1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Pilih Investasi Logam Mulia Bersertifikat atau Emas Lokal (Cukim)?

Discussion in 'Entrepreneur Talks' started by finansialku_com, Apr 23, 2017.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. finansialku_com Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 4, 2017
    Messages:
    204
    Trophy Points:
    16
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3 / -0
    [​IMG]

    Apakah Anda pernah berinvestasi emas lokal (cukim)? Istilah emas lokal (cukim) mungkin terdengar asing bagi Anda, investor pemula. Sebenarnya investasi emas lokal ini sudah banyak dan lazim ditemui di Indonesia. Yuk kita bahas investasi emas lokal (cukim).

    [​IMG]

    Pilih Berinvestasi Logam Mulia Bersertifikat atau Emas Lokal (Cukim)

    Apakah Anda pernah membeli emas di toko emas? Apakah Anda ditawari mau beli logam mulia bersertifikat atau emas lokal (cukim)? Jika Anda baru pertama kali membeli emas, tentu saja Anda akan merasa bingung, apa beda keduanya? Kali ini Finansialku.com akan membahas perbedaan berinvestasi logam mulia bersertifikat dan emas lokal (cukim).

    [​IMG]

    Sebelum masuk pada pembahasan yang lebih detil, Anda perlu tahu baik logam mulia bersertifikat dan emas lokal adalah sama. Keduanya adalah logam mulia yang dapat dijadikan sarana investasi. Perbedaannya adalah kadar dan standar sertifikasi.

    Logam Mulia Bersertifikasi

    Logam mulia bersertifikasi adalah logam mulia yang paling sering ditemui. Salah satu perusahaan di Indonesia yang memproduksi logam mulia bersertifikasi adalah PT. Aneka Tambang Tbk (ANTAM). Coba perhatikan saat Anda membeli logam mulia ANTAM, pasti ada biaya untuk mencetak sertifikat, sebesar Rp 40.000 per gram. Umumnya logam mulia bersertifikat memiliki bentuk yang bagus seperti persegi panjang dengan sisi yang rounded (seperti gambar di bawah ini). Oleh sebab itu banyak orang beranggapan dan mengatakan harga emas ANTAM pasti lebih mahal.

    [​IMG]

    Apakah ada keuntungan memiliki sertifikat tersebut? Tentu saja ada keuntungannya, yaitu emas yang Anda beli tergaransi memiliki kadar 24 karat. Tanggal di dalam sertifikat logam mulia tidak mempengaruhi harga jual kembali emas. Pada saat Anda menjual logam mulia bersertifikat, harga yang dihitung adalah harga emasnya saja (tanpa ada tambahan biaya sertifikat). Anda dapat membeli emas ANTAM atau logam mulia bersertifikat di butik ANTAM, toko emas dan toko online yang terpercaya. Anda sebagai pembeli harus lebih cermat, karena ada beberapa oknum tidak bertanggung jawab yang memalsukan emas dan sertifikatnya.

    Emas Lokal (Cukim)

    Selain logam mulia bersertifikat, terdapat juga emas lokal atau disebut cukim. Biasanya emas (cukim) lokal ini dijual oleh toko-toko emas. Karena tidak ada sertifikatnya, maka emas lokal (cukim) tidak dapat tergaransi kadar emasnya. Bisa saja emas yang Anda beli tidak memiliki kadar 24 karat, karena tercampur dengan logam lainnya.

    [​IMG]

    Bentuk fisik emas lokal (cukim) biasanya berbentuk bola atau bongkahan-bongkahan kecil (seperti kerikil). Mungkin Anda masih bingung, darimana toko emas memiliki emas lokal (cukim)? Sebenarnya emas lokal (emas cukim) adalah hasil peleburan perhiasan-perhiasan emas lalu kemudian dimurnikan. Kebanyakan toko emas tidak memiliki teknologi untuk mencetak secara rapi, sehingga emas lokal (cukim) yang dijual berbentuk bola atau bongkahan kerikil. Harga jual dan harga beli emas lokal (cukim) sama seperti harga emas logam mulia tanpa ada biaya sertifikat.

    Kelemahan membeli atau berinvestasi emas lokal (cukim) adalah pada saat menjual kembali. Anda tidak dapat menjual emas lokal (cukim) di seluruh tempat, karena tidak semua toko emas bisa menerima kembali emas lokal (cukim). Anda hanya dapat menjual emas cukim di tempat Anda membelinya, karena toko emas tersebut yang tahu persis berada kadar emas tersebut. Jika Anda ingin membeli emas lokal (cukim), baca tips-tips berikut ini:
    1. Beli di toko emas yang terpercaya di kota Anda.
    2. Jangan lupa minta tanda beli (nota pembelian) dan simpan baik-baik nota tersebut. Nota pembelian tersebut harus Anda sertakan saat menjual kembali emas cukim.
    3. Sebelum membeli emas cukim, pastikan Anda sudah mengecek harga emas hari ini.
    4. Simpan emas cukim di tempat yang aman, seperti di Safe Deposit Box (SDB) atau brankas pribadi.
    5. Masukkan emas cukim ke dalam plastik transparan beserta nota pembelian, agar tidak tertukar.
    6. Catat emas cukim yang Anda miliki dan beritahukan kepada pasangan. Salah satu tujuannya agar keluarga Anda ada yang mengetahui jumlah aset Anda.
    7. Jika Anda rutin membeli emas cukim, belilah di satu atau dua toko langganan. Jangan membeli emas cukim di toko yang berbeda-beda.
    8. Laporakan jumlah (dalam satuan gram dan Rupiah Anda beli) emas cukim yang Anda miliki dalam laporan pajak – SPT Tahunan Pribadi.

    Kenali Untung Ruginya Sebelum Membeli

    Berdasarkan penjelasan di atas, maka Anda tentunya sudah mendapat gambaran yang lebih jelas mengenai investasi logam mulia bersertifikat dan emas lokal (cukim). Idealnya sebelum berinvestasi apa pun, (termasuk investasi emas) sebaiknya miliki sebuah rencana investasi dan rencana keuangan. Pastikan investasi Anda sesuai dan sejalan dengan rencana keuangan Anda.


    Menurut Anda lebih untung berinvestasi logam mulia bersertifikat atau emas lokal (cukim)? Silakan tinggalkan opini Anda, terima kasih.


    Sumber:
    Pilih Investasi Logam Mulia Bersertifikat atau Emas Lokal (Cukim)?

    Baca Juga:
    Apakah Benar Ada Pajak Penjualan Emas Sebesar PPH Final 0,45%?
    7 Alasan Anda Perlu Menabung Emas dan Berinvestasi Emas
    Apa Untung Ruginya dan Apa Saja Jenis Investasi Emas?


    [​IMG]

    Tentang Finansialku:
    Finansialku.com adalah portal perencanaan keuangan individu dan keluarga. Kunjungi kami di:
    Website: Finansialku.com
    Facebook: @Finansialku
    Twitter: @Finansialku
    Google+: +Finansialku
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.