1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Pertahankan Gigi Selamanya

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by shinminho, Jul 25, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. shinminho Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Sep 29, 2009
    Messages:
    5,166
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +6,813 / -0
    SETIAP gigi sakit atau gigi berlubang, banyak masyarakat yang ke dokter gigi. Opsi yang diminta selalu cabut gigi. ''Padahal, tindakan cabut gigi belum tentu perlu dilakukan,'' kata drg Karlina Samadi SpKG(K) MS.

    Meski mahkota gigi sudah rusak dengan saraf masih baik, tak perlu tindakan pencabutan. Gigi berlubang dengan keluhan nyeri yang menyentuh jaringan pulpa (saraf) juga tak selalu harus dicabut. ''Masih bisa dilakukan perawatan saraf gigi. Setelah kondisi saraf membaik dan tak ada radang, pasien bisa memasang mahkota gigi tiruan,'' jelas staf pengajar bagian konservasi gigi FKG Unair itu.

    Sebab, mencabut gigi sama halnya mengambil salah satu organ tubuh. Jika kondisinya masih baik, sebaiknya dilakukan tindakan perawatan. Jangan lantas dicabut. ''Pasien akan lebih nyaman dengan organ asli dari tubuhnya. Begitu juga gigi sebisanya dipertahankan di dalam rongga mulut,'' kata Karlina, narasumber seminar Green Dentistry yang berlangsung di Hotel JW Marriott Surabaya kemarin (24/7).

    Di sini pentingnya menegakkan diagnosis. Tak hanya dari wawancara mengenai keluhan pasien, tapi juga pemeriksaan rontgen. Hasilnya diperlukan untuk mengetahui seberapa besar kerusakan gigi dan saraf pasien. ''Bila kerusakannya sudah diketahui, dokter gigi bisa menentukan terapi,'' tutur dokter gigi berusia 57 tahun tersebut.

    Karlina mengatakan, ilmu kedokteran terus berkembang sesuai dengan kemajuan teknologi. Tentu banyak sekali cara yang bisa dilakukan dokter gigi dalam merawat pasiennya, tanpa harus dilakukan pencabutan.

    Dia mencontohkan penggunaan obat jenis fenol. Obat tersebut sangat umum digunakan untuk merawat saluran akar. Namun, penggunaan obat itu sudah mulai ditinggalkan. Sebab, fenol menimbulkan efek samping, yakni mengiritasi pasien. Selain itu, obat jenis tersebut mengeluarkan asap yang baunya tak sedap sehingga pasien tidak nyaman. Sebagai gantinya, mulai dipakai obat jenis kalsium hidroksida. ''Alat yang dipakai juga bermacam-macam dan modern. Tak ada lagi yang hand used,'' paparnya.

    Yang tak kalah penting, mengedukasi pasien. Maksudnya, agar pasien tak meminta cabut gigi setiap sakit. Menurut Karlina, dokter bisa menjelaskan prosedur terapi yang akan dilakukan. Dengan begitu, pasien bisa membayangkan dan mengerti mengenai terapi yang akan dilakukannya. Misalnya, merawat saraf gigi. Bila kondisi tak parah, terapi dilakukan sekali. Namun, ada pula yang harus beberapa kunjungan. ''Ya, menyesuaikan indikasinya. Dokter perlu menyampaikan agar pasien tak salah paham,'' tegasnya. (ai/c7/nda)

    sumber:jawapos
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  2. clsm0208 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 2, 2009
    Messages:
    149
    Trophy Points:
    41
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +12 / -0
    Wah..untung dktr gi2 ane baek..ga pnh nyabut gi2,meski ud kna saraf,cm ditambal saja..hahahaha..nice inpo..
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.