1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Ungkapin kenangan film Asia paling berkesan buatmu. Berhadiah GK, Pulsa, dan Line Gift Sticker loh! .Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Biography Salahudin Al Ayubi “Singa Padang Pasir”

Discussion in 'World History' started by Chopsuey03, Sep 4, 2009.

  1. Chopsuey03 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 11, 2009
    Messages:
    709
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +134 / -0
    Moga2 gak repost

    [​IMG]

    Salahudin Al Ayubi atau sering juga di sebut sebagai “Saladin” di dunia barat, merupakan panglima perang Muslim yang dikagumi kepiawaian berperang serta keshalihannya baik kepada kawan dan lawan-lawannya. Keberanian dan kepahlawanannya tercatat sejarah di kancah perang salib.

    Juli 1192 sepasukan muslim dalam perang salib menyerang tenda-tenda pasukan salib diluar benteng kota Jaffa, termasuk didalamnya ada tenda Raja Inggris, Richard I. Raja Richard pun menyongsong serangan pasukan muslim dengan berjalan kaki bersama para prajuritnya. Perbandingan pasukan muslim dengan Kristen adalah 4:1. Salahudin Al Ayubi yang melihat Richard dalam kondisi seperti itu berkata kepada saudaranya : ” Bagaimana mungkin seorang raja berjalan kaki bersama prajuritnya? Pergilah ambil kuda arab ini dan berikan kepadanya, seorang laki-laki sehebat dia tidak seharusnya berada di tempat ini dengan berjalan kaki “. Fragmen diatas dicatat sebagai salah satu karakter yang pemurah dari Salahudin, bahkan kepada musuhnya sekalipun. Walalupun sedang diatas angin tetap berlaku adil dan menghormati lawan-lawannya.

    Sejarah Hidup Salahudin

    Salahudin lahir disebuah kastil di Takreet tepi sungai Tigris (daerah Irak) tahun 1137 Masehi atau 532 Hijriyah. Bernama asli Salah al-Din Yusuf bin Ayub. Ayahnya Najm ad-Din masih keturunan suku Kurdi dan menjadi pengelola kastil itu. Setelah kelahiran Salahudin keluarga Najm-ad-Din bertolak ke Mosul, akibat ada konflik didalam kastil. Di Mosul , keluarga Najm bertemu dan membantu Zangi, seorang penguasa arab yang mencoba menyatukan daerah-daerah muslim yang terpecah menjadi beberapa kerajaan seperti Suriah, Antiokhia, Aleppo, Tripoli, Horns, Yarussalem, Damaskus.

    Zangi berhasil menguasai Suriah selanjutnya Zangi bersiap untuk menghadapi serbuan tentara Salib dari Eropa yang telah mulai memasuki Palestina. Zangi bersama saudaranya; Nuruddin menjadi mentor bagi Salahudin kecil yang mulai tumbuh berkembang dalam lingkungan keluarga ksatria. Dari kecil sudah mulai terlihat karakter kuat Salahudin yang rendah hati, santu serta penuh belas kasih. Zangi meninggal digantikan Nuruddin. Paman Salahudin, Shirkuh kemudian ditunjuk untuk menaklukan Mesir yang saat itu sedang dikuasai dinasti Fatimiyah. Setelah penyerangan kelima kali, tahun 1189 Mesir dapat dikuasai. Shirkuh kemudian meninggal. Selanjutnya Salahudin diangkat oleh Nuruddin menjadi pengganti Shirkuh.

    Salahudin yang masih muda dan dinggap “hijau” ternyata mampu melakukan mobilisasi dan reorganisasi pasukan dan perekonomian di Mesir, terutama untuk menghadapi kemungkinan serbuan balatentara Salib. Berkali-kali serangan pasukan Salib ke Mesir dapat Salahudin patahkan. Akan tetapi keberhasilan Salahudin dalam memimpin mesir mengakibatkan Nuruddin merasa khawatir tersaingi. Akibatnya hubungan mereka memburuk. Tahun 1175 Nuruddin mengirimkan pasukan untuk menaklukan Mesir. Tetapi Nuruddin meninggal saat armadanya sedang dalam perjalanan. Akhirnya penyerangan dibatalkan. Tampuk kekuasaan diserahkan kepada putranya yang masih sangat muda. Salahudin berangkat ke Damaskus untuk mengucapkan bela sungkawa. Kedatangannya banyak disambut dan dielu-elukan. Salahudin yang santun berniat untuk menyerahkan kekuasaan kepada raja yang baru dan masih belia ini. Pada tahun itu juga raja muda ini sakit dan meninggal. Posisinya digantikan oleh Salahudin yang diangkat menjadi pemimpin kekhalifahan Suriah dan Mesir.

    Salahudin dan Perang Salib

    Saat Salahudin berkuasa, perang salib sedang berjalan dalam fase kedua dengan dikuasainya Yerussalem oleh pasukan Salib. Namun pasukan Salib tidak mampu menaklukan Damaskus dan Kairo. Saat itu terjadi gencatan senjata antara Salahudin dengan Raja Yerussalem dari pasukan Salib, Guy de Lusignan.

    Perang salib yang disebut-sebut sebagai fase ketiga dipicu oleh penyerangan pasukan Salib terhadap rombongan peziarah muslim dari Damaskus. Penyerangan ini dipimpin oleh Reginald de Chattilon penguasa kastil di Kerak yang merupakan bagian dari Kerajaan Yerussalem. Seluruh rombongan kafilah ini dibantai termasuk saudara perempuan Salahudin. Insiden ini menghancurkan kesepakatan gencatan senjata antara Damaskus dan Yerussalem. Maret 1187 setelah bulan suci Ramadhan, Salahudin menyerukan Jihad Qittal. Pasukan muslimin bergerak menaklukan benteng-benteng pasukan Salib. Puncak kegemilangan Salahudin terjadi di Perang Hattin.

    Perang Hattin terjadi di bulan Juli yang kering. Pasukan muslim dengan jumlah 25000 orang mengepung tentara salib didaerah Hattin yang menyerupai tanduk. Pasukan muslim terdiri atas 12000 orang pasukan berkuda (kavaleri) sisanya adalah pasukan jalan kaki (infanteri). Kavaleri pasukan muslim menunggangi kuda yaman yang gesit dengan pakaian dari katun ringan (kazaghand) untuk meminimalisir panas terik di padang pasir. Mereka terorganisir dengan baik, berkomunikasi dengan bahasa arab. Pasukan dibagi menjadi beberapa skuadron kecil dengan menggunakan taktik hit and run.

    [​IMG]

    Pasukan salib terdiri atas tiga bagian. Bagian depan pasukan adalah pasukan Hospitaler, bagian tengah adalah batalyon kerajaan yang dipimpin Guy de Lusignan yang juga membawa Salib besar sebagai lambang kerajaan. Bagian belakang adalah pasukan ordo Knight Templar yang dipimpin Balian dari Ibelin. Bahasa yang mereka gunakan bercampur antara bahasa Inggris, Perancis dan beberapa bahasa eropa lainnya. Seperti umumnya tentara Eropa mereka menggunakan baju zirah dari besi yang berat, yang sebetulnya tidak cocok digunakan di perang padang pasir.

    Salahudin memanfaatkan celah-celah ini. Malam harinya pasukan muslimin membakar rumput kering disekeliling pasukan Salib yang sudah sangat kepanasan dan kehausan. Besok paginya Salahudin membagikan anak panah tambahan pada pasukan kavalerinya untuk membabat habis kuda tunggangan musuh. Tanpa kuda dan payah kepanasan, pasukan salib menjadi jauh berkurang kekuatannya. Saat peperangan berlangsung dengan kondisi suhu yang panas hampir semua pasukan salib tewas. Raja Yerussalem Guy de Lusignan berhasil ditawan sedangkan Reginald de Chattilon yang pernah membantai khalifah kaum muslimin langsung dipancung. Kepada Raja Guy, Salahudin memperlakukan dengan baik dan dibebaskan dengan tebusan beberapa tahun kemudian.

    Menuju Yerussalem

    Dari Hattin, Salahudin bergerak menuju kota-kota Acre, Beirut dan Sidon untuk dibebaskan. Selanjutnya Salahudin bergerak menuju Yerussalem. Dalam pembebasan kota-kota ataupun benteng Salahudin selalu mengutamakan jalur diplomasi dan penyerahan daripada langsung melakukan penyerbuan militer. Pasukan Salahudin mengepung Kota Yerussalem , pasukan salib di Yerussalem dipimpin oleh Balian dari Obelin. Empat hari kemudian Salahudin menerima penawaran menyerah dari Balian. Yerussalem diserahkan ketangan kaum muslimin. Salahuddin menjamin kebebasan dan keamanan kaum Kristen dan Yahudi. Fragmen ini di abadikan dalam film “Kingdom Of Heaven” besutan sutradara Ridley Scott. Tanggal 27 Rajab 583 Hijriyah atau bertepatan dengan Isra Mi’raj Rasulullah SAW, Salahudin memasuki kota Yerussalem

    Di Yerussalem, Salahudin kembali menampilkan kebijakan dan sikap yang adil sebagai pemimpin yang shalih. Mesjid Al-Aqsa dan Mesjid Umar bin Khattab dibersihkan tetapi untuk Gereja Makam Suci tetap dibuka serta umat Kristiani diberikan kebebasan untuk beribadah didalamnya. Salahudin berkata :” Muslim yang baik harus memuliakan tempat ibadah agama lain”. Sangat kontras dengan yang dilakukan para pasukan Salib di awal penaklukan kota Yerussalem (awal perang salib), sejarah mencatat kota Yerussalem digenangi darah dan mayat dari penduduk muslimin yang dibantai. Sikap Salahudin yang pemaaf dan murah hati disertai ketegasan adalah contoh kebaikan bagi seluruh alam yang diperintahkan ajaran Islam.

    Salahudin Al-Ayubi tidak tinggal di istana megah. Ia justru tinggal di mesjid kecil bernama Al-Khanagah di Dolorossa. Ruangan yang dimilikinya luasnya hanya bisa menampung kurang dari 6 orang.Walaupun sebagai raja besar dan pemenang perang, Salahudin sangat menjunjung tinggi kesederhanaan dan menjauhi kemewahan serta korupsi.

    Salahudin berhasil mempertahankan Yerussalem dari serangan musuh besarnya Richard The Lion Heart, Raja Inggris. Richard menyerang dan mengepung Yerussalem Desember 1191 dan Juli 1192. Namun penyerangan-penyerangannya dapat digagalkan oleh Salahudin. Kepada musuhnya pun Salahudin berlaku penuh murah hati. Saat Richard sakit dan terluka, Salahudin menghentikan pertempuran serta mengirimkan hadiah serta tim pengobatan kepada Richard. Richard pun kembali ke Inggris tanpa berhasil mengalahkan Salahudin.

    Sepanjang sejarah Yerussalem sebagai kota suci bagi tiga agama, sejak ditaklukan Salahudin, Yerussalem belum pernah jatuh ketangan pihak lain. Baru setelah Perang Dunia I, Yerussalem jatuh ketangan Inggris yang kemudian diserahkan ke tangan Israel.

    Semasa hidupnya Salahudin lebih banyak tinggal di barak militer bersama para prajuritnya dibandingkan hidup dalam lingkungan istana. Salahudin wafat 4 Maret 1193 di Damaskus. Para pengurus jenazah sempat terkaget-kaget karena ternyata Salahudin tidak memiliki harta. Ia hanya memiliki selembar kain kafan yang selalu di bawanya dalam setiap perjalanan dan uang senilai 66 dirham nasirian (mata uang Suriah waktu itu).

    Sampai sekarang Salahudin Al-Ayubi tetap dikenang sebagai pahlawan besar yang penuh sikap murah hati.

    Disadur dari GREAT COMMANDERS OF THE BATTLE FIELDS
    untuk link urlnya : http://wagenugraha.wordpress.com/2008/10/12/salahudin-al-ayub/

    Semoga Bermanfaat :onion-69:
     
    • Thanks Thanks x 32
    • Like Like x 7
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. Ebink M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 3, 2009
    Messages:
    482
    Trophy Points:
    66
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +191 / -0
    Perseteruannya dan "persahabatannya" dengan Lionheart tidak membuat dia serakah, sombong dan tinggi hati....
    :smiley_beer:
     
  4. moonshine M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 11, 2009
    Messages:
    418
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +84 / -1
    salah satu pahlawan islam yg paling gua kagumin selain sultan mahmed II:top:
     
  5. eymperia1 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 6, 2009
    Messages:
    135
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +299 / -0
    thx infonya..jadi terkagum-kagum
    salah satu pemimpin besar Islam yg patut dicontoh
     
  6. ayamgoreng M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 15, 2009
    Messages:
    1,362
    Trophy Points:
    146
    Ratings:
    +1,301 / -0
    thsk bgt gann infonya jd kagum gw ama pemimipin islam , karena banyak sejarah perang salib yg selalu memojokan umat islam
    contoh yg memojokan seprti ini

    " raja guy di tan dan di perlakukan tdk manusiawi oleh pasukan kamu muslim " pd hal kenyataanya
    "Kepada Raja Guy, Salahudin memperlakukan dengan baik dan dibebaskan dengan tebusan beberapa tahun kemudian. "

    begitu lah mereka mau menjelek2an kita

    utk TS nice bgt bror
     
  7. 85e M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 18, 2009
    Messages:
    305
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +68 / -0
    Nice info

    Pahlawan sesungguhnya di medan perang, nggak kayak lawannya yang bersifat sangat barbar.

    Thread kaya gini harusnya di-rate 5
     
  8. Raestloz M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 5, 2009
    Messages:
    4,991
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +4,533 / -0
    Aneh...

    Setahu saya Richard the Lionhearted tidak pernah secara langsung menyerang Yerusalem, tujuan utama crusader. Dia berbalik pulang ke Inggris 12 mil (sekitar 18 km) dari gerbang Yerusalem. Masalahnya jumlah crusader dibawahnya sudah tidak cukup lagi untuk mempertahankan Yerusalem meski mampu direbut.

    Kenyataannya Saladin pernah kalah dari Richard, lebih tepatnya konfrontasi PERTAMA KALI antara keduanya. Waktu itu saking hebatnya Saladdin sampai2 dijuluki "The Invincible" - Yang Tak Terkalahkan. Saladdin maju berhadapan one by one melawan Richard, onta vs kuda, Muslim vs Kristen. Saladdin kalah dalam pertarungan dan pertempuran satu itu, dan julukan "The Invincible" mulai luntur, meski dia masih tetap hebat

    Apakah setelah itu Richard/Saladdin pernah menang melawan rivalnya gw kurang tau, yang jelas sejak kalah sekali itu Saladdin jauh lebih hati2 saat berhadapan dengan Richard. Masalah keduanya saling berbaik hati, itu adalah benar
     
  9. scorpion182 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 9, 2009
    Messages:
    244
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +748 / -0
    Seingat saya Richard pulang ke inggris, karena adiknya Richard, John telah merebut takhta. Dan Richard bermaksud untuk menyerang perancis ketika dia kembali tetapi kenyataanya justru perancis yang berbalik menyerang inggris ketika ia pulang.
     
    Last edited: Sep 9, 2009
  10. Raestloz M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 5, 2009
    Messages:
    4,991
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +4,533 / -0
    John belum merebut tahta, Richard baru denger2 isu dia mau merebut tahta setau gw

    itu adalah faktor utama dia pulang, faktor utama dia ga nyerang Yerusalem karena kekurangan orang buat defense ntar

    Yang dirbutkan ya bagian "Saladin menahan Yerusalem dari Richard" smeentara "Ricard ga pernah nyerang yerusalem", apa lagi bisa sampe 2x.... Soalnya setau gw Richard cuma sekali ikut Crusade, yaitu Crusade ke-3. Crusade2 selanjutnya dia ga ikutan lagi
     
  11. moonshine M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 11, 2009
    Messages:
    418
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +84 / -1
    minta reperensi....gua banyak ragu dengan penjelasan bro:devil2:
     
  12. Chopsuey03 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 11, 2009
    Messages:
    709
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +134 / -0
    Lagi dicariin susah juga nih arus baca dulu trus ditranslate ke bahasa indo hehehehe lagian masi ada kerjaan laen nunggu
     
  13. Chopsuey03 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 11, 2009
    Messages:
    709
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +134 / -0
  14. RedH M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 26, 2009
    Messages:
    436
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +47 / -0
    Bener" pemimpin n panglima muslim yg hebat dan patut dicontoh... :onion-72:
    Seandainya aja si noordin dkk baca ini, klo mereka nggak malu ya berarti mereka emang udah sarap... :stress:
     
  15. prince_of_darkness M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 7, 2008
    Messages:
    729
    Trophy Points:
    142
    Ratings:
    +1,683 / -0
    INDAHNYA PERBEDAAN..
    wlwpn mereka berbeda keyakinan, berbeda prinsip, dan berbeda2 lain, bahkan pernah melakukan peperangan tapi masih menghormati 1 dengan yg lain..

    beda bgt dengan yg terjadi di indo saat ini, dengan alasan jihad, agama dibawa2, demi tujuan individu/kelompok tertentu. kasian yg lain, yg bener2 patuh dengan agama nya malah ikut2an tercoreng.

    top top..emang noordin dah lo orang..


    nice inpo gan, great2...
    mangstab
     
  16. hananurnasari Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 21, 2009
    Messages:
    69
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +1 / -0
    yang jelas adikku paling suka gamenya: Crusader. Kalo udah maen gituan, waduh... nggak inget makan...
     
  17. KyleSteward M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 7, 2008
    Messages:
    1,294
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +83 / -0
    Wah ini dia neh. Klo pahlawan pihak Kristen di pihak salib dah dibahas. Sekarang gantian Pahlawan pihak Islam saat perang salib :haha:
     
  18. scorpion182 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 9, 2009
    Messages:
    244
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +748 / -0
    Saladin gag cuma terkenal di kalangan muslim saja, pihak barat pun mengakui, ada juga yg mengagumi walaupun tidak diucapkan secara lisan :onion-105:

    Yang sering maen age of empire, pasti tau klo di age of empire II, ada Age of Empires II: The Saladin Campaign

    [​IMG]

    [​IMG]
     
  19. kethil M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 27, 2009
    Messages:
    131
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +95 / -0
    salah satu dari sekian banyak pahlawan dan panglima perang yang terkenal dalam islam, contoh : Khalid bin walid, Umar bin khattab dan masih banyak lagi yang akan sangat bagus kalau bisa dibuat dan dicari infonya :)
     
  20. shiluman M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 4, 2009
    Messages:
    566
    Trophy Points:
    157
    Ratings:
    +3,585 / -0
    kmaren w donlod pilem kingdom of heaven,trus ada tokoh saladin juga loh!
    nice share gan:top:
     
  21. prufessuer M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 10, 2009
    Messages:
    2,163
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,655 / -0
    wah keren lengkap jg infonya

    tp kok serasa beda sama yang difilm kingdom of heaven ya?

    smoga info ini yg bener soalny keren banget Salahudin :top:
     

Share This Page

Users found this page by searching for:

  1. baju zirah saladin

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.