1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Posisi Tidur Yang Baik

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by soulhunter, Jan 12, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. soulhunter M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 13, 2009
    Messages:
    1,890
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +3,935 / -0
    [​IMG]

    Tidur merupakan salah satu kebutuhan dasar setiap manusia. Setiap orang memiliki kebutuhan istirahat dan tidur yang berbeda-beda. Pola tidur yang baik dan teratur akan memberikan efek yang bagus terhadap kesehatan. Pemenuhan kebutuhan tidur sangat diperlukan terutama pada orang yang sedang sakit untuk mempercepat proses penyembuhan. Berikut adalah beberapa tips tidur sehat….


    -Posisi tidur yang tidak baik, seperti posisi melingkar, sering menyebabkan sakit punggung. Mulailah tidur dengan posisi telentang dengan bantal di bawah lutut untuk melenturkan panggul bagian belakang. Selain itu, posisi tidur yang direkomendasikan adalah miring dengan menghadap ke kanan. Hal itu dikarenakan tubuh lebih rileks dan jika menghadap kiri, maka tubuh akan menekan jantung yang berada pada dada bagian kiri.

    -Udara dingin membuat kita tidur dengan posisi melingkar. Oleh karena itu, turunkan suhu AC kamar atau gunakan selimut yang lebih tebal. Jangan tidur dengan jendela terbuka karena dapat menyebabkan udara kotor masuk.

    -Obat pembasmi serangga dan pengharum ruangan yang mengandung bahan kimia dapat menyebabkan gangguan pada kulit, hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Sebaiknya bersihkan kamar di pagi hari, dan jangan masuk kamar setidaknya 2 jam sehabis disemprot.

    -Posisi tidur telungkup membuat kita tidak bisa bernapas dengan baik dan menyebabkan insomnia kronis.

    Saran : Jangan terlalu banyak tidur karena bisa membuat kepala pusing.
    Ada pula PosisiYang Baik Seperti Yang Dicontohkan Nabi Muhammad SAW seperti ini


    Tidur Rosulullah saw merupakan cara tidur yang sangat baik bagi kesehatan, setiap posisi dan waktu yang beliau pilih untuk tidur sangat bermakna bagi kesehatan bahkan jauh sebelum ilmu kedokteran berkembang seperti sekarang. Ibnu Qayyim berkata, “Barangsiapa yang memperhatikan pola tidur dan bangun beliau, niscaya mengetahui bahwa tidur beliau tersebut paling proporsional dan paling ber-manfaat untuk badan, organ, dan kekuatan.


    1. Posisi tidur Nabi saw adalah miring kesebelah kanan Kemudian, beliau berbalik bertumpu sedikit pada sisi kiri, supaya dengan begitu proses pencernaan lebih cepat karena condongnya lambung di atas hati. Kemudian beliau kembali tidur bertumpu pada sisi kanan lagi, agar makanan segera larut dari lambung; jadi posisi permulaan dan posisi terakhir tidur bertumpu pada sisi kanan. Selain bermanfaat bagi pencernaan paling tidak ada 3 manfaat lain yang dapat diambil dari posisi tidur miring kesebelah kanan.


    a. Untuk jalan nafas tidur miring mencegah jatuhnya lidah kebelakang yang dapat menyumbat jalan nafas. Lain halnya jika tidur pada posisi terlentang maka relaksasi lidah pada saat tidur dapat mengakibatkan penghalangan jalan nafas, penampakan dari luar berupa mendengkur.
    Orang yang mendengkur mengakibatkan tubuh kekurangan oksigen malah kadang-kadang dapat terjadi henti nafas untuk beberapa detik yang akan membangunkan orang yang tidur dengan posisi demikian. Orang tersebut biasanya akan bagun dengan keadaan pusing karena kurangnya pasokan oksigen ke otak. Tentunya ini sangat mengganggu tidur kita.


    b. Untuk jantung, tidur miring kesebelah kanan membuat jantung tidak tertimpa organ lainnya ini karena posisi jantung yang memang berada lebih disebelah kiri. Tidur bertumpu pada sisi kiri menyebabkan curah jantung yang berlebihan karena darah yang masuk ke atrium juga banyak, sebab paru-paru kanan berada diatas sedangkan paru-paru kanan mendapatkan pasokan darah yang lebih banyak dari paru-paru kiri.


    c.Bagi kesehatan paru-paru: paru-paru kiri lebih kecil dibandingkan dengan paru-paru kanan. Jika tidur miring kesebelah kanan, jantung akan jatuh kesebelah kanan, itu tidak menjadi masalah karena paru-paru kanan besar, lain halnya kalau bertumpu pada sebelah kiri, jantung akan menekan paru kiri yang berukuran kecil, tentu ini sangat tidak baik.


    2.Selain posisi tidur yang miring kekanan Nabi saw juga meluruskan punggungnya pada saat tidur, manfaatnya adalah supaya organ-organ dalam tidak tertekan, posisi tersebut juga melancarkan peredaran darah.


    3.Sedikit menekuk kaki
    Di dunia kedokteran seorang dokter akan meminta pasien menekuk kakinya jika dokter tersebut akan memeriksa perut pasien. Fungsi dari sedikit menekuk kaki adalah untuk mengendurkan otot-otot perut sehingga lebih mudah untuk diperiksa. Menekuk kaki sedikit pada saat tidur menolong organ-organ dan otot otot perut itu sendiri untuk relaksasi lebih sempurna. Sehingga tidur kita lebih nyaman.


    4.Menggunakan telapak tangan sebagai bantal.
    Kita tentu sering dengar bahwa posisi leher sangat mempengaruhi kualitas tidur. Leher yang tidak lurus pada saat tidur menyebabkan sakit leher pada saat bangun dan biasanya ini menetap beberapa lama sehingga mengganggu aktifitas. Maha suci Allah yang menciptakan tangan sedemikian rupa sehingga apabila kita melihat orang yang tidur dengan telapak tangan maka antara kepala, leher dan punggung tercipta garis lurus.

    SUMBER
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. tresnadi Banned User

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    6,155
    Trophy Points:
    171
    Ratings:
    +113,320 / -0
    wah iya kebanyakan tidur emang gak baik juga...
     
  4. momo M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 6, 2009
    Messages:
    637
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +2,828 / -0
    waduh bnyk jg petunjuknya...
    musti gw baca baik2 neh...
    spy bs lebih menikmati tidur :D
     
  5. ~airiRin~ M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Feb 7, 2008
    Messages:
    9,631
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +3,751 / -0
    Yang pasti tidur lebih enak miring daripada telungkup atau telentang.
     
  6. hidey-holey M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Nov 7, 2008
    Messages:
    12,341
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +23,728 / -0
    saia kalo tidur,
    waktu bangun udah ada di posisi yang saia sendiri ga tau koq bisa dalam posisi itu:lol:
     
  7. dadoh Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 17, 2009
    Messages:
    167
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +93 / -0
    haha.. betuL gan .. :lol:
     
  8. shadiixx M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 24, 2009
    Messages:
    648
    Trophy Points:
    121
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,303 / -1
    bener tuh posisi tidur yg bener dan paling baik tuh menghadap ke sebelah kanan.
    ane pernah baca di koran, ada seorang kakek2 yg tidur dengan hadap ke kanan lebih panjang umurnya lebih dari 90 tahun daripada tidur menghadap sebelah kiri.
     
  9. ghusesup Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 21, 2009
    Messages:
    125
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +25 / -0
    Subhanallah... ternyata tidur juga ada posisi yg menyehatkan
    aku pernah denger klo tidur lebih baik miring sebelah kanan, sunnah Nabi katanya
    tpi baru tau manfaatnya sekarang ni... :piss:
    :niceinfo: gan... thanks... :nikmat:
     
  10. dhindhin M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 27, 2009
    Messages:
    900
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +263 / -0
    pantesan sering pusing2,, ternyata karena kebanyakan tidur yah??
    nice inpo om,,
     
  11. hidey-holey M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Nov 7, 2008
    Messages:
    12,341
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +23,728 / -0
    lebih baiik kalo suka tidur, tidurnya jangan tiduran terus,
    sekali-sekali bangun barang sejam dua jam,
    lalu tidur lagi, biasanya pusing hilang.
    saia biasanya kayak gitu kalo sudah saatnya balas dendam tidur
     
  12. flyn M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 2, 2009
    Messages:
    220
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +204 / -0
    makasih penjelasanya bro..

    dari kecil gw selalu dikasih tau posisi tidur yang baek itu miring ke kanan, jangan ke kiri..
    tapi dulu ga ngerti kenapa mesti begitu..

    ternyata penjelasanya sangat logis & ilmiah..
     
  13. darkpsycho M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 20, 2008
    Messages:
    1,405
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +2,429 / -0
    ada gambar lebih oke nih:top:
    jadi lebih gampang praktekinnya
     
  14. The_Next M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 23, 2009
    Messages:
    1,123
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +677 / -0
    Yang sulit itu aku pake pembasmi nyamuk listrik tiap hari...
    Kalau G make nyamuknya bisa kelewat banyak...
     
  15. nelaclaya Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 22, 2009
    Messages:
    83
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    pas mau tidur sih posisinya udh bener...tp bangun2 udh ga jelas kepala di kaki di mana...hihihi....

    trs bagusnya brp jam tuh tidurnya?
     
  16. beautifulgarbage M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Dec 20, 2008
    Messages:
    231
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +30 / -0
    Kebanyakan tidur ga baik?
    Padahal hari ini gw tidur 18 jam.. :hahai:
     
  17. kiefs M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 8, 2009
    Messages:
    1,194
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +747 / -0
    wah, gw klo posisi tdr suka berubah2..

    malah kadang gampang ketiduran dimana aja, hehe..

    oya, gw tdr sekitar 5-6 jam sehari, mudah2an aja tetep normal.. Gaya tidur gw yg mana nih?
    Gaya tidur gw awalnya meluk guling, bangun2 gulingnya dah nyangkut diatas meja..
     
  18. BooLeeaaN M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 10, 2009
    Messages:
    181
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +51 / -0
    iya gw suka pusing abis bangun tidur+laper+males:piss::piss::piss:
     
  19. sweet_tooth1985 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 23, 2009
    Messages:
    164
    Trophy Points:
    41
    Ratings:
    +246 / -0
    wah klo misalnya kaya saya yg klo ud 1x tidur & bangun susah 1/2 mati bwat tidur lg, begimana tuh, padahal pengen bales dendam, tp katanya g bole lama2???
     
  20. engboh M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 3, 2009
    Messages:
    720
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +34,617 / -0
    perneh denger2, katanya kalo tidur siang ato tidur untuk istirahat jgn lbh dr 10 menit/minimal 3 jam kl lbih dari itu maka bangunnya ga enak banget. udah pernah nyobain yg krang dari 10 menit pas bngun enak juga :cerutu:
     
  21. Rincar M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 14, 2008
    Messages:
    582
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +918 / -0
    info yg menarik nih..

    baru tw ternyata posisi tidur yg baik itu kyk gitu..
    bbrp sdh dilakukan, namun msh byk yg blm dicoba.. :keringat:
     
    • Like Like x 1
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.