1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Dismiss Notice
  7. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  8. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Other Rahasia Mengapa Orang Bisa Berjalan di Atas Api

Discussion in 'Education Free Talk and Trivia' started by fnur32, Jul 24, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. fnur32 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 30, 2010
    Messages:
    280
    Trophy Points:
    152
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,304 / -0
    [​IMG]Aksi atau permainan berjalan di atas bara api tanpa mengalami luka sudah sering kita lihat. Ada dugaan orang-orang yang melakukan itu menggunakan sihir karena tubuhnya tidak hangus berjalan di atas api.

    Tapi ada penjelasan ilmiah kenapa seseorang bisa berjalan di atas bara api tanpa terbakar?

    Yang pertama, kebanyakan aksi berjalan di atas api mengggunakan api yang berasal dari potongan kayu.
    Potongan-potongan kayu ini terdiri dari banyak senyawa karbon, beberapa molekul organiknya mudah menguap termasuk menguapkan air.

    Molekul organik ini akan mudah untuk menguap jika dipanaskan, karena panas yang dikeluarkan oleh api akan menguapkan semua senyawa organik volatil (mudah menguap) dan juga air. Sehingga yang didapatkan hanya senyawa karbon yang hampir murni dan karbon adalah merupakan salah satu unsur yang ringan.

    Struktur dari karbon ringan merupakan penghantar panas yang buruk, sehingga dibutuhkan waktu yang relatif lama untuk mentransfer panas dari bara ke kulit seseorang.

    Tapi jika bara yang dihasilkan berasal dari bahan logam, maka perpindahan panas akan terjadi dalam waktu seketika dan seseorang akan mendapatkan luka bakar parah.

    Kedua, abu yang dihasilkan dari proses pembakaran juga bisa bertindak sebagai penghambat panas atau lapisan isolator, sehingga perpindahan panas ke kulit seseorang akan menjadi lebih lambat.

    [​IMG]

    Bukan berarti tidak mungkin terbakar sama sekali, karena perpindahan panas masih bisa terjadi. Jika seseorang berdiri diam di atas bara selama beberapa waktu, maka orang tersebut pasti akan mendapatkan luka bakar yang cukup serius.

    Namun jika seseorang membatasi kontak kulitnya dengan bara api misalnya dalam jangka waktu yang sangat singkat atau berjalan dengan cepat, maka kaki tidak akan mendapatkan panas yang cukup untuk membakar kulitnya.

    Itulah kenapa aksi-aksi berjalan di atas api memang tidak membuat seseorang terbakar. Tapi memang tidak mudah melakukannya dan dibutuhkan keahlian tertentu.

    Luka bakar sendiri akan terjadi jika tubuh terpapar oleh suatu zat yang bersuhu tinggi dan salah satu penyebab utama kecelakaan luka bakar adalah terpapar api.

    Berdasarkan derajat kerusakan jaringan, maka luka bakar dibedakan menjadi 3 tipe, yaitu:

    * Luka bakar derajat 1, yakni kerusakan pada lapisan epidermis yang ditandai dengan bengkak ringan di daerah tersebut, kulit kemerahan dan luka lecet.
    * Luka bakar derajat 2, yakni kerusakan meliputi epidermis dan sebagian dermis (lapisan kulit yang lebih dalam), timbul rasa nyeri, infeksi dan terkadang dehidrasi.
    * Luka bakar derajat 3, yakni kerusakan meliputi seluruh lapisan dermis, mengenai lapisan otot dan tulang serta terjadi infeksi.

    sory kalo :repost::piss::piss:
     
    • Thanks Thanks x 8
    • Like Like x 5
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. Will M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 14, 2010
    Messages:
    1,934
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +3,280 / -0
    ternyata ini rahasianya, udah ga terkagum kagum lagi deh kalo liat yang begini

    tapi walaupun begitu masih diperlukan skill untuk menghindari luka bakar serius :rokok:
     
  4. dark_kiva M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 5, 2010
    Messages:
    479
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +660 / -0
    oh gitu caranya, pantesan pakenya kayu bakar terus. kalo caranya cuma gitu mah, ane juga bisa
     
  5. simomone M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 27, 2009
    Messages:
    3,523
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +37,183 / -0
    o gitu to rahasianya :top:

    jadi bola api juga rahasianya sama kayak ini ya, pengen coba juga ah kapan-kapan :hehe:
     
  6. croosword Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 19, 2009
    Messages:
    12
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    gw pnh liat temen gw kakinya bengkak gr2 nyobain...
     
  7. gravitazy M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 19, 2010
    Messages:
    481
    Trophy Points:
    92
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +962 / -0
    apa benar bro,,,dah pernah coba,,,,,???
    wa rasa itu cuma perhitungan teori aja,,,
     
  8. zakainiwak M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 5, 2009
    Messages:
    1,290
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +25,784 / -0
    kalo gak ada pendamping dan tidak berpengalaman diharapkan untuk tidak mencoba adegan ini...<-- kayak ditipi-tipi:hehe:

    prinsipnya sama kayak maenin api pada lilin dengan jari...
    jadi tidak terlalu panas...:ehem:
    tapi tetep aja kalo kena apinya bulu kaki pada kebkar smua...:lol:
     
    • Like Like x 1
  9. happybratboy M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 11, 2009
    Messages:
    5,240
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +1,348 / -0
    tapi walopun udah tau kaya gini tetep aja ogah disuruh jalan diatas api
    biarin aja itu para pemaen debus yang lakuin
     
  10. clsm0208 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 2, 2009
    Messages:
    149
    Trophy Points:
    41
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +12 / -0
    walau udh tau rahasiany,tp kan butuh skill jg..wktu tu ane pnh liat di tv,emang bkan api seh,tp pisau,kl itu gmn ya?soalny da bule nyoba jg,diblgny cm transfer tenaga dlm doank..
     
  11. ajijayanti M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 20, 2010
    Messages:
    494
    Trophy Points:
    156
    Ratings:
    +3,465 / -0
    emak gw udah bangga aja bisa jalan diatas bara api pas training, ternyata ini to rahasianya.. kasih tau gak y? nanti merusak kesenangan orang tua lagi... hem.. anak emang selalu berada di posisi yang sulit..
     
  12. sunsphoenix M V U

    Offline

    ~Super Cool~

    Joined:
    Oct 5, 2008
    Messages:
    5,736
    Trophy Points:
    192
    Ratings:
    +2,250 / -0
    "Peringatan untuk tidak meniru hal2 berbahaya seperti itu jika tidak terlatih!"

    :piss: jangan coba2 deh, resiko ~_~
     
  13. kouga320 Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 23, 2009
    Messages:
    2,788
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +1,669 / -1
    hayo coba kalo berani..
    saya sih masih ogah.
    jalan aspal jam 1 siang aja panas.
    ini malah bara api.
     
    • Like Like x 1
  14. propassive Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 8, 2010
    Messages:
    115
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +3 / -0
    biarpun ud tw cara na, tp kn tetep aj masih rada takut bwat cobain...
     
  15. DeidaraNaruto M V U

    Offline

    Jiae Lovelyz

    Joined:
    Jul 12, 2009
    Messages:
    1,496
    Trophy Points:
    192
    Ratings:
    +983 / -0
    betul betul betul...
    butuh pendamping untuk nyobain ini...
    klo maen bola api gimana ya?? :???:
    ada rahasianya??
     
  16. KuroxZero Veteran

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 8, 2010
    Messages:
    907
    Trophy Points:
    121
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +796 / -0
    patut dicoba,
    tapi kalo belum ahli pasti bisa lecet2 tu kaki.
    mending nonton orang yg jalan di atas bara aja d :piss:
     
  17. demonsword Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 16, 2009
    Messages:
    86
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +16 / -0
    ternyata ini rahasianya, udah ga terkagum kagum lagi deh kalo liat yang begini
     
  18. nakamura197 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 30, 2009
    Messages:
    552
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +499 / -0
    ini bukannya tergantung berapa cepat kita berjalan kan? semakin sedikit kontak kita dengan bara api tersebut, efek terbakarnya juga akan lebih sedikit, kalo nginjeknya lama2 juga pasti kebakar...
     
  19. leedantae Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 18, 2010
    Messages:
    64
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +10 / -0
    woooh gitu toh caranya...
    tapi kalo iseng2 coba ntar kenapa2 ga ya? rada ngeri juga nih haha
     
  20. verth Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 7, 2009
    Messages:
    214
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +467 / -0
    berarti sekarnag kalo ada yg nyombong bisa jalan di atas api, bisa di bungkam dengan di suruh jalan di atas api yg berasal dari logam dan bukannya dari material organik... wkwkwkwkw...
    ayo.. sapa yg mau nyoba jalan di atas api???
     
  21. lovepand4 Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 18, 2009
    Messages:
    383
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +9 / -0
    kirain orang2nya pada sakti dari awal :hehe:

    jadi tetep dont try this at home :elegan:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.