1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Pikiran Bunuh Diri? Pertolongan Love Self Care Clinic

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by serenamilka, Mar 16, 2021.

  1. serenamilka Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 10, 2020
    Messages:
    188
    Trophy Points:
    26
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +1 / -0
    [​IMG]
    Bunuh diri adalah sebuah tindakan mengakhiri hidup sendiri. Menurut Badan Pencegahan Bunuh Diri Amerika Serikat, bunuh diri menempati posisi ke-10 sebagai penyebab kematian utama di Amerika Serikat, dengan menyebabkan korban jiwa sebesar kurang lebih 47 ribu jiwa setiap tahunnya. Perilaku bunuh diri mengacu pada membicarakan atau melakukan tindakan yang berhubungan dengan bunuh diri. Pikiran dan perilaku bunuh diri ini harus dianggap sebagai darurat kejiwaan. Jika Anda atau orang yang Anda kenal menunjukkan perilaku tersebut, carilah bantuan psikolog di Love Self Care Clinic secepatnya.

    Tanda-tanda seseorang akan mencoba bunuh diri

    Anda tidak dapat melihat dan mengerti apa yang orang lain rasakan atau pikirkan, sehingga mengidentifikasi perilaku bunuh diri bukanlah sebuah hal yang mudah untuk dilakukan. Namun, hubungi Love Self Care Clinic apabila tanda peringatan yang menunjukkan bahwa seseorang mungkin mempertimbangkan untuk melakukan percobaan bunuh diri, seperti membicarakan bahwa mereka merasa putus asa, terjebak, dan sendiri; mereka menyatakan tidak memiliki alasan untuk terus hidup; membuat wasiat atau memberikan harta benda berharga kepada orang lain; mencari cara untuk melukai diri sendiri (membeli senjata berbahaya); tidur terlalu sering atau terlalu sedikit; makan terlalu banyak atau terlalu sedikit, menyebabkan pertambahan berat badan atau penurunan berat badan dengan signifikan; perilaku sembrono, seperti minum alkohol berlebih atau penggunaan obat-obatan terlarang; menghindari interaksi sosial dengan orang lain; mudah marah dan ingin melakukan balas dendam; menunjukkan tanda-tanda gelisah atau cemas; perubahan suasana hati yang dramatis; dan membicarakan bunuh diri sebagai satu-satunya jalan keluar dari masalah yang dihadapi. Mungkin terlihat sangat menakutkan. Namun, bertindak dan mencari bantuan Love Self Care Clinic dapat membantu mereka yang membutuhkan agar terhindari dari percobaan bunuh diri dan kematian.

    Berbicara dengan orang dengan kecenderungan bunuh diri

    Apabila Anda mencurigai anggota keluarga atau teman mempertimbangkan untuk melakukan bunuh diri, bicaralah dengan mereka seputar kekhawatiran Anda. Anda bisa memulai percakapan dengan menanyakan pertanyaan dengan cara yang tidak menghakimi dan tidak konfrontatif. Bicaralah dengan terbuka dan jangan takut untuk menanyakan pertanyaan secara langsung. Pada saat percakapan berlangsung, pastikan Anda tetap tenang dan berbicara dalam nada yang menenangkan, akui bahwa apa yang mereka rasakan memang masuk akal, tawarkan dukungan dan dorongan, dan beritahu mereka bahwa bantuan seperti Love Self Care Clinic tersedia dan merekan akan merasa lebih baik apabila mendapatkan bantuan dan perawatan.

    Pastikan Anda tidak menganggap remeh atau meminimalisir masalah mereka atau mencoba untuk mengejek perasaan dengan upaya guna mengubah pola pikir mereka. Mendengarkan dan menunjukkan dukungan anda merupakan cara terbaik untuk membantu orang-orang dengan kecenderungan bunuh diri. Anda juga bisa mendukung mereka untuk mencari bantuan dari psikolog profesional seperti di Love Self Care Clinic. Tawarkan untuk membantu mereka mencari penyedia layanan kesehatan, membuat panggilan telepon, atau pergi menemani mereka mengunjungi psikolog pertama kali. Dapat sangat menakutkan ketika orang yang Anda sayangi memiliki kecenderungan bunuh diri. Namun, sangat penting untuk melakukan tindakan dukungan tersebut apabila Anda mampu memberikan pertolongan. Biasanya kecenderungan bunuh diri tidak disebabkan karena 1 hal saja. Ada beberapa faktor yang meningkatkan risiko perilaku bunuh diri, seperti memiliki gangguan kesehatan mental. Depresi merupakan faktor risiko kesehatan mental paling besar. Selain itu, gangguan bipolar, schizophrenia, gangguan kecemasan, dan gangguan kepribadian juga dapat meningkatkan risiko perilaku bunuh diri.
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.