1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Inspiration Professor & Nelayan

Discussion in 'Motivasi & Inspirasi' started by lauzart, Nov 12, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. lauzart Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 22, 2009
    Messages:
    85
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +104 / -0
    Suatu hari bertemulah dua orang sahabat lama di kampung pesisir sebuah pantai. Keduanya dulu sahabat dibangku SD dan SMP. Atas perjalanan sang waktu dan kesempatan maka selepas dari SMP maka mereka menjalani kehidupan masing-masing, yang satu pergi merantau ke kota untuk meneruskan jenjang pendidikannya hingga menjadi Professor dan satunya tetap tinggal di kampung nelayan menjalani kehidupan menjadi nelayan sejati.

    Rentang waktu beberapa puluh tahun maka suatu hari Sang Professor pulang kampung mengunjungi sanak-saudara dan keluarga beserta teman-teman lamanya.

    Bertemulah kedua sahabat itu dan kemudian saling melepas kangen. Sebagai bentuk reuni mereka maka teman yang berprofesi sebagai nelayan mengajak temannya yakni Sang Professor untuk naik perahu kecil memancing ikan ke tengah lautan.

    Dalam perjalanan ke tengah laut terjadilah dialog yang menarik antara dua kawan lama ini.

    “Apa kamu bisa berbahasa inggris?”, tanya sang professor kepada temannya si nelayan.

    “Wah, terus terang saja saya tidak sempat belajar bahasa Inggris karena aku hanya belajar sampai SMP dan kemudian menjadi nelayan setiap pagi dan sore.” tidak ada waktu aku belajar bahasa inggris, setiap waktu ku hanya tercurah dengan pekerjaan ku ini, jawab si nelayan dengan ringan dan sedikit malu-malu ,

    “Rugi sekali kamu tidak bisa bahasa Inggris, dengan bahasa Inggris kamu bisa mempelajari aneka ilmu, berkeliling dunia, merantau dan bisa menjadikan kamu kaya raya. Sebaliknya jika kamu tidak bisa bahasa Inggris berarti kamu sudah kehilangan 50% hidupmu”, saut sang professor dengan nada yang mulai menampakkan keunggulan dan kesombongannya.

    Kemudian professor bertanya lagi, “Kalau ilmu matematika kamu bisa tidak?”.

    Dengan malu yang makin besar, maka suara lirih sang nelayan menjawab parau, “Apalagi ilmu matematika, kamu tentu tahu sendiri lah dengan bekal aku cuma lulusan SMP pasti tidak tahu banyak tentang Matematika”.

    Jawaban si nelayan menjadikan sang professor makin besar kepala dan merasa lebih dari sahabat lamanya.

    Tiba ditengah laut tiba-tiba cuaca berubah menjadi mendung, dan ombak hujan bercampur angin lebat menerpa perahu kecil kedua sahabat tersebut.

    Melihat kondisi ini sang professor menjadi sangat ketakutan dan memegang erat-erat tepian perahu.

    “Tenang saja kawan, ombak ini mudah-mudahan tidak akan membinasakan kita. Ini sering biasa terjadi kalau cuaca seperti ini”, celetuk si nelayan memberikan penerangan kepada sang professor.

    “Kita tidak usah takut. Jika ombak menghempaskan perahu ini maka kita tinggal berenang beberapa ratus meter dari sini, maka kita akan sampai ke daratan pantai”, tambah si nelayan.

    Mendengar ucapan itu maka makin takutlah sang professor dan mendekap erat si nelayan.

    Sang professor kemudian berkata, “Justru karena saya tidak bisa berenang maka saya takut jika perahu ini terbalik dan ombak menghempasakan kita di tengah laut”, berkata dengan penuh rasa ketakutan.

    “Wah percuma kamu jika jadi seorang professor jika tidak bisa berenang, tadi kamu bilang kalau tidak bisa bahasa Inggris & Matematika, kamu katakan akan kehilangan 50% hidupmu, tapi jika saat ini kamu tidak bisa berenang maka kamu akan kehilangan 100% hidupmu”.

    Kebanyakan jika hidup sudah mapan, sudah melebihi segalanya, punya kedudukan, punya jabatan, di hormati orang, kadang timbul kesombongan , meremehkan orang seakan-akan kita yang lebih pintar, lebih kaya, lebih tahu dan lebih segalanya.
    Tak berpikir sedikit pun di atas langit masih ada langit, semua terproses ketidak kekalan, kita masih ada cela kesombong, kebenci, kebodohan dan masih belum sempurna dalam hidup dan kekotoran itu masih menguasai bathin kita.
    Kalau kita kita mempunyai kelebihan maka kita tidak boleh mencela dan menghina kekurangan orang lain karena bisa jadi kita banyak kelebihan disisi yang lain tapi banyak juga kekurangan disisi yang lainnya,
    Jadi hiduplah saling mengisi agar kehidupan ini menjadi saling melengkapi dan semakin indah.
     
    • Thanks Thanks x 13
    • Like Like x 8
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. happybratboy M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 11, 2009
    Messages:
    5,240
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +1,348 / -0
    jadi orang emang ga boleh sombong
     
  4. moldiii Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 31, 2008
    Messages:
    84
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +3 / -0
    Intinya hargailah orang lain
     
  5. khuma_putry Regional Leader

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Nov 7, 2009
    Messages:
    5,613
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +117,270 / -9
    jadi orang janganlah sombong dan membanggakan ilmu yang dimiliki.

    ilmu yang kita miliki tidak selalu bisa menyelamtkan hidup kita sendiiri.

    kadang ilmu itu bisa menjeruskan pada sifat2 yang d larang,
     
  6. rungga M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 22, 2009
    Messages:
    997
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +3,879 / -0
    yah harus low profile jadi orang. mau kaya, mau miskin, dimata Yang Maha Kuasa tetep sama aja kok
     
  7. dawerzzzz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 9, 2009
    Messages:
    1,516
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,135 / -0
    betul, ilmu apa yang yang kita pelajari klo tidak dipergunakan secara baik, benar dan bijaksana.. maka akan dipertanggung jawab kan nanti setelah kita meninggal
     
  8. dark_chris M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 22, 2008
    Messages:
    2,108
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +4,076 / -0
    jd orang gak bole sombong...
    harus pake ilmu padi.. yg selalu merunduk...

    menyentuh bgt dah buat diriku...
     
  9. rungga M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 22, 2009
    Messages:
    997
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +3,879 / -0
    seratus nih buat anda. emang harus pake gaya peribahasa padi.

    klo semakin tinggi jangan semakin liat ke atas tapi liat kebawah biar tmbh bersukur deh
     
  10. Rick_hardner M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 10, 2009
    Messages:
    1,865
    Trophy Points:
    132
    Ratings:
    +1,803 / -0
    jadi orang gak boleh sombong....:top:

    tambah satu lagi pelajaran hidup buat saya
     
  11. beefreak M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    May 1, 2010
    Messages:
    4,659
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +6,634 / -0
    jd org itu ga boleh sombong :piss:
    setiap org memiliki kelebihan yg berbeda" di dunia, jd untuk apa menyombongkan keahlian yg kita miliki :piss:
     
  12. amhie M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 27, 2010
    Messages:
    225
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +39 / -0
    like this like this
    ho ho
    setiap kali kesombongan dan keangkuhan melanda, Ingat 'di atas langit masih ada langit'
     
  13. Cruzy Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 11, 2009
    Messages:
    72
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +84 / -0
    Pesan moralnya : "kalau gak bisa renang gak usah ke tengah laut"
    :piss:
     
  14. azkhaz M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 6, 2009
    Messages:
    2,191
    Trophy Points:
    211
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +121,778 / -1
    Bener banget bro .... semua orang punya kelebihan dan kekurangan, jangan menganggap kita adalah orang yang paling sempurna karena kadang2 oarang yang lebih rendah pendidikan atau status sosialnya dengan kita justru punya kelebihan yang kita tidak punya... So, selalu hargai orang lain ..
     
  15. eNdstar Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 5, 2010
    Messages:
    246
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +33 / -0
    totally agree with this....
    Jangan sombong" sih...
    Kalo tu nelayan gak inget itu temennya, bisa diceburin tuh si Prof....
    akakakakkakaka
     
  16. ongky888 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 20, 2009
    Messages:
    459
    Trophy Points:
    87
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +128 / -0
    bnr bgt hidup g boleh sombong, d atas langit msi ad langit, tdk ad manusia yg sempurna

    :top:
     
  17. saoyuan M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 13, 2009
    Messages:
    2,038
    Trophy Points:
    112
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +364 / -0
    renungan yg bgs.jdi org memang gak prlu sombong,krn kita sndiri punya kelebihan dan kekurangan masing2
     
  18. terubouzu Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 21, 2010
    Messages:
    109
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +2 / -0
    kalo gak ada orang sombong,, maka gak ada juga orang renndah hati... semuanya SEIMBANG
    :d
     
  19. phee70 M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    May 23, 2010
    Messages:
    11,296
    Trophy Points:
    252
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +60,544 / -1
    kelebihan masing masing orang pasti gak sama..
    gak bisa diukur dengan pasti...
    salut buat nelayannya...

    btw, naiz share..
    :top:
     
  20. tukul1234 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 26, 2010
    Messages:
    58
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    setuju ama TS!!:top:
    sombong ----> GO TO HELL
     
  21. tehkotak88 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 14, 2009
    Messages:
    1,318
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +2,654 / -0
    mantap gan :top:

    selaen ga bole sombong, cerita ini juga merefleksikan seberapa kecilnya keahlian yang kita dalami dibandingkan dunia yang begitu besar...
    So, ngga perlu terlalu bangga dengan yg udah kita raih krn orang2 yg kliatannya lebih rendah macem tukang ato kuli bangunan pun pasti punya keahlian yang ngga kita punyain...:hmm:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.