1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Pengen ganti nama ID? Plat tambahan? Promo GK? Cek Promo Spesial Hari Kemerdekaan, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!
  3. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  4. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  5. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!

Seledri bkn cuma pelengkap bumbu masakan

Discussion in 'Motivasi & Inspirasi' started by One_D, Jul 30, 2008.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. One_D M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 27, 2008
    Messages:
    919
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +147 / -0
    HAMPIR semua orang tentunya mengenal seledri (Apium graveolens). Seledri adalah sejenis daun dan tumbuhan obat yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan. Dapat tumbuh baik di dataran rendah maupun tinggi.

    Tumbuhan seledri dikategorikan sebagai sayuran, perkebunan seledri di Indonesia terdapat di Brastagi, Sumatera Utara, dan di Jawa Barat tersebar di Pacet, Pangalengan, dan Cipanas yang berhawa sejuk. Tumbuhan berbonggol dan memiliki batang basah bersusun ini, pada dasarnya dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Di antaranya ada seledri yang umbinya dapat dimakan.

    Beberapa negara termasuk Jepang, China, dan Korea mempergunakan bagian batang sebagai bahan makanan. Daun seledri biasa dipakai untuk memperkaya cita rasa sajian atau kaldu. Sup kacang merah dan bubur ayam kurang lengkap rasanya jika tanpa taburan daun seledri di dalamnya. Di Eropa, batang seledri yang besar sering dibuat sebagai salad dengan saus mayones atau bechamel(saus berbahan dasar susu) sebagai isi roti sandwich. Di Indonesia, daun seledri dimanfaatkan untuk pelengkap sayuran, misal untuk sup.

    Berdasarkan penelitian, tanaman keluarga Apiaceae ini mengandung natrium yang berfungsi sebagai pelarut untuk melepaskan deposit kalsium yang menyangkut di ginjal dan sendi. Dia juga mengandung magnesium yang berfungsi menghilangkan stres. Daun seledri mengandung protein, belerang, kalsium, besi, fosfor, vitamin A, B1, dan C. Berdasarkan hasil penelitian, seledri juga mengandung psoralen, zat kimia yang menghancurkan radikal bebas biang penyebab kanker. "Sebenarnya banyak manfaat yang bisa diambil dari seledri. Masyarakat tradisional hanya menggunakannya untuk bumbu masak. Namun, setelah diteliti, seledri bisa menjadi obat dari beberapa penyakit," kata Profesor David Willian dari Universitas Yale.

    William menyebutkan, masyarakat pedesaan telah lama memanfaatkan seledri sebagai obat untuk menurunkan panas dengan cara mengoleskan tumbukan daun seledri ke kepala anak yang terserang demam. Air perasan seledri yang mempunyai sifat mendinginkan, dipercaya dapat mendinginkan kepala. Berdasarkan pengalaman beberapa orang, air perasan daun seledri dapat sekaligus menyuburkan dan menghitamkan rambut dan tidak mempunyai efek samping.
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. One_D M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 27, 2008
    Messages:
    919
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +147 / -0
    :smartass::smartass::smartass::smartass:
     
    Last edited: Nov 19, 2008
  4. dawerzzzz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 9, 2009
    Messages:
    1,516
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,135 / -0
    [​IMG][​IMG] wkokwokwo nice post.. berarti seledri bwt obat juga bisa yah[​IMG][​IMG]
     
  5. bedjo Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 5, 2009
    Messages:
    58
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +3 / -0
    kalo buat keramas si pernah denger, yang lain baru tau ni.. thanks gan...
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.