1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Recipe(s) Satu resep empat roti

Discussion in 'Meramu / Meracik' started by erfi, Nov 24, 2014.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. erfi M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 3, 2013
    Messages:
    1,479
    Trophy Points:
    72
    Ratings:
    +798 / -0
    View attachment 121305

    bagi yang suka roti , satu adonan roti ini bisa dijadikan empat macam roti.
    sumber resep diambil dari group NCC dan dikreasi sendiri :hmm:

    RESEP=
    500 ml/2 cup tepung terigu protein tinggi
    2 sdm gula(jika suka manis bisa ditambah)
    21/2 sdt ragi
    1/4 sdt gula pasir
    1/2 sdt garam
    125 ml susu
    60 ml air hangat
    2 sdm butter/margarine

    CARA MEMBUAT=
    1. campur ragi dengan air hangat,tambahkan 1/4 sdt gula pasir aduk hingga larut ,diamkan 8-10 menit.
    2.campur terigu,garam,gula kemudian masukkan larutan ragi,beri margarine/butter,uleni hingga kalis diamkan selama 5 menit ato sampai mengembang.
    3.kempiskan adonan,bagi menjadi beberapa bagian.

    catatan kecil=
    jika ingin membuat pizza,pipihkan adonan dan beri topping
    jika ingin membuat roti manis,bagi bulat kecil/bentuk lain beri isi sesuai selera
    jika ingin membuat bun ,bulatkan dan taburi wijen
    jika digoreng adonan ini menjadi donat/roti goreng
    dikukus menjadi bakpao
     
    Last edited: Nov 25, 2014
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. jengkelinih M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 6, 2011
    Messages:
    9,380
    Trophy Points:
    187
    Ratings:
    +7,077 / -1
    tepung terigu protein tinggi biasanya merek apa yang bagus ya? :iii:
    takut salah beli soalnya :hihi:

    susunya bisa susu bubuk yg dicairkan nggak? :iii:
     
  4. soliqina M V U

    Offline

    Red Devils

    Joined:
    Aug 21, 2013
    Messages:
    5,866
    Trophy Points:
    192
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,047 / -0
    Wiihhh,, enak nih,, ane suka banget sama roti,,, tapi malas kalo mw buat,, :lol:
    ambil aja resep nya ahh,, sruh nanti orng rumah buat,, xixixi
     
    • Like Like x 28
  5. Lodiss M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Apr 15, 2009
    Messages:
    11,338
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +13,232 / -8
    Coba pake merek chakra kembar aja , udah bagus koq :iii:

    Susu nya bagusan susu cair dech :iii:
     
    • Like Like x 1
  6. jengkelinih M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 6, 2011
    Messages:
    9,380
    Trophy Points:
    187
    Ratings:
    +7,077 / -1
    berarti SKM b*ndera bisa ya? :iii:
     
  7. Lodiss M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Apr 15, 2009
    Messages:
    11,338
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +13,232 / -8
    Bukan susu bubuk kan :iii:
    Jelas bisa lach :cambuk:

    Tp harus pas itu susunya di aduk2 campur aer , biar ga terlalu manis :iii:
     
  8. jengkelinih M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 6, 2011
    Messages:
    9,380
    Trophy Points:
    187
    Ratings:
    +7,077 / -1
    Loh.. emang nggak bisa kalo terlalu manis? :iii:

    aku suka yg manis soalnya :hihi:
     
  9. Lodiss M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Apr 15, 2009
    Messages:
    11,338
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +13,232 / -8
    Bisa aja sich , tergantung selera sich klo masalah manis apa ndak :iii:

    Bearti suka saia donk :ngacir:
     
  10. erfi M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 3, 2013
    Messages:
    1,479
    Trophy Points:
    72
    Ratings:
    +798 / -0
    jengkelinihjengkelinih; pake susu UHT / susu cair kotak yang plain juga bisa :hmm: suka manis takaran gulanya ditambah :hehe:
     
    • Like Like x 1
    Last edited by a moderator: Apr 25, 2015
  11. ernimulyandari M V U

    Offline

    ~ 에르니~

    Joined:
    Jul 6, 2012
    Messages:
    9,283
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +12,146 / -0
    Jangan suka yg manis2 berlebihan...
    Resiko kena diabetes semakin besar...
    Apalagi jikaa aktifitas yg dilakuin kurang... :hmm:


    Pengen buat ini itu dan yg lain tapi ovennyaa ajaa masih pakeee oven kompor... :facepalm:
    Kira2 bisa g ya.. :hehe:


    [​IMG]
     
  12. Lodiss M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Apr 15, 2009
    Messages:
    11,338
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +13,232 / -8
    KLo misalnya nich , kita pake rasa manisnya dari susu yg ada rasanya cthnya susu cair rasa coklat gitu bisa ga :???:
    Klo bisa , takaran gulanya bearti di kurangi donk :belajar:

    Mnurut pendapat chef EstherzillaEstherzilla; gmana :belajar:
     
    Last edited by a moderator: Apr 25, 2015
  13. Estherzilla Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Apr 17, 2010
    Messages:
    3,764
    Trophy Points:
    287
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +21,241 / -0
    kalau pake susu coklat, berarti mau dibuat roti manis aja ya..? bukan dibagi 4.. :hihi:

    dikurangi boleh sepertinya.. :iii:
    karena kalau kebanyakan gula juga ga baik untuk aktivitas raginya.

    atau kalau memang mau rasa coklat, tambah coklat bubuk atau coklat pasta. :hihi:


    oh iya... setahu saya, memasukkan garam baiknya setelah ragi sudah tercampur dengan tepung dan gula. karena garam sifatnya mematikan ragi. kalau dicampur langsung, nanti tidak bisa mengembang dengan bagus rotinya.
     
    Last edited by a moderator: Apr 25, 2015
  14. erfi M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 3, 2013
    Messages:
    1,479
    Trophy Points:
    72
    Ratings:
    +798 / -0
    yup bener banget chef EstherzillaEstherzilla; resep aku yang diatas itu pake metode ,ragi dicampur dengan 1/4 sdt gula dan 60 ml air hangat terlebih dahulu kemudian didiamkan sampai berbuih/ngembang itu tandanya ragi belum mati ... NAH..barulah dicampur dengan bahan kering :hmm:

    kalo pake susu coklat takutnya roti jadi gosong chef LodissLodiss;
     
    Last edited by a moderator: Apr 25, 2015
  15. Lodiss M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Apr 15, 2009
    Messages:
    11,338
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +13,232 / -8
    Jadi ga bisa di variasi dengan susu coklat yach , gagal experimen bahkan sebelum mencoba :madesu:

    Oh , jadi itu alasannya tidak memakai susu coklat :belajar:

    Bearti ga bisa jg pake susu2 yg rasa stoberi dan rasa2 yg laennya yach :belajar:

    Resepnya murni pake susu yg plain klo gitu :niceinfo:
     
    Last edited by a moderator: Apr 25, 2015
  16. nyinyinyinyiung M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jan 26, 2011
    Messages:
    7,703
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +52,754 / -0
    erfierfi;

    aku pernah coba buat Roti dan selalu gagal. aku mau tanya proses fermentasi yang baik seharusnya bagaimana? konon katanya, adonan diwadah ditutupi oleh kain lembab.
    kadang aku merasa iri dengan roti ternama bisa mengembang sempurna. apalagi bun dri salah satu merek ternama dr negri malaysia. enak banget....
    jengkelinihjengkelinih;
    kalo mau manis manis sini deket sama mas
    :ngacir:

    tidak dianjurkan menggunakan susu kental manis. sebaikna gunakan susu UHT saja dengan porsi ada beberapa yg harus dikurangi untuk liquidnya,
    kalau mau rasa baiknya pakai perisa aja
     
    Last edited by a moderator: Apr 25, 2015
  17. erfi M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 3, 2013
    Messages:
    1,479
    Trophy Points:
    72
    Ratings:
    +798 / -0
    untuk mendapat roti yang ngembang sempurna selain komposisi bahan sesuai takaran,fermentasi yang baik memang perlu dan biasanya suhu ruangan mempengaruhi semakin panas suhu ruangan semakin cepat fermentasi :hmm: biasanya toko-toko roti memiliki profing box atau tempat fermentasi
     
    Last edited by a moderator: Apr 25, 2015
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.