1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Pola ideal konsumsi buah

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by rumaherbal, Nov 24, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. rumaherbal Members

    Offline

    Joined:
    Nov 15, 2010
    Messages:
    4
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    POLA IDEAL KONSUMSI BUAH

    BUAH jelas memiliki banyak khasiat. Kandungan gizinya tidak perlu lagi diperdebatkan. Selain kaya vitamin dan mi neral, buah mengandung antioksidan dalam jumlah besar. Zat itu sangat berguna untuk memperbaiki dan meningkatkan fungsi sel-sel tubuh dalam mencegah radikal bebas.

    Dokter spesialis gizi klinis dr Samuel Oetoro, SpGK menjelaskan, buah-buahan tidak hanya sumber vitamin, tetapi juga mengandung antioksidan yang tepat untuk kesehatan. “Semakin banyak makan buah, semakin besar efek antioksidannya. Latih makan buah dari tiga porsi, meningkat ke lima, tujuh, 10 porsi setiap hari,” terangnya. Akan tetapi, Dr Ben Kim dalam situsnya Drbenkim.com menulis konsumsi buah secara berlebihan justru berpotensi memperburuk kesehatan.

    Berdasar pengalaman dan penelitiannya, buah-buahan memang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan makanan olahan seperti kue dan keripik. Namun, banyak varietas buah yang dibudidayakan zaman sekarang mengandung kadar gula jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan buah-buahan liar yang tumbuh dalam lingkungan alami.

    “Melalui hibridisasi, manusia telah mampu memproduksi buah yang lebih besar dan lebih manis daripada buahbuahan yang tumbuh liar. Cobalah buah-buahan liar, biasanya rasanya tidak semanis buah yang dibudidayakan di zaman modern ini,” tulisnya.

    Dari observasinya, Ben menemukan orang yang hanya makan buah-buahan liar--disebutnya sebagai fruitarian-- selama dua tahun ternyata mengalami beberapa gangguan kesehatan. Gangguan paling umum ditemukan adalah kerusakan gigi, osteoporosis, tidak dapat menjaga berat badan yang sehat, kelelahan kronis, masalah kulit, penipisan rambut, sampai kuku yang tipis dan lemah.

    Menurut dia, gangguan-gangguan itu akibat kekurangan nutrisi, antara lain kekurangan vitamin B12, A, D, zink serta beberapa asam lemak yang penting buat tubuh.

    Gangguan lain akibat pola makan buah yang berlebihan adalah masalah hormon pengatur gula darah, yakni insulin, glukagon, dan hormon pertumbuhan. “Ketidakseimbangan hormonhormon ini bisa membuat penyakit kardiovaskular dan diabetes berkembang,” tulisnya.

    Ben berpesan, bila Anda kerap me ngonsumsi buah supermanis seperti pisang, anggur, dan kesemek matang, kombinasikan dengan beberapa sayuran, antara lain selada hijau, batang seledri, ataupun avokat. Sayuran-sayuran itu kaya mineral yang dapat membantu menjaga tingkat insulin dalam tubuh.

    Jus buah
    Sementara itu, pakar dari University of California, AS, mengingatkan, terlalu banyak buah bisa membuat gemuk. Pasalnya, kandungan gula dalam buah yang disebut fruktosa, bisa menipu otak dan membuat orang ingin makan dan makan lagi.

    Jus buah, menurut konsultan gangguan metabolisme dari Imperial College, London, Inggris, Dr Carel Le Roux sebenarnya juga bukan pilihan terbaik. Coba ingat-ingat, pernahkah Anda merasakan saat meminum jus buah dalam kemasan, Anda selalu ingin lagi dan lagi? Nah, itu adalah akibat fruktosa yang banyak dikandung dalam jus buah, selain kalori. Fruktosa jadi kambing hitam karena zat itu dapat merangsang selera.

    Menurut riset baru yang disebut dalam Ezinearticles.com Maret lalu, fruktosa dan glukosa yang terkandung dalam sirup dan jus buah membuat sel lemak dalam jantung dan hati berkembang pesat, yang kelak bisa menimbulkan diabetes, obesitas serta penyakit jantung. Le Roux menjelaskan, saat kita mengonsumsi gula, tubuh melepas insulin yang memberitahukan bahwa kita sudah cukup makan. Fruktosa, sebaliknya, tidak dapat mengirimkan pesan ini ke otak sehingga kita jadi ingin terusterusan makan.


    Sumber: Media Indonesia 11 Juli 2010
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. nyu2 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 18, 2009
    Messages:
    294
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +28 / -0
    wah susah juga ya, makan buah banyak2 nda bole juga. terus gimana dunk konsumsi buah yg baik dan benar?
     
  4. yggwtwlwcp M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 8, 2010
    Messages:
    255
    Trophy Points:
    67
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,149 / -1
    emang buah paling :top: buat jaga kesahatan dah..
    apalagi kalo yang suka sakit :peace:
    asal buah nya bersih pasti dampak nya positif lah :lalala:
     
  5. fouchan M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 17, 2010
    Messages:
    1,520
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +20,740 / -0
    makan buah ada pola idealnya juga ternyata:bloon:
     
  6. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,084
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,303 / -0
    Hanya makan sayuran saja bisa bikin tubuh kekurangan vitamin B12 dan beberapa zat gizi lainnya.
    Buah mungkin juga sama.
    Tampaknya teori 4 sehat 5 sempurna masih cukup benar.
     
  7. sturmtrupper Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 9, 2010
    Messages:
    35
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +5 / -0
    jadi intinya, kalo kita mengkonsumsi sesuatu (baik itu buah, atau makanan lain) jangan terlalu berlebihan...secukupnya saja :D
     
  8. invisible_woman M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 24, 2010
    Messages:
    1,206
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,252 / -0
    sehari 1 juga udah cukup :peace:
    tapi klo ngerujak gmn tuh bos :bingung:
    banyak bgt kan tu
    klo dah makan , gabisa berhenti
     
  9. skulomania Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 24, 2009
    Messages:
    39
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    biasanya seh makan buah malem hari.. ane jarang makan nasi lg kalo malem, makan buah aj.. paling 1 jenis aj, pepaya atau apel atau yang lainnya..
     
  10. rezabjork M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 20, 2010
    Messages:
    230
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +32 / -0
    hmm..kalo jus itu di peras kan,, tp kalo di smoothy kan di blender gt bos,,

    serat2 nya juga ikut di minum,,, asal ga tambah gula lagi aja kali ya,,soalnya di buat juga udah ada kandungan gulannya sendiri ..

    niec info deh gan...keep healthy for all
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.