1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Ruang Kerja Mempengaruhi Produktivitas Pekerja

Discussion in 'Career Talks' started by dilandiarka, Jan 26, 2017.

  1. dilandiarka Members

    Offline

    Joined:
    Nov 2, 2016
    Messages:
    5
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -0
    Kantor adalah rumah lain ketika Anda keluar dari rumah yang sesungguhnya, rumah yang jadi tempat tinggal kegiatan penuh Anda bersama keluarga. oleh karena itu, agar Anda mendapati kenyamanan saat bekerja, Anda perlu memperhatikan design ruang kantor Anda. Tak perlu mahal dan tak perlu mewah, kenyamanan dalam kantor dapat Anda peroleh jika Anda menata ruang kantor Anda dengan baik.

    Hasil penelitian seperti yang dilakukan oleh Texas University menunjukkan bahwa pemilihan warna pada ruang kerja bisa mempengaruhi produktivitas. Karena itu, alangkah baiknya jika ruang kerja di desain dengan sedemikian rupa dengan menggunakan warna yang sifatnya dapat meningkatkan produktivitas.

    [​IMG]

    Ada beberapa pilihan warna yang bisa kamu jadikan pilihan seperti yang dikutip oleh TopCareerID.

    1. Warna biru.
    Warna biru dikenal sebagai warna yang dapat meningkatkan produktivitas seseorang. Warna biru dapat meningkatkan fokus seseorang dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Kamu bisa menambahkan beberapa aksen warna biru di meja untuk membuat lebih fokus.

    2. Warna kuning.
    Warna ini cocok untuk digunakan di ruang meeting. Atau kamu bisa memberikan beberapa aksen benda-benda berwarna kuning untuk mewarnai ruangan. Kuning merupakan warna yang dapat meningkatkan kreativitas. Jika pekerjaan kamu adalah pekerjaan yang menuntut ide-ide kreatif setiap saat, maka akan lebih baik jika menambah aksen kuning di meja ataupun ruang kerja.

    3. Warna hijau.
    Jika kerap kali bekerja dalam jangka waktu yang cukup lama, apalagi jika mepet deadline, warna hijau cocok diaplikasikan pada meja kerja kamu. Warna hijau dapat membuatmu merasa tenang namun tetap efisien dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.

    4. Warna merah.
    Jika pekerjaan kamu adalah pekerjaan yang melibatkan aktivitas fisik, maka warna merah yang cocok untuk diaplikasikan. Warna merah diyakini dapat meningkatkan denyut jantung, aliran darah dan membuat lebih bersemangat.

    Berikut ini, sebagaimana dikutip dari pojoksatu.id, ada beberapa cara kreatif yang bisa Anda lakukan dalam menata ruang kantor kerja Anda agar terasa nyaman.

    1. Perhatikan posisi serta letak meja kerja kantor Anda. Ada baiknya, bila Anda menempatkan posisi meja kantor dari arah datangnya sinar cahaya. Hal yang demikian akan membuat ruang kantor Anda akan terlihat lebih cerah dan terang. Ini juga akan membuat Anda merasa segar bekerja di tempat yang terang, karena jika keadaan kantor redup akan membuat Anda jadi ngantuk.

    2. Agar bisa mendapatkan ruangan kantor yang super nyaman, hindari penataan tempat duduk yang menghadap ke dinding atau yang membelakangi jendela. Namun bika Anda terpaksa harus meletakan tempat duduk kerja yang membelakangi jendela, sebaiknya Anda meletakkan sebuah cermin kecil diatas meja kantor Anda.

    3. Atur penataan file – file Anda serapi mungkin. Untuk file –file yang Anda anggap penting, Anda bisa meletakkan di sebelah kiri meja kerja Anda. Selain file-file akan mudah tersebut akan mudah dijangkau, hal tersebut dapat memacu energi untuk memperlancar prestasi kerja Anda.

    4. Sebaiknya Anda tidak meletakkan furniture, khususnya kabinet pada pintu. Hal demikian dimaksudkan agar pintu dapat terbuka dengan lebar dan hal itu akan membuat orang bisa leluasa untuk keluar dan masuk ruangan. Untuk furniture rak buku atau kabinet kecil, letaknya jangan sampai mengganggu pandangan Anda.

    5. Yang harus diperhatikan berikutnya adalah memperhatikan peletakan komputer. Karena komputer kerja Anda memilik energi yang besar terhadap kinerja Anda. Oleh sebab itu, maka seharusnya Anda meletakan komputer kerja Anda dengan posisi yang senyaman mungkin. Dan hindari pemakaian aksesoris komputer yang berlebihan di atas meja kerja Anda, agar tidak menghambat pergerakan Anda dalam bekerja didepan kantor Anda.

    6. Anda dapat meletakkan alat tulis dalam vas bunga atau wadah kecil yang cantik. Karena hal tersebut bisa membuat penataannya terlihat lebih terlihat cantik, tidak terkesan monoton.

    7. Letakkan posisi telepon sesuai dengan kebiasaan Anda ketika menggunakan tangan saat menelpon. Jangan menempatkan telepon ditempat yang susah di jangkau oleh Anda. Karena itu akan membuat rasa tidak nyaman.

    8. Letakkanlah tempat sampah di kiri bawah meja kerja Anda dengan jarak yang paling dekat. Dengan demikian akan memudahkan Anda dalam menjangkaunya dan membuang sesuatu ke tempat sampah. Kantor Anda juga akan terawat kebersihannya

    9. Sesempit apapun ruang kantor anda, janga lupa untuk menaruh pot bunga atau tanaman penyegar alami ruangan kerja Anda, seperti pohon palem, Anggrek bulan, pakis, Sirih gading dan tumbuhan lainnya yang dapat memurnikan udara di sekitar ruangan.

    10. Terakhir, jika Anda ingin lebih nyaman Anda dapat menggunakan pendingin ruangan (Ac) atau kipas angin.

    Tidak bisa dipungkiri, untuk menciptakan kantor yang baik dan nyaman memang akan membutuhkan banyak biaya, apalagi jika harus menggunakan peralatan dan perlengkapan kantor yang berkualitas. Meskipun demikian beberapa perusahaan dengan kreativitasnya seringkali mampu menciptakan kantor yang baik dan nyaman meski tidak mengeularkan biaya yang besar.

    Lingkungan dan Kondisi Fisik Tata Ruang Kantor

    Setelah semua rancangan sudah selesai dilakukan, maka proses selanjutnya adalah melakukan penataan kontor. Dalam melakukan penataan kantor yang baik perhatikan pula faktor lingkungan dan kondisi fisik kantor yang akan dibuat. Faktor lingkungan dan kondisi fisik ini perlu menjadi bahan pertimbangan karena akan dapat mempengaruhi produktivitas kerja karyawan.

    Menurut Sedarmayanti dalam Sanjaya (2011) yang dikutip dari webbisnis.com, yang termasuk lingkungan dan kondisi fisik dalam tata ruang kantor antara lain adalah sebagai berikut :

    • Penerangan atau cahaya di tempat kerja;
    • Temperatur atau suhu di tempat kerja;
    • Kelembaban di tempat kerja;
    • Sirkulasi udara ditempat kerja;
    • Kebisingan di tempat kerja;
    • Getaran mekanis di tempat kerja;
    • Bau-bauan di tempat kerja;
    • Tata warna di tempat kerja;
    • Dekorasi di tempat kerja;
    • Musik di tempat kerja;
    • Peralatan, perabotan, dan mesin kantor di tempat kerja;
    • Kemanan di tempat kerja.
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. cengcengpho Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 3, 2017
    Messages:
    27
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -0
    sirkulasi udara tentunya sangat penting dalam sebuah ruangan apalagi ruangan kerja dimana biasanya satu ruangan dihuni banyak sekali orang, setidaknya sebuah gedung perkantoran harus ada instalasi ducting spiral buat sirkulasi udara.
     
    Last edited: May 24, 2017
  4. cekeremis Members

    Offline

    Joined:
    Nov 3, 2017
    Messages:
    9
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -0
    kalo ingin punya ruangan kerja dengan sirkulasi udara yang bagus harus menggunakan jasa specialist turbine ventilator ya gan?untuk mendapatkan ruang kerja yang benar benar produktif dan sehat
     
    Last edited: Nov 7, 2017
  5. Sakkabumi Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 11, 2017
    Messages:
    43
    Trophy Points:
    21
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1 / -0
    kira kira harga spiral ducting berapaan ya?karena memang ruang kerja yang nyaman tentu produktifitas karyawan akan meningkat
     
    Last edited: Nov 14, 2017

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.