1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Techno Regulasi Terkait Penggunaan VPN Akan Diterapkan di Indonesia

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by IDWS.News, Jul 6, 2019.

  1. IDWS.News adalah Partner/ Kontributor TerverifikasiIDWS.News Gatotkaca

    Offline

    ▁ ▂ ▄ ρεηүεвαя ιηғσ ▄ ▂ ▁

    Joined:
    Feb 18, 2010
    Messages:
    353
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +14 / -0
    Banyak dari kita yang pastinya tahu dan sering menggunakan VPN (Virtual Private Network), entah untuk menembus situs-situs "terlarang" atau sekedar memainkan suatu game online yang memblokir alamat IP Indonesia. Sudah dari dulu, VPN dapat dengan mudah kita akses, baik yang gratisan atau pun yang berbayar. Akan tetapi agaknya hal itu hanya akan jadi kenangan.

    Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) sedang mengkaji regulasi terkait layanan VPN yang saat ini bebas beredar di Indonesia. Langkah tersebut diambil karena banyak beredarnya isu pencurian data pengguna oleh sejumlah aplikasi VPN.

    "Kita tahu VPN harusnya melindungi, kita lagi kaji untuk membuat regulasi jadi layanan VPN itu harus berijin karena umpamanya perlindungan data pribadi dijaga, data-datanya dan keamanannya harus dijaga," terang Direktur Jendral Aplikasi Informatika (APTIKA) Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan di kantor Kemenkominfo, Jakarta Pusat, Rabu (12/6/2019) dikutip dari CNNIndonesia.com.


    [​IMG]


    Untungnya, menurut Semuel, pihaknya tidak akan sepenuhnya melarang layanan VPN seperti yang diterapkan Rusia. Sebab dalam pandangannya, VPN merupakan layanan internet tertutup yang berfungsi sebagai pelindung data dan banyak perusahaan memanfaatkan VPN, salah satunya industri perbankan.

    Maka dari itu, Kominfo akan membuat regulasi bagi penyedia VPN yang beredar di Google PlayStore dan Apple AppSotre dengan mengharuskan aplikasi-aplikasi tersebut memiliki ijin dan lisensi untuk memastikan VPN tersebut memenuhi tujuannya, yakni melindungi konsumen, bukannya merugikan.

    Sebelum regulasi VPN tersebut diterapkan, Kominfo secara intensif menyosialisasikan penggunaan VPN gratisan kepada masyarakat. VPN gratisan sering diperbincangkan masyarakat akibat imbas dari pembatasan akses media sosial dan pesan instan pada aksi 22 Mei lalu.

    Pengamat keamanan siber sempat mewanti-wanti bahaya keamanan data pengguna jika menggunakan VPN, apalagi aplikasi yang diunduh secara gratis. Setelah masa pembatasan akses berakhir, Kominfo meminta masyarakat menghapus aplikasi VPN dalam perangkat




    Sumber: Portal IDWS via CNNIndonesia.com
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. Novanjkt Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 23, 2018
    Messages:
    15
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2 / -0
    VPN sebenernya bagus kalo yang jelas providernya dan kebanyakan yang bermasalah dengan pencurian data itu vpn yg gratis, yang pasti kalo pake vpn jangan login ke internet atau mobile banking.
     
  4. choli SUPERMOD

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Jul 16, 2009
    Messages:
    11,791
    Trophy Points:
    236
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +7,699 / -6
    Pastiin aja VPNnya berbayar + ambil paket yg dedicated IP address..
    Walaupun kembali lagi ke itikad baik admin VPNnya ketika menjalankan bisnis ini..
    :hmm:
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.