1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Pengen ganti nama ID? Plat tambahan? Promo GK? Cek Promo Spesial Hari Kemerdekaan, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!
  3. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  4. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  5. Apa kamu cukup berani melawan Valak? Satukan kekuatan di The Werewolf Series #16: THE NUN. Open registration: 14 - 21 September 2018!
  6. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!

RPP Tembakau Bukan untuk Mematikan Industri Rokok

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by shacktee, May 16, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. shacktee Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 29, 2009
    Messages:
    45
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +32 / -0
    Selama ini beberapa kelompok merasa RPP mengenai tembakau bisa mematikan industri rokok serta kesejahteraan petani. Tapi sebenarnya tidak perlu takut berlebihan karena RPP ini tidak akan mampu menurunkan industri rokok.

    "RPP ini tidak akan mampu menurunkan industri rokok, jadi tidak perlu takut yang berlebihan. Karena RPP ini tidak akan menurunkan industri rokok dalam sehari," ujar Abdillah Hasan, peneliti dari Lembaga Demografi FEUI, dalam acara Sosialisasi RPP Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau Bagi Kesehatan di Gedung Kemenkes, Jakarta, Selasa (10/5/2011).

    Abdillah memberikan contoh negara Thailand yang sudah memiliki peraturan ketat mengenai rokok, seperti tidak boleh ada iklan serta harga rokok yang mahal. Tapi sejak tahun 1989-2009 diketahui bahwa konsumsi rokok di negara tersebut masih tetap tinggi, hanya jumlah perokoknya saja yang menurun.

    "Industri rokok merupakan industri yang kuat, lihat saja pada tahun 1998 saat krisis moneter yang mana pendapatan rakyat menurun tapi industri rokok justru meningkat," ungkapnya.

    Selama ini konsumsi rokok meningkat tapi produksi tembakau menurun, hal ini karena impor tembakau yang meningkat dan paling banyak berasal dari China. Serta nasib petani tembakau di Indonesia seperti dipermainkan oleh pedagang tembakau yang bekerjasama dengan pabrik rokok.

    Jadi sebenarnya tidak ada yang perlu di khawatirkan dari RPP ini dan tidak perlu takut berlebihan. Selain itu RPP ini dinilai juga sudah lebih 'lunak' dibandingkan dengan rancangan sebelumnya.

    "Kami ingin RPP ini bersih dan tidak menimbulkan masalah di kemudian hari, karenanya kami melakukan sosialisasi untuk menyatukan pendapat setidaknya mencari satu titik temu," ujar Kepala Biro Hukum dan Organisasi Kemenkes Prof Dr Budi Sampurno, SH.

    Diketahui jumlah perokok di Indonesia meningkat secara cukup signifikan. Pada tahun 1995 hanya ada sekitar 34 juta perokok, tapi berdasarkan data Riskesdas tahun 2010 diketahui bahwa sebanyak 34 persen atau sekitar 80 juta orang Indonesia merokok setiap harinya.

    Sementara itu Laksmiati A Hanafiah, dari Komnas Pengendalian Tembakau mengungkapkan bahwa sudah ada 70.000 penelitian yang menunjukkan bahwa rokok bisa membahayakan kesehatan, serta bisa meningkatkan faktor risiko dari suatu penyakit.

    "Peningkatan jumlah perokok di generasi muda meningkat tajam, karenanya tak heran jika penyakit jantung dan stroke bisa menyerang di usia 30-40 tahun," ujar perempuan yang akrab disapa Mia.

    Mia mengungkapkan sebenarnya 10-15 tahun setelah seseorang merokok akan muncul tanda-tanda efek buruk dari rokok. Rokok memang bukan satu-satunya penyebab masalah kesehatan, tapi rokok bisa menjadi faktor risiko yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena suatu penyakit seperti jantung dan kanker paru-paru.

    Risiko kematian akibat kanker paru-paru pada laki-laki yang merokok lebih besar 23 kali sedangkan untuk wanita yang merokok sebesar 13 kali lipat dan sepertiga dari perokok tersebut meninggal dengan rata-rata waktu meninggal 15 tahun lebih cepat dibandingkan yang tidak merokok.:peace:
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. dejivrur M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    3,896
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,109 / -2
    jadi ingat iklan rokok yg di tempel di bis transjak
    katanya :

    "ROKOK? DIA YANG UNTUNG!! KITA YANG MATI!!"
     
  4. Anita_Angel Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 20, 2011
    Messages:
    41
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +45 / -0
    ga gt juga kali kk, serem banget kata2'a iklan itu
    hidup mati kan kuasa tuhan,
    tinggal pinter2'a kita menjaga dri kita agar tidak mengkonsumsi barang yang ber efek negative bagi tubuh,
    biar sehat kk :semangat:

    tapi emang lebih baik kita menjauh dari rokok ataupun asap'a :peace:
     
  5. laluabdrahman M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 1, 2010
    Messages:
    1,489
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +27,682 / -0
    Pemilihan katanya bagus yah :hahai:
    Semoga para perokok tersentuh hatinya, setidaknya tidak menyemburkan asap rokok disekitar orang tidak merokok :elegan:

    Adakah barang konsumsi yang di kemasannya berisi peringatan pemerintah selain rokok?
     
  6. dejivrur M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    3,896
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,109 / -2
    biar kata kasar kata iklannya tapi ada benernya juga sih
    bos bos pabrik rokok untung gede
    yang ngisep juga cepat sih, banyak sih

    kayaknya bakal banyak yang cepat ketemu sang ilahi kalo udah urusan rokok mah
     
  7. velcron Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 27, 2010
    Messages:
    236
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +9 / -0
    wah klo dh perokok mah liat gituan dh kek ngeliat rumput pinggir jalan om..gk dipeduliin..gk ngerokok malah serasa mempercepat kmatian..wkwkwka :hahai:
     
  8. reweleyD M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 24, 2011
    Messages:
    478
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +61 / -0
    coba harga rokok dinaikin 5 kali lipat aja sekalian,,
    :sigh:

    temen gw itu kere,di kampus ga pernah jajan.. tapi selalu ngantongin rokok mahal tiap hari,,
    duitnya abis dibeliin rokok..

    betapa bodonya..
     
  9. bagir88 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 15, 2010
    Messages:
    11
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +6 / -0
    bener banget... banyak orang yang buat kebutuhan rumah tangga aja mepet tapi buat rokok selalu di ada-ada kan...
    langkah paling tepat buat berhenti ngerokok adalah kesadaran.. untung aja aq waktu masih remaja-remaja dulu udah sadar kalo ngerokok gak ada untungnya karena ngeliat temen2 yg pada berebutan kalo ada rokok...
     
  10. cesc_ido Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 5, 2011
    Messages:
    222
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +285 / -0
    keren nih pepatah :top:
    untung ane gk ngerokok.
    pertama kali ngerasain gk enak gitu , mahal pula. :haha :
    but nice info :top:
     
  11. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,085
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,242 / -0
    bener jiv...
    kalo dipikir lebih lanjut, ngerokok itu seperti kita memberikan uang ke orang lain sambil membiarkan kesehatan, yang merupakan harta termahal yang dimiliki manusia, terbuang percuma sedikit demi sedikit...
    jadi ruginya 2 kali... hilang duit, hilang kesehatan...
     
  12. simpelbanget Members

    Offline

    Joined:
    Apr 14, 2010
    Messages:
    9
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    memang sulit untuk menghentikan rokok secara 100%, tapi yang penting masih ada kemauan untuk mengurangi dan menjauh dari penggunaan rokok.
     
  13. adi_bayumi M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 21, 2011
    Messages:
    1,756
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,555 / -0
    biasanya bro kemauan itu harus diikuti motivasi... baik dari diri sendiri atau pun orang terdekat (istri atau pacar) :hehe:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.