1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Dismiss Notice
  7. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  8. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Seni Batuk

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by selfrit, Apr 1, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. selfrit M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 28, 2008
    Messages:
    912
    Trophy Points:
    107
    Ratings:
    +531 / -0
    Seni Batuk oleh Dr Iwan Darmansjah.

    Minggu lalu datang seorang pasien yang sudah terdengar suara batuknya sewaktu masih di luar kamar praktek. Batuknya keras, ngikil, nadanya tinggi, suaranya melengking dan bertubi-tubi yang diulangi secara sadar. Dapat diterka bahwa ia berusaha keras untuk mengeluarkan dahak yang masih berada dalam sekali di bronkus (pipa paru-paru).

    Banyak orang batuk dengan cara inefisien dan membahayakan ini. Batuk merupakan mekanisme alamiah dari tubuh untuk mengeluarkan benda asing dari bronkus. Selain itu batuk juga timbul karena terdapat rangsangan di tenggorokan, pita suara atau daerah pernapasan lain. Rangsangan ini dapat berupa radang, benda asing, atau karena dahak di bronkus. Juga perlu disadari bahwa batuk ialah menghembuskan udara, dalam suatu fraksi detik, yang berada di paru-paru sebanyak 3-4 liter melalui lubang sekecil ujung pensil yang terbentuk oleh pita suara yang sangat sensitif. Bila kita batuk dengan cara di atas maka itu akan menimbulkan reaksi rangsang batuk yang terus menerus. Tekanan di paru-paru meninggi sekali, sehingga dapat menimbulkan cedera pada struktur yang halus dari paru-paru, tenggorokan dan pita suara. Ia bengkak, suaranya menjadi esek, gatal, dan dapat terjadi perdarahan. Batuknya juga tidak akan reda tapi menjadi lebih parah. Mukanya menjadi merah, tekanan darah akan naik dan menimbulkan bahaya pembuluh darah pecah. Walaupun usaha ini demi mengeluarkan dahak, tidak akan disertai dengan ekspektorasi dahak yang berarti.

    Dahak di bronkus sebenarnya akan dikeluarkan secara alamiah, karena di bronkus terdapat mekanisme yang unik. Yaitu bronkus dilapisi oleh sel-sel yang berbulu, yang secara kontinu menyapu dahak ke arah atas, sehingga dahak akan dirasakan naik keatas menuju tenggorakan dan secara reflex kita akan batuk dengan hasil yang efisien, yaitu dahak akan keluar.

    Batuk dapat disebabkan karena rangsangan di jalan pernapasan-atas (tenggorokan), batuk sesak asma (pipa paru-paru menyempit), atau daya pompa jantung lemah sehingga cairan di dalam pembuluh darah keluar ke dalam paru-paru. Ketiga jenis batuk ini memerlukan obat yang berbeda. Bila salah mendiagnosa jenis batuk itu, maka penderita tidak akan mengalami perbaikan. Bila obatnya cocok seharusnya dalam 1-3 hari ada perbaikan; tidak perlu menunggu sampai obat resep habis; apalagi bila batuk bertambah parah. Anda dianjurkan untuk kembali ke dokter untuk dilakukan penilaian kembali dan mungkin penggantian obat.

    Bila rangsangan batuk menggelitik sekali maka batuk harus dikendalikan. Artinya batuknya harus ditahan, karena batuk yang tidak produktif akan menrangsang batuk lagi. Sebagian orang berpendapat bahwa rangsangan batuk tidak boleh ditahan dan harus dibatukkan, Ini merupakan salah kaprah, karena batuk keras akan merangsang salvo batuk lain yang merupakan lingkaran setan. Bila cocok Anda bisa menaruh lozenges di mulut, tetapi lozenges atau permen juga bisa justru merangsang batuk. Batuk perlu dikendalikan secara sadar, dan minumlah 1-2 teguk air pada setiap rangsang batuk yang ngikil. Bawalah botol air kemana Anda pergi. Batuk juga akan lebih parah bila Anda bergerak lebih banyak, seperti bekerja banyak, berolah-raga, atau dihembus kipas angin atau AC dingin di mobil, tempat kerja, atau kamar tidur.

    Pada umumnya, obat penekan batuk hanya diberi pada “batuk kering”; tidak boleh diberi kepada penderita asma. Makan obat yang berisi obat penekan batuk (kodein, Doveri, dekstrometorfan, noscapin, atau antihistamin) yang terlalu besar dosisnya atau diberi terlalu sering dan lama, akan menyebabkan batuk lebih parah. Pilihlah obat batuk lain yang tidak berisi penekan batuk. Antibiotik juga tidak akan mempercepat penyembuhan batuk, dan sebaiknya dihindarkan karena akan merugikan diri sendiri. Sering, terutama pada anak, panas-batuk-pilek akut sebagian besar (> 90%) disebabkan oleh virus dan tidak mempan antibiotika. Ia juga akan lebih sering sakit dengan pengobatan antibiotika, karena kuman-kuman tubuh yang baik terbunuh, sedangkan yang jahat tidak ada. Kuman yang baikpun menjadi jahat karena menjadi resisten. Daya tahan tubuh juga kurang berkembang. Bila mungkin sebaiknya juga dikurangi pergerakan tubuh, jangan berolah raga dahulu. Banyak orang berfikir dapat meperkuat stamina dengan justru berolah raga. Mungkin ini salah kaprah lagi, karena akan lebih parah penyakitnya.
    Batuk asma memerlukan obat asma yang jenisnya cukup banyak; kortikisteroid sebaiknya dihindarkan bila sudah dapat perbaikan tanpa obat tsb. Yang lebih penting ialah mengindentifikasi dan menghindarkan penyebab sesak asma tersebut: asap rokok, debu, capai, asap mobil, debu di pembongkaran rumah, hewan peliharaan, tungau, ialah pencetus yang sering.

    Batuk oleh payah jantung harus segera dikenali, ia bisa mirip dengan asma. Ini memerlukan diagnosa oleh dokter, dokter keluarga juga sudah bisa melakukannya. Pasien harus segera diberi obat diuretik, supaya dapat kencing banyak, yang akan menyalurkan cairan di paru-paru keluar tubuh melalui ginjal. Dengan tindakan sementara ini sesak napas segera akan reda setelah 1-2 hari; sementara pasien harus dibawa ke dokter spesialis. Pengobatan harus diteruskan untuk jangka waktu lama dan minum harus dibatasi.

    http://www.iwandarmansjah.web.id/popular.php?id=40
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. The_Next M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 23, 2009
    Messages:
    1,123
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +677 / -0
    :blink: baru tahu kek gini...

    Hha bisa menambah wawasan nih....
    :swt: kl batuk musti hati2 nih....
     
  4. kidjaisy M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 14, 2010
    Messages:
    205
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +36 / -0
    kira2 batuk ane tipe yg mana ya....?

    :panik:
     
  5. Haecked M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 31, 2009
    Messages:
    1,601
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +15,636 / -0
    Paling bahaya kalau udah batuk yang berdarah.....
    Serem banget liat dahaknya orang udah bercampur dengan darah :demam:
    Para perokok harus lebih berhati2 :awas:
     
  6. tiazz M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 4, 2009
    Messages:
    343
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +1,621 / -0
    wah serem juga ya...
    kudu ati2 nih klu batuk...
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.