1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

News Sejarah "Petrus", Operasi Rahasia Penumpasan Kejahatan

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by mb855, Jun 14, 2016.

  1. mb855 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 21, 2016
    Messages:
    38
    Trophy Points:
    7
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1 / -0
    [​IMG]
    Pasukan Elite Sniper Terbaik Indonesia Kopassus

    Nasional, Jakarta - Penembakan misterius atau sering disingkat Petrus (Operasi Clurit) adalah suatu operasi rahasia dari Pemerintahan Suharto pada tahun 1980-an untuk menanggulangi tingkat kejahatan yang begitu tinggi pada saat itu.

    "TERORGANISIR NYA PEMBUNUH MISTERIUS (PETRUS) - ERA ORDE BARU 1980an"

    Operasi ini secara umum adalah operasi penangkapan dan pembunuhan terhadap orang-orang yang dianggap mengganggu keamanan dan ketentraman masyarakat. Pelakunya tak jelas dan tak pernah tertangkap, karena itu muncul istilah "Petrus", Penembak Misterius

    Awal Mula Dibentuknya "PETRUS"

    Petrus berawal dari operasi penanggulangan kejahatan di Jakarta. Pada tahun 1982, Soeharto memberikan penghargaan kepada Kapolda Metro Jaya, Mayjen Pol Anton Soedjarwo atas keberhasilan membongkar perampokan yang meresahkan masyarakat.

    Pada Maret tahun yang sama, di hadapan Rapim ABRI, dan pada Soeharto meminta polisi dan ABRI mengambil langkah pemberantasan yang efektif menekan angka kriminalitas.

    Permintaannya ini disambut oleh Pangopkamtib Laksamana Soedomo dalam rapat koordinasi dengan Pangdam Jaya, Kapolri, Kapolda Metro Jaya dan Wagub DKI Jakarta di Markas Kodam Metro Jaya tanggal 19 Januari 1983. Dalam rapat itu diputuskan untuk melakukan Operasi Clurit di Jakarta, langkah ini kemudian diikuti oleh kepolisian dan ABRI di masing-masing kota dan provinsi lainnya.

    Antara HAM dan Penumpasan Kejahatan

    Pada tahun 1983 tercatat 532 orang tewas, 367 orang di antaranya tewas akibat luka tembakan. Pada Tahun 1984 ada 107 orang tewas, di antaranya 15 orang tewas ditembak.

    Tahun 1985 tercatat 74 orang tewas, 28 di antaranya tewas ditembak. Para korban Petrus sendiri saat ditemukan masyarakat dalam kondisi tangan dan lehernya terikat.

    Kebanyakan korban juga dimasukkan ke dalam karung yang ditinggal di pinggir jalan, di depan rumah, dibuang ke sungai, laut, hutan dan kebun.

    [​IMG]
    Pembuangan Korban di Kebun



    Pola pengambilan para korban kebanyakan diculik oleh orang tak dikenal dan dijemput aparat keamanan.

    Kondisi mayat banyak dengan luka tembak di kepala, leher dan dada. Selain itu mayat-mayat tersebut juga dihiasi tato di tubuhnya dan ciri khas lainnya, mayat yang diketemukan di Jakarta kebanyakan mengambang dalam karung yang hanyut di sungai dan dalam kondisi mayat terikat.

    Kapan Petrus Pertama Kali Dilancarkan ?

    Petrus pertama kali dilancarkan di Yogyakarta dan diakui terus terang Dandim 0734 Letkol CZI M Hasbi (kini Wakil Ketua DPRD Jateng, red) sebagai operasi pembersihan para gali (Kompas, 6 April 1983). Panglima Kowilhan II Jawa-Madura Letjen TNI Yogie S. Memet yang punya rencana mengembangkannya. (Kompas, 30 April 1983). Akhirnya gebrakan itu dilanjutkan di berbagai kota lain, hanya saja dilaksanakan secara tertutup

    Ditinjau dari korban OPK yang merata di kota-kota besar tanah air, ini menunjukkan fakta bahwasanya OPK memang sengaja dilancarkan dengan skala nasional dan ternyata cukup berhasil menumpas angka kejahatan secara telak.

    Dari ciri khas cara penculikan dan penjemputan korban oleh aparat, cara eksekusi, perlakuan terhadap mayat hingga proses pembuangan memang OPK dilancarkan untuk memberi shock therapy yang sangat efektif. Akibatnya pemberitaan media sangat gencar mengenai operasi Petrus yang sukses membereskan ratusan penjahat dan operasi itu tetaplah sebuah misteri tersendiri.

    [​IMG]
    Benny Moerdani dengan Soeharto

    Benny Moerdani sebagai Panglima Kopkamtib memberikan pernyataan kepada pers bahwa penembakan gelap yang terjadi mungkin akibat dari perkelahian antar geng bandit. Wartawan pun tidak ada yang berani melanjutkan pertanyaan kepada jenderal yang terkenal tegas dan galak.

    [​IMG]
    Presiden Soeharto​

    Banyak juga pendapat yang kontra, mereka keberatan bila sasaran OPK hanya penjahat kelas teri atau yang hanya memiliki tato tetapi bukan penjahat kakap.

    Pembunuhan selama era OPK sendiri telah menelan korban jiwa sebanyak 3.000 orang. Hal ini dikemukakan oleh Menteri Luar Negeri Belanda, Hans van den Broek dalam kunjungannya ke Jakarta medio awal Januari 1984.

    Ada dua butir peluru segera bersarang di tubuhnya. Satu di dada dan satu di kepala. Tubuhnya lalu tumbang dan dibiarkan tergeletak di pinggir jalan. Esok hari, bisik-bisik beredar di masyarakat. Dia adalah Robert preman yang selama ini ditakuti !

    Kala itu, para pria bertato disergap ketakutan karena muncul desas-desus, petrus mengincar lelaki bertato. Peristiwa penculikan dan penembakan terhadap mereka yang diduga sebagai gali, preman, atau residivis itu, belakangan, diakui Presiden Soeharto, "Ini sebagai shock therapy,"

    Mayat-mayat itu ketika masih hidup dianggap sebagai penjahat, preman, bromocorah, para gali, dan kaum kecu yang dalam sejarah memang selalu dipinggirkan, walau secara taktis juga sering dimanfaatkan. Pada saat penembak misterius merajalela, para cendekiawan, politisi, dan pakar hukum angkat bicara.

    Intinya, mereka menuding bahwa hukuman tanpa pengadilan adalah kesalahan serius.

    Namun, apakah karena shock therapy yang dipelajarinya entah dari mana itu kejahatan memang mereda? Tanyakanlah kepada sindikat Kapak Merah…

    BACA : Beredar Pesan Berantai Culik dan Kubur Geng Motor

    [​IMG]
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. kerahledrek Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 4, 2011
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +14 / -0
    era orba sih emang memungkinkan banget ya gan
     
  4. 11_6571 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 29, 2013
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +3 / -1
    bisa masuk pelanggaran HAM juga gak ya ini? ngeri juga klo tiap nemu karung isi korban petrus,,,
    ada positif dan negatifnya sih, tp cenderung negatif, ngeri2:takut:
     
  5. smkosasih M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Sep 9, 2008
    Messages:
    5,341
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,187 / -0
  6. sev7en Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 7, 2016
    Messages:
    51
    Trophy Points:
    6
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -0
    Klo sekarang petrus di idupin lg buat basmi geng motor, begal, gembong narkoba & koruptor ane yakin masyarakat indonesia bakal ngedukung
     
  7. davegigs77 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 21, 2017
    Messages:
    15
    Trophy Points:
    16
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -0
    kalo sekarang masih ada nih petrus pasti abis tuh koruptor
     
  8. hansen_jm Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 7, 2011
    Messages:
    149
    Trophy Points:
    16
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2 / -0
    ooo.. makannya dulu kalo ada yang mau tatoan ditakut2i ntar diculik... haha...
     
  9. princedevil Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 9, 2011
    Messages:
    40
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +1 / -7
    paman ane sampe ngapusin tatto2 nya pake setrikaan nih.
     
  10. gentho001 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 13, 2009
    Messages:
    49
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +6 / -1
    Gw rela petrus diadain lagi, banyak politikus yg bikin onar, habisin aja:ogpistol:
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.