung petunjuk mengenai harta karun yang sangat berharga.

    "Codex Dresden memiliki petunjuk yang mengarah kepada delapan ton emas murni." Kata Joachim Rittsteig. Dengan disponsori oleh surat kabar Bild dari Jerman, Ia telah menyiapkan sebuah ekspedisi menuju danau Izabal, tempat yang dipercayainya menyimpan harta karun tersebut.

    [​IMG]
    Joachim Rittsteig

    Menurut Rittsteig, halaman 52 pada codex tersebut menyebutkan mengenai sebuah kota suku Maya yang bernama Atlan yang hancur oleh gempa bumi pada tanggal 30 Oktober tahun 666 sebelum Masehi. Di kota ini, mereka menyimpan 2.156 batangan emas yang dipermukaannya terukir hukum-hukum suku Maya.

    Ketika kota itu hancur oleh gempa, emas-emas itu ikut tenggelam ke dalam danau Izabal yang berada di timur Guetamala.

    [​IMG]
    Citra Satelit danau Izabal

    Rittsteig mengklaim telah berhasil menemukan reruntuhan kota Atlan dengan citra radar yang diambil di daerah tersebut. Ia memperkirakan kalau seluruh batangan emas itu bernilai sekitar 290 juta dolar Amerika. Ini jumlah yang sangat besar, bahkan untuk ukuran saat ini. Jika harta ini ditemukan, dipastikan kalau nilai sejarahnya akan jauh lebih berharga dibanding nilai materinya.

    Selain masalah harta, ada satu hal lagi yang menarik dari perkataan Rittsteig. Kalian mungkin memperhatikan kalau nama kota suku Maya yang hancur oleh gempa bumi tersebut adalah Atlan.

    Teringat dengan sesuatu?

    Ya, Atlantis yang juga hancur oleh gempa bumi sekitar tahun 10.000 sebelum Masehi. Tentu saja yang membedakan kedua kota itu adalah rentang waktu kehancuran yang sangat jauh, hampir 9.000 tahun. Jika kita tidak bisa menemukan Atlantis yang misterius itu, mungkin kita masih bisa menemukan kota Atlan yang penuh dengan batangan emas.

    sumber:
    Code:
    http://xfile-enigma.blogspot.com/2011/03/seorang-profesor-mengklaim-menemukan.html
     
    • Thanks Thanks x 1
    Last edited: Jan 19, 2012
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. neoroby M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 23, 2010
    Messages:
    1,140
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +18,042 / -0
    pertanyaannya, seandainya itu harta karun ketemu bagi hasilnya sama pemerintah setempat gimana :???:

    kira-kira Hernando Cortez sama Charles I dulu udah pernah nyoba nyari harta karun itu belum ya.. jangan-jangan udah ditemuin mereka trus dipindahin letaknya..
     
    • Thanks Thanks x 1
  4. snowb3rry Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 4, 2011
    Messages:
    159
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +67 / -0
    Kalo udah ditemuin baru bisa diakui, ini kan cuman omongan si profesor doank, dan cenderung membuat teori sendiri :p
     
    • Thanks Thanks x 1
  5. stanzaries M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 21, 2010
    Messages:
    1,073
    Trophy Points:
    96
    Ratings:
    +292 / -0
    :niceinfo:
    masih ada tahap pembuktian,..
    ini masih awal, jadi ane masih kurang percaya ma profesor tersebut.
    andai harta nya udh di temuin baru keren :top:
     
  6. xyrsh M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 29, 2010
    Messages:
    591
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +1,255 / -0
    hmm... abis baca artikel ini gw jadi cemas sama keberlangsungan danai Izabal.. Selain profesor itu, kira2 ada berapa banyak orang yang nyoba2 nyari emas itu tanpa peduli dia ngerusak lingkungan apa ngga?
     
    • Thanks Thanks x 1
  7. vhykyu M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 8, 2010
    Messages:
    531
    Trophy Points:
    171
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +7,184 / -0
    kalo professor percaya sama harta karun yang ada di Codex itu,ngapain susah2 nyari kan otomatis si professor juga percaya sama kiamat 2012 yang katanya tercatat di Codex itu,,belom juga ketemu sama harta karunnya udah kiamat duluan dunia :lol:
    tapi bangsa maya itu terhitung sebagai orang2 yang jenius dizamannya,apalagi dalam bidang itung2an sama astronomi,jadi klo pengen nemuin tu harta karun susah juga pasti mecahin kodenya
     
  8. easyvalen M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 28, 2010
    Messages:
    1,830
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +2,082 / -0
    beh 8 ton. :apa: banyak banget.
    coba klo dibagi gw 1kg. kaya mendadak nih :haha:
     
  9. TRON M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Dec 24, 2010
    Messages:
    490
    Trophy Points:
    206
    Ratings:
    +5,365 / -0
    :niceinfo: gan ..
    btw kota atlan memang penuh dengan emas yahhh ...
     
  10. yuiii M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 17, 2010
    Messages:
    219
    Trophy Points:
    52
    Ratings:
    +1,228 / -1
    beneran ketemu ga thu emasnya ?
     
  11. Minoel M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 24, 2009
    Messages:
    551
    Trophy Points:
    166
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +1,111 / -1
    betul..gw juga malah khawatir orang2 setelah baca artikel ini langsung berbondong-bondong ke danau Izabal..mungkin malah lebih dulu dari profesor itu
     
  12. reset Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 4, 2010
    Messages:
    12
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    8 ton bisa beli apa aja yah
     
  13. singleBedcover Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 1, 2010
    Messages:
    41
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +9 / -0
    seperti nya ini ada hub nya sama illuminati deh,,,CMIW
     
  14. singleBedcover Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 1, 2010
    Messages:
    41
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +9 / -0
    emang ya, intepretasi tulisan sejarah itu bisa macem2,,, tergantung kita melihatnya dari sudut pandang yang mana
     
  15. Kenji88 Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 17, 2010
    Messages:
    220
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +775 / -0
    Waduh berat juga tuh , bisa ambruk lantai rumah ane :peace:
     
  16. Arajihie Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 28, 2011
    Messages:
    22
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    andai ditemuin di indonesia, bisa buat ngelunasi hutang.. haha

    btw, 8 ton?? kayanya terlalu gmn gitu, hehe
     
  17. cincilak M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 29, 2010
    Messages:
    664
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +28 / -0
    Kita tinggal menunggu saja hasilnya..
    Soalnya dari dulu, katanya ada emas disini, disana. Tapi belum ada yang ketemu gitu, atau sekedar cuma ..
     
  18. learnnplay Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 11, 2011
    Messages:
    18
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    berat juga tuh hartanya hahahaha
     
  19. yoshikanji Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Dec 18, 2009
    Messages:
    18,454
    Trophy Points:
    266
    Ratings:
    +38,463 / -0
    avara kdavra, open sesame...
    auto lock open.



    Regards,
     
  20. Alcoholix Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 1, 2011
    Messages:
    206
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +52 / -0
    Proferssornya mungkin kurang dana penelitiannya,
    makanya di publish agar bisa dapat dana tambahan buat penelitiannya. :bloon:
    Kenapa nggak lobby-ing ke salah satu "pemodal".
    8 ton emas... :mimisan:
     
  21. Alcoholix Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 1, 2011
    Messages:
    206
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +52 / -0
    kemungkinan ilang sih kecil, soalnya kan emas berbentuk logam...
    kalo uang kertas, sih sudah pasti hilang..
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.