1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Ungkapin kenangan film Asia paling berkesan buatmu. Berhadiah GK, Pulsa, dan Line Gift Sticker loh! .Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Sang Alkemi

Discussion in 'Motivasi & Inspirasi' started by Nawainruk, May 10, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Nawainruk M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 3, 2007
    Messages:
    1,042
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +98,362 / -0
    Diadaptasi dari: Hazrat Inayat Khan

    Pernahkah anda mendengar istilah Alkemi? Alkemi dikenal sebagai sebuah ilmu yang mampu mengubah besi menjadi emas. Dalam banyak kisah, beberapa orang menganggapnya sebagai sebuah sihir belaka, tetapi yang lain percaya bahwa ilmu itu benar-benar ada. Dan, siapa yang tak tergiur untuk bisa menguasai ilmu alkemi? Hanya dengan kemampuan alkemi, ia bisa mengubah besi menjadi emas dan tentu menjadi kaya-raya.

    Alkisah, di sebuah negara di Timur ada seorang Raja yang hendak mencari orang yang benar-benar mengerti tentang alkemi. Sudah banyak orang datang pada Raja, tetapi ketika diuji, mereka ternyata tidak mampu mengubah besi menjadi emas.

    Suatu ketika seorang menteri berkata pada Raja bahwa di sebuah desa terdapat seseorang yang hidup sederhana dan bersahaja. Orang-orang di sana mengatakan bahwa ia menguasai ilmu alkemi. Segera saja Raja mengirimkan utusan untuk memanggil orang itu. Sesampainya di istana, Raja mengutarakan maksudnya ingin mempelajari ilmu alkemi. Raja akan memberikan apa yang diminta oleh orang itu. Tetapi apa jawab orang desa itu, “Tidak. Saya tidak mengetahui sedikit pun ilmu yang Baginda maksudkan.”

    Raja berkata, “Setiap orang memberitahu aku bahwa engkau mengetahui ilmu itu.”

    “Tidak, Baginda,” jawabnya bersikeras. “Baginda mendapatkan orang yang keliru.”

    Raja mulai murka dan mengancam. “Dengarkan baik-baik!” kata Raja. “Bila kau tak mau mengajariku ilmu itu, aku akan memenjarakanmu seumur hidup.”

    “Apa pun yang Baginda hendak lakukan, lakukanlah. Baginda mendapatkan orang yang keliru”

    “Baiklah. Aku memberimu waktu enam minggu untuk memikirkannya. Dan, selama itu kau akan dipenjara. Jika pada akhir minggu ke enam kau masih berkeras hati, aku akan memenggal kepalamu.”

    Akhirnya orang itu dimasukkan ke dalam penjara. Setiap pagi Raja datang ke penjara dan bertanya, “Apakah kau telah berubah pikiran? Maukah kau mengajariku alkemi? Kematianmu sudah dekat, berhati-hatilah. Ajari aku pengetahuan itu.”

    Orang itu selalu menjawab, “Tidak Baginda. Carilah orang lain. Carilah orang lain yang memiliki apa yang Baginda inginkan, saya
    bukanlah orang yang Baginda cari.”

    Setiap malam ada seorang pelayan yang melayani orang itu dalam penjara.

    Pelayan itu berkata bahwa Raja mengirimnya untuk melayani orang itu sebaik-baiknya. Pelayan itu menyapu lantai serta membersihkan ruangan penjara itu. Pelayan itu juga selalu mengantarkan makanan dan minuman untuk orang itu, memberikan simpati kepadanya, melakukan apa saja yang diminta oleh orang itu, dan bekerja apa saja selayaknya seorang pelayan. Pelayan itu selalu menanyakan, “Apakah anda sakit? Apakah ada sesuatu yang dapat saya lakukan untuk anda? Apakah anda lelah? Bolehkah saya membersihkan tempat tidur anda? Maukah anda bila saya mengipasi anda hingga anda tertidur, udara di sini panas sekali.” Dan, segala sesuatu yang bisa pelayan itu lakukan, maka ia lakukan saat itu juga.

    Hari terus belalu. Dan, kini tinggal satu hari lagi sebelum kepala orang itu dipenggal. Pagi hari Raja mengunjungi dan
    berkata, “Waktumu tinggal sehari.

    Ini kesempatan bagimu untuk menyelamatkan nyawamu sendiri.”

    Tetapi orang itu tetap saja berkata, “Tidak Baginda. Yang Baginda cari bukanlah hamba.”

    Pada malam hari, sebagaimana biasa pelayan itu datang. Orang itu memanggil pelayan itu untuk duduk dekat dirinya kemudian diletakkan tangannya di bahu pelayan itu dan berkata, “Wahai orang yang malang. Wahai pelayan yang malang. Engkau telah berlaku sunguh baik terhadap diriku. Kini aku akan membisikkan di telingamu sebuah kata tentang alkemi. Sebuah kata yang akan membuatmu mampu mengubah besi menjadi emas.”

    Pelayan itu berkata, “Aku tak tahu apa yang kau maksudkan dengan alkemi.

    Saya hanya ingin melayani anda. Saya sungguh sedih bahwa besok anda akan dihukum mati. Itu sungguh mengoyak hatiku. Saya harap saya bisa memberikan jiwa saya untuk menyelamatkan anda. Seandainya saya bisa, sungguh saya sangat bersyukur.”

    Sang alkemi menjawab, “Lebih baik aku mati daripada memberikan ilmu alkemi ini kepada orang yang tidak layak menerimanya. Ilmu yang baru saja aku berikan kepadamu dalam simpati, dalam penghargaan, dan dalam cinta, tak akan kuberikan kepada Raja yang akan mengambil nyawaku besok. Mengapa demikian?

    Karena engkau pantas menerimanya, sedangkan Raja itu tidak.”

    Esok harinya, Raja memanggil sang alkemi dan memberikan peringatan terakhir.

    “Ini adalah kesempatan terakhirmu. Kau harus mengajariku ilmu alkemi, bila tidak lehermu harus dipenggal.”

    Sang alkemi menjawab, “Tidak Baginda, anda mendapatkan orang yang keliru.”

    Raja pun, “Baiklah. Aku putuskan kau untuk bebas, karena kau telah memberikan alkemi itu padaku.”

    Sang alkemi keheranan, “Kepadamu? Saya tidak memberikannya pada Baginda Raja. Saya telah memberikannya pada seorang pelayan.”

    “Tahukah kau, bahwa orang yang melayanimu setiap malam adalah aku,” jawab sang Raja.

    Banyak orang menginginkan emas dalam hidupnya dengan mempelajari alkemi. Tetapi saat ia mencapai tujuannya, bukan emas yang ia temukan, justru ia sendiri menjadi emas itu.
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. loveriska M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 28, 2009
    Messages:
    350
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +47,983 / -0
    plok plok plok hahah

    nice story :)
     
  4. zutara M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Aug 3, 2008
    Messages:
    9,280
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +46,318 / -0
    wew....ane mw tuh ilmu alkemi...:lol:
     
  5. Arthuria M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 5, 2009
    Messages:
    1,234
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +259 / -0
    cerita yg bagus,
    jadi kesimpulannya ap nieh??
     
  6. Feischmaker M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 28, 2008
    Messages:
    1,489
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,022 / -0
    zzz.... kepribadian raja ini sebenarnya seperti apa ya... tokoh yang sangat kompleks seperti punya alter-ego yang sangat berlawanan...

    di satu sisi dia punya desire untuk menguasai alchemy...
    di sisi lain ketulusannya tidak terbantahkan...

    jadi TS... raja itu orang yang seperti apa???
     
  7. mr_ark SUPERMOD

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Jan 14, 2009
    Messages:
    20,811
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +71,606 / -15
    Sang raja pinter juga yah, di satu sisi pake cara kasar (mengancam akan memenggal kepala Sang Alkemi), di sisi lain pake cara halus (melayani sang Alkemi)... Melakukan pendekatan dari dua sisi yang berbeda...ck ck ck... :top:
     
  8. Kaje Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 5, 2009
    Messages:
    79
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +7 / -1
    Klo ilmu alkemi tuh beneran ada yah??
    bukannya man boongan doank?
     
  9. v3rt3x M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 15, 2009
    Messages:
    2,605
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +1,394 / -0
    jadi binun :???:

    kl gitu di akhir cerita si raja bisa berkata: "ihh, kasihan deh lo ketipenkz" :hihi:

    aneh deh, ga nangkep nih gw :???:
     
  10. selfrit M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 28, 2008
    Messages:
    912
    Trophy Points:
    107
    Ratings:
    +531 / -0
    kok wa nangkep ceritanya si alkemi kesannya kena tipu muslihat rajanya
    alkemi disekap dikasih deadline, terus secara psikologis alkemi bingung, stress, gundah dll
    tapi akhirnya (mungkin) berpikiran sayang kalau ilmunya ikut mati dengan dirinya jadi akhirnya diberi ke orang terdekat yang ada saat itu dan dikiranya pantas yaitu raja yang menyamar jadi pelayan
    jadi intinya taktik/ siasat raja sukses ibarat taktik zhuge liang di 3 kingdom yang mampu memperdaya pasukan wu terus menerus
    :haha:heuehuehueh
     
  11. Arthuria M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 5, 2009
    Messages:
    1,234
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +259 / -0
    alkimia adalah ilmu yang bisa merubah satu zat menjadi zat lain tanpa melalui proses kimia normal, tapi alkimia biasanya cuman bisa merubah dari zat padat ke zat padat ato zat cair ke zat cair, jadi dia ga bisa ngerubah dari udara jadi emas yak,
    Alkimia paling keren tonton aja fullmetal alchemist hehe OOT dikid gpp yak masih alkimia juga ko haha
     
  12. holly Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 27, 2009
    Messages:
    70
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +5 / -0
    Taktik raja keren nyerang dari 2 sisi
     
  13. Sunoe M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 26, 2008
    Messages:
    1,947
    Trophy Points:
    226
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +15,967 / -0
    Tujuan terakhir alkemi...
    biasa ngomong ma God...
     
  14. jankenbatu Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 5, 2010
    Messages:
    71
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +15 / -0
    kebenaran dalam ketiada artian adalah kebenaran :)
     
  15. etayah Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 27, 2010
    Messages:
    197
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +7 / -0
    alkemi dalam cerita ni nama org teryata
     
  16. hidayato M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Sep 7, 2009
    Messages:
    2,055
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +14,658 / -0
    ini kisah beneran yah??
    bener2 menyentuh.........
     
  17. gopel_04 Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 16, 2009
    Messages:
    241
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +103 / -0
    MEmang Cerdas sang raja. Bisa pendekatan secara personal
     
  18. zart_d M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 17, 2009
    Messages:
    426
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +132 / -0
    alchemy kuno mntep juga ya
     
  19. andimastrak M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 3, 2009
    Messages:
    541
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +253 / -0
    wah... super sekali.... alchemist kah? hehe....
     
  20. Caezar M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 28, 2010
    Messages:
    256
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +98 / -0
    Gila Tuch Raja:kaget: Demi Ilmu Alkemi Rela Jadi Pelayan
     
  21. benih M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 11, 2009
    Messages:
    484
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +2,285 / -0
    applause to TS

    nice story
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.