1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Pengen ganti nama ID? Plat tambahan? Promo GK? Cek Promo Spesial Hari Kemerdekaan, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!
  3. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  4. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  5. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!

Discussion Persiapan Kuliah Di Amerika

Discussion in 'School and Campus Zone' started by danteadanka, Jan 19, 2017.

  1. danteadanka Members

    Offline

    Joined:
    Jan 10, 2017
    Messages:
    4
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -0
    Masuk perguruan tinggi di Amerika merupakan hal yang cukup sulit. Bahkan calon mahasiswa yang proaktif, terorganisir, dan penuh persiapan masih membutuhkan bantuan dalam mengajukan aplikasi, esai dan keuangan.

    Mungkin banyak hal yang ada di pikiranmu saat ingin kuliah di luar negeri. Kuliah di luar negeri berarti kamu harus siap untuk menghadapi peraturan baru yang ada di negara tujuan kuliahmu. Apalagi kalau negara tujuan kuliahmu itu adalah salah satu negara favorit untuk kuliah. Pasti aturan di negara itu semakin ketat. Tujuannya supaya pemerintah negara tersebut bisa memastikan bahwa setiap orang asing yang datang ke negaranya, memang benar-benar orang yang siap belajar maupun bekerja. Jadi, nggak sembarang orang bisa masuk ke negara tersebut.

    [​IMG]

    Kuliah di Amerika dan manfaatkan keunggulan sistem pendidikannya. Amerika adalah salah satu destinasi kuliah paling favorit di kalangan pelajar internasional dan ini tidak perlu dipertanyakan. Sejumlah universitas terkemuka tingkat global dapat Anda temukan di negara ini. Wujudkan impian kuliah di Amerika dengan mempersiapkan diri di Amerika. Ikuti program bahasa Inggris dan secara bersamaan rasakan gaya hidup khas penduduk setempat.

    Dilansir dari TopCareerID, peringkat Times Higher Education World University 2016 menunjukkan, 9 dari 10 perguruan tinggi terbaik dunia berada ada di AS. Layaknya peribahasa, ada gula ada semut, tentu persaingan masuk ke universitas ternama disana jadi perkara tak gampang.

    Institute of International Education AS mencatat 8.188 pelajar Indonesia melanjutkan pendidikan tinggi di negara tersebut pada tahun ajaran 2014/2015. Angka ini naik dari tahun ajaran sebelumnya yang sebesar 7.920 pelajar.

    Meski jumlah tersebut terlihat besar, proses seleksi untuk bisa belajar ke AS sebenarnya sangat ketat. Secara nasional, persentase jumlah pelajar internasional di AS pada 2015 hanya lima persen. Mayoritas perguruan tinggi di AS memang membatasi populasi pelajar internasional tak lebih dari 10 persen.

    Dirangkum dari berbagai sumber, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan calon mahasiswa yang memiliki keinginan untuk melanjutkan study nya ke Amerika, antaral lain;

    1. Riset.
    [​IMG]
    Kumpulkan data terkait perencanaan kuliah. Cari informasi kampus, jurusan, dan kawasan tempat tinggal selengkap mungkin. Biasanya calon mahasiswa sudah punya target jurusan yang akan diambil. Untuk menentukan perguruan tinggi terbaik, pilih saja kampus yang memprioritaskan jurusan sesuai dengan pilihan tadi.

    2. Financial.
    [​IMG]
    Di AS, biaya hidup bervariasi tergantung lokasi kampus. Karenanya, tidak ada patokan berapa biaya hidup untuk tinggal di sana. Untuk itu, calon mahasiswa perlu membuat perencanaan keuangan sendiri. Pelajari jenjang studi apa yang diambil di sana dan berapa kebutuhannya.

    3. Lengkapi persyaratan umum.
    [​IMG]
    Persyaratan kuliah di luar negeri akan berbeda dengan kuliah di dalam negeri. Maka dari itu, calon mahasiswa harus melengkapi seluruh syarat umum pengajuan kuliah agar lolos.

    4. Persiapan legal seperti visa.
    [​IMG]
    Sebelum mengajukan, calon mahasiswa perlu tahu bahwa di AS ada beberapa macam visa untuk mahasiswa. Visa jenis F-1 atau M-1 diperuntukkan bagi mahasiswa penuh waktu.

    5. Atur strategi kuliah community college.
    [​IMG]
    Perguruan tinggi di AS menerapkan sistem kredit atau Satuan Kredit Semester (SKS) yang bersifat fleksibel atau istilahnya bisa ditransfer ke institusi pendidikan lain. Pada awal perkuliahan biasanya mahasiswa disuguhkan mata kuliah umum terlebih dulu.

    Pendiri dan CEO IvyWise dan ApplyWise.com, Katherine Cohen menyatakan, melamar ke kampus Amerika berarti harus siap berkompetisi dengan pelajar dunia. Cohen menjelaskan, ada lima hal yang harus diperhatikan agar lamaranmu diperhatikan kampus yang dituju.

    • Tekankan latar belakang kamu yang beragam. Kampus dengan perspektif multinasional dan multikultural akan menerimanya.
    • Soroti apa yang membuat kamu berbeda dari siswa lain di kampus tersebut dan jelaskan mengapa kamu berminat kuliah di Amerika.
    • Tidak membutuhkan bantuan keuangan? Beritahu perguruan tinggi yang kamu tuju! Pasalnya, pelajar internasional yang membutuhkan bantuan keuangan akan lebih sulit untuk diterima.
    • Ambil praktek ACT dan SAT untuk melihat tes mana yang tepat untuk kamu. Dalam banyak kasus, pelajar internasional di IvyWise, lebih baik dalam hal ACT.
    • Dan yang harus diperhatikan, jangan melamar ke suatu kampus karena namanya. Kunjungi sekolah yang ingin kamu lamar, secara langsung atau melalui dunia maya, dan pastikan kamu bisa memproyeksikan diri berada di tempat tersebut selama empat tahun ke depan.

    Pendidikan tinggi di Amerika tidak terpusat secara nasional seperti di Indonesia. Jadi penting untuk dicatat bahwa persyaratan penerimaan akan bervariasi dari satu univesitas ke universitas lain. Surat kepercayaan akademis milikmu akan dievaluasi secara berbeda oleh setiap universitas. Karena itu, pastikan kamu memahami persyaratan dari setiap kampus.

    Untuk memaksimalkan peluang, sebaiknya selesaikan program studi yang memenuhi syarat untuk masuk ke universitas. Sebagai pelajar internasional, kamu mungkin memiliki beberapa persyaratan penerimaan, termasuk bukti kemahiran berbahasa Inggris.
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.