1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Machinery Robot Zaman Pertengahan Karya Da Vinci

Discussion in 'Science and Technology' started by justmesomeboys, May 25, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. justmesomeboys Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 13, 2010
    Messages:
    64
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +21 / -0
    Robot tak hanya ada di era modern. Sekitar 500 tahun lalu, maestro sekaligus ilmuwan, Leonardo Da Vinci sudah merancang robot.

    'Satria Mekanis' adalah satu dari karya Da Vinci kini dipamerkan di Sydney Town Hall.

    Seperti halnya dengan robot zaman modern yang dijalankan memakai energi baterai, bahan bakar, maupun energi matahari, robot buatan Da Vinci juga bisa bergerak tanpa bantuan manusia.

    Menurut manajer pameran, Luigi Rizzo, tabung panjang kecil berlubang yang membentuk tulang belakang robot berfungsi seperti halnya terowongan - menghubungkan kaki robot dan bagian-bagian lain.

    Di bagian luar, terdapat baling-baling yang dijalankan baik dengan angin maupun air.

    Meski dijuluki 'satria mekanis', robot Da Vinci tidak dibuat untuk tujuan militer - meski banyak mesin perang yang diduga dihasilkan otak jenius Da Vinci.

    Robot ini diduga dibuat untuk hiburan atau digunakan dalam upacara-upacara.

    Cetak biru (blueprint) robot ditemukan dari sebuah codex Da Vinci - yang memuat 16-20 desain bagian mesin yang acak.

    Kebanyakan dari desain-desain itu tidak ada hubungannya dengan si robot - menurut pakar abad pertengahan,itu diduga cara Da Vinci menyembunyikan.

    Desain-desain itu lalu dibawa ke sejumlah seniman. Beberapa di antaranya bisa disusun, sisanya membuat pusing.

    Namun, seniman modern, TeknoArt tak mudah dikelabui Da Vinci.

    Dipimpin Grabriele Niccolai, TeknoArt menghabiskan lebih dari satu dekade untuk merakit robot ini, berdasarkan desain karya Da Vinci yang acak.

    Mengikuti sketsa, tali, dan katrol dirakit, membentuk kaki. Sementara roda gir dan per membentuk lengan dan tendon.

    Meski kelihatannya sederhana, perlu waktu lama menghubung-hubungkan bagian hingga membentuk kerangka. Tantangan lain yang dihadapi para seniman, meski kerangka tersusun, robot itu tak bisa bergerak mulus, harus dipaksa dengan menggerakkan tali-talinya.

    Hal tersebut memusingkan pada seniman, sampai akhirnya mereka menemukan drum yang ada dalam salah satu sketsa. Setelah bongkar pasang, drum itu diletakkan di dada robot.

    Seperti jantung, drum tersebut memiliki fungsi koordinasi, membuat semua bagian bergerak tanpa gesekan.

    Robot Da Vinci lantas 'hidup'. Lengan dan kakinya bisa terangkat dan jatuh sesuai irama drum. Dengan mengganti alur silinder, tempo drum bisa berubah.

    Menurut Rizzo, ini sesuatu yang luar biasa, meski ini bukan karya terbaik Da Vinci.

    Meski karya favorit dalam pameran adalah Drone - jenis mesin terbang karya Da Vinci, namun cetak biru robot itu diyakini sebagai pembuka misteri, mitos 'mechanical lion' atau 'singa mekanis'.

    Bahkan, pengunjung juga pameran juga bisa menyaksikan sketsa mirip singa otomatis.

    Saat ini yang jadi tantangan adalah memindai 20.000 bagian yang ada dalam codex-codex Da Vinci.

    Mengingat untuk robot itu saja butuh waktu 15 tahun merakit, Rizzo tak janji bisa memamerkan 'singa mekanis' dalam waktu dekat. Namun, janjinya, itu bakal spektakuler.

    question: einstein hidup dizamannya saja udah bisa bikin Bom Atom, gimana kalo Da Vinci hidup di zaman kita? minimal barengan sama einstein... :panda:

    Terminator ud lalu lalang dijalanan kali ya?:panik:
    [​IMG]

    sumber : http://id.news.yahoo.com/viva/20100525/twl-robot-zaman-pertengahan-karya-da-vin-cfafc46.html
     
    • Like Like x 4
    • Thanks Thanks x 4
    Last edited: May 25, 2010
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. kucing_alas M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 30, 2008
    Messages:
    898
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +59 / -0
    jd penasaran Da Vinci dpt inspirasi drmn, koq dia berpikirnya diluar konteks pemikiran org2 yg hidup sezaman dgn dia..
     
  4. jokoklewer Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 8, 2009
    Messages:
    122
    Trophy Points:
    151
    Ratings:
    +5,547 / -0
    ada artikel luar yang pernah gw baca bro kalo davinci itu alkemis( menurut gw mungkin davinci ampe ke arab sono dia belajarnya) sama pendiri iluminati tapi gak tau kalo hoax ato bukan
     
  5. boljug M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 11, 2009
    Messages:
    378
    Trophy Points:
    206
    Ratings:
    +110,291 / -0
    wah cerita yg sungguh menarik ini gan...
    btw ga ada fotonya nih gan?? :siul:
     
  6. Haruhiism_sugiisugii M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 31, 2008
    Messages:
    746
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +182 / -0
    Davinci memang salah satu penemu terkemuka sepanjang abad koq, bukannya dia juga yang pertama kali ngerti perbandingan akurat semua bagian tubuh manusia...
     
  7. dodolgarutwie Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 20, 2009
    Messages:
    183
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +24 / -0
    da vinci penemu,seniman,arsitektur..sungguh luar biasa...otaknya dilatih dengan cara apa ya???wkakakkak...
     
  8. salimdanny M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 14, 2010
    Messages:
    336
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +11 / -0
    robot jauh sudah ada sebelum jaman modren, sekitar tahun 200 zhuge liang sudah menciptakan "tentara kayu", konon katanya mozi yang hidup sekitar tahun 400 sebelum masehi yang merancangnya yang kemudian di buat oleh zhuge liang jauh setelah dia meninggal.
     
  9. du8ck M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 10, 2009
    Messages:
    509
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +1,172 / -0
    15 Tahun?????
    Niat banget ya....
    untung berhasil.....

    Btw... Gk ada gambarnya ya....
     
  10. am4terazu M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 25, 2009
    Messages:
    2,631
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,127 / -0
    pic nya donk gan...
    :swt:
     
  11. xiexie M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 5, 2009
    Messages:
    321
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +4,372 / -0
    SUsah memang menemukan maestro macam Da Vinci di jaman skrg...
    seandainya ada 10 Da Vinci saat ini, mungkin teknologi kita sudah berakselerasi cepat...
     
  12. Artanis Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,616
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,642 / -1
    kagak ada gambarnya nih.. :sigh:
    Ts tolong di upload gambarnya dong..
    ane kan pengen liat seperti apa bentuknya.. :kecewa:
     
  13. Ryuzackie M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 3, 2011
    Messages:
    586
    Trophy Points:
    81
    Ratings:
    +87 / -0
    yah,,gk ada gmbar n videonya..........,,,
    pdahal keren bgt kayakke..,,:top:
    da vinci salah satu penemu favorit ane,,,dia totalitas bgt dlm peneliian,,,pdahal jaman dia itu sama skali gak bleh ada pmbedahan mayat walaupun itu utk penelitian,,tpi dia nekat curi2 mayat utk diteliti,,,bner2 hebat :top:
     
  14. DokuroMegane Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 18, 2012
    Messages:
    90
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +3 / -0
    gbrnya kok ga ada ya?
    orang jaman dulu bisa mikir2 aneh gara jaman dulu masih ga ada apa2 mungkin ya
    kalo sekarang 'kan semua udah praktis...
     
  15. sherlock1524 MODERATOR

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jan 26, 2012
    Messages:
    7,115
    Trophy Points:
    242
    Ratings:
    +22,280 / -148
    Da vinci selain seniman juga ilmuwan yaaa???

    kereeen...
    paling ingat tuh, da vinci waktu mau ngegambar anatomi tubuh manusia itu sering gali kuburan mayat, cuman untuk itu ,...

    benarkanhhh >>>>>???
     
  16. chbimo Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 4, 2012
    Messages:
    10
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    gw masih nggak ngerti lukisan yg ada di davinci code itu. ada yg ngeti ga gan gmn cara ngelejasinnya?
     
  17. bilnity M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 30, 2010
    Messages:
    661
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +150 / -0
    Da Vinci memang kreatif bgt. Bukan hanya seni tapi juga teknologi. Kalo gk salah beliau juga bikin blueprintny mekanisme alat yang bisa terbang. Bukan hanya teknologi, beliau juga giat mempelajari anatomi tubuh manusia. Sungguh seniman dan ilmuwan sejati
     
  18. saputra_252525 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 15, 2012
    Messages:
    47
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    hahaha...

    da vinci itu terkadang dianggap gila oleh kawan2 dan tetangganya...
    bikin helicopterlah...
    bikin pesawatlah...
    bikin tank segala...

    ada lg einstein yag diangap bodoh karena tak bisa menghafal nama2 ilmiah binatang...
    beranggapan bahwa partikel itu berenergi jika berakselerasi..
    beranggapan bahwa matematika itu hanya permainan angka..

    apa yang terjadi sekarang?

    semua orang mengangap da vinci dan einstein itu jenius...

    makanya gan jgn pernah buang ide agan sekecil apapun...walaupun cuma ide bikin cooler laptop dari ipas angin bekas..heheh...
    tp itu ide agan original dan patut untuk di realisasikan..
    satu lg jgn pernah berhenti bermimpi...
    100 th lalu orangkan menggap gan gila klo bisa terbang...
    buktinya sekarang kita bisa tuh berpergian pke pesawat...

    sekali lagi gan ide dan mimpi itu bisa jd nyata klo direalisasikan...
    thnks...
     
  19. bilnity M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 30, 2010
    Messages:
    661
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +150 / -0
    Mereka yang jenius berpikir sesuatu yang dianggap mustahil, makany orang2 banyak yang mencemooh. Padahal mereka berpikiran kedepan, sesuatu yang tidak bisa dilakukan orang biasa. Itulah sebabny terkadang ilmuwan-ilmuwan besar dianggap bodoh pada jamanny. Padahal teknologi2 yang kita pakai sekarang, awal mulany dicetuskan dari ide2 yang dianggap mustahil pada awalny.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.