1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Info Rahasia Dibalik Nomor KTP Indonesia

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by Hhmm, Apr 21, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Hhmm M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 21, 2009
    Messages:
    2,089
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +9,054 / -0
    Bagi kamu yang telah berumur 17 tahun atau lebih pasti kamu telah memiliki atau paling tidak telah mengetahui apa itu KTP (Kartu Tkamu Penduduk). Tapi mungkin kebanyakan dari kamu belum mengetahui kalau hanya dari nomor yang terdapat di KTP kamu, dapat menunjukkan dengan pasti dimana kamu tinggal, jenis kelamin kamu dan tanggal lahir kamu. Hanya dari nomor saja tanpa melihat keterangan lain yang terdapat pada KTP kamu.

    [​IMG]

    Nomor KTP, disadari ataupun tidak, merupakan nomor yang begitu penting bagi warga Indonesia. Mungkin nomor KTP kamu lebih penting bila dibandingkan nomor rekening bank kamu. Tiap ada formulir yang mesti diisi oleh masyasarat, biasanya ada kotak tempat pengisian nomor KTP, entah itu formulir untuk penggantian kartu ATM, membuka rekening bank, membuat SIM ataupun formulir yang lain. Singkatnya, nomor KTP sangat penting bagi kita semua sebagai warga Negara Indonesia.

    Nomor KTP yang kita miliki mempunyai 16 digit bilangan yang tersusun sebagai berikut:

    Code:
    PPKKCC.HHBBTT.RRRR
    Keterangan Nomor KTP

    Code:
    PP adalah nomor kode Provinsi tempat dimana diterbitkannya KTP.
    KK adalah nomor kode Kabupaten/Kota tempat dimana diterbitkannya KTP.
    CC adalah nomor kode Kecamatan tempat dimana diterbitkannya KTP.
    
    HH adalah tanggal hari lahir dari pemilik KTP.
    BB adalah bulan lahir dari pemilik KTP.
    TT adalah tahun lahir dari pemilik KTP.
    
    RRRR adalah nomor registrasi yang tertera saat pengajuan pembuatan KTP (Register Number).
    Nomor kode wilayah baik Provinsi, Kabupaten/Kota dan Kecamatan, masing-masing diambil dari nomor kode wilayah yang berdasarkan sistem klasifikasi dari Badan Pusat Statistik (BPS). Jadi misalkan, bila kamu mengajukan permohonan pembuatan KTP di kecamatan Menteng, Jakarta Pusat. Maka 6 digit pertama pada nomor KTP kamu adalah 317302. Dimana angka 31 menunjukkan kode wilayah Provinsi D.K.I. Jakarta, selanjutnya angka 73 menunjukkan kode wilayah Kota Jakarta Pusat dan angka 02 menunjukkan kode wilayah Kecamatan Menteng.

    6 digit selanjutnya yang bertanda HHBBTT adalah tanggal, bulan dan tahun lahir dari pemegang KTP. Untuk 2 digit HH yang menunjukkan tanggal kelahiran terdapat sedikit perlakuan khusus. Dimana bila pemegang KTP adalah wanita maka tanggal lahirnya akan ditambahkan dengan 40. Alasan ditambahkan angka 40 adalah agar memberi perbedaan yang jelas. Dengan jumlah hari dalam satu bulan yang maksimal berjumlah 31, maka diambil bilangan yang lebih besar dari itu untuk memberikan perbedaan yang jelas. Misalkan jika ditambah dengan angka 20, seorang perempuan yang lahir di tanggal 5 jika ditambahkan 20 akan menjadi 25 yang akan rancu dengan seorang laki-laki yang lahir pada tanggal 25.

    Sedangkan angka yang diambil untuk bagian TT adalah 2 digit terakhir dari tahun kelahiran pemegang KTP. Jadi bila pemegang KTP lahir pada 17 Agustus 1975 maka enam digit HHBBTT akan tertulis dengan angka 170875 bila ia laki-laki dan 570875 bila ia seorang perempuan.

    4 digit terakhir bertanda RRRR adalah nomor registrasi. Ini adalah nomor yang tertera saat pengajuan pembuatan KTP. Nomor inilah yang menjaga agar tidak ada 2 orang yang yang tinggal di daerah yang sama serta memiliki jenis kelamin dan tanggal lahir yang sama mempunyai nomor KTP yang sama. Jadi kalau misalnya setelah si A terdaftar, ternyata ada orang lain lagi di Kecamatan tersebut yang ternyata mempunyai tanggal, bulan dan tahun yang sama persis dengan si A dan berjenis kelamin yang sama pula maka dia akan mempunyai nomor registrasi yang berbeda untuk membedakannya dengan si A.

    Bagi kamu yang ingin mengetahui kode wilayah Kecamatan, Kabupaten/Kota dan Provinsi tempat dimana kamu tinggal, kamu dapat melihat langsung di Daftar Kode Wilayah ini setelah mendownloadnya. Mungkin akan terdapat sedikit perbedaan karena data tersebut adalah data tahun 2008. Seperti kita ketahui banyak pemekaran wilayah yang terjadi akhir-akhir ini, yang mungkin saja menyebabkan perbedaan data tersebut dengan data pada saat ini.

    Klik untuk download Daftar Kode Wilayah

    SUMBER
     
    • Thanks Thanks x 9
    • Like Like x 5
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. F3nr1r M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 12, 2010
    Messages:
    479
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +131 / -0
    Jadi yang jadi kode2 aneh di KTP kita itu gunanya buat ini ya
    kupikir cuma jadi kode biasa doang
     
  4. matsuyuki M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 2, 2010
    Messages:
    1,226
    Trophy Points:
    126
    Ratings:
    +643 / -0
    ane dah tw...
    tpi bagian depn lom tw bgd
    thx buad infony
     
  5. michaelfabregas M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Dec 7, 2010
    Messages:
    24,855
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +4,340 / -0
    asli klo yang ini gw baru tau...

    tp temen gw ada yang punya KTP sampe 6 biji...

    jd sepertinya penomeran pda KtP cuma formalitas...

    :hihi:
     
  6. shinigamidika MODERATOR

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 26, 2010
    Messages:
    16,159
    Trophy Points:
    237
    Ratings:
    +76,349 / -0
    yg bikin nomernya mikirnya kaya gimana tu...
    ane ja gak hafal ma nomor ktp ane sendiri...
    jarang ane bawa..:hehe: ane tinggal dirumah terus...
     
  7. licerbanyakgaya M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 2, 2011
    Messages:
    250
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +170 / -0
    ktp ane ilang terus... ga cocok kelihatannya jadi WNI :sigh:
     
  8. dark_chris M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 22, 2008
    Messages:
    2,108
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +4,081 / -0
    o gt toh maksd nya...

    bbrp digit c ane uda taw..

    hehe...
     
  9. nunoo Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 9, 2009
    Messages:
    21
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    hehe baru tau...pantesan nomernya panjang beudddd
     
  10. s_idrive M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 3, 2010
    Messages:
    1,141
    Trophy Points:
    226
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +23,413 / -1
    :TOP: info gan,, jadi ini toh scret code di KTP ..:iii:
     
  11. exlite69 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 30, 2011
    Messages:
    1,514
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,575 / -0
    yah memang seperti itu sih.. sesuai perkiraan saya.. :boong:
    sama kaya nomer mahasiswa.. hehe
    soalnya ga mungkin klo nomer identitas semacam ini ditulis acak, ntar kn ujung2nya bisa susah buat bikin index nya..
    CMIIW :peace:
     
  12. albarnevans Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 19, 2010
    Messages:
    237
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +33 / -0
    Nice info gan..
    Mungkin bsa sedikit membantu bila ingin membuat KTP palsu,
    *jk..
     
  13. satbud M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 4, 2010
    Messages:
    306
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +95 / -0
    :lol:
    aku yang taunya HH BB TT duank,.
    selebihnya ndak tau angkanya apaan,.
    btw :niceinfo:
     
  14. rahmadpoetra M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 20, 2010
    Messages:
    554
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,382 / -0
    3 bulan lagi ane bikin KTP....
    ntar dicoba liat di KTP ane ntar.... :hehe:
     
  15. perfectsins Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 6, 2009
    Messages:
    71
    Trophy Points:
    41
    Ratings:
    +683 / -0
    nais inpo gan
    thanks
     
  16. R0ckbell Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 15, 2009
    Messages:
    334
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +30 / -0
    kalo yang tanggal lahir udah ada feeling...yang 4 angka belakang sama akhir baru tahu.
    thanks gan
     
  17. bangbrengos Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 7, 2010
    Messages:
    298
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +31 / -0
    wah, gw uda tau kk..
    jadi penomoranya menggunakan basis tempet tinggal, yang mana menurut gw ga efektif. soalnya kalo pindah2 alamat musti ganti2 ktp juga. alhasil banyak orang yang punya ktp lebih dari 1.
    kalo menurut gw si bagusan penomoran NIK berdasarkan tanggal dan tempat kelahiran. kalo gitu kan walo kita pindah2 alamat tinggal, nomor KTP g bakalan berubah, g perlu ganti2 ktp.
    CMIIW
     
  18. superbenjo M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 9, 2010
    Messages:
    2,443
    Trophy Points:
    146
    Ratings:
    +1,403 / -0
    nais inpoh gan
    jadi gitu toh ceritanya

    cendol send dah
     
  19. SetaSouji M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 7, 2009
    Messages:
    2,867
    Trophy Points:
    242
    Ratings:
    +7,308 / -1
    srius ada 6 :kaget:

    buat apaan :???:
     
  20. Deztro M V U

    Offline

    박보영 팬

    Joined:
    Apr 3, 2010
    Messages:
    5,493
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +28,535 / -0
    OMG sepenting itu rupanya nomor ktp, waduh2 mesti dijaga baik2 dah nih ktp :elegan:
     
  21. Roswell M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 4, 2009
    Messages:
    2,737
    Trophy Points:
    226
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +6,071 / -0
    sebenarnya pemformatan seperti itu biar enak entar klo masuk database komputer biar teratur.

    cuman klo di indonesia ya karena sistem KTP yang terkomputerisasi masih cuman mimpi jadi ya beginilah, 1 orang bisa punya banyak KTP
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.