1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Ungkapin kenangan film Asia paling berkesan buatmu. Berhadiah GK, Pulsa, dan Line Gift Sticker loh! .Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Info Rahasia Menyusun Jadwal Liga Primer Inggris, Sebuah Pelajaran Untuk BLI

Discussion in 'Soccer' started by chucky, Jul 22, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. chucky Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Dec 16, 2007
    Messages:
    3,330
    Trophy Points:
    266
    Ratings:
    +7,721 / -0
    Pernahkah Anda membayangkan bagaimana jadwal Liga Primer, Piala FA, dan Piala Liga, dibuat?

    Paul Fletcher, seorang blogger, tidak sekadar membayangkannya tapi mencari tahu bagaimana jadwal semusim disusun sedemikian rupa. Ia masuk ke dalam dapur kecil pembuatan jadwal, dan menuliskannya.

    Jadwal Liga Primer musim 2009/2010 telah dirilis pekan lalu. Sepekan sebelum jadwal itu diumumkan, Fletcher sempat berbicara dengan orang-orang yang terlibat.

    Pengerjaan berlangsung di sebuah ruang gelap dan dingin, dengan sejumlah orang bekerja serius di setiap sudut. Mereka tidak hanya menyusun jadwal Liga Primer, tapi juga Liga Championship, League One, League Two, dan Non-League. Plus, jadwal Piala FA, dan Piala Liga.

    Kesulitan yang mereka hadapi tampir tak bisa terkatakan. Mereka tidak sekadar meletakkan tim secara berpasang-pasangan, misal Manchester United vs Liverpool, atau West Ham vs Arsenal, tapi juga menentukan kapan waktu pertandingan.

    Pada saat penentuan laga inilah para penyusun jadwal menghadapi kesulitan. Mereka harus mempertimbangkan permintaan klub semua divisi, dan menghindari kemungkinan munculnya keluhan. Lebih rumit lagi, permintaan dari setiap klub melulu berdasarkan pertimbangan komersial.

    Sebagai contoh, Liverpool dan Everton -- dua tim sekota -- kerap meminta laga kadang mereka melawan tim-tim lain tidak pada pekan yang sama.

    Untuk Piala Liga, misalnya, West Ham dipertemukan dengan Dagenham dan Redbridge. Untuk alasan revenue, Southend meminta mereka tidak memainkan laga kandang pada saat West Ham menghadapi lawannya di Upton Park, karena berdampak serius pada jumlah penonton.

    Southend bermarkas di Essex, sama dengan Colchester. Keduanya tidak bisa bermain pada hari yang sama. Colchester berbagi tempat dengan Ipswich, sehingga keduanya juga akan meminta tidak memainkan laga kandang bersamaan pada pekan yang sama pula.

    Dengan katan lain, ketika West Ham bermain di kandang, klub-klub lain di wilayahnya harus bermain sejauh 108 mil dari tempat mereka. Yang memusingkan, London memiliki 12 klub profesional.

    Kompilasi jadwal pertandingan dilakukan bersama antara Liga Primer dan Liga Sepakbola. Keseluruhan proses dimulai setelah FIFA dan UEFA merilis kalender pertandingan untuk satu tahun ke depan, sedangkan pengerjaan dilakukan pada bulan terakhir musim sebelumnya.

    Liga Sepakbola mengirim daftar pertanyaan kepada semua klub pada Maret. Saat itulah klub-klub mengajukan permintaan akan tanggal-tanggal tertentu yang ingin dihindari, dan tim-tim mana yang mereka ingin hadapi pada saat-saat tertentu.

    Daftar pertanyaan ini juga dikirim ke pihak kepolisian. Ini merefleksikan kepedulian mereka akan isu-isu tertentu, untuk menjamin pertandingan-pertandingan besar tidak berbenturan dengan event besar tertentu di sebuah kota.

    Selama masa ini, figur utama dalam proses penyusunan ini adalah Glen Thompson dari Atos Origin -- sebuah perusahaan jasa IT internasional. Ia menyebut proses awal pengerjaan ini sebagi sequencing.

    Selama hampir satu tahun Glenn bekerja di sebagai profesional IT di Skotlandia, tapi dia juga terlibat dalam kompilasi jadwal pertandingan sejak 1993/1994. Ia menggambarkan tugas ini sebagai enormous puzzle dan pekerjaan musim panas.

    Sequencing, atau pentahapan, melibatkan pemetaan terhadap hari-hari seluruh jadwal akan ditempatkan, dan pertandingan kandang dan tandang tertentu yang setiap tim inginkan.

    Ada aturan pentahapan, sebagai contoh klub tidak boleh memainkan laga kandang lebih dari dua kali berturutan. Lainnya, satu pentahapan harus memperhatikan kondisi finansial klub-klub divisi bawah. Contoh, laga tandang klub-klub papan bawah tidak boleh terlalu jauh dari kandang.

    Namun yang paling sulit adalah memasukkan seluruh jadwal ke dalam kalender.

    Paul Snellgrove adalah petugas penyusun jadwal Football League. Meski telah sekian lama bekerja, Snelgrove kerap menghadapi kesulitan. Bahkan inilah pekerjaan paling rumit dalam hidupnya.

    Meningkatnya jadwal kompetisi antarklub Eropa, terlebih dengan dimulainya Liga Europa pada musim depan, memakan ruang yang tersedia untuk laga pershabatan internasional dan kualifikasi Piala Dunia.

    Musim depan juga akan diikuti gelaran Piala Dunia, sehingga kompetisi harus berakhir lebih dini. Final Liga Champions musim depan akan berlangsung hari Sabtu, dan harus dimainkan ketika jadwal Liga Primer kosong.

    Dengan segala keterpaksaan, final play-off Divisi Championship musim depan dipecah ke dalam dua pekan, dengan final bersamaan dengan laga puncak Liga Champions.

    Ada pula sepuluh ronde tengah pekan dalam jadwal Championship, enam League One dan League Two, dan empat di Liga Primer. Selain itu masih ada Piala FA, Piala Liga, dan Johnston's Paint Trophy.

    Proses pentahapan memberi Thompson sepuluh hari pada tahun ini. Ketika musim berakhir, dia menempatkan klub-klub yang telah dipasangkan ke dalam grid dan mulai melihat daftar permintaan dari klub dan polisi.

    Snellgrove memperkirakan ada kira-kira 90 pasang tahun ini, dari Liga Primer dan klub-klub Football League. Kira-kira 80 persen permintaan laga home and away dari klub-klub terakomodasi.

    Dia juga secara manual menentukan jadwal untuk Boxing Day dan 28 Desember, untuk meminimalkan jauhnya jarak yang harus ditempuh fans. Namun komputer tidak punya konsep jarak antar stadion.

    Thompson memasukkan semua informasi ke dalam program di laptop-nya. Metodologi ini diciptakan tahun 1982, dan diperbarui satu dekade lalu. Semula pekerjaan dengan kompeter memakan waktu hampir satu malam. Saat ini hanya menghabiskan waktu lima sampai sepuluh menit.

    Lima hari setelah final play-off Championschip, Thompson mengeluarkan draf jadwal pertamanya. Dari situ, ia harus melakukan permbaikan dan perbaikan, dan Thompson harus kembali ke depan komputernya 30 sampai 40 kali untuk mencoba memperbarui daftarnya.

    Pegerjaannya memperhitungkan sejumlah isu, salah satunya fixtur senstif dimainkan di pekan pembuka atau pekan terakhir musim, serta kemungkinan pertandingan derby dilaksanakan di tengah pekan.

    "Ada sejumlah besar informasi. Saat ini jadwal tetap telah keluar, dan hanya tuhan yang tahu berapa kali akan terjadi perubahan," katanya.

    Pekan lalu, misalnya, Thompson berkunjung ke Preston untuk membicarakan perbaikan jadwal. Setelah itu, proses perbaikan berlangsung pada hari-hari berikut.

    Thompson mengatakan dirinya melakukan pekerjaan ini karena menikmatinya, dan memberikan kepuasan. Namun dia pasti sangat menderita.

    Sebagai contoh, setiap kali sebuah jadwal pertandingan diubah, sedikitnya tujuh fixture ikut berubah pula, dan mempengaruhi 48 pertandingan lainnya.

    Ian Todd, presiden Federasi Pendukung Sepakbola, membicarakan jadwal yang dibuat Thompson. Dia keberatan Morecambe bermain di Dagenham dan Rdbridge di tengah pekan. Mereka mencoba mengubah jadwal, tapi diketahui berdampak negatif terhadap banyak pertandingan lain yang.

    Terakhir, pembicaraan jadwal kalender tahun ini berlangsung Sabtu lalu. Kali tidak hanya Todd, Thompson, dan Snellgrove, yang hadir tapi juga perwakilan Liga Primer dan Football League, serta orang-orang dari klub papan atas, Championship, League One dan League Two.

    Setelah itu ada juga pertemuan dengan berbagai kepala polisi dan Kepolisian Transportasi Inggris. Ada persoalan yang tidak pernah terlintas di benak orang. Yaitu masalah logistik, seperti banyaknya fans dari klub tertentu yang membanjiri salah satu stasiun di London di akhir pekan.

    Snellgrove yakin tidak semua orang senang dengan jadwal yang telah disusun, tapi jika ada klub tertenu yang permintaannya tidak terakomodasi, dia bisa menjelaskan.

    Thompson terkadang memiliki mimpi buruk dengan pekerjaan ini, tapi selalu berharap menghasilkan jadwal yang seimbang dan netral. Dia mengakui jadwal musim ini tidak akan menjadi yang terbaik, tapi juga tidak terlalu buruk.

    Tidak hanya itu, Snellgrov masih harus meladeni permintaan klub yang menginginkan pemindahan hari pertandingan. Klub tidak bisa memindahan game tandang dari alokasi akhir pekan, tapi mereka bisa menggantinya dengan hari lain.

    Cheltenham, misalnya, sering memainkan laga tandang pada hari Jumat, ketika berbenturan dengan lomba balap kuda.
     
    • Thanks Thanks x 4
    • Like Like x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. w3nz M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 5, 2009
    Messages:
    309
    Trophy Points:
    116
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,546 / -0
    ternyata susah n capek juga ya
     
    • Like Like x 2
    • Thanks Thanks x 2
  4. lucielle M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 29, 2009
    Messages:
    310
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +24 / -0
    wah, prosesnya panjang n rumit banget
    orang2 yg menyusun jadwal bener2 memperhatikan kepentingan semua klub
    ngga cuma klub2 besar aja
    nais info
     
  5. faith M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 28, 2008
    Messages:
    500
    Trophy Points:
    126
    Ratings:
    +2,032 / -0
    Oh ternyata mempertimbangkan bnyk hal ya klo nyusun jadwal.gw kira sistemnya random gt.:lol:
     
  6. pamungkasXigit M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 27, 2009
    Messages:
    142
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +10 / -0
    rumit juga ya ngga kaya game di PS2
     
  7. darkojax M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 13, 2008
    Messages:
    292
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +596 / -0
    gak semudah yang di bayangkan jadi :onion-82:
     
  8. doubledoank M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    May 31, 2008
    Messages:
    2,056
    Trophy Points:
    132
    Ratings:
    +1,297 / -0
    ya menyusun jadwal pertandingan emang rumit........

    dan biasanya bukan cuma 1 liga yang musti diurus, itali misalnya punya seri a,b,c dan d....

    bayangkan berapa banyak jadwal pertandingan yang harus di urus.......
     
  9. kudetaotak M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 25, 2009
    Messages:
    4,506
    Trophy Points:
    226
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +6,969 / -0
    weleh-weleh, :onion-82:

    mpe sedetail itu nyusunnya...

    kapan indonesia bisa niru yach... :onion-57:
     
  10. oraDonk M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jul 21, 2009
    Messages:
    5,836
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +53,130 / -0
    bisa2 BLI gak jadi maen gara2 kelamaan nyusun jadwalnya nih...
     
  11. Riizent M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Dec 15, 2008
    Messages:
    378
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +105 / -0
    widih gw scroll ke bawah masih panjang ternyata @_@, ga bisa tulisin prosedurnya poin2 gt?

    btw, gw kira ngatur jadwalnya random :P
    wah ternyata tim bisa minta jadwal kapan mw ketemu siapa y

    blom ada software khususnya nih ?
     
  12. SE7EN M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 13, 2009
    Messages:
    2,377
    Trophy Points:
    147
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +892 / -0
    Nice info mod! Pengetahuan gini seharusnya bisa banget kepake di Indonesia tercinta. Tahun lalu BLI juga menurut gw udah agak lumayan ngaturnya, seingat gw laga di tanah Papua pasti 2 kali berturut supaya tim2 ISL gak mubazir biaya bolak-balik ke Papua.
    Masalahnya paling kyk kemaren itu paling di masalah perizinan kepolisian ama bentrok masa kampanye ma pemilu. Sebaiknya BLI kyk contoh di Inggris melibatkan kepolisian dalam perumusan jadwal bukan hanya sebagai pengawal pertandingan
     
    • Thanks Thanks x 1
  13. dandoen Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 13, 2009
    Messages:
    24
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +4 / -0
    BLi nyusun jadwal pake suit kaynya:P
     
  14. vresh M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 9, 2008
    Messages:
    426
    Trophy Points:
    67
    Ratings:
    +146 / -0
    kebyang deh repotnya nyusun jadwal..
    :hot::hot:
    blum lg klo ada permintaan dari klub, atau tv yg megang hak siar,.
    bisa tmbah brabe tuh..

    mdh2an indonesia bisa cepet ngeadaptasiin..
     
  15. kun20 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 18, 2009
    Messages:
    327
    Trophy Points:
    66
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +255 / -1
    BLI emang masih harus banyak belajar

    gimana ceritanya ada tim bisa libur sampe 2 bulan trus begitu maen dalam 1 minggi 3x tanding
     
  16. herdiar Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 10, 2009
    Messages:
    25
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +6 / -0
    ayo bli dicontohlah..
    inggris yang punya seabrek liga aja bisa berhasil..
    koordinasinya lebih mantapp..
     
  17. justiseng M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 29, 2009
    Messages:
    178
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +7 / -0
    Ternyata nyusun jadwal gituan luar biasa rumit.
    Mantap banget orang yang selama ini bisa nyusun jadwal kek gitu dah
     
  18. lawlietzzz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 10, 2009
    Messages:
    593
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +484 / -0
    Walah2,,,,pasti ribet tu bikin jadwal untuk beratus-ratus tim,,,,
     
  19. Aragon81 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 25, 2008
    Messages:
    1,633
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +4,958 / -0
    BLI sih susah mo gitu...
    kayaknya gak mo pusing BLI kita nih...

    mana Polisi gak bisa diajak kompromi
    massa takut sama pertandingn bola
    pake dilarang segala maen
     
  20. Lez M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 3, 2009
    Messages:
    247
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +25 / -0
    musti pinter statistik nih

    swt da
     
  21. agus_adhe M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 12, 2009
    Messages:
    267
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +28 / -0
    Gemana mau minta bantuan polisi, sedangkan polisinya aja ga liat ke tribun, malah liatin pertandingan sambil Jongkok + teriak teriak.

    BLI kalo udah mapan mungkin bisa kayak gitu deh, kita tunggu aja.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.