1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Dismiss Notice
  7. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  8. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Saya harus bagaimana ? Kasih pendapat doank

Discussion in 'CurHat' started by hendri99, Dec 17, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. hendri99 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 2, 2009
    Messages:
    72
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +97 / -0
    gan gan minta pendapat2 doank..hehehehe.... :hahai::hahai:

    gini nih aku dah pacaran dah sekitar 4 tahun , ini pun merupakan cinta pertama saya... terus terang selama 4 tahun ini saya ga pernah melirik cew apapun loh.. hehehe... biasa deh namanya cinta pertama itu kan SETIA....
    anyway, selama ini terus terang saya resah kadang kesal sama sifat cew aku, tapi aku selalu berusaha memaafkan... ok deh waktu berjalan waktu....
    nah, suatu hari, aku jemput nih cucu saya di tempat les , waktu pertama kali pertama liat guruny, kenapa yah otak ku sudah membenahi wajah dia, sampai gimana pun, tak bisa lupain dia.. hehehe... aq pikir, sepertinya aku tertarik nih sma gurunya..... maklum gan2 kta masih pada umur 20an...hehehe....
    terus aku berusaha untuk mencari tau tentang dia, utk berkenalan, akhirnya aku ketemu.....
    nah kami sudah mulai Ym Ym lah... pertama YM sich sombong banget
    minta no telepon pun susah. karena kata dia lowongan teman ada , tapi untuk pacar tidak ada.... karena guru itu sendiri dah punya pacar sich....
    tapi aku berusaha, ngoceh ngoceh minta no telepon dia, hari berhari rasa aku sich semakin dekat sama dia, tiap malam kita telepon..
    bahkan aku sering katakan di depan ce aku sendiri, aku suka sama cew itu, [ mungkin aku kurang ajar ] tapi ntah kenapa aku tega begitu... hehehe..

    tapi akhir2 ini aku sering ajak dia keluar tapi kenapa cew guru itu kenapa ga mau yah? kata dia " aku ga mau mengkhianati cow saya "
    setiap aku ajak dia keluar, dia sering bilang begitu dengan saya,pernah bilang juga " ingin menjaga perasaaan pacar dia "

    menurut aku kayak nya sih dia sayang banget sama pacar dia,

    jadi menurut gan gan kira kalau aku terus naksir ke dia, aku bisa dapat ga yah?
    hehehe minta idea2 om2 bapak2 ibu2 donk yah
    :panik::panik:
     
    Last edited: Dec 17, 2009
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. bee_can Veteran

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 8, 2008
    Messages:
    1,951
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +7,491 / -0
    duh bagaimana ya? lebih baik jangan merusak hubungan orang lain. kasihan juga pacar kk. belum putus kan? saya tidak bisa membayangkan bagaimana perasaan pacar kk. sudah 4 tahun lagi. saya mengerti perasaan kk yang masih muda dan ingin mendapat yang terbaik. lebih baik kk merenung dan memantapkan hati. jangan sampai menyesal di kemudian hari. ingat pacar kk sudah menemani selama 4 tahun dan pastinya banyak suka duka bersama. juga bisa dikatakan dia paling mengerti kk saat ini.

    bila memang kk sudah tidak punya perasaan lagi, lebih baik jangan menggantung hubungan kk dan dia. jangan sampai saling menyakiti.

    untuk cewek yang kk suka, kalau memang dia sudah punya pacar dan dia mantap dengan pacar nya. saran saya sih ya kk jangan mengganggu. kan tidak enak juga membangun hubungan di atas sakit hati orang lain. cinta tidak harus memiliki. cinta itu memberikan yang terbaik untuk orang yang kita cintai.

    maafkan kalau ada kata - kata saya yang salah atau terlalu keras. tapi saya sebagai cewek, rasanya saya mengerti perasaan pacar kk. dan saya menginginkan yang terbaik untuk kk dan semuanya. semoga kk diberi jalan terbaik. tetap semangat ^^
     
  4. Cerberus M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 13, 2008
    Messages:
    781
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +237 / -0
    bro ane mo nanya, klo misalnya ente pacaran mau ga cewe ente diganggu orang lain?
    kita jangan egois lah, segala sesuatu dipandang dari sudut pandang kita, rasakan juga dari sudut pandang cewe ente, si cewe lain, ama cowo nya.
    klo emang dy ga ngasih sinyal apa2 ya udah tinggalin, jangan ampe ente bikin masalah.
    mungkin yg ente lakukan sekarang terasa enak dan menikmati, tapi ente ga kasian ama cwe ente?
    intinya jangan egois. klo ente udah ga ada rasa ama cewe ente mendingan putusin. cari yang lain...
     
    • Like Like x 1
  5. toimtoim M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 22, 2009
    Messages:
    6,498
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +40,870 / -0
    menurut ane, ente mengalami sindrom cinta sesaat ajah
    ente kepengen nge-dapetin cewe yg udah punya pasangan padahal ente sendiri udah punya cewe

    udah-lah bro, urungkan aja niatmu
    kasian kan cewe ente, ente khianati spt itu

    nasihat ane sih, mendingan ente terusin aja hubungan ama cewe ente yg udah jelas dr pd ente nyesel ngejer2 cewe yg status-nya msh cewe org lain, dan itu jg blon tentu ente dapetin!!!
     
  6. liusgunawan Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 6, 2007
    Messages:
    27
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +2 / -0
    belajarlah untuk setia kawan.....
    ^^ pis V

    hati - hati sama penyakit selingkuh ^^....
    bisa bisa entar kamu jadian sama cewe yang baru ini,.,,, entar nganterin orang lain kesekolah.... bisa bisa malah jatuh cinta lagi ^^.... sama guru lain ^^
     
  7. oixzonk M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jun 25, 2009
    Messages:
    4,039
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,113 / -0
    :swt:
    Wew..mnk ce agan ga mrh diginiin?

    Saran saya sc sma sperti sran tmen2 yg diatas,sebaiknya ga usah aja..kasian..
    Ga enak rasanya diselingkuhin kygt,,,lagian agan ga malu suatu saat di cap tkg rusak hubungan org?
    Mending jaga baik2 ce agan yg skrg...
     
    Last edited: Dec 17, 2009
  8. masuakal M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    May 29, 2009
    Messages:
    4,511
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +1,652 / -0
    waduh klo masalahnya gini repot gan
    klo aku sih prinsip no 1 adalah setia gag ada kata yang lain awalau bagaimanapun kecuali si ce dah cari perkara doloan ^^
    itu ce yg loe taksir :top: isa setia ma pacarnya ^^
    klo aku saranin sih
    eh tanya dolo masih suka gak ma pacarmu ??
    jangan cari perkara loe bro ati ati ^^
     
    Last edited: Dec 17, 2009
  9. hendri99 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 2, 2009
    Messages:
    72
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +97 / -0
    @ Bee can : Iya kami belum putus, iya justru saya lagi bimbang yah? hati aku, saya merasa kasihan sich, terima kasih juga kasih pendapat kepada saya, kalau ga saya benar saya takut salah jalan...

    @cerberus, @liusgunawan , @toimtoim : Terima kasih bro atas pendapatnya,

    @oixzonk : Dia kadang marah sich, tapi dia jadinya lebih baik padda aku, terima kasih juga bro sarannya....

    @masuakal : terus terang masih ada sedikit perasaan sich, gimana pun kan udah 4 tahun kami pacaran bro, kalau bilang ga cinta sich ga mungkin....

    Yah terima kasih yah bro2 kasih saran, saya justru bingung , makanya baru saya post ke sini donk, liat pendapat2,,,
    - mau putus sama cew saya, saya ga tega hati, karena kalau aku putusin dia mau gimana ?aku ga tega melihatnya....

    - saya sendiri pikir2, apa aku hanya hangat sesaat sama cew guru itu atau gimana?
    - Kadang saya udah putusin dah ga mau sms dan telepon dia lagi, tapi kenapa hatiku sering membawa tangan saya utk sms dia atau telepon dia? saya harus gimana bro untuk tidak melakukan ini? ajarin saya donk?

    - kadang aku udah bisa tak mau sms dia duluan, tapi setelah 1 hari aku tak cari dia, dia malah yang YM aku kembali , ajak aku chat lagi,,, nah setelah dia YM aku , datang lagi lah niatnya;.... jadi menurut2 bro aku harus gimana ? kasih sedikit cara donk....
    terima kasih
     
    Last edited: Dec 17, 2009
  10. bee_can Veteran

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 8, 2008
    Messages:
    1,951
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +7,491 / -0
    jangan sampai hubungan atas dasar kasihan. coba kk ingat kembali apa yang sudah pacar kk lakukan selama ini. apa saja kebaikannya. dia masih mau bersama kk setelah apa yang kk katakan sama dia adalah hal yang luar biasa. coba kk renungkan kembali perasaan kk dan apa yang benar - benar kk mau. bukan masalah umur yang masih muda atau bagaimana. karena bukan tidak mungkin kk akan menyesal nantinya.

    ini hanya pendapat saya. tapi cewek yang sudah punya pacar tapi mau telp, sms, dan chat sama cowok yang dia tahu suka sama dia dan punya pacar berarti dia tidak setia. maaf kalau saya salah. tapi ini dalam pandangan saya. kalau saya dalam posisi dia, saya memilih kabur deh. saya lebih enjoy chat sama temen cewek. maaf tapi saya membayangkan isi sms, chat, dan telp lebih dari sekedar teman. benarkah? ada kata-kata yang menjurus ke sayang kah?

    coba kk renungkan kembali seberapa berharga pacar kk di hati kk. apakah yang kk dapatkan lebih baik dari yang akan kk lepaskan nantinya. semoga kk diberi yang terbaik ya ^^ kami disini siap membantu kk dengan memberi saran, pendapat, maupun kritik yang membangun. salam kenal ^^
     
  11. Cerberus M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 13, 2008
    Messages:
    781
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +237 / -0
    bntar2...mungkin krn berbeda budaya gw jadi bingung bacanya....:hot:

    oke lanjuut....:hahai:

    yah, bro ente pacaran 4 tahun bukan waktu yang sebentar. ente dan cewe ente udah banyak membagi suka dan duka ama cewe ente, jadi wajarlah klo ente ngerasa "segan" ninggalin dy.
    tapi gw mo tanya sebenernya ente masih sayang dan cinta apa ga? disini gw pake kata "cinta" karena masa pacaran 4 tahun bukan pacaran bocah2 smp.. itu udah lumayan jauh.

    klo emang ente udah ga cinta dan sayang, lebih baik tinggalkan, supaya ga menimbulkan kesan "ngegantung" alias "bertepuk sebelah tangan". lalu gimana dengan rasa enggan ente? abaikan! ente udah meyakinkan ke diri sendiri klo ente udah ga ada rasa. biarkan rasa enggan, sungkan atau semacamnya itu. klo ente tetep merasa seperti itu lalu kembali lg ke cewe ente apa ga kasian ama dy? itu sama aja dengan "ngeggantung" dy lagi.

    yang ente rasakan saat ini sebenernya adalah kejenuhan dalam berhubungan, ente bosen ketemu cewe ente lag selama 4 tahun..makanya ente mencoba gebet cewe lain, disinilah kesalahan ente. klo emang masih ada rasa ada baiknya ente ama cewe ente ngobrol tentang kejenuhan yang ente rasakan (tentu deengan cara yg halus), bukan pecicilan ama sang ibu guru (mana sang bu gurunya ga ngasih sinyal+dah punya cowo pula:panda:), ato cewe lain.
    biasanya untuk mengusir kejenuhan itu bisa dilakukan bareng2 ama pasangan ente, umumnya dengan cara kembali romantis, misal, mengenang masa pedekate, atau jalan2 ke tempat romantis dan kenangan ente. :D

    sekali lagi yakinkan dulu perasaan ente...ingat, jangan menggantung status seorang cewe dan jangan sekali2 merusak hubungan orang lain:piss:
     
  12. hendri99 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 2, 2009
    Messages:
    72
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +97 / -0
    @beecan : " tapi cewek yang sudah punya pacar tapi mau telp, sms, dan chat sama cowok yang dia tahu suka sama dia dan punya pacar berarti dia tidak setia."

    yah aku kadang bingung juga, dari segi ucapan dia, rasanya dia sangat setia sama pacar dia, padahal cewe itu udah tau aku suka sama dia, tapi kenapa yah masih membuat aku punya harapan?

    " ada kata-kata yang menjurus ke sayang kah?" gak sich, belum sampai sayang bos,

    @ cerberus : " tapi gw mo tanya sebenernya ente masih sayang dan cinta apa ga?"
    - masih ada bro.
    " yang ente rasakan saat ini sebenernya adalah kejenuhan dalam berhubungan, ente bosen ketemu cewe ente lag selama 4 tahun..makanya ente mencoba gebet cewe lain, disinilah kesalahan ente. klo emang masih ada rasa ada baiknya ente ama cewe ente ngobrol tentang kejenuhan yang ente rasakan (tentu deengan cara yg halus), bukan pecicilan ama sang ibu guru (mana sang bu gurunya ga ngasih sinyal+dah punya cowo pula), ato cewe lain. "

    - sang ibu guru memang ga kasih sinyal tapi ku dia sering kasih pengharapan.



    ok2 gini temen, pendapat dan saran teman2 akan aku pikirkan baik2, pendapat teman2 sangat berharga..... aku kadang melihat cew saya aku sering merasakan aku bersalah....
    tapi aku sempat bingung juga, napa sich cew guru les itu aku bisa tertarik sama dia? padahal sebelumny aku tak pernah mau melihat cew lain, ...

    nah teman teman aku ingin tanya lagi?
    jadi kira2 bagaimana yah, supaya membuat aku tidak ym, sms, atau telepon dia lagi?
    kalau untuk mengontrol ym saya masih bisa, tapi untuk telepon terus terang saya ga bisa ? setiap malam sudah sampai waktuny? aku terus terang, benar ga bisa untuk ga telepon dia Loh?
    aku pernah berusaha untuk coba tidak telepon dia, tapi ujung-ujungnya tangan ku ambil handphone telepon dia deh,.......

    jadi apa cara yang terbagus bro, untuk tidak melakukan hal2 di atas?
    kadang aku sudah putuskan tidak mau sms, ym dan telepon dia, tapi hati ku terus menggerakkan tangan ku untuk telepon dia. gitu loh?
     
  13. bee_can Veteran

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 8, 2008
    Messages:
    1,951
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +7,491 / -0
    saya cuma bisa menyarankan pikirkanlah baik - baik. jangan sampai menyesal di kemudian hari. jangan sampai menggantung hubungan kk. kasihan banget pacar kk. jujur saya tidak tega sama dia. karena sangat menyakitkan mengetahui orang yang kita sayang terus memikirkan orang lain. semua keputusan di tangan kk. banyak berdoa dan merenung.

    kalau memang niat tidak sms, telp, atau chat, ya mantapkan hati. alihkan perhatian kk pada pacar kk. misalnya telp atau sms dia. atau jalan - jalan di IDWS. berkenalan dengan teman - teman di sini. cari kesibukan lain misalnya membaca, pergi jalan - jalan, ngeforum di IDWS, dll.
     
  14. hendri99 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 2, 2009
    Messages:
    72
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +97 / -0
    @ beecan : thanks bee can atas saran anda, akan saya praktekkan...


    tapi yah ngomong2 begitu lah, kalau waktu sudah menunjukkan jam 23:00 ke atas, datang lah niat aku, aku dah paksa sendiri, jangan pernah mau telepon sms dia, tapi Hati ku ini lah , rasanya kalau ga mau telepon dia tuh ga bisa gitu loh...,,, ntah karena dah biasa atau apa?

    aku pun sempat bingung sendiri? kenapa sich aku bisa jatuh cinta sama cew ini yang sudah punya pacar? klo mau jatuh cinta kenapa ga sama yang lain yang ga punya pacar? ntah aku yang aneh atau gimana deh ?....
    :hot::hot:

    boleh kasih tau ga sebenarnnya aku sekarang berada dalam posisi apa sich?
    hangat sesaat atau gimana?
     
  15. pejagalan M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jun 16, 2009
    Messages:
    5,621
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +3,778 / -0
    bro,
    klo soal ngomong bro suka sma tuh cwe di dpn cwe bro,
    gw juga pernah tp,
    gw blgnya,
    cwenya ckp...

    anyway,
    klo bro emank naksir sma tuh gru ya,
    tungguin aja,
    tp inget status bro skrg
     
  16. lastking M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 8, 2009
    Messages:
    4,928
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +3,627 / -0
    @hendri99 : tolong dipikir baik2 kk, jangan ampe nyesal ntar. rasa jenuh itu jgan dihilangkan dgan cara bgitu. 4 taun wktu yg cukup lama, hilang hnya gra2 rasa jenuh sngat tidak rasional. mungkn perasaan itu bkn cinta tpi pelampiasan rsa jenuh. sebaiknya kk segera mngmbil sikap yg trbaik bwt kalian dan yg tidak memutuskan tali silaturahmi.

    saya prnah mngalmi mrip sperti ini, jdi saya ckup tau akibatnya

    sebaiknya kk mengalihkan prhatian dgan hal2 yg laen, ex: maen ke idws :piss:
     
  17. hendri99 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 2, 2009
    Messages:
    72
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +97 / -0
    @pejagalan, @ lastking : terima kasih bro atas comment2nya.....

    anyway, aq telah berbuat keputusan... semalam aq sudah putuskan , saya menghapus ym, berjanji tidak sms, telepon dia lagi, facebookny dia juga sudah saya hapus.... menurut2 bro2 tindakan saya sekarang rasional ga yah? hehe.. lagi pusing.....

    tapi setelah saya begini, tapi kok saya masih kurang punya perasaan lagi sama cew aq? habis tadi pagi ga ada apa2 aq diteriakin tanpa tau salah.. " cew saya juga begini lah, kita ngomong2 baik, tapi dia malah kayak gitu "
    sehingga sekarang aku benar marah sekali loh....
    sebel... jadi makin tak ada perasaan. kok aku bisa rasanya jadi capek yah.. jadi malas nak pacaran... pengen aja aku istirahat.... kenapa bro aku ada rasa begini?

    :hot:
     
  18. zart_d M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 17, 2009
    Messages:
    426
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +132 / -0
    wah gak fair tch nm nya bro,,klo dah pnya org y jgn d ganggu dong,,klo cew u yg d gituin ma cow lain gmn perasaan u,,,:hero:
     
  19. hendri99 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 2, 2009
    Messages:
    72
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +97 / -0
    @zart_d : yah sich, kalalu orang lain melihat sich memang sangat tidak fair? tapi bagaimana kalau seandainya posisi saya? sepertinya saya kan sudah terjerumus bro?makanya minta pendapat harus gimana >?heheheheh:hero:
     
  20. light_hater M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    924
    Trophy Points:
    157
    Ratings:
    +2,935 / -0
    Suka Sayang Cinta

    di IDWS ad thread ini...
    mungkin bisa dijadiin perbandingan sebenarny bro lbih condong kemana dalam hubungan ny..

    sblumny no offence,
    Tpi mnurut gw, sbenerny bro dan bu guru itu yg salah..
    Ap ad orang (mungkin makhluk hidup ?) yang senang bila pasanganny diganggu??
    itulah yg sedang bro lakukan sekarang....
    Itu perbuatan yg sangat salah menurut gw...

    Soalny, andai pacar bro yg sudah 4 taun pacaran di ajak slingkuh sama orang, gmn perasaan bro??

    Buat, yg bu guru.... gw rasa dia bukanlah wanita yg baik... soalny seperti yg sis bee_can bilang... klo cewe sudah pny pasangan, rata" mereka tidak akan melayani/bersikap agresif pada lelaki (andai mereka bicara pada lelaki pun, pasti para lelaki akan merasakan ad jarak khusus saat kita berbicara bila wanita itu sudah memiliki pasangan)... kecuali wanita itu memang genit/tidak baik...

    Masalah pacar bro yg udah 4 taun.. gw rasa keputusan bro yg kasihan dengan pacarny itu salah... soalny, cinta bukan lah mengasihani... tpi mengasihi satu sama lain... setau gw pacaran dengan alasan kasihan itu pacaran yg pasti g bakal serius..
    Lalu masalah pacar bro yg sring marah".... itu bukanlah diany yg sring marah", tpi karena bro sndiri yg mengecap dia sring marah" makany di mata bro sndiri akan klihatan bahwa dia sring marah"... coba pikir bahwa pacar bro sekarang adlah pacar yg baik, niscaya dia pun akan menjadi seperti yg bro pikirkan... Btw, udah berumah tangga aj pasti akan pernah bertengkar/marahan.. jadi bila saat pacaran kita bertengkar, itu sudah biasa.. jadi dibawa enjoy aj.. :piss:

    Oh y,cara untuk mencegah perasaan bro untuk lbih dalam kepada ibu guru mgkn bisa dengan lbih dekat sama pacar bro... klo misalny dia lgi jutek, y sama temen bro lah... Tpi klo udah jam 23.00 pengen SMS/dll, mending dibawa tidur aj.. jadi ad energi untuk beraktifitas di hari esok... :hihi:
     
    Last edited: Dec 20, 2009
  21. hendri99 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 2, 2009
    Messages:
    72
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +97 / -0
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.