1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Info Proses lahirnya bayi Semut Keluar dari Telurnya

Discussion in 'Random Images' started by Hhmm, Apr 4, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Hhmm M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 21, 2009
    Messages:
    2,089
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +9,054 / -0
    Kehidupan semut dimulai dari telur. Jika telur dibuahi (progeni) maka akan menjadi betina (diploid), jika tidak, maka akan berjenis kelamin jantan (haploid). Semut berkembang dengan metamorfosis lengkap dengan tahap-tahap larva melewati tahap pupa sebelum muncul sebagai semut dewasa. larva ini secara umum bergerak dan diberi makan dan dirawat oleh semut pekerja.

    Makanan diberikan kepada larva dengan trophallaxis, sebuah proses di mana semut menyedot makanan cair dari tanaman. Semut pekerja menghabiskan beberapa hari dalam merawat kehidupan semut ratu dan semut muda. Kemudian setelah dewasa, semut pekerja bertugas untuk menggali dan bekerja di sarang lain untuk mempertahankan sarang serta mencari makanan.

    [​IMG]
    Pertama, telur-telur semut diborong, nantinya akan diambil satu untuk dikeluarkan semutnya.​

    [​IMG]
    Di sini, kita melihat mata seekor semut baru. Tepatnya pada sisi kepalanya, seekor semut pekerja membuat irisan dalam lingkaran​

    [​IMG]
    Bagian atas dari telur dilubangi dibantu semut pekerja yang lain​

    [​IMG]
    Dan akhirnya si semut dibantu keluar dari telur.​

    [​IMG]
    Semut yang baru lahir masih belum bisa bergerak sendiri, lihatlah bagaimana si semut ditolong sama abang-abangnya.​

    [​IMG]
    Sekarang saatnya meluruskan kaki dan menjilat.​

    [​IMG]
    Akhirnya semua kaki diluruskan. Dia duduk diam beberapa menit, sampai terbiasa dengan sensasi baru.​

    [​IMG]
    'Gerakan Pertama' - Dan, lihatlah, ia berdiri! semut yang baru lahir tidak mampu berjalan, mereka terhuyung-huyung, kadang malah terjerat pada kakinya dan terus jatuh, namun setelah beberapa jam mencoba baru si semut kecil mampu mengontrol kakinya dengan baik.​

    [​IMG]
    'Langkah Baru si semut kecil' - Masih butuh beberapa hari bagi si semut kecil untuk belajar berjalan dan bekerja membangun sarang pakan larva. Mungkin butuh beberapa bulan sampai akhirnya si semut kecil mampu meninggalkan sarang untuk sekedar berburu bangkai, manisan gula. Nah, selama itu dia akan dibimbing oleh Abang-abang dan kakak-kakaknya di sarang.​

    SUMBER
     
    • Like Like x 2
    • Thanks Thanks x 2
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. amado M V U

    Offline

    Joined:
    Nov 20, 2009
    Messages:
    7,723
    Trophy Points:
    192
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +4,014 / -0
    :niceinfo:
    saya tau kalo semut itu hewan yang pandai bekerja sama tapi saya baru tahu kalo semut itu lahir dibantu sama kakak2nya:kaget:
    rasa persaudaraan yang patut dicontoh:top:
     
  4. jimmy168 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 25, 2011
    Messages:
    1,978
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,391 / -0
    wujud kasih persaudaraan yang luar biasa :terharu:
    hal yang wajar kenapa semut bisa menjadi hewan terbaik dalam hal kerja sama :terharu:
    patut dicontoh :terharu:
     
  5. resky17 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 11, 2009
    Messages:
    685
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +735 / -0
    semut emang hebat dalam kerja sama :terharu:
    sampai2 yg baru lahir juga dibantu keluar dari telur dan diajari cara berjalan :terharu:
     
  6. operator M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 12, 2010
    Messages:
    935
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +114 / -1
    yg gini yang patut dicontoh dari semut , sangat mengharukan [​IMG]
     
  7. yubarf M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 21, 2010
    Messages:
    493
    Trophy Points:
    57
    Ratings:
    +49 / -0
    keren infonya bagus gan di sertai gbr2 yg bagus juga...
     
  8. 2nd M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 4, 2010
    Messages:
    702
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +1,506 / -0
    wogh :niceinfo: bro
    ane baru tau kalo proses menetasnya telur semut dibantu ma semut2 dewasa
     
  9. adviavan M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 27, 2010
    Messages:
    536
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +2,594 / -0
    nice gan...baru kali ini tau yang namanya semua netes.....

    semut bisa gotong royong bantuin satu sama lain gitu.....

    kalo manusia bisa kayak gitu kan enak....kagak ada perang kayak Libya ma sekutu lagi...hehehhe
     
  10. exlite69 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 30, 2011
    Messages:
    1,514
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,575 / -0
    bingung eh.. sulit juga bedain yg mana bayinya.. :hehe:
    tp emg semut tuh plg erat persaudaraannya.. :terharu:
     
  11. snowflakez M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 20, 2008
    Messages:
    801
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +1,680 / -0
    :nangis: ternyata d dunia semut ada dukun beranak nya jg...kirain cm d dunia manusia doank :nangis: :ngacir:

    tp itu knp bgtu mbrojol ukuran nya langsung sama ma temen, kk, om, tante, buyut ma bapaknya yah :bloon:

    koq semut2 d rumah saya ukuran nya beda2 :haha:
     
  12. supernov M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 30, 2009
    Messages:
    440
    Trophy Points:
    151
    Ratings:
    +5,217 / -0
    nais impoh...
    kerjasama semut ternyata dimulai dari sejak lahir
     
  13. redphantom M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Mar 19, 2010
    Messages:
    19,787
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +49,852 / -0
    wah ternyata seperti itu proses semut menetas..
    saya pengen punya akuarium yang diisi sarang semut, jadi liat aktivitas di dalemnya :matabelo:
    semut emang makluk pekerja dan sosial yang baik :terharu:
     
  14. shinigamidika MODERATOR

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 26, 2010
    Messages:
    16,159
    Trophy Points:
    237
    Ratings:
    +76,349 / -0
    antara semut saling tolong menolong ya jadi terharu...
    semut ja bisa kenapa kita tidak mencontoh perbuatan semut kaya gitu ya...
     
  15. stanzaries M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 21, 2010
    Messages:
    1,073
    Trophy Points:
    96
    Ratings:
    +292 / -0
    :niceinfo:
    ternyata seperti ini, ane ga tau lo semut tuh d bantu keluar dari telur ma semut yg laen.
    bner2 semut nih, semua pekerjaan saling membantu,.. :top: keren
    budaya yg patut d contoh, :top:
     
  16. akihito Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 27, 2010
    Messages:
    186
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +7 / -0
    harusnya manusia juga bisa kayak semut tuh....
    saling membantu satu sama lain...
    bukan saling manjatuhkan untuk kepentingan sendiri....
     
  17. Inesu Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Feb 6, 2010
    Messages:
    4,845
    Trophy Points:
    221
    Ratings:
    +61,343 / -0
    Wow ternyata semut kalau menetas hrs dibantu ama tmn2nya :matabelo:

    nice pic :top:
     
  18. youdhit M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 9, 2010
    Messages:
    608
    Trophy Points:
    81
    Ratings:
    +132 / -0
    semut menurut ane hewan terkuat didunia, dia bs mengangkat ± 20x berat badanya..
    agan pasti pernah liat semut mengangkat daun kan? nah tu bayangin bener² kuat kan semut..
    gmn cb klo semut ukuranya sm kek manusia:dead:
     
  19. dyelewer M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Aug 20, 2010
    Messages:
    4,134
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +5,062 / -0
    keren sih keren,,tapi di rumah gw semut jadi musuh yg musti dibasmi..
    :iii:

    andai semut ga ditakdirkan buat ngrusuhin makanan manusia,,
    mungkin bakal jadi hewan yg di budidayakan..
    :hihi:
     
  20. oewank_blue Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 25, 2009
    Messages:
    370
    Trophy Points:
    27
    Ratings:
    +175 / -0
    wow.. nice pic..
    belompernah tau nih sbelumnya proses kelahiran semut.. :D

    seandainya manusia juga kaya gitu..
    ga pake sikut2an..
    :peace:
     
  21. ladygagah M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 23, 2011
    Messages:
    295
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +3,691 / -0
    baru tau kalo semut perlu dibantu juga netasnya.. :lol:
    kirain bisa netas sendiri :hehe:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.