1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Ungkapin kenangan film Asia paling berkesan buatmu. Berhadiah GK, Pulsa, dan Line Gift Sticker loh! .Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Ponsel Tidak Sebabkan Tumor Otak

Discussion in 'Science and Technology' started by Romantic_Water, Dec 20, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Romantic_Water M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 18, 2009
    Messages:
    479
    Trophy Points:
    81
    Ratings:
    +126 / -0
    LONDON - Studi terbaru yang dilakukan ilmuwan Nordic menyebutkan, tidak ada keterkaitan antara ponsel dengan tumor otak.

    Para ilmuwan dari Institute of Cancer Epidemiology di Danish Cancer Society, Kopenhagen mendapatkan kesimpulan ini setelah melakukan penelitian selama 30 tahun soal insiden tumor otak di Skandinavia.

    Dalam studinya, mereka mengumpulkan data dari 60.000 orang yang di diagnosa menderita penyakit tumor otak glioma dan meningioma di Denmark, Finlandia, Norway dan Swedia dari tahun 1974 hingga 2003.

    Hasilnya ditemukan bahwa tumor otak yang di derita para partisipan cenderung stabil selama 30 tahun, dimulai saat ponsel mulai populer. Pun tidak ditemukan perubahan pada penderita tumor otak yang dianalisa pada tahun 1998 hingga 2003, dimana pada saat itu merupakan periode dimana penggunaan ponsel tengah melonjak dengan cepat. Demikian keterangan yang dikutip dari Telegraph, Jumat (4/12/2009).

    Hal ini tentunya membatah teori yang menyebutkan bahwa sinyal dari sebuah ponsel bisa mengakibatkan tumor otak bagi penggunanya. Selama ini, dunia sains dan kesehatan kerap berdebat, apakah ponsel memicu kankerd an tumor otak atau tidak.

    "Jika ponsel mengakibatkan tumor otak, pastilah kita akan melihat peningkatan yang cukup signifikan pada jumlah penderita tumor otak pada masa penelitian itu. Nyatanya, kita tidak menemukan hal itu, kata pemimpin penelitian Isabelle Deltour.

    Namun bagaimana pun, Deltour menyebutkan hasil penelitian ini tidak mutlak benar. Menurutnya, tidak menutup kemungkinan jika sampel pengguna ponsel tidak cukup luas untuk melihat dampaknya terhadap peningkatan risiko tumor otak.

    "Hasil temuan kami bisa saja berarti bahwa ponsel memang sejatinya tidak menyebabkan tumor otak, atau bisa juga karena kita memang belum melihat bukti yang menyebabkan dampak tersebut karena taraf peningkatan risiko tumor otak terlalu kecil untuk diamati dalam populasi ini. Atau bisa juga risiko ini terbatas pada sub kelompok yang sangat kecil dari sampel populasi," ujar Deltour.

    http://techno.okezone.com/read/2009/12/04/56/281812/56/ponsel-tidak-sebabkan-tumor-otak

    maaf kluw :fd_7: :piss:
     
  2. yudi_haryanto M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Aug 6, 2009
    Messages:
    4,618
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +22,593 / -0
    kalo yg prnah gw dnger sih,bukan sinyal ponsel yg bs menyebakan kanker otak

    tapi krn radiasi dari headset/handsfree wireless menggunakan bluetooth yg sering d pake pengguna hp yg mnyebabkan kanker otak

    betul nggakny gw jg g tau.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.