1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Discussion Psychology Around Us

Discussion in 'School and Campus Zone' started by hell_pumpk1n, Mar 1, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. hell_pumpk1n M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Dec 18, 2009
    Messages:
    208
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +12 / -0
    Thread ini sebenarnya dibuat bg bro & sis yang berminat dgn psikologi. Bro & sis sekalian blh menanyakan ttg istilah2 psikologis yang sering didengar. Gw akn berusaha menjawab (tapi sebelumnya mohon maaf y klo jwbannya kurang berkenaan, soalnya gw jg msh belajar) :peace:

    Sebelumnya mungkin tmn2 sering dengan tentang Psikologi, tapi apakah anda sekalian sudah mengetahui apa sebenarnya psikologi itu?

    Sharing dikit ya, waktu gw br mulai kuliah di fak. psikologi, gw sering ditanyain "kuliah jurusan apa?". Klo gw jb psikologi, pasti responnya kira2 begini : "wah, bisa baca kepribadian/sifat org dnk" atau "berhubungan dengan org gila dnk" :dots:

    Nah, sebenarnya psikologi itu bukan sebatas ngurusin orang sakit jiwa. Malah di Indonesia, yang banyak bekerja di rumah skt jiwa itu psikiater bukan psikolog. Psikologi itu sebenarnya cakupannya cukup luas. Di luar negri bahkan ada yang namanya sport psychology. Di Indonesia sendiri beberapa cabang ilmu yang ada di universitas2 itu :
    1. Psikologi Klinis : ini dibagi dua lagi, klinis dewasa sm klinis anak. Yang klinis dewasa itu bahasannya tentang orang gangguan kepribadian, depresi, fobia dsb. Klo yg anak itu, segala macam gangguan mental pada anak cthnya autis, ADHD dll.
    2. Psikologi Pendidikan : ini berhubungan dengan segala sesuatu dalam bidang pendidikan
    3. Psikologi Sosial : mengenai segala macam fenomena sosial cth KDRT, anak jalanan dll
    4. Psikologi Industri & Organisasi (PIO) : yg ini yg plg populer & byk peminatnya. Bahasannya tentang segala sesuatu ttg organisasi cth training, motivasi kerja dll
    5. Psikologi Umum & Eksperimen (Umeks) : yg ini ttg sgl sesuatu yang berbau eksperimen

    Trs, klo mslh bs bc kepribadian org atau ngak, dosen gw sering blg : "Kita ini bukan ahli nujum" :hahai:

    nah, bt tmn2 yg pny prtanyaan sehub dgn psikologi slhkn dtnykn, akan gw jb sebisanya,tq
     
    • Thanks Thanks x 2
    • Like Like x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. blackyway22 M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Sep 24, 2009
    Messages:
    2,002
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +10,424 / -0
    hahahah mungkin pertanyaan mendasar aja ya bro maklum awam.. apa bedanya psikiater ama psikolog.. maklum ane awam sama soal kejiwaan :swt:
     
  4. qwertyopen Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 15, 2010
    Messages:
    92
    Trophy Points:
    6
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +10 / -0
    Psychology masalah bsar d Indonesia....
    :ehem:
    Terutama no.2 dan 3, 4, 5, gak ketinggalan no.1 :bingung: Haaah semuanya masuk...:panik::sedih:
     
  5. qwertyopen Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 15, 2010
    Messages:
    92
    Trophy Points:
    6
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +10 / -0
    Haaah ane tau tu bos
    Beda Psikiater ama Psikolog
    Psikiater itu profesinya nah kalo Psikolog itu ilmunya/bidangnya, klo gak salah
     
  6. hell_pumpk1n M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Dec 18, 2009
    Messages:
    208
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +12 / -0
    mendasar tapi penting XD

    bedanya, psikiater itu dr cabang ilmu kedokteran, kmdn ambl spesialis kejiwaan, jadilah dia psikiater. berhubung dr kedokteran, pastinya psikiater itu bs ngasih treatment obat2an.
    klo psikolog, dr cbg ilmu psikologi, klo ngambil s2 jd psikolog. Psikolog ngak blh ngasih obat, biasanya treatmentnya berupa konseling.

    psikologi itu mencakup hmpr smua aspek kehidupan manusia, mulai dari keluarga, pendidikan sampai kesehatan. klo psikiatris kebanyakan ngurusin masalah gangguan mental (mslh kesehatan doank)

    semoga bs membantu:peace:
     
  7. ichayanami M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 27, 2010
    Messages:
    1,623
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +6,162 / -0
    ane mau nanya gan...
    kalau ada yang bilang, semua orang di dunia pasti memiliki symptom2 yang bisa membuat dia mengalami ganggu kejiwaan.
    pendapat TS gmn?
     
  8. joonajoonajoona Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 7, 2012
    Messages:
    85
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +47 / -0
    sedikit memberi penjelasan kpd ichayanami..sblm itu perlu ngerti kalo gangguan kjiwaan banyak sekali macamnya kalo dlm bhsa psikologi tiap gangguan jiwa byk skali diagnosisny..jd tdk smua org dgn gangguan jiwa itu bisa dbilang gila....ya setiap individu "bakat" utk mengalami neurosis..Neurosis=kecemasan=slh 1 gangguan jiwa jg..kalo tanda2/gejala kecemasan, tiap orang pasti ada,,hanya beda2 faktor n tingkatanny..smoga bs terjawab...makasih..
     
  9. ichayanami M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 27, 2010
    Messages:
    1,623
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +6,162 / -0
    jadi cara mencegah "bakat" untuk mengalami neurosis,
    bgmn gan?

    pertanyaan ane lagi, minimal brp diagnosa baru seseorang dikatakan mengalami gangguan kejiwaan?
     
  10. mastemind05 M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    May 20, 2008
    Messages:
    10,044
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +25,721 / -4
    tanya dunk...
    agak awam sori kalo agak rancu bahasanya...

    apakah seorang psiakiater pastinya seorang psikologi?
    apakah seorang psikiater memiliki gelar? dan bila iya gelarnya apa?
    apakah untuk buka praktek harus memiliki ijin? spt biasanya ijin dokter umum?

    trus soal konsultasi ato apa istilahnya therapy...
    ada brp jenis terapi?
    tahapan2 untuk psikiater biasa gimana?
    konsultasi, terapi, sembuh ato langsun terapi tanpa perlu konsultasi dulu?
    sekali terapi biasanya singkat ato tergantung pasien? 30 menit per sesi dsb...

    trus tarif...
    seorang psikiater menerapkan tarif dasar biasa berapa? cara perhitungannya gimana?
    mungkin gk bila kita datang telat dan terapi cuman 15 menit tapi tarifnya sama kek ful terapi?
    terapi itu terus menerus ato harus selang seling?

    ada bbrp pertanyaan aja yg mo tau prosedur resminya gimana...
     
  11. ichayanami M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 27, 2010
    Messages:
    1,623
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +6,162 / -0
    Saya coba jawab yah...

    seorang psikiater adalah dokter yg mengambil spesialis kejiwaan...dimana psikiater bisa memberikan obat kepada pasien, sedangkan seorang psikolog adalah mahasiswa psikologi yang mengambil S2 magister profesi psikologi....
    dan jika ada mahasiswa psikologi yg mengambil S2 science maka dia tdk boleh menggunakan titel psikolog...

    jika seorang psikolog ingin membuka praktek, dia harus mengajukan permohonan izin buka prakter ke Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI)...
    jika diterima, maka psikolog tsb bisa membuka praktek...

    psikolog tdk memiliki kewenangan untuk memberikan obat tapi memiliki keahlian dalam memberikan terapi...
    sebenarnya seorang psikiater, bisa juga memberikan terapi...
    tetapi seorang psikolog umumnya, lebih mendalami masalah psikoterapi...

    biasanya dimulai dari sesi konsultasi dulu dengan tujuan psikolog bisa mengumpulkan data-data awal...
    konsultasi biasanya dilakukan beberapa kali...
    setelah data sudah lengkap, maka psikolog akan menganilisis data tsb, sehingga psikolog bisa mengetahui gangguan kejiwaan yang dialami.

    beberapa gangguan kejiwaan bisa disembuhkan lewat terapi...
    namun, tergantung sama gangguan kejiwaan yg dialami...
    jika gangguan kejiwaan tergolong berat, maka akan membutuhkan waktu yg lama dalam proses pengobatannya...
    bahkan, psikolog bisa meminta bantuan psikiater untuk memberikan obat...
    tapi...
    dalam proses terapi, psikolog berperan sbg perantara...
    dimana psikolog mencoba membantu org yang bersangkutan, mengenal masalah yg dia alami...
    lalu bersama2 mencari jalan keluar untuk menyelesaikan masalah tsb...
    intinya, proses terapi sangat bergantung pada orangnya sendiri...
    jika keinginan untuk sembuhnya kuat, maka proses terapi akan mudah dilakukan...

    namun, salah satu gangguan kejiwaan yg sulit untuk dismbuhkan adalah Schizophrenia...
    knp sulit?
    krn penderita schizophrenia sdh tdk bisa membedakan antara kenyataan dan halusinasinya, sehingga penderita sangat bergantung pada obat...
    dimana obat bisa membuat penderita membedakan kenyataan dan halusinasi...

    kl masalah lamanya terapi, tergantung psikolog dan orang yg brsangkutan
    tp biasanya psikolog menerapkan waktu satu jam sekali terapi...
    namun bisa saja waktu tsb berkurang jika org yg bersangkutan tdk merasa nyaman krn dlm proses terapi sangat dibutuhkan rasa nyaman...

    mengenai tarif...
    bergantung lagi dari psikolognya...
    bergantung juga pada proses terapi yg dilakukan...

    kl mengenai jenis2 terapi...
    bergantung pada psikolognya...
    dan juga bergantung pada gangguan kejiwaan yg dialami krn banyak sekali jenis terapi tapi belum tentu sesuai dgn gangguan kejiwaan yg dialami...

    selain itu, ada 4 aliran besar dalam psikologi dimana keempat aliran tsb memiliki jenis terapi yg berbeda-beda...
    sehingga, bergantung pada aliran mana yg dianut oleh psikolog...

    semoga jawaban ane bisa menjawab pertanyaan agan...
     
    • Thanks Thanks x 2
  12. mastemind05 M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    May 20, 2008
    Messages:
    10,044
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +25,721 / -4
    kira2 dimana kita bisa melihat daftar dokter psikiater/psikolog yg terdaftar di indonesia?
    trus... kalo kita terapi...
    1 sesi 30 menit, tapi karena kita telat sampai dengan 20 menit, bila kita lanjut terapi... apakah tetap 30 menit ato cuman 10 menit sisanya?
    misalkan kita datang lebih cepat 10 menit dari janji, apakah kita harus menunggu sampe waktu kita tiba baru giliran kita? ato bisa langsung masuk?

    :???:
     
  13. ichayanami M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 27, 2010
    Messages:
    1,623
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +6,162 / -0
    sebenarnya sudah banyak psikolog atau psikiater di Indonesia...
    agan domisilinya dimana?

    kl masalah telat datang...itu tergantung lagi kesepakatan klien dgn psikolognya...
     
  14. mastemind05 M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    May 20, 2008
    Messages:
    10,044
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +25,721 / -4
    ooo gitu
    gw di daerah sumut...

    soalne teman gw dl ada ikut konseling...
    padahal udah datang telat nih ceritanya... udah 20 menitan... telatnya...
    tuh psikiaternya suruh masuk, dan mulai terapi...
    tapi baru jalan 5 menit... udahan terapinya...
    katanya waktu yg dialokasikan 30 menit sudah abis...
    sambung aja lain hari...

    :???: emang begitu yah sistemnya?

    trus besoknya datang lebih awal neh 15 menit... dari waktu konseling...
    disuruh tunggu diluar... rumah... sampe waktunya baru dibukain pintu untuk masuk...

    :bingung: kok aneh banget gw liat sistemnya...

    apa emang begitu yah cara konseling...
    sori gk pernah liat secara langsung... cuman gw antarin tuh teman pas di 2 sesi itu...
    agak heran aja gw liatnya...
     
  15. ichayanami M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 27, 2010
    Messages:
    1,623
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +6,162 / -0
    sebenarnya...
    masalah proses konsultasi dan terapi...
    tergantung lagi sama psikolog atau psikiaternya...
    tp ada kode etik psikologi yg mengatur tentang konsultasi dan terapi...

    namun, mungkin saja...ada beberapa psikolog yang melanggar kode etik tersebut...

    kl kasusnya seperti itu...
    coba tanya ke temannya, perjanjian dia dgn psikolog seperti apa?
    apa ada perjanjian tdk boleh telat?
    krn ada juga beberapa psikolog yang menekankan ketepatan waktu...
    so kl klien telat datang, maka waktu konsul atau terapinya berkurang...
     
    • Thanks Thanks x 1
  16. mastemind05 M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    May 20, 2008
    Messages:
    10,044
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +25,721 / -4
    ooo gitu...
    gw juga kurang ngerti...
    cuman yah... jadwalnya... kadang mendadak seingat gw...
    kadang jam 3 siang, kadang jam 5 siang...
    kadang mendadak jam 12 siang :tega:

    bbrp kali gw antarin...
    cuman yah kalo memang sudah telat hingga 20 menit, seharusnya diberitahu kan kalo masuk... cuman ada sisa 10 menit dan 5 menit untuk ikut konseling... dan 5 menit penutup...
    gw merasa teman saya seperti ditipu jadinya...
    konseling 5 menit bayarnya sama... dengan konseling full...
    belum lg sblm waktu konseling gk diperkenankan masuk ke rumah praktek (meski udah sampe di tempat praktek dan gk ada pasien) tetap harus menunggu diluar gerbang. pernah diceritain... jam 6 sore datang konseling, tapi karena belum waktunya disuruh tunggu diluar... padahal hari mulai gelap dan daerahnya sepi... :onfire:

    akhirnya sih gw saranin mending di put on hold dulu konselingnya... wong gw liat kok kesannya gk gitu membantu...
    apalagi gw bincang2 ama dia... dari insiden konseling 10 menit itu...
    gw merasa... kekna bakalan susah beres deh pikirannya kalo baru curhat 5 menit di stop...
    malah yg ada bikin tambah stress... soalne baru cerita 1/2 masalah udah disuruh stop...
    bukannya hal itu akan terus teringat dan menambah beban pikiran?
     
  17. joonajoonajoona Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 7, 2012
    Messages:
    85
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +47 / -0
    kalo menurut saya (yg masih belajar psikologi juga,hehe)..bakat akan kelihatan kalo itu udah tampak..pas seseorang mengalami kecemasan, pasti kan ada hal2 yg membuat dia cemas (faktor2 penyebab)..dgn mengelola dan mengendalikan faktor2 itulah yg barangkali bisa mencegah frekuensi kecemasan..sekali lg "kecemasan" yg dmiliki tiap individu itu beda2 krn manusia itu "unik" baik kepribadian maupun pengalaman kehidupan..
     
  18. ichayanami M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 27, 2010
    Messages:
    1,623
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +6,162 / -0

    kl masalah kayak gitu...
    ane cuma menyarankan cari psikolog yg lain...

    krn kl teman agan sdh tdk merasa nyaman...
    konseling yang dilakukan akan percuma
    dan tdk ada manfaatnya...

    btw tempat prakteknya ada izinnya?
    lalu psikolog atau psikiater...?
     
    • Thanks Thanks x 1
  19. mastemind05 M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    May 20, 2008
    Messages:
    10,044
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +25,721 / -4
    tempat prakteknya gk ada ada papan info sama sekali...
    jadi gw gk tau dia psikolog ato psikiater...

    belum lagi... orang luar dilarang masuk...
    jadi gw gk pernah bisa masuk...

    well gw cuman nyaranin... tp gk tau dia monya gimana...
    soalne gw udah gk kontak lagi ama dia... semenjak pindah tempat kos...
    no hpnya diganti...
    terakhir gw denger sih... makin terikat gitu...
    jadwalnya jadi tiap hari, dan biayanya udah bengkak gitu... udah 20jtan buat abis ke konseling
     
  20. ichayanami M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 27, 2010
    Messages:
    1,623
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +6,162 / -0
    seandainya agan ktmu lg ma temannya itu
    baiknya agan menyarankan dia untuk mencari tahu terlebih dahulu tentang tempat konsultasi itu
    takutnya yang praktek tidak memiliki lisensi
    dan pada akhirnya hanya membuang uang dan waktu tanpa ada perubahan yang terjadi

    emang sih gan...
    walaupun ada kode etik psikologi yang mengatur tentang praktek, masih banyak pelanggaran2 yang terjadi
    jadi sebaiknya kita harus lebih berhati2
     
    • Thanks Thanks x 1
  21. pak_d_awa Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 13, 2010
    Messages:
    51
    Trophy Points:
    41
    Ratings:
    +668 / -0
    psikologi industri memang banyak peminatnya... karena pada ngincar kerja di perusahaan multinasional :p
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.