1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Pengen ganti nama ID? Plat tambahan? Promo GK? Cek Promo Spesial Hari Kemerdekaan, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!
  3. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  4. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  5. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!

Discussion Pertajam Ingatan Dengan Olahraga

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by ddesta, Nov 10, 2008.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. ddesta Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Aug 30, 2008
    Messages:
    3,109
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +8,978 / -0
    Pertajam Ingatan Dengan Olahraga​

    Tak ada lagi alasan untuk malas berolahraga. Selain tubuh lebih bugar dan sehat, kemampuan otak juga akan meningkat. Tak percaya? Studi mutakhir yang dilakukan ilmuwan dari Amerika Serikat membuktikan olahraga bisa membantu pembentukan sel-sel baru di daerah otak yang berkaitan dengan kemampuan mengingat.

    Hasil percobaan yang dilakukan pada tikus menunjukkan pertumbuhan sel di daerah otak yang bernama dentate gyrus, bagian dari hippocampus atau pusat syarat. Pada manusia, dentate gyrus ini sangat dipengaruhi oleh usia, terutama dalam hal kemampuan mengingat yang mulai menurun saat seseorang berusia 30-an tahun.

    Dalam risetnya, para peneliti menggunakan scan MRI (magnetic resonance imaging) untuk membantu melihat proses otak yang terjadi pada tikus percobaan. Dengan cara yang sama, peneliti juga memakainya pada otak manusia sebelum dan sesudah olahraga. Hasilnya, ditemukan pola yang sama baik pada otak manusia dan tikus.

    "Sebelumnya tidak ada studi yang meneliti perbedaan sistematis pada daerah otak di hippocampus dan menentukan bagian otak mana yang terpengaruh olahraga," kata Dr.Scott Small, seorang ahli syaraf dari Universitas Columbia Medical Center, New York, AS.

    Setelah berhasil melihat proses yang terjadi pada tikus, para peneliti kemudian melakukan penelitian pada manusia. Mereka melibatkan 11 relawan bertubuh sehat yang diminta untuk melakukan aerobik teratur selama tiga bulan. Adapun otak mereka dipotret menggunakan MRI sebelum dan setelah melakukan program aerobik ini. Tim peneliti juga mengukur kemampuan tubuh tiap relawan dengan mengukur volume oksigen di tubuh mereka sebelum dan setelah program latihan.

    Ternyata berdasarkan hasil MRI, olahraga melancarkan peredaran darah ke daerah dentate gyrus dan semakin bugar seseorang, semakin lancar aliran darahnya.

    "Penelitian lanjutan yang akan kami lakukan adalah menentukan jenis latihan apa yang paling bermanfaat untuk meningkatkan ingatan dan mengurangi kepikunan. Semoga kelak para dokter bisa menyarankan pasiennya yang mulai mengalami penurunan ingatan untuk berolahraga," kata Small.


    sumber : Kompas:)
     
    Last edited by a moderator: Dec 6, 2011
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. sanzotaroshi M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 22, 2008
    Messages:
    713
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +411 / -0
    bener yah?
    g males bgt sama yang namanya keringetan hahahaha..

    semoga g bisa olahraga hehehehe doa- ken yah haaaahahhaha
     
  4. kurama013 Veteran

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 7, 2008
    Messages:
    1,615
    Trophy Points:
    252
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +9,019 / -0
    wogh, bagaimana nasib2 yg jarang olahraga ?
    termasuk gw :p
    wah, gw cm ada olahraga jari jemari doank nih..
    :haha:
     
  5. ddesta Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Aug 30, 2008
    Messages:
    3,109
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +8,978 / -0
    ehhh olahraga sehat lg buat kesehatan:dribble:
    apa lagi sering2 olahraga yg mao kurus cepet kurus:P
     
  6. zeromania M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 28, 2007
    Messages:
    863
    Trophy Points:
    207
    Ratings:
    +20,532 / -0
    nice info bro

    musti banyakin olahraga nih. gue palingan seminggu sekali olahraga tapi itupun ga rutin :D
     
  7. CottonBud Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Feb 10, 2008
    Messages:
    5,585
    Trophy Points:
    267
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +29,581 / -0
    Ow.. I c..

    slaen badan olahraga, ternyata otak ikut olahraga juga yah:D, nice info. Sayang sekali semenjak kuliah jadi jarang olahraga :swt:
     
  8. dorayakikun Banned User

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 23, 2008
    Messages:
    288
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +2,092 / -0
    wah gitu toh, hrs giat olah raga nih
     
  9. bignooze M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 21, 2007
    Messages:
    1,073
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,054 / -0
    setuju2 banget neh....

    didalam tubuh yang sehat terdapat otak yang cerdas hehehe... ^^

    bisa jadi kaya L di deathnote ga yach.... ????

    hahahahhaha
     
  10. yazi M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 4, 2008
    Messages:
    248
    Trophy Points:
    57
    Ratings:
    +25 / -0
    Waduh daya ingat gw menurun,
    Mungkin gara-gara jarang olahraga nih.........
     
  11. zeromania M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 28, 2007
    Messages:
    863
    Trophy Points:
    207
    Ratings:
    +20,532 / -0
    huahaha.. gue klo makan suka keringetan, itu termasuk olahraga nggak ya ? :D
     
  12. CottonBud Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Feb 10, 2008
    Messages:
    5,585
    Trophy Points:
    267
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +29,581 / -0
    Pantesan si L kurus banget.. :onion-72: ternyata gara² kebanyakan olahraga yah :D

    IMO kalo sering olahraga badan juga emang kerasa lebih seger, dan otak lebih encer :D

    syangy hal tsb sulit dilakukan :onion-96:
     
    • Like Like x 1
  13. ddesta Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Aug 30, 2008
    Messages:
    3,109
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +8,978 / -0
    itu ma bukan olahraga.....:onion-09:
    tp kalo sering2 olahraga bisa kayak L lho alna si L kan tinggi:haha:
     
  14. kurama013 Veteran

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 7, 2008
    Messages:
    1,615
    Trophy Points:
    252
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +9,019 / -0
    :onion-103::lol:
    :haha:
    olah raga makan entar donk jadinya..
    huehuehe,,
    gak diitung lahh..ngakak gw bacanya..
    sebenernya olah raga itu harus kluar kringat gak siy ?
    apa kalo keluar kringat hasilnya lebih bagus? ada temen gw yg olah raga maen badminton tp kringetnya dikid bener, padahal gw sudah kek 'mandi'
    ...
    :swt:
    koq isa gituw..
    uteknya mana dia cerdas juga lagi :onion-15: hebathh..
     
  15. Feischmaker M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 28, 2008
    Messages:
    1,489
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,022 / -0
    hmm... mungkin ada yang keliru dengan kelenjar keringetnya? :D tapi smoga normal aja d... soalnya gw juga susah keringetan tu...
     
  16. ddesta Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Aug 30, 2008
    Messages:
    3,109
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +8,978 / -0
    @kurama013 sebagian orang ada yg keringat nya berlebih tp sebagian lg susah keringet:onion-105:
     
  17. mukiki~♥ M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 6, 2008
    Messages:
    457
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +96 / -0
    hia!!!
    seneng gw!
    ada yang sama kek gw!
    sedikit curhat:
    gw seneng sama kelas baru gw
    gara2 ada yang sama kaya gw
    GAMPANG KERINGETAN!
    OR dikit uda basah, uda 'keramas'

    senengnya orang yang sama ma gw nambah satu~~~
    jadi kayana tu hal wajar d
    tapi ada yang bilang kalo orang ndut lebi cpt keringetan....

    sekalian ni!
    gw mo promosi suatu benda ajaib bernama SEPEDA!
    selain bikin sehat n otak jadi encer
    ga buang biaya transpot
    global warming bisa dicegah!
    emang awalnya kalo ga biasa bisa cape semingguan
    tapi bis itu jadi biasa kok!
    hidup sepeda!!!:th_101_::th_101_::th_101_:
     
  18. ddesta Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Aug 30, 2008
    Messages:
    3,109
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +8,978 / -0
    @mukiki~♥ promosi sepeda
    punya toko sepeda bro:P
    kiding
    tp boleh juga sepeda bagus buat olahraga ayo semua nya olahraga:dribble:
     
  19. AIII Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 27, 2008
    Messages:
    15
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +13 / -0
    iya w kurang olahraga..alna paling mlz olahraga:onion-97:
     
    • Like Like x 1
  20. xterminator Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 24, 2008
    Messages:
    197
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +5 / -0
    emank olahraga bermanfaat banget bagi tubuh, selain buat kesehatan ya tambah atu lagi buat ingatan
     
    • Like Like x 1
  21. mukiki~♥ M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 6, 2008
    Messages:
    457
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +96 / -0
    ga siy
    cuma pengen ada orang yang nasibna sama kaya gw:

    kepepet ma mobil
    ngelindes kotoran binatang
    keujanan mbil naik speda
    kepanesan

    wakakakaka
    becanda kok~~~~:onion-52:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.