1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Pertama Kalinya, Saraf Dibuat Langsung dari Sel Kulit

Discussion in 'Science and Technology' started by Romantic_Water, Feb 5, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Romantic_Water M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 18, 2009
    Messages:
    479
    Trophy Points:
    81
    Ratings:
    +126 / -0
    CALIFORNIA - Dalam studi terbaru ilmuwan dari Stanford University sukses mengubah sel kulit menjadi sel saraf. Temuan ini merupakan sebuah kemajuan yang menyiapkan jalan bagi metode pengobatan baru bagi penderita demensia.

    Demensia adalah penurunan kemampuan mental secara perlahan. Penderita demensia akan mengalami gangguan ingatan, pikiran, penilaian, serta kemampuan untuk memusatkan perhatian. Hal ini bahkan bisa juga meyebabkan terjadinya kemunduran kepribadian.

    Terobosan dari Stanford University disebut-sebut sangat potensial merevolusi masa depan bidang terapi sel induk manusia untuk regenerasi otak. Sel kulit memiliki properti yang sama dengan sel induk yang diambil dari embrio. Sel tersebut potensial untuk diubah menjadi jaringan tubuh apa pun. Marius Wernig dan timnya hanya menggunakan tiga gen untuk memicu proses transformasi.

    "Kami secara aktif dan langsung menginduksi satu jenis sel agar menjadi jenis sel yang benar-benar berbeda," kata Wernig seperti dikutip dari TG Daily, Jumat (29/1/2010).

    "Ini adalah sel saraf yang sangat fungsional. Sel-sel ini dapat melakukan semua hal dasar yang dilakukan saraf pada otak," tambah Wernig.

    Selama penelitian, sel tersebut diuji untuk memberikan sinyal dan membuat hubungan dengan sel saraf lainnya. Temuan ini juga akan sangat penting bagi masa depan metode pengobatan pasien Parkinson dan gangguan kerusakan otak lainnya.

    Saat ini para peneliti baru bisa menjamin bahwa perubahan pasien akan terjadi satu minggu setelah saraf tersebut digunakan, dengan tingkat efisiensi sebesar 20 persen.


    ilmuan luar sekarang dah makin hebat... gmna kabarnya ilmuan dlm negeri yak?? :yareyare:
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. notox Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 11, 2008
    Messages:
    2,840
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +10,012 / -0
    Iya setahu gw dr sel kulit bisa diambli DNA nya --> bsa dibuat macem² co: cloning,sel kulit baru.

    Ilmuan indonesia?
    Contoh gampangnya dokter indo aj --> byk yg mal praktek
    Karena jaman skrg di indo --> murid tidak lebih pintar dari guru jd ada penurunan kualitas dari generasi ke generasi.
    Klo di luar negeri kan murid kreatif melewati kemampuan gurunya.
    Contoh nyata : sampe skrg ilmu biology SMA pas²an dibanding guru gw. Klo misal kelak gw jadi guru --> trus murid gw nyerap lebih dikit lagi ?????
     
  4. aqua00 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 17, 2010
    Messages:
    765
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +1,070 / -0
    ilmuwan indonesia harusnya bekerja seperti ilmuwan diluar negeri, yaitu bekerja disana. sungguh sayang kemampuan yang setara tetapi tidak bisa dimanfaatkan di indonesia
     
  5. kasur_empuk M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 22, 2009
    Messages:
    250
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +2 / -0
    ane bingung ngebayangin gimana caranya ngambil dari sel kulit. apa kulitnya disobek gitu?
     
  6. toruk_makto M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 27, 2010
    Messages:
    555
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +357 / -0
    Wah hebat bener! :top:
    Jadi pengen liat gimana masa depan nanti kalo penelitian ini udah berkembang. Karena setau gw emang syaraf itu adalah bagian tubuh yang ga bisa regenerasi dan tidak tergantikan. Makanya banyak orang bilang kalo parkinson itu ga bisa disembuhin.
    Yang jadi pertanyaan, apakah manusia bisa menyesuaikan diri dengan syaraf buatan ini nantinya? karena sepandai-pandainya manusia,
    tetap aja ga bisa ngalahin ciptaan Tuhan.. :hehe:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.