1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Ungkapin kenangan film Asia paling berkesan buatmu. Berhadiah GK, Pulsa, dan Line Gift Sticker loh! .Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Sarapan yang benar

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by radhofa, Apr 11, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. radhofa Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 24, 2010
    Messages:
    25
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +25 / -0
    Apakah sering lelah, cepat ngantuk, loyo dan bermasalah berat badan? Semua itu berawal dari SALAH dalam memilih sarapan. Sebagian besar orang makan berdasarkan keinginan mata mereka. Atau dengan kata lain, mata mereka menentukan apakah mereka perlu makan dan makanan apa yang seharusnya dimakan. Padahal kenyataannya, mata sama sekali tidak ada hubungannya dengan makanan. Tapi Pankreas lah yang mengatur semuanya! Pankreas adalah organ di badan kita yang memproduksi Gastric Juice dan Insulin.

    Apakah Anda Tahu????
    Badan kita terdiri dari 100 trilyun sel dan membutuhkan 114 macam nutrisi yang berbeda-beda. Dan itu harus kita penuhi! Badan kita bangun di pagi hari dan menuntut 114 macam nutrisi. Dan... makanan apa yang kita berikan kepada tubuh kita di pagi hari?

    Sarapan Karbohidrat
    [​IMG]
    Di pagi hari, karbohidrat simple(cereal olahan, roti putih, roti panggang, nasi) akan menyebabkan kenaikan level gula darah yang mendadak, yang menyebabkan badan melepaskan jumlah insulin yang cukup besar. Hasilnya adalah penurunan tingkat kadar gula dalam darah dan keinginan untuk makan lebih banyak karbohidrat. Siklus ini berulang 2-3 kali sehari. Dan siklus naik turunnya kadar gula dalam darah ini memperberat kerja pankreas dan memperlemahnya. Ini adalah salah satu alasan utama penyebab Diabetes, tekanan darah tinggi dan kenaikan berat badan.

    Tidak Sarapan
    [​IMG]
    Saat Anda tidak sarapan, gula darah Anda akan turun/drop di bawah tingkat normal. Anda akan merasa kelaparan dan penurunan tingkat energi. Anda akan kembali mengonsumsi karbohidrat simple untuk mendapatkan peningkatan kadar gula dengan cepat untuk mengatasi rasa lapar dan penurunan energi yang Anda alami. Karbohidrat simple ini akan menyebabkan kenaikan level kadar gula dalam darah secara mendadak yang menyebabkan badan melepaskan jumlah insulin yang cukup besar. Insulin akan mengambil kelebihan gula dalam darah dan merubahnya menjadi lemak. Hasilnya adalah penurunan kadar gula dalam darah dan keinginan untuk makan lebih banyak karbohidrat. Siklus ini berulang 2-3 kali sehari. Dan siklus naik turunnya kadar gula dalam darah ini memperberat kerja pankreas dan memperlemahnya. Ini adalah salah satu alasan utama penyebab diabetes, tekanan darah tinggi dan kenaikan berat badan.

    So, Apa Sarapan yang Tepat untuk Saya??? JAWABANNYA NUTRISI!
    [​IMG]
    Jika Anda sarapan nutrisi, maka akan mensuplai badan kita dengan nutrisi penting dan energi tanpa meningkatkan kadar gula dalam darah dan kadar insulin. Sarapan pagi seperti ini akan menghindarikan kita dari ketergantungan terhadap karbohidrat setiap hari. Dengan cara ini nafsu makan dapat terkontrol dengan baik, keinginan makan makanan berkarbohidrat (cemilan, coklat, kue, junk food, soft drink, nasi dan mie) akan berkurang. Sebagai hasilnya badan akan menggunakan kelebihan lemak yang tersimpan dalam tubuh untuk mendapatkan energi atau sebagai sumber energi
     
    • Thanks Thanks x 1
    Last edited by a moderator: May 1, 2011
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. zhifuel Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 5, 2009
    Messages:
    109
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +299 / -0
    nice info apanya kalo ujung2nya jualan... mimin rasanya neh orang salah tempat yak???
     
  4. evina123456 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 21, 2009
    Messages:
    483
    Trophy Points:
    81
    Ratings:
    +90 / -0
    sarapan nutrisi contoh makanannya apa??
    buah2an?
     
  5. radhofa Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 24, 2010
    Messages:
    25
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +25 / -0
    jualan??? kalo yang namanya jualan tuh nyuruh orang beli, dan lain sebagainya, wong ini bener infonya, ya kalo gak mau ya gak usah ngomong. mau ya syukur, gak mau lebih syukur :piss:
     
  6. radhofa Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 24, 2010
    Messages:
    25
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +25 / -0
    Contohnya klik DI SINI
     
  7. darkpsycho M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 20, 2008
    Messages:
    1,405
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +2,429 / -0
    buat orang kaya yg mau kurus__________________________:ngacir:
     
  8. meganyo M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 9, 2008
    Messages:
    1,362
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +373 / -0
    makan buah2an mah mana kenyang :swt:
    paling gak harus nasi :haha:
    uda kebiasaan sih :haha:
     
  9. vettelizz11er M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 11, 2010
    Messages:
    517
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +167 / -0
    Tapi karbohidrat simple lebih baik dalam mensuplai nutrisi yg siap pakai untuk otak.
    Jadi kalo mau beraktivitas, IMHO memang bagus makan karb simple, ASAL tidak banyak2...

    Kalo tidak sarapan ya tidak ada asupan karb buat otak...
    otomatis dibawa kerja/belajar juga malas...

    Logikanya kan begitu, gitu aja kok repot :yareyare:

    :needmod:
     
  10. VinBaik M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 27, 2008
    Messages:
    234
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +261 / -0
    Hehe... tadinya baca pertama looks ike good article
    setelah sampe bawah gak taunya ngarah ke ads...


    Kalo buat aku sekarang sarapan yah : makan buah-2 an segar
    carb nya cepat diserap tubuh, dan fruktosanya tidak membuat insulin spike (naik mendadak)
    cuma yah itu, rasanya tetep cepat laper karena proses pencernaan di lambung cuman dalam waktu singkat (kurang lebih 1/2 jam)
    Jadi sarannya makan buah dalam porsi kecil dan sering, setiap 1-2 jam... sampai waktu makan siang
    :piss:
     
  11. IOZ M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 17, 2009
    Messages:
    248
    Trophy Points:
    37
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +353 / -0
    Nice Share, Kak.. :top:
    Yang penting kagak tinggal 4 sehat 5 sempurna.. :yahoo:
     
  12. Haecked M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 31, 2009
    Messages:
    1,601
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +15,634 / -0
    Udah jadi kebiasaan nih klo sarapan paling pagi sekitaran jam 10-11 maklum
    belum ada warung makan yg buka pagi2 sekali.

    Itu pun makannya langsung yang berat2 kaya nasi...
    tapi badan tetep segini2 aja ga gemuk2 :???:

     
  13. aioros Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 30, 2010
    Messages:
    89
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +58 / -0
    gw biasanya sarapan roti putih, karena alasan kepraktisan, tapi kok katanya ga baik yak :|
     
  14. bears84 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 29, 2010
    Messages:
    114
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +3 / -0
    anak kosan mn semped mikir gizi,,, biasana si nyetok mie goreng doang...:minum:
     
  15. dayta Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 8, 2009
    Messages:
    85
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +43 / -0
    untuk sarapan itu sebenarnya lebih bagus kl kt mkn makanan yg mengandung protein di bandingkan karbohidrat
     
  16. regodian M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 9, 2009
    Messages:
    680
    Trophy Points:
    96
    Ratings:
    +185 / -0
    untuk sarapan bagusnya makan makanan yang karbohidratnya kompleks, contohnya roti gandum atau beras merah
     
  17. witsywatsy Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 6, 2010
    Messages:
    337
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +21 / -0
    lebih baik sarapan dengan apa?
    roti+selai
    nasi+lauk
    cereal+susu
     
  18. yoshikanji Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Dec 18, 2009
    Messages:
    18,454
    Trophy Points:
    266
    Ratings:
    +38,442 / -0
    contoh makanan nutrisinya mana :???:
    yg ada kok malah link buat jualan :sigh:
    klo mau jualan udh ada tempannya sendiri gan :iii:
     
  19. 3Volution Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 16, 2009
    Messages:
    448
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +1,039 / -0
    kalo gitu yang boleh sarapan apa kalo sarapan karbo gak boleh?
     
  20. amateratzu35 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 14, 2010
    Messages:
    66
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +10 / -0
    wah gw anak kuliahan ini...
    jadi biasa ga sarapan, kira2 gmn yah solusinya...
     
  21. SilverBoYs M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 10, 2011
    Messages:
    355
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +27,662 / -0
    harus nya yg bner tu di tambah olah raga pagi2 baru makanan akan menyerap dengan baik
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.