1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Dismiss Notice
  7. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  8. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Other Sejarah Tentang Roepiah dan Duit

Discussion in 'History and Culture' started by swarna_IDWS, Nov 21, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. swarna_IDWS Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 30, 2009
    Messages:
    189
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +23 / -0
    TENTANG RUPIAH DAN DUIT

    Sering kali orang bertanya, mengapa mata uang negara kita disebut rupiah? Sayangnya, pertanyaan itu masih sulit dijawab secara pasti (ilmiah). Sejak lama banyak orang menafsirkannya secara hipotesis berdasarkan hal yang mereka tahu, baca, dan dengar saja. Mencari di internet pun relatif sukar. Belum ada nara sumber yang mampu menguraikannya secara panjang lebar.

    Sejumlah sumber hanya mengatakan, nama rupiah pertama kali digunakan secara resmi ketika dikeluarkannya mata uang rupiah pada zaman pendudukan Jepang (1943). Jadi sebelum Indonesia menjadi negara berdaulat penuh. Ketika itu Dai Nippon Teikoku Seihu mengedarkan lima jenis pecahan, yakni pecahan setengah roepiah, satoe roepiah, lima roepiah, sepoeloeh roepiah, dan seratoes roepiah. Sebelumnya di daerah yang disebut Indonesia sekarang, orang menggunakan Gulden Belanda.

    Namun, menurut seorang penulis di internet, nama rupiah sudah dikenal jauh sebelum Indonesia merdeka. Alasannya, dia memiliki uang setengah sen tahun 1860. Di situ tertulis, “Saporo rong-atus rupiyah” (seperduaratus rupiah). Kalau seperseratus rupiah adalah satu sen, maka seperduaratus rupiah adalah setengah sen. Teori ybs tentu saja masuk akal.

    Diperkirakan nama rupiah berasal dari nama mata uang India, rupee. Hubungan India dengan Indonesia memang sudah terjalin erat sejak abad V. Bisa dikatakan sejarah kuno Indonesia yang bercirikan Hinduisme dan Buddhisme sangat dipengaruhi oleh kebudayaan India. Karena itu tidak heran kalau kita banyak mengadopsi hal-hal berbau India, termasuk bahasa Sansekerta.

    Tafsiran lain mengatakan rupiah berasal dari bahasa Sansekerta ru-pya yang berarti perak, khususnya perak yang ditempa atau dicetak. Ada pula yang menduga, kata rupiah berasal dari dialek daerah tertentu. Yang ekstrem berpendapat, rupiah berasal dari nama teman perempuan Presiden Soekarno, seperti halnya Sarinah, ibunda Presiden Soekarno. Sarinah adalah pusat perbelanjaan modern pertama di Jakarta.

    Seperti halnya dollar dan peso yang dipakai di banyak negara, nama rupee dengan modifikasinya juga digunakan di sejumlah negara yang dipengaruhi kebudayaan India itu. Selain di India sendiri, rupee adalah nama mata uang di Pakistan, Srilanka, dan Nepal. Bunyi yang mirip terdapat di Maladewa (rufiyaa), Seychelles (roupi), dan Mauritius (roupie).


    Duit

    Sebenarnya, banyak orang awam sudah mafhum kalau duit identik dengan uang. Namun umumnya kata uang dihubungkan dengan bahasa Indonesia, sementara duit cenderung ke dialek Jakarta (Betawi). Sesungguhnya, duit berasal dari kata Doit, yakni sebutan bagi uang receh kuno Eropa dari abad XIV. Pada awalnya, Doit terbuat dari bahan perak dengan nilai tukar setara dengan 1/8 Stuiver. Pada abad XIV itu 1 Gulden = 20 Stuiver. Jadi 1 Gulden = 160 Doit.

    Ketika itu Doit menjadi satuan mata uang terkecil di Belanda, seperti halnya Penny di Inggris. Sejak 1573 Doit tidak lagi terbuat dari perak. Karena bahan itu dianggap mahal, bahannya diganti tembaga yang lebih murah.

    Doit masuk ke Kepulauan Nusantara sejak 1726. Semula Doit harus didatangkan dari Belanda. Tetapi mengingat pengiriman dengan kapal sering mengalami hambatan, misalnya waktu perjalanan lama dan gangguan bencana alam, sementara di pihak lain kebutuhan akan uang kecil terus meningkat, maka pemerintah Belanda mengizinkan VOC untuk menempanya sendiri di Batavia dan Surabaya.

    Doit yang dibuat di Nusantara terdiri atas dua jenis. Pertama, berbahan tembaga dengan ciri-ciri berbentuk bundar, berwarna coklat, bertulisan JAVA, dan dilengkapi angka tahun pembuatan. Kedua, berbahan timah dengan ciri-ciri berbentuk bundar, ada inisial LN dan lambang VOC, ada tulisan Arab Melayu duyit, dan dilengkapi angka tahun pembuatan.

    Umumnya Doit dikeluarkan untuk gaji pegawai. Kalau pegawai VOC lebih banyak menerima Gulden untuk jerih payahnya karena bergaji tinggi, maka pegawai bumiputera justru bergaji kecil. Sekadar gambaran, pada 1888 pendapatan per kapita orang Eropa sebesar 2.100 gulden dan orang asing lainnya 250 gulden. Sementara pendapatan bangsa bumiputera hanya 63 gulden atau 5,25 gulden per bulan. Karena terlalu sering menerima doit atau duyit alias uang recehan, maka istilah itu sangat akrab di telinga mereka. Lama-kelamaan istilah itu berubah menjadi duit, sesuai lidah bangsa Indonesia. Istilah itu terus dikenal sampai sekarang, tanpa ada perbedaan nilai besar atau kecil.***

    ini saya sertakan beberapa contoh :
    Koin pada saat VOC yang menggunakan Perak dan tembaga
    [​IMG] [​IMG][​IMG]


    Uang Kertas pada saat Penjajahan Jepang dan Uang Kertas Pada masa Pendudukan NICA :
    [​IMG] [​IMG]

    kalau ada yang ingin ditanyakan, silakan saja, sapa tau saya bs menjawab.. :hero: Trims
     
    Last edited: Nov 21, 2009
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. swarna_IDWS Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 30, 2009
    Messages:
    189
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +23 / -0
    cari ruang dl ah..
     
  4. zakainiwak M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 5, 2009
    Messages:
    1,290
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +25,784 / -0
    kira2... pada masa waktu uang rupiah masih 1/2 rupiah.... harga tukar sama dolarnya berapa ya..? kalo dibandingkan sekarang mungkin masih tinggian dulu kali ya..??:hmm:
     
  5. swarna_IDWS Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 30, 2009
    Messages:
    189
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +23 / -0
    bukan mungkin lagi gan.. tapi emank iya dulu tidak separah sekarang..
     
  6. EdasNaheyDJ M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 23, 2009
    Messages:
    402
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +13 / -0
    mata duitan semua nihhh,,,
    ntar ane kasi es cendol lah kl bs nebak nilai tukar ke dolar pd wkt itu,
    wkwkwkwkwk:hahai:
     
  7. whitemaster M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 16, 2009
    Messages:
    519
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +616 / -0
    akhirnya ada jga yang menjelaskan tentang asal-usul terjadinya roepiah....

    tpi napa gak langsung di ksh nama rupiah langsung aja yach???

    but :niceinfo: gan....
     
  8. swarna_IDWS Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 30, 2009
    Messages:
    189
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +23 / -0
    udah lama gak di naekin neh...
     
  9. khuma_putry Regional Leader

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Nov 7, 2009
    Messages:
    5,574
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +116,835 / -9
    jadi sampe sekarang belum ketemu akan kebenaran akan sejarah Rupiah Itu sendiri.

    sayang ya... padahal itu mata uang kita. tapi masih simpang siur akan sejarahnya. :sedih:
     
  10. aqua00 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 17, 2010
    Messages:
    765
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +1,070 / -0
    mau namanya rupiah atau duit, maunya mata uang indonesia itu bisa lebih kuat daripada mata uang asean lainnya...
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.