1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Mau genre apa saja kesukaan kamu, Supermoderator baru Renx siap berikan pencerahan di Zona Music! Cek infonya di sini!
  4. 11 Tahun Yang Penuh Warna! Ikutan Project 11th Indowebster, kuy! Cekidot Buat Partisipasi Di Sini.
  5. Bingung Menentukan Arah Hidup? Ikuti Event 1.000 Orang Kebelet Hidup! GRATIS! Cek info lengkapnya di sini!
    Dismiss Notice
  6. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  7. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  8. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Proses pencurian motor

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by rh0m4ir4m4, Jun 3, 2008.

Ciyeee, Pakai Adblock Yak? Matikan Adblock di IDWS Kuy~ Atau Kamu Bisa Juga Support IDWS Dengan Cara Upgrade ID Kamu ke Gatotkaca. Makasih Yak Udah Berkenan Membaca. Love You, IDWS Mania. Hihi ^^.
Thread Status:
Not open for further replies.
  1. rh0m4ir4m4 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 29, 2008
    Messages:
    1,382
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +2,013 / -0
    Simulasi Curanmor Cuma 34 Detik!

    Minggu lalu, MOTOR Plus menurunkan tulisan motor favorit yang jadi incaran maling. Di situ dijelaskan pencoleng bedebah itu, menurut Kasat V Ranmor Ditreskrim Polda Metro Jaya AKBP Nico Afinta, cuma butuh kurang 1 menit untuk menggondol motor jarahannya. "Lewat dari waktu itu, maling meninggalkan motor," ungkap AKBP Nico.

    MOTOR Plus coba mensimulasikan pencurian kendaraan bermotor (curanmor) ini. Dengan bantuan beberapa 'teman' juga ahli kunci dan tersangka yang berada di Polres Jakarta Barat. Berikut hasilnya.

    TANPA PENGAMAN 34 DETIK

    KLIK - DetailMenurut MS (41 th) pemain yang sudah malang melintang di dunia curanmor selama 14 tahun ini, ia membutuhkan waktu kurang dari 1 menit untuk merusak kunci kontak motor bebek lama.

    Lebih lanjut dijelaskan. Model lama ini memiliki ciri, rumah kunci tidak terlalu dalam melindungi anak kunci. Dengan kunci letter 'T' model pendek dengan ujung tipis, sekali tekan dan putar dengan sedikit tenaga maka, anak kunci akan rusak. Dan motor langsung on.

    MOTOR Plus sempat melihat peragaannya hanya butuh waktu kurang 1 menit. Tepatnya, 43 detik. Hal sama juga dilakukan oleh seorang ahli kunci di bilangan Kebayoran Lama. Dengan kunci letter 'T' bikinan MOTOR Plus, motor sudah bisa digondol dalam waktu kurang dari 2 menit. Si ahli kunci ini bukan pemain, tapi bisa melakukan karena tiap hari mengerti struktur anak kunci.

    GEMBOK LEBIH DARI 5 MENIT

    Simulasi berikutnya, dengan gembok rumah.KLIK - DetailUntuk gembok kualitas bagus seharga di atas Rp 20 ribu, maling terbukti tidak bisa membongkar gembok. "Bisa saja dibuka. Tapi dengan **********. Dan itu berisiko," jelas ahli kunci tadi.

    Merusak dengan ********** memang berisiko tinggi. Apalagi, menurut AKBP Nico Afinta, modus operandi maling motor berbeda dengan mobil. "Lokasi favorit di parkiran dan siang hari. Jadi tambahan pengaman ini membuat maling berpikir beberapa kali," jelasnya lagi.

    Begitu juga dengan pengaman roda di suspensi depan. "Proses eksekusi dengan alat tambahan jelas makan waktu. Saya selalu menghindarinya, " jelas tersangka yang berasal dari sebuah desa di Serang, Banten.

    RB yang mengaku bukan pemain tapi kenal dekat dan tahu persis modus operandi curanmor ikut kasih tambahan. "Lewat pengamatan lama, maling tahu mana motor yang pakai alarm dan tidak. Bahkan mereka punya feeling kuat di soal ini," bukanya.

    Jadinya, mereka akan memprioritaskan motor yang tanpa pengaman. "Yang tanpa pengaman masih banyak kenapa harus mengincar yang pakai?" katanya dengan nada tinggi.

    MOTOR BARU TIDAK DISUKAI

    KLIK - DetailDibanding motor lama, motor bebek baru dan motor Sport lebih sulit untuk di 'T'. Honda Supra X 125, Suzuki New Smash, New Shogun, Honda Mega Pro baru. Memiliki karakteristik anak kunci yang agak sulit dirusak.

    Seperti Honda Supra X 125 dan New Shogun sudah memiliki penutup anak kunci. Honda menyebutnya key shutter. Sedangkan Mega Pro baru, posisi anak kunci jauh ke dalam. Ini yang bikin sulit.

    Menurut Kapolsek Ciledug, AKP Agus Widartono, maling profesional memiliki 9 model kunci 'T'. "Mereka melakukan simulasi lebih dahulu sebelum mengeksekusi. Jadi, saat 'bekerja' target sudah jelas dan lokasi sudah ditentukan," jelas polisi yang pernah menjabat Kanit Ranmor Polres Jakarta Barat ini.KLIK - Detail

    Encuy Samsudin ahli kunci sejak 1979 asal Bandung menambahkan. "Kelemahan sistem kunci motor terutama motor bebek standar pada umumnya mempunyai bentuk yang terlalu pendek dan mudah dijebol karena bahan getas. Dulu dari baja atau kuningan, sekarang banyak dibuat dari cor-coran," jelasnya.

    Menurutnya lagi, kunci teraman yang menggunakan sistem pelor seperti kebanyakan motor Eropa. "Saya kerap kesulitan kalau memperbaiki kunci model begini. Selain secara konstruksi yang lebih rumit sehingga agak sulit buat dibongkar. Sistem ini dinilai efektif untuk menghindari aksi curanmor yang menggunakan kunci T. Nggak mudah dijebol," ujar pria praktik di seberang komplek Metro Soekarno-Hatta Bandung ini.

    MULAI OBSERVASI SAMPAI EKSEKUSI

    Kalau dihitung total, sebenarnya untuk 'memetik'sebuah motor bisa mencapai lebih 30 menit. "Ini karena si maling harus melakukan langkah terlebih dahulu sebelum eksekusi," jelas AKBP Nico Afinta, Kasat V Ranmor Ditreskrim Polda Metro Jaya.

    Proses observasi ini bertujuan untuk melakukan pengamatan situasi. Termasuk jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Misalnya, ketahuan sebelum motor bisa digondol. "Biasanya butuh waktu sekitar 30 menit. Pelakunya juga tidak sendiri. Satu pengawas dengan motor lainnya. Yang satunya pemetik," jelasnya.

    RB menambahkan. "Maling sebenarnya bukan mengincar motor tapi mengincar zona alias daerah. Yang jadi target utama adalah daerah yang aman lewat proses 'ngegambar' alias melihat situasi."

    Katanya, mereka tak mengincar korban yang rutin ada di situ tetapi kebalikannya. "Motor yang biasanya nggak ada di situ kok ada? Berarti faktor kelengahan besar dan itulah target utama," jelasnya.

    Buatnya maling yang tiba-tiba lihat motor langsung mau ngembat adalah maling putus asa, modal nekad dan tidak professional. "Yang sejati nggak bekerja seperti itu," jelasnya lagi.

    SEKILAS SOAL MALING

    * Kunci T diistilahkan Astag, jadi hirarki tertinggi para curanmor. Artinya yang pakai astag adalah curamor paling professional. Konon, benda ini mirip istri kedua si maling, sangat pribadi.
    * Mereka punya bahasa khas. Misal di daerah Jawa Barat, terdapat istilah aneh. Misal motor (utar monong), polisi (silop), mobil (ubal moning), maling (ulang maning)
    * Bintang sama tahun (misalnya dihukum 3 tahun, ia akan bilang dapat 3 bintang)
    * Target utama bukan motor mahal atau motor yang lagi laris di penjualan. Melainkan motor yang bisa dipakai ngojek di daerah terpencil.
     
    • Thanks Thanks x 5
    • Like Like x 3
  2. Ramasinta Tukang Iklan





    Ciyeee, Pakai Adblock Yak? Matikan Adblock di IDWS Kuy~ Atau Kamu Bisa Juga Support IDWS Dengan Cara Upgrade ID Kamu ke Gatotkaca. Makasih Yak Udah Berkenan Membaca. Love You, IDWS Mania. Hihi ^^.
  3. probandus M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 28, 2009
    Messages:
    161
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +32 / -0
    klo ga salah inget di tv..acara sigi ato apa gw lupa...mobil juga cuma 1 menit mbobolnya...
     
  4. belmontzzz M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Dec 4, 2008
    Messages:
    3,644
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,270 / -0
    tuh orang yang nyolong motor di warnet tempat w maen jangan2 :swt:

    Serang, Banten cuy~
     
  5. ShadowHeart M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 26, 2008
    Messages:
    2,683
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +10,235 / -0
    Wow, bisa masuk guinness book of record tuh.....
    Tambah lama maling tambah hebat saja nih....
    Memang kita harus waspada dengan lingkungan sekitar nih...
     
  6. probandus M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 28, 2009
    Messages:
    161
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +32 / -0
    ^
    nggalah klo ampe guineess book, kan cuma motor..klo 30 detik yg diembat itu kendaraan dgn sistem keamanan yg tinggi baru masuk...tp juga lagsung ditangkep...kkekeekkeke
     
  7. mr_ark SUPERMOD

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Jan 14, 2009
    Messages:
    23,133
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +68,303 / -12
    Buset kurang dari semenit bisa langsung nyala :onion-103:
    Berarti biar aman, gw beli motor tipe terbaru aja yah.
     
  8. Izan M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 5, 2009
    Messages:
    2,886
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +3,752 / -0
    buset pantes aja maling motor tuh cepet kadang baru di tgl bentar aja bisa uda ilang
     
  9. sekundes M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 17, 2008
    Messages:
    296
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +53 / -0
    30 detik....
    untung motor lama yg gampang dibobol
     
  10. probandus M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 28, 2009
    Messages:
    161
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +32 / -0
    salah...motor baru juga gampang..kan pake sistem magnet itu pnutup kuncinya...(baca tanggal postnya) itu dah brita lama...skrg udah canggih
     
  11. jung M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 17, 2008
    Messages:
    308
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +43 / -0
    Serem banget tuh, apalagi kalo motornye baru beli. Nice info.
    Kalo pake pengaman masih bisa juga dibobol sepertinya malingnya bekas teknisi/montir ye..
     
  12. jariklingking Members

    Offline

    Joined:
    Apr 29, 2009
    Messages:
    4
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    gile 34 detik bs dapet motor syerem kk:((
     
  13. moks M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 17, 2008
    Messages:
    1,337
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +19,592 / -0
    kl motor rada baru kayanya tenang deh, soalnya dia ngincer yang gampang buat dijual ke tukang ojek di kampung.

    Tapi ga ada salah nya beli kunci ganda berganda.
     
  14. ashura42 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 9, 2007
    Messages:
    405
    Trophy Points:
    91
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +272 / -0
    selain kunci pengaman ganda

    alangkah baiknya jika kita mengasuransikan kendaraan kita ( kalo punya duit lebih :D)

    biarpun biayanya rada mahal....

    jika motor kita hilang... paling tidak masih bisa dapet gantinya (walau mesti keluar duit buat ngurusnya)
     
  15. taishou M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Apr 18, 2009
    Messages:
    2,949
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +33,924 / -0
    gw mo ngenet dulu pake 3 jenis kunci pengaman..
    kunci gembok rumah segede gaban,
    kunci roda,
    ma kunci sepeda yg baja gulung itu.. :haha:
     
  16. nataka M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 22, 2009
    Messages:
    777
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +585,024 / -0
    wah klo saiya pernah liat sendiri bro, waktu maling lagi nyuri motor di parkiran warnet saia.
    malingnya ga sadar klo di parkiran ada CCTV...nah setelah di puter vidionya..ternyata prosesnya ga ada 1 menit....gila emang...dasar maling sialan!!!
    saiya liatnya ampe heran dah...
     
  17. dekill_nine Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 27, 2009
    Messages:
    155
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +113 / -0
    wew, kurang dari semenit??
    kayaknya jadi pengen belajar tekniknya deh, kalo misalnya kunci gw hilang kan bisa make cari beginian :hihi:
     
  18. kucinglistrik M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    May 1, 2009
    Messages:
    5,195
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +38,575 / -0
    set dah...
    byangkan klo misalnya mereka bekerja secara berkelompok trus ada empat orang ngincer 2 motor.
    kurang dari satu menit udah 2 motor yg di-embat......
    berarti untuk tempat yg parkirannya ga begitu padet mereka bisa dengan santai menggondol motor.....
     
  19. omnimonz Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 18, 2008
    Messages:
    278
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +65 / -0
    Kasi kunci pengaman ganda, dan selalu parkir di tempat yang aman. Jangan suka parkir di pinggiran yang cuman ditungguin ma tukang parkir nda jelas. Mending parkir di tempat parkir resmi, mahal dikit asal aman. Gw rasa mo berapa cepet tu maling bobol motor kita, kalo nda da kesempatan maka ya nda bisa jg. Ingat kata Bang Napi : Kejahatan terjadi bukan hanya karena ada niat tetapi juga karena ada kesempatan. Waspadalah!! Waspadalah!!
     
  20. metzebs M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Dec 30, 2008
    Messages:
    231
    Trophy Points:
    112
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +920 / -0
    yang terbaik memang tetap menambahkan kunci pengaman.
    Setidaknya menambah bahan pikiran bagi maling.
    dan kuncinya "Tetap Waspada dan waspada".
    Jangan pernah percaya terhadap Parkir2 liar..karena terkadang malingnya kerjasama dengan Tukang parkir (bukan untuk mendiskreditkan pekerjaan Penjaga parkir), karena memang sudah banyak kasusnya.
     
  21. gomugomu M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 20, 2008
    Messages:
    532
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +3,385 / -0
    ganti kunci nya aja bro..pake yang model silang,nazi,bunder.....itu maling aga susah dan ngga mau repot...yang biasanya kena maling tuh ya macam Grand,supra,shogun lama,kalo motor 2 tak jarang yang mau....
    untung motor gw vespa gw tinggal dijalan (dan vespa jadul kaga pake kunci) aja ngga ada yang mau ngembat wakakakakaa...padahal tinggal genjot tu starter udah nyala....
     
Ciyeee, Pakai Adblock Yak? Matikan Adblock di IDWS Kuy~ Atau Kamu Bisa Juga Support IDWS Dengan Cara Upgrade ID Kamu ke Gatotkaca. Makasih Yak Udah Berkenan Membaca. Love You, IDWS Mania. Hihi ^^.
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.