1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Pengen ganti nama ID? Plat tambahan? Promo GK? Cek Promo Spesial Hari Kemerdekaan, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!
  3. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  4. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  5. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!

Tips & Tutorial Saatnya Perketat Keamanan, Menangkal Serangan Ransomware dengan Managed Service Provider Indonesia

Discussion in 'Free Talk Zone' started by whiteranger26, Jun 5, 2017.

  1. whiteranger26 Members

    Offline

    Joined:
    Jun 5, 2017
    Messages:
    8
    Trophy Points:
    11
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +0 / -0
    HYPERNET – Beberapa hari terakhir dunia digemparkan dengan virus malware Ransomware Wanna Decryptor biasa disingkat WannaCry. Tentunya kejadian ini tidak bisa lagi dianggap sepele mengingat saat ini bisa dikatakan seluruh perusahaan terkoneksi melalui internet untuk menjalankan kegiatannya. Oleh karena itu penting bagi perusahaan untuk memastikan keamanan bidang teknologi informasi atau IT agar tidak menimbulkan kerugian besar seandainya sesuatu yang buruk seperti yang terjadi beberapa hari kemarin terulang.

    Ransomware sendiri merupakan bentuk malware yang menyerang sistem komputer kemudian akan mengenkripsi seluruh file sehingga pengguna atau pemilik tidak dapat membuka file yang tersimpan di komputer tersebut kecuali pengguna memperoleh kunci deskripsi dari pemilik virus yang meminta sejumlah uang tebusan. Berita terburuknya, WannaCry lebih canggih dan berbahaya karena WannaCry dibuat dengan menggunakan senjata siber milik dinas intelijen Amerika Serikat, NSA yang telah diretas peretas berkode Shadow Broker.

    Pada awalnya media memberitakan kalau virus WannaCry hanya menyasar institusi penyedia layanan kesehatan. Namun, belakangan, penyebaran malware merebak ke sejumlah perusahaan swasta. Dalam kasus ini penyebaran WannaCry dinyatakan sebagai serangan siber terbesar yang pernah ada. Informasi lainnya dari Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure (ID-SIRTII), ransomware Wannacry mengincar komputer berbasis Windows yang memiliki kelemahan terkait fungsi "server message block".

    Adapun tindakan pencegahan untuk meminimalisir terinfeksi Malware Ransomware Wannacry ataupun virus sejenis lainnya, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut:

    · Jangan terkoneksi di LAN/WIFI lalu lakukan Back Up Data

    · Lakukan update AntiVirus

    · Lakukan Update Patch MS17-010 pada OS Windows

    · Non Aktifkan Fungsi SMB v1

    · Jangan Mengaktifkan Fungsi Macros

    · Blokir port 139/445 dan 3389

    Keenam langkah tersebut cukup mudah tetapi jika Anda atau mungkin bagian IT perusahaan Anda ragu karena takut melakukan kesalahan maka solusi terbaik adalah menghubung managed service provider yang terdiri dari para pakar terpercaya di bidang IT. Salah satu managed service provider yang dapat diandalkan adalah Hypernet, www.hypernet.co.id.


    Sumber
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.