1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Ungkapin kenangan film Asia paling berkesan buatmu. Berhadiah GK, Pulsa, dan Line Gift Sticker loh! .Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Raja dan 4 Permaisuri

Discussion in 'Motivasi & Inspirasi' started by tjun, Oct 15, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. tjun Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 26, 2009
    Messages:
    49
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +374 / -0
    Dahulu kala ada seorang raja di kerajaan Jawa Tengah Bagian Tenggara. Ia mempunyai 4 istri. Raja ini sangat mencintai istri keempatnya. Ia selalu menghadiahkannya pakaian-pakaian yang mahal dan memberinya makanan yang paling enak. Hanya yang terbaik yang akan diberikan kepada sang istri.

    Dia juga sangat memuja istri ketiganya dan selalu memamerkannya ke pejabat-pejabat kerajaan tetangga. Itu karena dia takut suatu saat nanti, istri ketiganya ini akan meninggalkannya.

    Sang raja juga menyayangi istri keduanya. Karena istrinya yang satu ini merupakan tempat curahan hatinya, yang akan selalu ramah, peduli dan sabar terhadapnya. Pada saat sang raja menghadapi suatu masalah, dia akan mengungkapkan isi hatinya hanya pada istri kedua karena dia bisa membantunya melalui masa-masa sulit itu.

    Istri pertama raja adalah pasangan yang sangat setia dan telah memberikan kontribusi yang besar dalam pemeliharaan kekayaannya maupun untuk kerajaannya. Akan tetapi, si raja tidak peduli terhadap istri pertamanya ini meskipun sang istri begitu mencintainya, tetap saja sulit bagi sang raja untuk memperhatikan istrinya.

    Hingga suatu hari, sang raja jatuh sakit dan dia sadar bahwa kematiannya sudah dekat. Sambil merenungi kehidupannya yang sangat mewah itu, sang raja lalu berpikir, “Saat ini aku memiliki 4 istri di sampingku, tapi ketika aku pergi, mungkin aku akan sendiri.”

    Lalu, bertanyalah ia pada istri keempatnya, “Sampai saat ini, aku paling mencintaimu. Aku sudah menghadiahkanmu pakaian paling indah dan memberi perhatian sangat besar hanya untukmu. Sekarang aku sekarat, apakah kau akan mengikuti dan tetap menemaniku?”

    “Tidak akan!” balas si istri keempat. Ia pun pergi tanpa mengatakan apapun lagi.

    Jawaban istrinya itu bagaikan pisau yang begitu tepat menusuk jantungnya.
    Raja yang sedih kemudian berkata pada istri ketiganya, “Aku sangat memujamu dengan seluruh jiwaku. Sekarang aku sekarat, apakah kau tetap mengikuti dan selalu bersamaku?”

    “Tidak!” sahut sang istri. “Hidup ini begitu indah! Saat kau meninggal, aku pun akan menikah kembali!”

    Perasaan sang raja pun hampa dan membeku. Beberapa saat kemudian, sang raja bertanya pada istri keduanya, “Selama ini, bila aku membutuhkanmu, kau selalu ada untukku. Jika nanti aku meninggal, apakah kau akan mengikuti dan terus di sampingku?”

    “Maafkan aku, untuk kali ini aku tidak bisa memenuhi permintaanmu!” jawab istri keduanya. “Yang bisa aku lakukan, hanyalah menemanimu menuju pemakamanmu.”

    Lagi-lagi, jawaban di istri bagaikan petir yang menyambar dan menghancurkan hatinya. Tiba-tiba sebuah suara berkata, “Aku akan bersamamu dan menemanimu kemanapun kau pergi.” Sang raja menolehkan kepalanya mencari-cari siapa yang berbicara dan terlihatlah olehnya istri pertama. Dia kelihatan begitu kurus, seperti menderita kekurangan gizi.

    Dengan penyesalan yang sangat mendalam, kesedihan yang amat sangat, sang raja berkata sendu, “Seharusnya aku lebih memperhatikanmu saat aku masih punya banyak kesempatan!”


    Catatan:
    Dalam realitanya, sesungguhnya kita semua mempunyai ‘4 istri’ dalam hidup kita.
    ‘Istri keempat’ kita adalah tubuh. Tidak peduli berapa banyak waktu dan usaha yang kita habiskan untuk membuatnya terlihat bagus, tetap saja dia akan meninggalkan kita saat kita meninggal.

    Kemudian ‘Istri ketiga’ kita adalah ambisi, kedudukan dan kekayaan kita. Saat kita meninggal, semua itu pasti akan jatuh ke tangan orang lain.

    Sedangkan ‘Istri kedua’ kita adalah keluarga dan teman-teman. Tidak peduli berapa lama waktu yang sudah dihabiskan bersama kita, tetap saja mereka hanya bisa menemani dan mengiringi kita hingga ke pemakaman.

    Akhirnya ‘Istri pertama’ kita adalah jiwa, roh, iman, yang sering terabaikan karena sibuk memburu kekayaan, kekuasaan, dan kepuasan nafsu. Padahal, jiwa, roh, atau iman inilah yang akan mengikuti kita kemanapun kita pergi. Hanya inilah hal terbaik yang bisa kita tunjukkan pada dunia.


    Sori kalo :repost:
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. ryzqrd M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 4, 2009
    Messages:
    1,552
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +533 / -0
    huks huks.. nice bro..
    :terharu::terharu:
    jadi merasa banyak dosa gw..
     
  4. allenwalkerint M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 5, 2009
    Messages:
    1,254
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +3,237 / -1
    Hem, Poligami ternyata gak jelek.
     
  5. western_gunner M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 5, 2009
    Messages:
    613
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +152 / -0
    g ga nyangka kalo ke 4 istri itu bisa diumpamakan 4 aspek hidup kita, nice..

    :rokok:
     
  6. prufessuer M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 10, 2009
    Messages:
    2,163
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,655 / -0
    keren jg maknanya :terharu:

    nice share :top:
     
  7. audeh M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 17, 2009
    Messages:
    1,646
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +1,107 / -0
    keren bro :terharu:
    terlalu mementingkan dunia sampe lupa akan akhirat

    walah kok malah bahas poligami :swt:
     
  8. xerxesgen Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 5, 2009
    Messages:
    76
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +14 / -0
    Dalem banget ceritanya...gw bakal inget neh cerita buat pegangan hidup ...
     
  9. andidragon M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 27, 2009
    Messages:
    198
    Trophy Points:
    56
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5 / -0
    Gw uda pernah dengar ceritanya...:listen:
    tapi tetap mengharukan:terharu:
     
  10. zukav Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 2, 2007
    Messages:
    184
    Trophy Points:
    101
    Ratings:
    +2,887 / -0
    kyknya pernah baca ato dengar versi lainnya tp maknanya sama ini perumpamaan yg plg gampang diingat
     
  11. biggerzandlongz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 27, 2009
    Messages:
    941
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +277 / -0
    nais....
    tidak bisa komen apah2... terlalu terharu....
     
  12. IrisSachiel M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 11, 2009
    Messages:
    500
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +14 / -0
    hmmm... perumpamaan yang menarik!

    untung rajanya punya empat istri...
    coba kalo satu... sifatnya kayak istri keempat lagi...
     
  13. dejivrur M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    3,896
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,109 / -2
    sumpah ini tulisannya ngeresep banget dah:panik::panik::panik:
     
  14. MiniMaximA M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 12, 2008
    Messages:
    1,040
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +40 / -0
    Betul gan, untung dia kawin 4 kali, belum tentu dari sekali kawin dia bakal dapat istri pertama yang setia.
     
  15. Mitsuyama M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 26, 2009
    Messages:
    1,026
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +132 / -0
    :sedih:
    bagus nih maknax..
    jadi merasa byk dosa nih gua,...
     
  16. tjun Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 26, 2009
    Messages:
    49
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +374 / -0
    yah intinya dalam segala hal jangan terlalu berlebihan..

    Kek 'istri keempat', gimana coba kalo kita gak menjaga tubuh? Gak mungkin juga kalo kita gak menjaga/menghias tubuh. tubuh kan juga perlu dijaga biar tetap sehat, tubuh yang sehat kan berpengaruh juga pada jiwa. Trus ada yang mau tubuhnya gak cantik? Buat cewek, ada yang mau badannya gendut? jerawatan? Buat cowok juga.. Sepertinya sih gak ada.. :hahai: Hanya saja, kita jangan sampai hanya melulu memperhatikan tubuh kita sendiri...toh akhirnya akan meninggalkan kita...

    'Istri ketiga', siapa sih yang gak menginginkan kekuasaan, gak punya ambisi? Gw rasa setiap orang pasti punya ambisi. Hanya saja, jangan karena ambisi, jadi melupakan hal yang lain.. Jangan sampe gagal mencapai ambisi, jadi stress akhirnya mesan 1 kamar di RSJ... :hahai:

    'Istri kedua', gimana pun juga keluarga dan teman2 adalah tempat yang akan kita datangi kalo kita membutuhkan sesuatu/bantuan atau ingin menceritakan hal2 yang kita alami. Kita gak bisa hidup tanpa mereka.. Namun, kita juga gak bisa terlalu bergantung pada mereka, kita harus mampu berusaha sendiri karena mereka tidak akan menemani kita selamanya..

    'Istri pertama', gak perlu diceritain lagi pun udah tau.. :piss:
     
  17. axlcorp00 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 24, 2009
    Messages:
    66
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    Nice inpo.. Byk hal2 kecil yg kdang trlewatkan.. Smga jd perenungan..
     
  18. fuadpahing Veteran

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 30, 2008
    Messages:
    1,565
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +9,963 / -0
    pernah baca ini dimana yah, :???:

    bagus buat renungan, yang dibawa sampe mati adalah amal jariyah kita :haha:
     
  19. fay_ang M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 11, 2009
    Messages:
    841
    Trophy Points:
    101
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +388 / -0
    nice story. ga sangka ternyata istri2 itu adalah perumpaan mengenai apa yang kita punya. emang benerr, selain mencari kekayaan duniawi, kita tidak boleh lupa memperkaya rohani kita. :top:
     
  20. curiousboy M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Dec 5, 2008
    Messages:
    396
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +3,251 / -0
    Bnr2 trharu w..
    Naiser gan..
     
  21. Van M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 30, 2008
    Messages:
    292
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +122 / -0
    Pas abis baca critanya keknya crita yg biasa aja soal penyesalan.

    Tp catatannya bener" bagus ga sangka bs dihubungin ama 4 aspek dalam diri.
    Walau Istri pertama kelihatannya penting tp istri kedua jg sebenernya sama pentingnya secara manusia ga bs hidup sendiri...:nikmat:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.