1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Pengen ganti nama ID? Plat tambahan? Promo GK? Cek Promo Spesial Hari Kemerdekaan, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!
  3. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  4. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  5. Apa kamu cukup berani melawan Valak? Satukan kekuatan di The Werewolf Series #16: THE NUN. Open registration: 14 - 21 September 2018!
  6. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!

Other [Sejarah] Patung Jenderal Sudirman - Jakarta

Discussion in 'History and Culture' started by mujito, Aug 25, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. mujito M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 24, 2009
    Messages:
    530
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +9,889 / -0
    [​IMG]

    Sebuah patung megah patung Jenderal Sudirman mewarnai Ibu Kota Jakarta. Patung berukuran 12 meter itu terdiri atas, tinggi patung 6,5 meter dan voetstuk atau penyangga 5,5 meter, terletak di kawasan Dukuh Atas, tepatnya depan Gedung BNI, di tengah ruas jalan yang membelah Jalan Sudirman dan berbatasan dengan Jalan Thamrin. Patung ini terbuat dari perunggu seberat 4 ton dengan anggaran sebesar Rp 3,5 miliar dan dikerjakan oleh seniman sekaligus dosen seni rupa Institut Teknologi Bandung, Sunario.
    Sosok Jenderal Sudirman digambarkan berdiri kokoh menghormat dan kepala sedikit mendongak ke atas untuk memberi kesan dinamis. Karena berdiri di tengah kawasan yang penuh dengan beragam aktivitas, patung sengaja didesain sederhana dan tidak memerlukan banyak rincian.

    [​IMG]

    Rencana pembangunan patung Sudirman dan sejumlah patung yang akan menghiasi jalan protokol sesuai nama jalan mencuat pada September 2001. Rencana itu merupakan realisasi sayembara patung pahlawan yang dilakukan tahun 1999. Lokasi patung merupakan satu garis lurus yang berujung dari Patung Pemuda Membangun di Kebayoran sampai tugu Monumen Nasional.

    Biaya pembangunan patung yang menelan dana Rp 6,6 miliar berasal dari pengusaha, bukan dari APBD DKI. Sebagai kompensasinya pengusaha mendapat dua titik reklame di lokasi strategis, Dukuh Atas. Sementara yang menentukan penyandang dana diserahkan kepada keluarga Sudirman. Pengusaha yang telah ditunjuk mendanai pembangunan patung, yakni PT. Patriamega. Sebagai kompensasinya, PT. Patriamega memperoleh dua titik reklame di lahan strategis di Dukuh Atas, yakni di titik A dan 6B. Bagi kalangan penyelenggara reklame, titik tersebut adalah sangat strategis dan nilai jualnya paling mahal.

    [​IMG]
    Menurut rencana patung Jenderal Sudirman sedianya akan diresmikan 22 Juni 2003 bertepatan HUT ke-476 Jakarta, namun tidak terealisasi. Peresmian akhirnya dilaksanakan tanggal 16 Agustus 2003. Peresmian sempat diwarnai unjuk rasa sekelompok pemuda. Panglima Besar Kemerdekaan RI yang seharusnya menjadi simbol semangat perjuangan bangsa Indonesia kini telah pudar makna kepahlawanannya. Karena Jenderal Sudirman digambarkan sedang dalam posisi menghormat. Posisi patung dianggap tidak pada tempatnya karena sebagai Panglima Besar, Sudirman tidak selayaknya menghormat kepada sembarang warga yang melintasi jalan, yang justru seharusnya menghormati. Hal ini pula yang sempat diangkat dalam film Nagabonar 2. Meski demikian Gubernur DKI Jakarta didampingi Kepala Dinas Pertamanan DKI dan salah satu keluarga besar Jenderal Sudirman, Hanung Faini, tetap meresmikan berdirinya Patung Jenderal Sudirman itu.

    Jenderal Sudirman adalah pemimpin pasukan gerilya pada masa perang kemerdekaan (1945-1949). Ia menyandang anugerah Panglima Besar. Jasa dan pengabdiannya kepada bangsa dan negera layak dikenang dan diabadikan.
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. yoshikanji Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Dec 18, 2009
    Messages:
    18,450
    Trophy Points:
    266
    Ratings:
    +38,431 / -0
    avara kdavra, open sesame...
    auto lock open.



    Regards,
     
  4. varre M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 21, 2012
    Messages:
    550
    Trophy Points:
    107
    Ratings:
    +413 / -0
    bisa dibilang sih penempatannya mungkin emang kurang pas ya..

    mungkin lebih pas kalo ditaruh di sebuah taman gitu atau museum..
     
  5. ir_13 Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 18, 2011
    Messages:
    493
    Trophy Points:
    37
    Ratings:
    +714 / -0
    kekny cuma akal2an pemerintah biar ga keluar duit membangun patung tokoh sejarah,,
    lebih cocok d museum sejarah donk patungnya,,
     
  6. FFindonesia M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 13, 2014
    Messages:
    672
    Trophy Points:
    152
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +10,215 / -2
    ini patung salah tempat kayanya :haha:

    ga cocok buat di tengah jalan, mungkin blm ada yg menyadari :tolong:
     
  7. hidayat246 M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Apr 2, 2012
    Messages:
    5,388
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +15,611 / -31
    kenapa saya merasa kalau patung ini cuma ajang cari uang :tega:
    seharusxa patung kaya gini ditaruh ditaman biar biasa dinikmati dalam posisi santai, kalau dijalan sapa juga yang mau peduli :swt:
    kalau emang untuk penghias sesuai nama jalan mending dibikin dengan pose setengah badan tanpa lengan pasti lebih cocok :belajar:
     
  8. deira1 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 7, 2011
    Messages:
    170
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +15 / -0
    Kenapa posisinya hormat?...
    Gw aja males hormat sama orang??...

    Sent from my XT910 using Tapatalk
     
  9. alfredchang Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 14, 2009
    Messages:
    60
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +24 / -0
    Kalau sudah seperti ini ya sebaiknya ya di rawat aja...... Kalau mau di bongkar atau di pindah ya keluar duit lagi.....
     
  10. juniorj2n Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 5, 2009
    Messages:
    34
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +2 / -0
    kenapa harus dalam posisi menghormat? apa ada yang punya penjelasan filosofisnya?
     
  11. therockyraccoon Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 19, 2013
    Messages:
    37
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +0 / -0
    kalo patungnya pny perasaan pasti skrng lg sedih bro, masa harus hormat sama koruptor2 yg lewat dpn dia..
     
  12. reka69 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 2, 2013
    Messages:
    51
    Trophy Points:
    22
    Ratings:
    +2 / -0
    Jadi inget adegan di film Nagabonar 2. Seorang Jenderal Besar kok menghormat kepada sesuatu yang tidak jelas. Semoga saja nanti ada yang mau mindah ke tempat yang lebih pas.
     
  13. goyangdombret Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 15, 2010
    Messages:
    54
    Trophy Points:
    22
    Ratings:
    +0 / -0
    "turunkan tanganmu jendralll
    tidak pantas kau memberi hormat untuk para koruptor"

    nagabonar jadi 2
     
  14. balax Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 11, 2009
    Messages:
    55
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +6 / -1
    patung kontroversial, yang ditempatkan ditempat yg salah sekaligus pose patung yang ga etis
    tp kalo ga salah, tuh patung kalo ditarik lurus ngadep ngadep istana negara (CMIIW)
     
  15. batas_suci Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 11, 2014
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +0 / -0
    harusnya jangan posisi hormat menurut saya, soalnya beliaulah yang harusnya kita "hormat"i..
     
  16. musasshi Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 7, 2009
    Messages:
    46
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +0 / -0
    gokil foto patungnya yg dikasi liat punggungnya..
     
  17. claudiabrigita M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 27, 2013
    Messages:
    535
    Trophy Points:
    62
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +233 / -0
    iya, ane juga tahu ada patung ini karen flm nagabonar 2, bener banget kata pak nagabonar, beliau menghormati siapa?
    kalau ane jadi keluarga beliau ane gak mau patung itu dibikin dengan posisi menghormat
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.