1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Biography Sejarah Soichiro Honda (pendiri motor honda)

Discussion in 'World History' started by Cybersemox, Mar 5, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Cybersemox M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Dec 31, 2009
    Messages:
    214
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +634 / -0
    [​IMG] [​IMG]
    Soichiro Honda lahir tanggal 17 November 1906 di Iwatagun (kini Tenrryu City) yang terpencil di Shizuoka prefecture. Daerah Chubu di antara Tokyo, Kyoto, dan Nara di Pulau Honshu yang awalnya penuh tanaman teh yang rapi, yang disela-selanya ditanami arbei yang lezat. Namun kini daerah kelahiran Honda sudah ditelan Hamamatsu yaitu kota terbesar di provinsi itu.

    Ayahnya bernama Gihei Honda seorang tukang besi yang beralih menjadi pengusaha bengkel sepeda, sedangkan ibunya bernama Mika, Soichiro anak sulung dari sembilan bersaudara, namun hanya empat yang berhasil mencapai umur dewasa. Yang lain meninggal semasa kanak-kanak akibat kekurangan obat dan juga akibat lingkungan yang kumuh.

    Walaupun Gihei Honda miskin, namun ia suka pembaharuan. Ketika muncul pipa sigaret modal Barat, ia tidak ragu-ragu mengganti pipa cigaret tradisionalnya yang bengkok, tidak peduli para tetangganya menganggapnya aneh. Rupanya sifat itu dan juga keterampilannya menangani mesin menurun pada anak sulungnya.

    Sebelum masuk sekolah pun Soichiro sudah senang, membantu ayahnya di bengkel besi. Ia juga sangat terpesona melihat dan mendengar dengum mesin penggiling padi yang terletak beberapa kilometer dari desanya.

    Di sekolah prestasinya rendah. Honda mengaku ulangan-ulangannya buruk. Ia tidak suka membaca, sedangkan mengarang dirasakannya sangat sulit. Tidak jarang ia bolos. “Sampai sekarang pun saya lebih efisien belajar dari TV daripada dari membaca. Kalau saya membaca, tidak ada yang menempel di otak,” katanya.

    Ketika sudah kelas lima dan enam, bakat Soichiro tampak menonjol di bidang sains. Walaupun saat itu baru belasan tahun, namun dalam kelas-kelas sains di Jepang sudah dimunculkan benda-benda seperti baterai, timbangan, tabung reaksi dan mesin. Dengan mudah Soichiro menangkap keterangan guru dan dengan mudah ia menjawab pertanyaan guru.

    Beberapa waktu sebelum itu, untuk pertama kalinya Soichiro melihat mobil. “Ketika itu saya lupa segalanya. Saya kejar mobil itu dan berhasil bergayut sebentar di belakangnya. Ketika mobil itu berhenti, pelumas menetes ke tanah. Saya cium tanah yang dibasahinya. Barangkali kelakuan saya persis seperti anjing. Lalu pelumas itu saya usapkan ke tangan dan lengan.

    Mungkin pada saat itulah di dalam hati saya timbul keinginan untuk kelak membuat mobil sendiri. Sejak saat itu kadang-kadang ada mobil datang ke kampung kami. Setiap kali mendengar deru mobil, saya berlari ke jalan, tidak peduli pada saat itu saya sedang menggendong adik.”

    Soichiro hanya mengalami duduk di bangku sekolah selama sepuluh tahun. Sesudah lulus SD, anak nakal itu dikirim ke sekolah menengah pertama di Futumata yang tidak jauh dari kediamannya. Lulus dari sekolah menengah itu ia pulang ke rumah ayahnya. Gihei Honda sudah beralih dari pandai besi menjadi pengusaha bengkel sepeda. Gihei Honda memiliki majalah The World of Wheels yang dibaca Soichiro dengan penuh minat.

    Di majalah itu sebuah bengkel mobil dari Tokyo memasang iklan mencari karyawan. Soichiro buru-buru melamar dan ia diterima. Walaupun ayahnya khawatir, namun Soichiro diantar juga ke kota besar itu.

    Honda hampir tidak percaya pada telinganya Honda merasa saat menunggu dipanggil belajar menjadi montir itu benar-benar merupakan ujian ketabahan yang paling berat, yang pernah dihadapinya seumur hidupnya. Di masa-masa setelah itu ia sudah tidak takut lagi menghadapi rintangan apapun berkat ketabahan yang diperolehnya selama menjadi kacung.

    Honda yang selama kariernya tidak tahu banyak mengenai uang, Cuma mendapat keuntungan sedikit sekali tahun pertama itu. Tetapi Honda merasa beruntung karena bengkelnya sukses. Ia memutuskan untuk menabung dan memperkirakan selama masa kerjanya akan mampu mengumpulkan sampai 1.000 yen.

    Selama hidupnya Honda terkenal sebagai penemu. Ia memegang hal paten lebih dari 100 penemuan pribadi. Yang pertama, ditemukannya ialah teknik pembuatan jari-jari mobil dari logam. Ketika itu mobil-mobil di Jepang memakai jari-jari kayu yang mudah terbakar. Perusahaan-perusahaan Jepang segera mengekspor jari-jari logam itu sampai ke India. Pada umur 25 tahun ia memperoleh keuntungan 1.000 yen sebulan.

    Perusahaan juga menghargai orang-orang muda dan selalu merekrut orang-orang muda untuk memberi “darah baru” dan gagasan segar. Ketika Honda mengundurkan diri tahun 1973, yang dipilihnya sebagai pengganti ialah Kyoshi Kawashima, kepala bagian riset perusahaan Honda. Selama sejarahnya, perusahaan Honda hanya pernah mengalami pemogokan sekali pada tahun 1954. Ketika itu Honda dan manajemen di satu pihak menghadapi pekerja-pekerja dan
    adik Honda di Pihak lain. Tetapi sebagai layaknya perusahaan di Jepang semuanya itu diselesaikan dengan musyawarah.

    Sejak tahun 1973 Honda pindah ke pasaran kendaraan beroda empat untuk bisa tetap mengembangkan jumlah penghasilan perusahaan. Stafnya yang pada masa Honda bertambah 10% setiap tahun. Kalau mereka bertambah tua, artinya beban perusahaan akan bertambah berat. Padahal Honda menghadapi persaingan berat di pasaran dalam negeri dan luar negeri. Untuk bisa tetap menciptakan pasaran baru mereka harus selalu mencari teknik yang unik dan efisien serta menjual produk dengan harga bersaing.

    Namun ketika Honda dan Fujisawa mengundurkan diri pada musim gugur tahun 1973, Honda berkata, “Saya bisa mundur tanpa perasaan khawatir, karena saya yakin perusahaan akan terus maju dengan penuh semangat, menanggulangi pelbagai kesulitan dan luwes, tanpa kehilangan kesegarannya.”

    “Terus terang saya merasa muda dalam hal mental maupun fisik,” kata Honda. “Saya kira kalian tidak bisa menang dari saya. Namun saya mesti mengakui sekarang saya sering merasa iri hati pada orang muda. Saya diberi tahu bahwa di Amerika pemimpin umum perusahaan berumur 40-an dan perusahaan yang dipimpin orang berusia 60-an tahun sering mengalami stagnasi.

    Kita sekarang memang memasuki zaman baru yang memerlukan nilai-nilai baru. Walaupun saya dan wakil pemimpin umum merasa kami masih muda, kami kira umur kami sudah lewat untuk memimpin.”

    Kalau saya menengok kembali ke belakang, saya lihat bahwa yang saya buat tidak lain daripada kesalahan, serentetan kegagalan dan serentetan sesalan,” kata Honda. “Tetapi saya juga bangga untuk keberhasilan saya. Walaupun saya sering membuat kesalahan dan kegagalan, namun semua itu tidak pernah disebabkan oleh hal sama. Saya tidak pernah mengulangi kesalahan dan saya selalu berusaha sekuat mungkin untuk memperbaiki diri. Dalam hal itu saya berhasil.

    “Ia tetap memegang saham terbesar di perusahaannya. Ketika mengundurkan diri tahun 1973 penghasilannya mendekati 1,7 miliar dolar. Walaupun sudah pensiun omongannya masih didengar. Katanya, masa depan industri Jepang bukan ditentukan oleh untuk cepat, tetapi oleh mutu barang yang kita buat dan pengaruhnya terhadap kepentingan sesama manusia. Kalau kita membuat barang yang menyebabkan banyak polusi kemungkinan kita akan untung, tetapi hanya sebentar, sesudah itu bangkrut.

    Kami di perusahaan Honda sering bergurau: Enak juga ada perusahaan-perusahaan besar yang kerjanya hanya memikirkan untung besar saja. Akibatnya perusahaan kecil seperti Honda mendapat kesempatan untuk membuat barang yang baik.
    ________________________________
    semoga tidak repost, dan bermanfaat bage kalean semua.


    NB:
    Artikel tambahan dari yoshikanji: cekibrot
     
    • Like Like x 5
    • Thanks Thanks x 4
    Last edited by a moderator: Aug 22, 2011
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. Animers M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    May 28, 2009
    Messages:
    4,528
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +8,846 / -0
    ternyata diambil dari nama pendirinya

    Kirain pas gw main Samurai Warrior, kan ada tuh tokoh yang namanya Tadakatsu Honda

    kirain diambil dari dia tuh namanya HONDA
     
  4. Oromizz Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Aug 23, 2009
    Messages:
    3,861
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +6,278 / -0
    Pendiri perusahaan besar yang berawal dari orang biasa...
    kerja keras dan semangatnya boleh dicontoh :top:
     
  5. gear10 M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Feb 4, 2009
    Messages:
    7,677
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +34,616 / -0
    oh ini toh pendiri motor honda, kalo mobilnya sama juga kan yah :???:
    benar2 berawal dari dasar bgt perjuangannya, berakit ke hulu, berenang ke tepian...
    sampai skrg bs sesukses ini :terharu:
     
  6. aranork M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 18, 2009
    Messages:
    318
    Trophy Points:
    72
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +34 / -3
    bukti orang yang masa mudanya nakal tapi sukses....
     
  7. rhux M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 13, 2008
    Messages:
    452
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +35 / -0
    ^
    wah,gw ga termasuk dong :hiks:. gw kan baik dan polos :malu1: :swt:
     
  8. dantekasep_69 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 14, 2010
    Messages:
    830
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +4,970 / -0
    tapi bukannya keluarga Honda sekarang sudah tak punya saham lagi di perusahaan itu??? kalo gk salah sekarang keluarga honda cuma dikasih uang pensiunan sebesar 50.000 yen saja per bulan.,.,., :???:
     
  9. H1p000 M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 26, 2010
    Messages:
    2,739
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +11,288 / -0
    salut w ma tuh orang walaupun nakal tapi orangnya kreatif:top:
    :niceinfo:
     
  10. keemchee M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jun 26, 2009
    Messages:
    5,536
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +10,043 / -7
    untuk pintar itu gk harus membaca...
    dari sini kita bisa melihat dia lebih tertarik ke arah visual, karena bisa lebih merasakan langsung...
    lagipula kepintaran itu tidak hanya didapat dari membaca saja kan...
    apalagi skrg ud ad internet..:sigh:
     
  11. hatafarindlesku Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Oct 26, 2009
    Messages:
    2,910
    Trophy Points:
    226
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +3,028 / -0
    agak sedikit bangga dengan gurauan ini... karena kadang gw jg suka berpikir seperti itu...:peace:

    mw banggain diri ahh...tanggal lahir gw sama eyang Honda sama... 17 November...:peace:
    siapa tw gw jg bisa sesukses eyang Honda...atau mungkin dikasih 1% ajjah saham dr beliau...:hehe:
     
  12. leaver M V U

    Offline

    I'm still a newbie

    Joined:
    May 10, 2010
    Messages:
    8,294
    Trophy Points:
    257
    Ratings:
    +34,036 / -2
    masa muda yang kurang baik , tapidengan usaha yang keras bisa menjadi orang TOP di dunia....
     
  13. 1c4ru5 Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Mar 9, 2010
    Messages:
    6,687
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +6,223 / -1
    oo dlu gw kra dri clan honda diambil namanya sprti tadakatsu honda,dll
    ternyata dri nama kluarganya :haha:
    jdi kesuksesan adalah hasil dari semangat :top:
    patut dicontoh :onfire:
     
  14. norus_rei M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 26, 2009
    Messages:
    431
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +72 / -0
    dia mulai dari bawah..kisah dan motto hidupnya banyak dijadikan acuan untuk motivasi hal apapun
    ane kagum sama orang ini ..
     
  15. hellianowned M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 15, 2010
    Messages:
    690
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +4,593 / -0
    wah, ini gw banget. BTW kok lambang Honda yg motor ama yg mobil dibedain ya? ga kyk Yamaha yg dimana2 lambangnya sama.
     
  16. zeedeed M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Apr 11, 2009
    Messages:
    3,001
    Trophy Points:
    241
    Ratings:
    +5,895 / -3
    wah ceritanya yag keren

    intinya jangan cuma menilai orang dari prestasi kademiknya saja, tapi harus dinilai dari effortnya
     
  17. djimbo Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 3, 2009
    Messages:
    182
    Trophy Points:
    16
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +34 / -0
    nice story !

    coba semua perusahaan otomotif sama kek Honda, yg membuat kendaraan yg lebih ramah lingkungan, pasti bumi bisa jadi tempat tinggal yg lebih baik daripada yg sekarang.
     
  18. ollacute Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 18, 2010
    Messages:
    181
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +3 / -0
    luar biasa..
    dari bukan apa - apa jadi orang besar.,,
    kerja kerasnya patut ditiru!!
     
  19. Ballon M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 5, 2010
    Messages:
    1,881
    Trophy Points:
    147
    Ratings:
    +745 / -0
    Yup betul memang patut untuk diteladani ini cara hidup Honda dan bagaimana upaya yang dilakukan agar dapat menjadi berhasil seperti sekarang ini ... Honda merupakan salah satu pabrikan mobil besar yang berhasil di seluruh dunia ...
     
  20. stanzaries M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 21, 2010
    Messages:
    1,073
    Trophy Points:
    96
    Ratings:
    +292 / -0
    honda memang selalu unggul dalam teknologi,..
    mang sih lambang yamaha terlihat sama,
    tp ada perbedaan antara yamaha music n yamaha motor,..
    warna biru untuk yamaha music, warna merah untuk yamaha motor,.
    lambang garpu talax jg berbeda, untuk yamaha motor garpu talax kluar dr lingkaran,
    klo yamaha music ga. sedikit perbedaan di bandingkan honda.
    honda top, irit BBm :haha:
     
  21. djackdani M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 28, 2009
    Messages:
    386
    Trophy Points:
    57
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +45 / -0
    Wah baru tahu sejarahnya HONDA,berangkat dari keluarga yg biasa2 aja dg kelebihan talentanya sampek sekarang produknya banyak digunakan org indo n sangat berjasa sekali....
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.