1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Sejarah Persib Bandung TERNYATA PERNAH LAWAN AC MILAN

Discussion in 'History and Culture' started by blacksheep, Feb 23, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. blacksheep M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 23, 2008
    Messages:
    4,594
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +25,046 / -0
    Sebelum bernama Persib, di Kota Bandung berdiri Bandoeng Inlandsche Voetball Bond ( BIVB ) pada sekitar tahun 1923. BIVB ini merupakan salah satu organisasi perjuangan kaum nasionalis. Tercatat sebagai Ketua Umum BIVB adalah Mr. Syamsudin yang kemudian diteruskan oleh putra pejuang wanita Dewi Sartika, yakni R. Atot.

    Atot ini pulalah yang tercatat sebagai Komisaris daerah Jawa Barat yang pertama. BIVB memanfaatkan lapangan Tegallega didepan tribun pacuan kuda. Tim BIVB ini beberapa kali mengadakan pertandingan diluar kota seperti Yogyakarta dan Jatinegara Jakarta.

    BIVB kemudian menghilang dan muncul dua perkumpulan lain yang juga diwarnai nasionalisme Indonesia yakni Persatuan Sepak Bola Indonesia Bandung ( PSIB ) dan National Voetball Bond ( NVB ).

    Pada tanggal 14 Maret 1933, kedua perkumpulan itu sepakat melakukan fusi dan lahirlah perkumpulan yang bernama Persib yang kemudian memilih Anwar St. Pamoentjak sebagai Ketua Umum. Klub- klub yang bergabung kedalam Persib adalah SIAP, Soenda, Singgalang, Diana,Matahari, OVU, RAN, HBOM, JOP, MALTA, dan Merapi.

    Di Bandung pun saat itu pun sudah berdiri perkumpulan sepak bola yang dimotori oleh orang- orang Belanda yakni Voetbal Bond Bandung & Omstreken ( VBBO). Perkumpulan ini kerap memandang rendah Persib. Seolah- olah Persib merupakan perkumpulan “ kelas dua “. VBBO sering mengejek Persib. Maklumlah pertandingan- pertandingan yang dilangsungkan oleh Persib dilakukan dipinggiran Bandung—ketika itu—seperti Tegallega dan Ciroyom.

    Persib memenangkan “ perang dingin “ dan menjadi perkumpulan sepakbola satu- satunya bagi masyarakat Bandung dan sekitarnya.Klub- klub yang tadinya bernaung dibawah VBBO seperti UNU dan SIDOLIG pun bergabung dengan Persib. Bahkan VBBO kemudian menyerahkan pula lapangan yang biasa mereka pergunakan untuk bertanding yakni Lapangan UNI, Lapangan SIDOLIG ( kini Stadion Persib ), dan Lapangan SPARTA ( kini Stadion Siliwangi ). Situasi ini tentu saja mengukuhkan eksistensi Persib di Bandung.

    Ketika Indonesia jatuh ke tangan Jepang. Kegiatan persepakbolaan yang dinaungi organisasi lam dihentikan dan organisasinya dibredel. Hal ini tidak hanya terjadi di Bandung melainkan juga diseluruh tanah air. Dengan sendirinya Persib mengalami masa vakum. Apalagi Pemerintah Kolonial Jepang pun mendirikan perkumpulan baru yang menaungi kegiatan olahraga ketika itu yakni Rengo Tai Iku Kai.

    Tapi sebagai organisasi bernapaskan perjuangan, Persib tidak takluk begitu saja pada keinginan Jepang. Memang nama Persib secara resmi berganti dengan nama yang berbahasa Jepang tadi. Tapi semangat juang, tujuan dan misi Persib sebagai sarana perjuangan tidak berubah sedikitpun.

    Pada masa Revolusi Fisik, setelah Indonesia merdeka, Persib kembali menunjukkan eksistensinya. Situasi dan kondisi saat itu memaksa Persib untuk tidak hanya eksis di Bandung. Melainkan tersebar diberbagai kota, sehingga ada Persib di Tasikmalaya, Persib di Sumedang, dan Persib di Yogyakarta.

    Pada masa itu prajurit- prajurit Siliwangi hijrah ke ibukota perjuangan Yogyakarta. Baru tahun 1948 Persib kembali berdiri di Bandung, kota kelahiran yang kemudian membesarkannya.
    Rongrongan Belanda kembali datang, VBBO diupayakan hidup lagi oleh Belanda ( NICA ) meski dengan nama yang berbahasa Indonesia Persib sebagai bagian dari kekuatan perjuangan nasional tentu saja dengan sekuat tenaga berusaha menggagalkan upaya tersebut. Pada masa pendudukan NICA tersebut, Persib didirikan kembali atas usaha antara lain, dokter Musa, Munadi, H. Alexa, Rd. Sugeng dengan Ketua Munadi.

    Perjuangan Persib rupanya berhasil, sehingga di Bandung hanya ada satu perkumpulan sepak bola yakni Persib yang dilandasi semangat nasionalisme. Untuk kepentingan pengelolaan organisasi, decade 1950- an ini pun mencatat kejadian penting. Pada periode 1953- 1957 itulah Persib mengakhiri masa pindah- pindah secretariat. Walikota Bandung saat itu R. Enoch, membangunkan Sekretariat Persib di Cilentah.

    Awal Persib memiliki gedung yang kini berada di Jalan Gurame, adalah upaya R. Soendoro, seorang overste replubiken yang baru keluar dari LP Kebonwaru pada tahun 1949. Pada waktu itu, melalui kepengurusan yang dipimpinnya, Soendoro menghadap kepada R. Enoch yang kebetulan kawan baiknya. Dari hasil pembicaraan, Walikota mendukung dan memberikan sebidang tanah di Jalan Gurame sekarang ini.

    Pada saat itu, karena kondisi keuangan yang memprihatinkan, Persib tidak memiliki dana untuk membangun gedung, Soendoro kembali menemui Walikota dan menyatakan, “ Taneuh puguh deui, tapi rapat ditiungan ku langit biru,” kata Soendoro.
    Akhirnya Enoch juga membantu membangun gedung yang kemudian mengalami dua kali renovasi. Kiprah Soendoro sendiri didunia sepak bola diteruskan putranya, antara lain, Soenarto, Soenaryono, Soenarhadi, Risnandar, dan Giantoro serta cucunya Hari Susanto.

    Dalam menjalankan roda organisasi beberapa nama yang juga berperan dalam berputarnya roda organisasi Persib adalah Mang Andun dan Mang Andi. Kedua kakak beradik ini adalah orang lapangan Persib. Tugas keduanya, sekarang ini dilanjutkan oleh putra dan menantunya, Endang dan Ayi sejak 90-an. Selain juga staf administrasi Turahman.

    Renovasi pertama dilakukan pada kepemimpinan Kol. CPM Adella ( 1953- 1963 ). Kini sekretariat Persib di Jalan Gurame itu sudah cukup representatif, apalagi setelah Ketua Umum H. Wahyu Hamijaya ( 1994- 1998 ) merenovasi gedung tersebut sehingga menjadi kantor yang memadai untuk mewadahi berbagai kegiatan kesekretariatan Persib.

    pada tahun 1994 persib pernah melawan ac milan namun mengalami kekalahan 8-0,yang golin:
    Dejan Savicevic pada menit 17 dan 18
    [​IMG]

    Gianluigi Lentini (26)
    [​IMG]

    Paolo Baldieri (27, 48, dan 58)
    [​IMG]

    Christian Antigori (68)
    (ane belom nemu gambarnya gan)

    Stefano Desideri (78)
    [​IMG]

    ni gan gambarnya
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]

    ni pada masa kejayaan robby darwis cs
    [​IMG]
    Code:
    http://risanbp.wordpress.com/2007/03/27/sejarah-persib/
    Code:
    http://memori-beritabobotoh.blogspot.com/
     
    • Like Like x 6
    • Thanks Thanks x 6
    Last edited: Feb 23, 2010
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. tresnadi Banned User

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    6,155
    Trophy Points:
    171
    Ratings:
    +113,303 / -0
    wah kalo ada videonya mantap nih :top:
    yang dulu hadir kestadion gak bakal nyesel deh..
     
  4. uchiha_stasezz M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 15, 2009
    Messages:
    2,015
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +9,568 / -0
    pernah nonton waktu kecil taon itu...
    masih inget bgt d kepala gw ttg pertandingan na :rokok:
     
  5. pejagalan M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jun 16, 2009
    Messages:
    5,621
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +3,778 / -0
    padahal indo dah mw lawan MU tuh,
    kan suatu lompatan besar,
    apalagi bisa tambah peluang indo jd tuan rumah PD
    tp....
    mlh kena bom....
     
  6. ChelsKy M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 20, 2010
    Messages:
    645
    Trophy Points:
    72
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +97 / -0
    lawan PSV juga pernah kalo ga salah

    walaupun skor akhirnya kalah 4-0

    tapi tetep bangga pernah lawan tim2 top eropa
     
  7. Ziedrich M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Apr 30, 2009
    Messages:
    3,291
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +2,234 / -0
    wow.. dalam rangka apa tuh milan ke indonesia?
    apa cuma mau bully2 persib? :hihi:
     
  8. fidzzzz Members

    Offline

    Joined:
    Aug 30, 2009
    Messages:
    3
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +2 / -0
    Sumber
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  9. dizza M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Sep 21, 2008
    Messages:
    5,577
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +4,514 / -0
    wah baru tahu.. :hehe:
    gpp lah kalah, yg penting bisa main bareng klub top di eropa udah jadi kebanggaan tersendiri.. :terharu:
     
  10. MeTim_Holey M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 18, 2009
    Messages:
    512
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +2,082 / -0
    persepakbolaan indonesia di masa lalu tinggal kenagan...
    kapan sepakbole kita bisa sukses kayak jaman dulu ya...kalo sekarang bukannya menaik dikit2, tapi turun drastis.....
    bahkan MU ga jadi maen:p
     
  11. The_Next M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 23, 2009
    Messages:
    1,123
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +677 / -0
    Kl G salah itu yang dari AC milan pemain utama semua..
    Waktu dimana sepakbola harum dimata dunia,, sekrang pemain Ind main di Inggris saja G mungkin :dingin:
     
  12. AngelOfAvalon Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 29, 2010
    Messages:
    350
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +67 / -0
    walaupun kalah 8-0, yang penting semangatnya gan! TSnya dapet aja berita gini. ane aja baru tau! hebat dah!!
     
  13. Master_T M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 7, 2009
    Messages:
    1,571
    Trophy Points:
    112
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +436 / -0
    mangstap...

    baru tahu persib pernah ngelawan AC Meland

    meskipun kalah 8 - 0
     
  14. garilaz Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 3, 2009
    Messages:
    162
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +628 / -0
    wah sejarah masah silam nih.....
    kapan yaa terulang lagi milan atw juve gth main ma persib lg :panik:
     
  15. 1c4ru5 Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Mar 9, 2010
    Messages:
    6,682
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +5,957 / -1
    wew
    gk hoax nih? kok rasanya susah dipercaya tp ttp aja hoax pa gk menyenangkan hati :terharu:
     
  16. MrAigo00 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 14, 2010
    Messages:
    1,866
    Trophy Points:
    161
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,772 / -0
    yg dah dateng : AC milan, Lazio, PSV, Bayern munchen,MU(hampir).......

    ayyo siapa lagi yg dateng (ngarep mode : ON)

    btw, pas lgi jaya-jayanya indo, persib kalah 8-0, klo sekarang???? :iii:
     
  17. hasanvanismail M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 28, 2010
    Messages:
    2,317
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +14,502 / -0
    ada yang tawuran ga???

    biasanya kalo tim kesayangan kalah besar pasti langsung pemain ke 13 masuk lapangan...:lol:
     
  18. newcurzon Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 19, 2009
    Messages:
    48
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -1
    huahahahah.. emg kualitas sepakbola kita harus dibenahi.. semoga lain waktu manutd dtg kita yg ngebantai mereka..
     
  19. shibagon M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 28, 2010
    Messages:
    574
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +41 / -0
    sayang uda ga ada van basten, padahal mao liat dulu van basten kaya gimana
     
  20. valr1st M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 30, 2009
    Messages:
    770
    Trophy Points:
    67
    Ratings:
    +191 / -0
    ane nonton gan ... indonesia ga cuma disitu aja kok primavera dulu itu dilatih di italia bahkan kalo ga salah pmain2 indonesia itu pernah masuk salah satu team di italia walaupun cuma pengganti

    bahkan indonesia pernah berjaya diasia yang hanya pernah kalah oleh korea aja ....
     
  21. ip3tz Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 16, 2010
    Messages:
    191
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +16 / -0
    wah keren banget yah....
    ga nyangka sampe capello juga dateng...
    sip..sip...makasih atas infonya...
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.